15 Universitas Korea Selatan Terbaik, dan Rekomendasi Beasiswa!

Sebelum kamu persiapan kuliah ke Korsel, kamu harus tau dulu nih berbagai rekomendasi universitas Korea Selatan terbaik dan beasiswanya!

Share:

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar salah satu kuil di korea selatan dengan matahari sedang terlihat di langit

Siapa, nih, yang mau kuliah di Korea Selatan? Negara Gingseng ini ternyata memiliki banyak universitas keren yang patut diperhitungkan, lho! Yuk, kita lihat daftar universitas Korea Selatan terbaik yang bisa jadi tujuan kuliah impianmu.

 

Mau tahu informasinya lebih lanjut? Kalau iya, yuk langsung saja simak pembahasan lengkapnya di artikel ini! 

Deretan Universitas Korea Selatan Terbaik Berdasarkan QS World University Rankings 2024

1. Seoul National University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah seoul national university

Seoul National University (SNU) adalah universitas negeri paling bergengsi yang terletak di Seoul, Korea Selatan (Korsel). 

Sejak berdiri pada 1946, SNU konsisten menempati peringkat pertama di Korsel dan ketujuh di Asia sebagai kampus terbaik, versi QS World University Rankings 2024, lho!

SNU menawarkan 85 program Sarjana, 106 program Magister, dan 107 program Doktoral. Terdiri dari 16 fakultas dan 12 sekolah Pascasarjana profesional.

Alumni terkemuka dari SNU, antara lain Ban Ki-moon (Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa 2007–2016), Kim Tae-hee (Aktris), dan Yoon Suk Yeol (Presiden Korea Selatan 2022–2027).

2. KAIST

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah kaist

Siapa mau studi di kampusnya anak-anak jenius di Korea? Yap, KAIST terkenal sebagai universitas sains dan teknologi paling bergengsi di Korea, lho!


KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) dikenal sebagai institusi sains dan teknologi terkemuka di Korsel, terbukti menempati peringkat #2 di Korea.

Kampus ini berdiri pada 1971 oleh Pemerintah Korsel dengan bantuan dari Amerika Serikat untuk meningkatkan pendidikan dan penelitian dalam Bidang Sains Teknologi.

Kampus utama KAIST terletak di Daejeon, sebuah kota yang dikenal sebagai pusat sains dan teknologi di Korea. Selain itu, KAIST juga memiliki kampus cabang yang berlokasi di Seoul, lho.

3. Yonsei University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah yonsei university

Yonsei University adalah universitas swasta Kristen terkemuka yang terletak di Seoul, Korea Selatan. 

Universitas ini menjadi bagian dari “SKY Universities,” sebutan untuk tiga universitas paling top di Korsel (Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University).

Kampus utama Yonsei terletak di Sinchon, Seoul. Enggak cuma itu, universitas ini juga memiliki kampus internasional di Songdo, Incheon, yang dikenal sebagai Yonsei International Campus.

4. Korea University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah korea university

Korea University (KU) adalah salah satu universitas terkemuka dan tertua di Korsel. Berdiri pada 1905 oleh Lee Yong-ik sebagai Bosung College. Pada 1946, lembaga ini secara resmi berubah nama menjadi Korea University.

Kampus utama KU terletak di Anam-dong, Seoul. Adapun universitas ini juga memiliki kampus cabang di Sejong, yang dikenal sebagai Sejong Campus.

Syarat utama masuk KU adalah kamu harus punya skor Bahasa Korea (TOPIK) minimal Level 3, nih, Sob! Jadi, kalau mau masuk universitas bergengsi ini, siapkan Bahasa Korea kamu dari sekarang, ya!

Bingung mau mulai belajar Bahasa Korea dari mana? Tenang… Kobi siap bantu!

5. POSTECH

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah postech

Pohang University of Science and Technology (POSTECH) berdiri pada 1986 oleh POSCO, salah satu perusahaan baja terbesar di dunia, dengan tujuan untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Korsel.

POSTECH terletak di Pohang, sebuah kota industri di pantai timur Korea Selatan yang juga merupakan rumah bagi kantor pusat POSCO.

POSTECH menawarkan program Sarjana dan Pascasarjana di berbagai bidang seperti Fisika, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Ilmu Material.

6. Sungkyunkwan University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah sungkyunkwan university

Sungkyunkwan University (SKKU) adalah universitas riset swasta bergengsi yang terletak di Seoul dan Suwon, Korsel. 

Berdiri pada 1398, SKKU menjadi lembaga pendidikan tertua di Korsel, yang awalnya didirikan sebagai sekolah Konfusianisme oleh Dinasti Joseon.

Perkembangan SKKU menjadi universitas modern dimulai pada 1946, dan sekarang menjadi universitas swasta yang didukung oleh Samsung Group.

SKKU terletak di dua kampus utama, yaitu kampus Humanities and Social Sciences terletak di pusat Kota Seoul, dan kampus Natural Sciences terletak di Suwon.

SKKU terkenal memiliki banyak mahasiswa internasional, lho! Hal ini karena SKKU menjalin banyak kerja sama internasional dan menawarkan berbagai program berbahasa Inggris.

7. Hanyang University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah hanyang university

Hanyang University adalah salah satu universitas Korea Selatan terbaik yang berdiri pada 1939 sebagai Dong-A Engineering Institute oleh Dr. Kim Lyun-joon. 

Pada tahun 1948, lembaga ini berubah nama menjadi Hanyang University dan sejak itu berkembang menjadi universitas besar dan berpengaruh di Korsel.

Kampus utama Hanyang terletak di Seoul. Universitas ini juga memiliki kampus kedua di Ansan, yang dikenal sebagai ERICA (Education Research Industry Cluster at Ansan) Campus.

Hanyang terkenal unggul dalam Bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika). Pilihan pas buat kamu yang mau masuk bidang tersebut!

8. UNIST

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah unist

UNIST (Ulsan National Institute of Science and Technology) adalah universitas riset publik yang berlokasi di Ulsan, Korsel. 

Meski baru berdiri pada 2007, UNIST telah berhasil mendapatkan reputasi sebagai institusi pendidikan dan penelitian terkemuka di Bidang Sains Teknologi di Korea dan Asia, lho!

UNIST bahkan sudah bekerja sama dengan perusahaan besar, seperti Hyundai dan SK. Peluang besar buat kamu yang ingin meneliti atau magang di sana, nih!

9. DGIST

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah dgist

Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology (DGIST) didirikan pada 2004 oleh Pemerintah Korea Selatan sebagai lembaga penelitian yang bertujuan untuk mendukung inovasi teknologi dan ilmiah di kawasan Daegu dan Gyeongbuk.

DGIST terletak di Daegu, sebuah kota besar di tenggara Korsel yang dikenal sebagai pusat industri dan teknologi.

10. GIST

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah gist

GIST (Gwangju Institute of Science and Technology) adalah universitas riset publik yang berlokasi di Gwangju, Korsel. 

GIST berdiri pada 1993 oleh Pemerintah Korea Selatan untuk mempromosikan penelitian di Bidang Sains Teknologi di wilayah Gwangju.

GIST menawarkan program Sarjana, Magister, dan Doktor dalam berbagai bidang, seperti Teknik, Ilmu Komputer, Ilmu Material, Fisika, Kimia, dan Ilmu Lingkungan.

11. Kyung Hee University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah kyung hee university

Tertarik kuliah Kedokteran? Kyung Hee University jagonya di Bidang Kedokteran di Korsel, lho!


Kyung Hee University
didirikan pada 1949 oleh Dr. Choi Young Seek dengan tujuan menggabungkan pendidikan dengan kebudayaan.

Kyung Hee University memiliki tiga kampus utama, yaitu kampus Seoul di Dongdaemun, kampus Global di Suwon, dan kampus Gwangneung di Namyangju.

12. Sejong University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah sejong university

Universitas Sejong, salah satu universitas swasta tertua di Seoul, awalnya berdiri pada 1940 dengan nama Kyung Sung Humanities Institute

 

Namanya kemudian diubah menjadi Universitas Sejong pada 1978 untuk menghormati Raja Sejong, Pencipta Alfabet Korea, Hangeul

 

Universitas ini sangat populer di kalangan masyarakat Korea, lho, terutama untuk Program Studi Manajemen Perhotelan, Pariwisata, Tari, Media, dan Animasi. 

 

Fakultas Seni dan Pendidikan Jasmani, serta Fakultas Perhotelan dan Manajemen Pariwisata, bahkan termasuk yang terbaik di Korea.

13. Chung-Ang University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah chung aang university

Chung-Ang University terletak di dua kampus utama, yaitu di Distrik Dongjak, Seoul dan satunya lagi berada di Anseong, Gyeonggi.

Universitas ini berdiri pada 1918, mulanya adalah sekolah kejuruan untuk anak perempuan. Berawal dari pendidikan musik dan seni, universitas ini terus berkembang dan menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang.

Fakultas di universitas ini, antara lain Humaniora, Ilmu Sosial, Bisnis, Ilmu Alam, Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, serta Seni dan Desain.

Sebab terkenal dengan program seni dan filmnya, banyak lulusan terkenal di industri hiburan Korea, lho, seperti Kim Bum, Park Shin Hye, dan Kim Soo Hyun.

14. Ewha Womans University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah ewha woman university

Ewha Womans University, universitas wanita terbesar di dunia yang terletak di Distrik Seodaemun, Seoul, didirikan pada 1886 oleh Misionaris Amerika Mary F. Scranton

Awalnya bernama Ewha Haktang, yang berarti “Bunga Buah Pir”. Sekolah ini dimulai sebagai sekolah dasar untuk anak perempuan dan berkembang menjadi universitas terkemuka seperti sekarang ini.

15. Sogang University

kobi education-universitas korea selatan terbaik-gambar tempat kuliah sogang university

Sogang University, sebuah universitas Katolik swasta yang berada di Distrik Mapo, Seoul, dikenal memiliki reputasi yang baik di Bidang Humaniora, Ilmu Sosial, dan Bisnis. 

Berdiri pada 1960 oleh Serikat Yesus, universitas ini menawarkan program Sarjana dan Pascasarjana yang beragam. Beberapa program unggulan yang ditawarkan, antara lain Studi Korea, Bisnis, Ekonomi, dan Hubungan Internasional.

Rekomendasi Beasiswa untuk Kuliah ke Universitas Terbaik Korea Selatan

1. Global Korea Scholarship

Jenjang: D3/S1/S2/S3


Global Korea Scholarship (GKS)
adalah beasiswa kuliah ke Korea yang enggak boleh kamu lewatkan, nih, Sob!


Beasiswa GKS berasal dari Pemerintah Korea Selatan bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan Studi D3/S1/S2/S3 di salah satu universitas di Korea.


Beasiswa GKS ditanggung penuh sama Pemerintah Korea Selatan, lho. Menariknya, kamu enggak perlu pusing mikirin skor IELTS, TOEFL, atau TOPIK, dan bebas mau berkarier di Korea setelah lulus.


Tapi, kalau kamu punya sertifikat Bahasa Inggris atau Korea, jangan lupa melampirkannya di aplikasi pendaftaran, ya! Soalnya, skor bahasa bisa menambah poin sampai 90 persen!


Fasilitas:

    • Biaya kuliah penuh;
    • Biaya saku bulanan;
    • Tiket pesawat PP;
    • Biaya penempatan;
    • Korean Proficiency Grants;
    • Asuransi kesehatan;
    • Kelas Bahasa Korea selama 1 tahun.

2. Samsung Global Sungkyun Scholarship

Jenjang: S1


Samsung Global Sungkyun Scholarship
adalah beasiswa yang didanai penuh oleh Samsung Electronics untuk mahasiswa internasional yang ingin mengejar Gelar Sarjana (S1) di Sungkyunkwan University (SKKU) di Korsel.

Fasilitas:

    • Biaya kuliah;
    • Tunjangan hidup sebesar KRW 570.000 (sekitar Rp6,7 juta) per bulan;
    • Asrama universitas;
    • Program Mentoring dan konseling.
  •  

3. KAIST Undergraduate Scholarship

Jenjang: S1


KAIST Undergraduate Scholarship
adalah beasiswa yang diberikan oleh KAIST kepada mahasiswa Sarjana internasional.


Syarat utamanya, nilai kamu harus 20% teratas peringkat di kelas atau angkatan, serta mampu mempertahankan IPK di atas 2,7 setiap semester.


Fasilitas:

    • Biaya kuliah penuh;
    • Biaya hidup bulanan; 
    • Asuransi kesehatan.

4. Beasiswa Indonesia Maju Bergelar

Jenjang: S1


Punya prestasi olimpiade waktu SMA? Kesempatan emas, nih, buat kamu kuliah S1 gratis di Korsel! 


Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Bergelar
dari Kemendikbudristek bisa wujudkan mimpimu kuliah di universitas bergengsi, seperti SNU dan KAIST. 


Beasiswa ini khusus buat pelajar Indonesia berprestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Yuk, manfaatkan kesempatan ini!


Fasilitas:

    • Biaya kuliah penuh;
    • Tunjangan buku;
    • Dana bantuan skripsi;
    • Dana transportasi;
    • Biaya kedatangan;
    • Biaya hidup bulanan;
    • Proses pengurusan visa pelajar;
    • Asuransi kesehatan;
    • Dana darurat.


Nah, itulah dia sejumlah universitas Korea Selatan terbaik yang bisa kamu coba daftar. Segera persiapkan dari sekarang, yuk!

 

Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini