9 Rekomendasi Universitas Beasiswa GKS untuk S1 di 2024!

Masih bingung pilih universitas mana buat daftar Beasiswa GKS? Tenang… MinBi punya rekomendasi universitas Beasiswa GKS khusus buat kamu!

Share:

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar ruang kelas di universitas changbok

Masih bingung pilih universitas mana buat daftar Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS)? Tenang… MinBi punya rekomendasi universitas Beasiswa GKS khusus buat kamu!

 

Nah, biar makin sat set dan anti bingung, ikut persiapan GKS bareng expert Mentor Kobi aja! Kamu bakal didampingi mulai dari persiapan berkas, pilih kampus dan jurusan, hingga latihan interview beasiswa, lho!

Penasaran ada universitas apa aja? Yuk, simak informasi lengkapnya!

Rekomendasi Universitas Beasiswa GKS

1. Seoul National University

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar kampus seoul national university

Seoul National University (SNU) adalah salah satu universitas terbaik di Korea Selatan yang menempati peringkat #1 di Korea dan #41 di dunia, lho! Lokasinya ada di Seoul, ibu kota Korea Selatan.

SNU punya banyak fakultas yang menarik, antara lain Humaniora, Teknik, Ilmu Alam, Kedokteran, Ilmu Sosial, Pertanian, Pendidikan, Seni, dan Hukum. Fakultas Teknik menjadi unggulan di SNU, lho!

Lulusan terkenal dari SNU adalah Ban Ki-moon (Sekretaris Jenderal PBB) dan Moon Jae-in (Presiden Korea Selatan ke-19).

2. Yonsei University

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar kampus yonsei university

Yonsei University menempati peringkat #3 di Korsel dan #76 di dunia, lho! Lokasinya di Seoul, tepatnya di daerah Sinchon.

Yonsei memiliki kampus paling indah di Korsel, lho! Lokasinya dekat dengan alam dan desain kampus modern membuat Yonsei menjadi tempat yang menarik untuk belajar.

Universitas Yonsei berdiri pada 1885 sebagai rumah sakit oleh misionaris asal Amerika Serikat. Rumah sakit itu kemudian berkembang menjadi Sekolah Kedokteran pertama di Korsel. 

Nama “Yonsei” diambil dari dua kata pertama dari nama universitas asalnya, yaitu Yonhi University dan Severance Union Medical College, yang digabungkan pada 1957.

Fakultas di Yonsei University, meliputi Ilmu Sosial, Humaniora, Teknik, Hukum, Ilmu Ekonomi, Musik, Ilmu Ekonomi, Bisnis, Kedokteran, dan sebagainya.

3. Korea University

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar kampus korea university

Korea University adalah universitas swasta terkemuka yang menempati peringkat #4 di Korea dan #79 di dunia. Universitas ini berlokasi di Anam-dong, Seongbuk-gu, Seoul

Kampus Korea University juga enggak kalah indah, lho! Banyak bangunan-bangunan bergaya Eropa dan pepohonan rimbun. Bahkan, ada sebuah museum di kampus yang menampilkan artefak sejarah dan budaya.

Fakultas di Korea University, antara lain Hukum, Ilmu Politik dan Ekonomi, Bisnis, Pendidikan, Ilmu Kesehatan, Ilmu Sosial, dan masih banyak lagi.

Korea University terkenal bersaing sengit dengan Yonsei University, terutama dalam bidang olahraga. 

Kedua universitas ini mengadakan acara tahunan yang disebut Korea-Yonsei University Friendship Games, salah satu acara olahraga perguruan tinggi yang paling ditunggu di Korsel. Seru banget, kan?

4. Sungkyunkwan University

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar kampus sungkyunkwan university

Sungkyunkwan University adalah universitas tertua di Korsel karena berdiri sejak zaman Dinasti Joseon, lho! 

Sungkyunkwan University berdiri sejak tahun 1398, awalnya sebagai lembaga pendidikan kerajaan selama Dinasti Joseon. Pada 1946, lembaga ini bertransformasi menjadi universitas modern dengan bantuan dari Samsung Group.

Lokasinya ada dua, satu di jantung kota Seoul, di daerah Jongno-gu, dan satu lagi di Kota Suwon, di Provinsi Gyeonggi-do.

Fakultas di Sungkyunkwan University, meliputi Humaniora dan Ilmu Sosial, Sains, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Pendidikan, Kedokteran, Hukum, serta Seni dan Desain.

5. Hanyang University

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar kampus hanyang university

Hanyang University adalah universitas swasta yang memiliki dua kampus utama. Kampus pertama berlokasi di Seongdong-gu, Seoul, dan kampus kedua di Ansan, yang lebih dikenal sebagai Kampus ERICA.

Hanyang University berdiri pada 1939 oleh Dr. Lyun-Joon Kim, yang awalnya mendirikan sebuah sekolah teknik untuk membantu memodernisasi Korea. Universitas ini berkembang cepat dan menjadi universitas yang mencakup berbagai Bidang Akademik.

Bidang-bidang tersebut, mencakup Teknik, Bisnis, Sains, Ilmu Kehidupan dan Lingkungan, Humaniora, Ilmu Sosial, Hukum, Seni dan Musik, Pendidikan, serta Keperawatan dan Kesehatan.

6. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar kampus ulsan national institute of science and technology

Ulsan National Institute of Science and Technology, yang lebih dikenal sebagai UNIST, adalah salah satu universitas riset terkemuka di Korea Selatan. 

Universitas ini terletak di Ulsan, yang dikenal sebagai kota industri karena memiliki kompleks industri terbesar di dunia.

UNIST menawarkan fakultas dengan berbagai bidang studi, mencakup Teknik, Sains, Ilmu Bisnis, Energi dan Teknik Kimia, Sains Material, dan sebagainya.

UNIST memiliki kerja sama erat dengan perusahaan-perusahaan industri besar, lho, seperti Hyundai dan SK. Jadi peluang besar buat kamu yang ingin meneliti atau magang di sana, nih!

7. Kyung Hee University

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar kampus kyung hee university

Kyung Hee University memiliki dua kampus utama. Kampus Seoul berada di wilayah Dongdaemun di Seoul, dan kampus Global terletak di Yongin, sebuah kota di Provinsi Gyeonggi.

Fakultas di Kyung Hee University, meliputi Humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, Kedokteran, Seni dan Desain, Ilmu Kesehatan, Hukum, Pariwisata, dan Kebijakan Internasional.

Universitas ini bisa jadi salah satu pilihanmu buat daftar GKS karena memiliki banyak mahasiswa internasional, lho!

8. Chung-Ang University

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar kampus chung ang university

Chung-Ang University adalah salah satu universitas swasta terkemuka di Korsel. Universitas ini memiliki dua kampus utama, yaitu di Seoul, yang terletak di Distrik Dongjak dan kampus satunya lagi berada di Anseong, Gyeonggi.

Universitas Chung-Ang berdiri pada 1918, awalnya sebagai sebuah sekolah kejuruan untuk anak perempuan. Awalnya fokus pada pendidikan musik dan seni, universitas ini berkembang menjadi lembaga pendidikan komprehensif yang menawarkan berbagai program di berbagai bidang.

Fakultas di Chung-Ang University, meliputi Humaniora, Ilmu Sosial, Bisnis, Ilmu Alam, Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, serta Seni dan Desain.

Chung-Ang University terkenal dengan program seni dan filmnya. Banyak lulusan dari program ini yang menjadi figur terkenal di industri hiburan Korea, lho! Seperti Kim Bum, Park Shin Hye, dan Kim Soo Hyun.

9. Ewha Womans University

kobi education-rekomendasi universitas beasiswa gks-gambar kampus chung ang university

Ewha Womans University adalah salah satu universitas wanita terbesar di dunia yang terletak di Seoul, Korea Selatan, tepatnya di Distrik Seodaemun.

Universitas ini berdiri pada 1886 oleh misionaris Amerika Mary F. Scranton dengan nama Ewha Haktang, sebuah sekolah dasar untuk perempuan. Nama “Ewha,” yang berarti “Bunga Buah Pir,” dipilih oleh pendiri. 

Fakultas di Ewha Womans University, antara lain Musik, Bisnis, Ilmu Kesehatan, Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Ilmu Pendidikan, Humaniora, Bisnis, Hukum, serta Seni dan Desain.

Nah, itu dia rekomendasi universitas Beasiswa GKS yang bisa kamu jadikan pilihan. Kalau mau tahu daftar universitas lengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman resmi GKS S1

Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini