Universitas Chulalongkorn: 7 Alasan Kamu Harus Kuliah di Sini!

Share:

kobi education-universitas chulalongkorn-gambar pemandangan kota bangkok di siang hari dan sedang berawan

Selama bertahun-tahun, Universitas Chulalongkorn menempati posisi teratas sebagai perguruan tinggi terkemuka di Thailand. Enggak heran, banyak pelajar internasional yang tertarik kuliah di sini, termasuk dari Indonesia.

 

Kira-kira kenapa, ya, banyak orang tertarik kuliah di Chulalongkorn? Simak alasannya di artikel ini, yuk!

Kenalan Sama Universitas Chulalongkorn

Universitas Chulalongkorn merupakan perguruan tinggi negeri terbaik dan tertua di Thailand.


Chulalongkorn didirikan pertama kali oleh Raja Chulalongkorn sebagai Sekolah Abdi Kerajaan pada 1902. Kemudian, pada 26 Maret 1917, sekolah ini berubah menjadi universitas yang diresmikan Raja Vajiravudh.

Alasan Kamu Harus Kuliah di Universitas Chulalongkorn

1. Bereputasi Tinggi

QS World University Ranking 2024 menempatkan Chulalongkorn University di peringkat #1 universitas terbaik di Thailand, dan #44 di Asia.


Hal ini membuktikan kalau kualitas akademis di universitas ini
no kaleng-kaleng, ya, SoBi. Apalagi, universitas tertua di Thailand ini telah menghasilkan banyak lulusan terbaik yang sukses di berbagai bidang.


Lulusan terbaik mereka, antara lain Emeritus Vitit Muntarbhorn (Pejabat PBB), Samlee Plianbangchang (Direktur WHO Asia Tenggara), dan Urassaya Sperbund (Aktris Thailand).

2. Fasilitas dan Infrastruktur

Terletak di jantung Kota Bangkok, lokasi universitas ini memberikan akses mudah ke berbagai fasilitas publik, seperti transportasi, hiburan, dan pusat kesehatan. 

 

Meski berada di pusat kota, Kampus Chula tetap asri dengan pepohonan rimbun dan gedung berarsitektur menawan. Secara keseluruhan, Chulalongkorn memiliki infrastruktur modern dan lengkap.

 

Hampir setiap gedung terdapat student lounge, ruang terbuka tempat mahasiswa bercengkrama atau mengerjakan tugas bersama. Begitu juga kantin atau food court di setiap gedung. Asik banget, kan?

 

Eitss… enggak cuma itu, Kampus Chula juga muslim-friendly, lho! 

 

Mereka memiliki mushola atau prayer room di perpustakaan pusat dan hampir setiap fakultas. Hampir setiap kantin juga menyediakan makanan halal untuk mahasiswa muslim. Jadi enggak khawatir lagi, deh!

3. Biaya Hidup Terjangkau

Biaya hidup di Thailand bisa dibilang hampir mirip dengan Indonesia, lho.

 

Misalnya, makanan di kantin kampus bisa kamu beli seharga ฿35 (sekitar Rp15.000) aja. Hampir sama kayak di Indonesia, kan?


Untuk kuliah di Chulalongkorn, kamu setidaknya membutuhkan biaya hidup sekitar ฿15.000 – ฿40.000 (sekitar 6,5 – 17 juta rupiah) per bulan, meliputi akomodasi, makanan, transportasi, dan pengeluaran sehari-hari.

4. Banyak Beasiswa

Yap! Enggak perlu pusing sama biaya karena Universitas Chulalongkorn menawarkan banyak beasiswa bagi mahasiswa internasional.

 

Mulai dari beasiswa yang hanya menanggung biaya kuliah, sampai ngasih fasilitas tambahan, seperti uang saku bulanan dan akomodasi.

 

Berikut beberapa beasiswa S2/S3 yang bisa kamu apply buat kuliah di Chulalongkorn:

    • Graduate Scholarship Programme for ASEAN or non-ASEAN Countries;
    • ASEAN Maybank Scholarship;
    • Teaching/Research Assistant Scholarship;
    • Overseas Student Scholarship;
    • CU-NSTDA Doctoral Scholarship;
    • Chulalongkorn University for Princess Sirivannavari Cultivated Arts Foundation for Graduate Studies Scholarship.

5. Banyak Pilihan Program Studi

Chulalongkorn University menyediakan berbagai bidang studi di hampir semua disiplin ilmu. 

 

Hingga saat ini, Chulalongkorn memiliki 19 fakultas, 1 sekolah, dan 506 program, terdiri dari 113 program Sarjana dan 393 program pascasarjana, dengan 87 program internasional.

 

Bidang studi unggulan universitas ini, antara lain:

    • Polymer Science;
    • Infectious Diseases;
    • Gastroenterology and Hepatology;
    • Immunology;
    • Chemistry;
    • Food Science and Technology.

6. Syarat Bahasa Inggris Mudah

Bahasa pengantar di Chulalongkorn University utamanya adalah Bahasa Thailand. Tapi, sebagai mahasiswa internasional, kamu wajib melampirkan sertifikat Bahasa Inggris, berupa TOEFL/IELTS.

 

Tenang… minimal skor Bahasa Inggris kamu enggak perlu terlalu besar, kok. 

 

Setiap bidang studi memiliki minimal skor yang berbeda, tapi rata-rata departemen mensyaratkan minimal TOEFL ITP 60 atau IELTS 5,5.

7. Sistem Trimester

Melansir dari Blog Heri Akhmadi, Alumni Chulalongkorn University, universitas ini menerapkan sistem trimester yang berlaku untuk Jenjang S2.


Jadi, selama satu tahun, kamu akan menjalani 3 semester. Tiap semester terdiri dari 4 bulan perkuliahan. Melalui sistem ini, kamu bisa lulus S2 lebih cepat. Keren banget enggak, tuh?


Selain itu, kamu juga enggak wajib bikin skripsi atau thesis seperti di Indonesia. Melainkan cukup membuat
final report atau tugas akhir untuk mahasiswa S1. 


Sementara untuk mahasiswa S2, ada pilihan
non thesis option. Sebagai gantinya, kamu harus melakukan ujian komprehensif semua mata kuliah yang pernah diajarkan, plus mengerjakan laporan tugas akhir dari hasil field trip.

Rekomendasi Universitas Lain di Thailand

Selain Chulalongkorn, Thailand memiliki universitas lain yang enggak kalah keren. Apa aja, ya?

1. Mahidol University

Mahidol University adalah universitas riset terkemuka yang terletak di Nakhon Pathom, Thailand. Universitas ini dinamai sesuai dengan nama Pangeran Mahidol dari Songkla.


Mahidol University
menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang, seperti Kedokteran, Ilmu Biologi, Kesehatan Masyarakat, Fisika, Ilmu Komputer, Ilmu Sosial, dan lain-lain.

2. Chiang Mai University

Chiang Mai University berlokasi di Chiang Mai, Thailand. Menempati peringkat #3 universitas terbaik di Thailand.


Universitas ini unggul dalam Bidang Teknik, Sains, dan Pertanian. Beberapa fakultas yang ditawarkan, antara lain Fakultas Teknik, Sains, Pertanian, Kedokteran, dan Humaniora.

3. Thammasat University

Sudah berdiri sejak 1934, kini Thammasat University memiliki empat kampus di Tha Phra Chan, Rangsit, Pattaya, dan Lampang. Kampus utamanya terletak di Bangkok.


Thammasat University
menawarkan berbagai program studi di Fakultas Teknik, Sains, Pertanian, Kedokteran, dan Humaniora.

4. Kasetsart University

Kasetsart University adalah universitas riset di Bangkok, Thailand. Universitas ini menawarkan berbagai fakultas, antara lain Teknik, Sains, Kedokteran, Humaniora, dan lain-lain.


Nah, itu dia alasan kuliah di Universitas Chulalongkorn yang perlu kamu tahu. Kira-kira persiapan kamu sampai mana, nih?


Jangan lupa persiapkan diri kamu dari sekarang, ya! Semoga berhasil meraih impianmu, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini