7 Syarat Masuk Universitas Yonsei Yang Kamu Harus Catat!

Guys, kalian tau ga kalo misal syarat masuk Universitas Yonsei lumayan banyak banget loh! Kira-kira apa aja ya? Ini dia info lengkapnya!

Share:

kobi education-syarat masuk universitas yonsei-gambar tumpukan berkas di atas meja kaca

Tertarik kuliah di salah satu member kampus SKY, Yonsei University? Kalau iya, kamu wajib tahu, nih, syarat masuk Universitas Yonsei. 

Yap, Yonsei University atau Universitas Yonsei adalah salah satu dari tiga kampus top Korea, bersama Seoul National University dan Korea University. Tiga kampus ini sering disebut sebagai SKY, kampus terbaik dan paling bergengsi di Korea Selatan.

Nah, biar bisa kuliah di Yonsei tanpa beban, kamu harus daftar Global Korea Scholarship (GKS) yang membiayai kuliah secara penuh, plus biaya hidup.

Bingung mau mulai persiapan dari mana? Ikutan webinar GKS bareng Kobi aja! Kamu bisa tanya-tanya dan dapat info langsung dari GKS Awardee, lho!

Psttt.. Kamu juga bisa FREE Konsultasi sama Kobi Expert Mentor buat 5 orang beruntung! Yuk, buruan daftar karena webinar ini LIMITED SEATS!

Biar bisa diterima di Yonsei, kamu harus menyiapkan segala persyaratan yang diperlukan, nih, Sob! Simak informasi lengkapnya di artikel ini, yuk!

Syarat Masuk Universitas Yonsei

1. Formulir Aplikasi

Isi formulir aplikasi situs pendaftaran internasional Yonsei University


Kamu harus mengisi data pribadi, seperti nama lengkap, alamat, informasi kontak, riwayat pendidikan, dan sebagainya. Isi formulir dengan teliti, ya. Pastikan semua informasi benar dan terkini.

2. Academic History Record

Academic History Record adalah catatan akademikmu selama ini, mencakup sekolah atau universitas tempatmu belajar sebelumnya.

 

Catatan ini berguna untuk memberikan gambaran ke universitas tentang latar belakang pendidikanmu dan menilai apakah kamu cocok dengan program yang dilamar.

kobi education-syarat masuk universitas yonsei-gambar rekaman sejarah akademik

3. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus Sementara

Kamu perlu menunjukkan ijazahmu sebagai bukti sudah menyelesaikan pendidikan terakhir. 

 

Kalau ijazah belum terbit, kamu bisa melampirkan Surat Keterangan Lulus (SKL) sementara. Surat ini harus dari institusi pendidikanmu dan menerangkan tanggal lulus, serta menyatakan kamu telah memenuhi semua persyaratan untuk lulus.

 

Ijazah atau SKL harus dalam Bahasa Inggris atau Korea. Kamu bisa menggunakan terjemahan resmi yang keluar dalam waktu 3 bulan terakhir.

4. Transkrip Akademik

Selain ijazah, transkrip akademik juga enggak kalah penting! Transkrip ini harus lengkap dan mencakup nilai dari semua semester atau tahun pendidikan. 

 

Transkrip juga harus dalam Bahasa Inggris atau Korea, ya, Sob! Gunakan terjemahan resmi yang diterbitkan dalam 3 bulan terakhir.

5. Paspor

Paspor diperlukan untuk verifikasi identitas dan kewarganegaraanmu. 

 

Pastikan paspor yang kamu sertakan masih berlaku dan halamannya yang memiliki informasi pribadi dan foto harus disertakan dalam aplikasi.

 

Enggak cuma paspor kamu, tapi juga paspor kedua orang tuamu, ya. Hal ini untuk menunjukkan kalau kamu memang benar bukan Warga Negara Korea.

6. Akta Kelahiran

Akta kelahiran juga enggak kalah penting, lho. Dokumen ini dibutuhkan untuk membuktikan tanggal & tempat kelahiran, serta nama orang tua yang kamu cantumkan dalam aplikasi pendaftaran sesuai dengan fakta.

 

Akta kelahiran juga harus berbahasa Inggris atau Korea, ya!

7. Sertifikat Bahasa Korea

Sertifikat kemampuan Bahasa Korea atau TOPIK (Test of Proficiency in Korean) ini bersifat opsional.

 

Jika program yang dilamar menggunakan Bahasa Korea sebagai pengantar di kelas, sebaiknya kamu melampirkan skor TOPIK minimal Level 3. Skor ini menunjukkan kemampuan bahasamu sudah cukup buat berpartisipasi dalam kelas.

 

Plus, peluang buat lolos jadi semakin besar kalau kamu melampirkan Sertifikat TOPIK, lho!

 

Itulah dia syarat masuk Universitas Yonsei yang wajib kamu catat. Segera persiapkan semua dokumen dari sekarang, yuk!

 

Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini