Universitas Seoul National University: 9 Fakta Menariknya!

Ternyata banyak banget loh berbagai fakta menarik mengenai Universitas Seoul National University! Penasaran? Ini dia info terlengkapnya!

Share:

kobi education-universitas seoul national university-gambar tumpukan buku yang diurut secara vertikal

Siapa yang bercita-cita masuk universitas nomor satu di Korea Selatan (Korsel)? Yap, Universitas Seoul National University (SNU) merupakan universitas terbaik di Korea yang memiliki berbagai fakta menarik, lho!

Nah, kalau mau masuk SNU, kamu harus coba daftar Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) biar enggak ada beban biaya kuliah dan dapat uang saku, lho! Persiapan GKS makin sat set bareng expert Mentor Kobi aja!

Mau tahu apa aja fakta menarik di SNU? Yuk, simak informasi lengkapnya!

Fakta Menarik Universitas Seoul National University

1. Kampus Terbaik di Korea Selatan

SNU selalu menduduki peringkat teratas dalam daftar universitas terbaik di Korsel.. Berdasarkan QS World University Ranking 2024, SNU menempati peringkat #1 di Korsel, lho!

Enggak cuma di Korea, peringkat SNU di dunia dan Asia juga enggak kalah keren, menempati peringkat #41 di dunia dan #7 di Asia.

Universitas ini juga terkenal paling bergengsi yang tergabung dalam Grup SKY bersama Korea University dan Yonsei University

2. Almamater Tokoh Terkemuka

Alumni universitas terbaik di Korea Selatan ini enggak usah diragukan lagi. Banyak alumni SNU yang menjadi tokoh-tokoh terkemuka di Korsel dan dunia. 

 

Beberapa di antaranya, yaitu Kim Tae Hee (Aktris), Ban Ki Moon (mantan Sekretaris Jenderal PBB), dan Yoon Suk Yeol (Presiden Korea Selatan ke-20).

3. Fakultas Beragam

NU menawarkan berbagai program Sarjana, Magister, dan Doktoral di berbagai bidang. Universitas ini memiliki 16 fakultas, 10 sekolah Pascasarjana, dan 100 departemen dan program.

 

Bidang-bidang tersebut, antara lain Humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, Agrikultur, Administrasi Bisnis, Pendidikan, Teknik, Seni, Ekologi Manusia, Studi Liberal, Kedokteran, Musik, Keperawatan, Farmasi, dan Kedokteran Hewan.

 

Sementara jurusan unggulan di SNU, yaitu Onkologi, Teknik Material, dan Fisika.

4. Dukungan Karier

SNU memiliki program bernama Career Development Centre (CDC) Project Mentoring Program. Kamu bisa mempersiapkan wawancara dan kehidupan profesional dengan bimbingan Mentor, lho! Keren banget, kan?

 

Program ini ditawarkan kepada mahasiswa Sarjana dan berlangsung selama 8 minggu setiap semester.

5. Banyak Beasiswa

SNU menyediakan banyak beasiswa untuk mahasiswa internasional, lho! Salah satunya adalah Global Korea Scholarship (GKS) dari Pemerintah Korea Selatan.

 

SNU juga menawarkan program pertukaran pelajar selama 1 tahun bagi mahasiswa internasional yang ingin merasakan pengalaman belajar di kampus terbaik Korea.

6. SNU Festival

Salah satu festival yang paling terkenal di SNU adalah SNU Festival, juga dikenal sebagai “Gwanak Festival” atau “Sillim Festival“. 

 

Festival ini diadakan pada semester musim semi, biasanya di bulan Mei. Selama seminggu ada berbagai acara, mulai dari budaya, musik, dan olahraga.

 

Festival ini menarik bukan hanya mahasiswa SNU, tapi juga orang-orang dari universitas lain dan masyarakat sekitar. 

 

Beberapa sorotan festival ini meliputi konser oleh musisi Korea terkenal, pertunjukan budaya tradisional, pameran seni, kompetisi olahraga, stan makanan, dan berbagai kegiatan lainnya.

 

Fyi, SNU Festival telah diadakan setiap tahun sejak 1976, lho! Menarik banget, ya?

7. Banyak Klub Mahasiswa

Tertarik ikut kegiatan di luar perkuliahan? Kamu bisa mengembangkan diri di klub mahasiswa. Fyi, SNU memiliki sekitar 300 klub mahasiswa, lho!

 

Klub-klub tersebut mencakup berbagai minat dan kegiatan, seperti olahraga, seni dan kreativitas, akademik, kemanusiaan dan lingkungan, serta sosial budaya.

8. Memiliki Museum di Kampus

Yap, SNU memiliki museum di dalam kampus dan bisa dikunjungi masyarakat umum, lho! SNU Museum of Art dan SNU Museum of National History adalah yang paling terkenal.


SNU Museum of Art memiliki koleksi lebih dari 2.000 karya seni, termasuk lukisan, patung, instalasi, fotografi, dan media baru. Koleksi ini menampilkan karya-karya seniman Korea yang penting serta beberapa seniman internasional.


Sementara SNU
Museum of National History memiliki koleksi lebih dari 250.000 spesimen, termasuk fosil, tumbuhan, hewan, dan bebatuan.

9. Memiliki Perpustakaan dengan Koleksi Terbanyak

Perpustakaan SNU terdiri dari perpustakaan utama dan perpustakaan fakultas. Perpustakaan utama adalah bangunan terbesar di SNU.

Perpustakaan ini memiliki koleksi terbesar di Korea, lho, terdiri dari 5,3 juta buku dan 320,000 jenis jurnal akademik dan jurnal elektronik. Keren banget, ya?

Nah, itulah dia fakta menarik Universitas Seoul National University. Jadi makin tertarik masuk SNU, kan?

Kalau berminat masuk SNU, kamu harus mulai persiapan dari sekarang, ya! Jangan lupa, daftar Beasiswa GKS biar bisa kuliah lancar tanpa beban.


KEJAR BEASISWA GKS BARENG KOBI


Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini