5 Pertukaran Pelajar ke Korea Selatan Buat SMA/Mahasiswa S1

Buat kamu yang masih di SMA/kuliah tapi ingin merasakan belajar ke Korsel, ternyata ada loh 5 program pertukaran pelajar ke Korea Selatan!

Share:

kobi education-pertukaran pelajar ke korea selatan-gambar mahasiswa korea sedang membaca buku

Kamu masih berada di bangku SMA atau kuliah, tapi ingin merasakan pengalaman belajar di Korea Selatan (Korsel)? Ikutan program pertukaran pelajar ke Korea Selatan aja!

Kamu bisa mencoba sistem pendidikan yang berbeda, menjelajah tempat-tempat menarik, dan belajar kebudayaan Korsel. Program ini bakal menjadi bekal berharga buat masa depanmu, lho!

Nah, sebagai persiapan, kamu harus punya skor Bahasa Inggris yang bagus karena beberapa student exchange ke universitas mensyaratkan skor IELTS dengan minimal skor.

Biar target skor cepat tercapai, belajar bareng Tutor Kobi aja! Kamu bisa belajar dari mana aja karena kelasnya full online, lho!


BELAJAR IELTS BARENG KOBI


Penasaran apa aja program
student exchange ke negeri ginseng? Yuk, intip rekomendasinya!

Deretan Program Pertukaran Pelajar ke Korea Selatan

1. Indonesia–Korea Youth Exchange Program

Jenjang: SMA

Pendaftaran: Juli–Agustus


Youth Exchange Program (YEP)
adalah program student exchange yang diselenggarakan oleh Global Youth Action, sebuah organisasi pemuda internasional. 

Melalui program ini, kamu bakal diajak untuk memperkenalkan budaya Indonesia, mengunjungi kampus terbaik di Korsel, mengikuti kelas-kelas eksklusif, dan trip ke tempat-tempat wisata. Seru banget, kan?

Ada tiga kategori peserta dalam program ini, yaitu: 

    • Fully Funded Sebanyak 3 orang peserta teratas dari hasil seleksi mendapatkan beasiswa pembiayaan secara penuh;
    • Partial Funded – Sebanyak 97 peserta terbaik mendapatkan tanggungan pembiayaan sebanyak 50 persen;
    • Self Funded Hanya 10 peserta, bisa membayar secara mandiri sebanyak Rp25 juta.

2. Winter Korea Cultural Camp

Jenjang: SMA dan S1

Pendaftaran: Agustus–November


Penasaran dengan budaya Korea dan ingin belajar Bahasa Korea secara langsung di negeri ginseng? 


AYFN Academy menawarkan Program
Winter Korean Culture Camp menarik, nih, buat kamu yang berusia 15–35 tahun untuk bisa merasakan kesempatan pertukaran budaya ke Korea. 

Selama di sana, kamu akan diajak melakukan berbagai kegiatan seru, seperti membuat kimchi, memakai hanbok, dan jalan-jalan ke tempat wisata ikonik, seperti Namsan Tower, Istana Gyeongbokgung, Bukchon Village, Pulau Nami, dan Insadong Gil.

Enggak usah khawatir masalah biaya, kamu berkesempatan mendapatkan beasiswa penuh atau beasiswa sebagian, lho! 

Tapi, kalau enggak mau repot mengurus persyaratan tambahan, kamu juga bisa membayar secara mandiri, kok. 

3. Seoul National University (SNU) Student Exchange

Jenjang: S1/S2

Pendaftaran Musim Semi: Agustus–September

Pendaftaran Musim Gugur: Februari–Maret

Mau merasakan pengalaman belajar di kampus terbaik #1 di Korea Selatan? Seoul National University (SNU) menawarkan student exchange bagi mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia, lho!

Kamu bisa mengikuti program pertukaran ini selama 1 semester dan mendapatkan maksimal 12 kredit. Kredit ini bisa ditransfer ke universitas asal kamu setelah program selesai. 

Syaratnya, kamu harus sudah menyelesaikan minimal 1 tahun studi di universitas asal sebelum mengikuti program ini.

Tapi, hanya mahasiswa Indonesia dari kampus mitra SNU aja yang bisa mendaftar, seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Tenang… mahasiswa kampus non-mitra juga bisa mendaftar via visiting program, kok. Hanya saja, kamu harus membayar secara mandiri biaya kuliah di SNU dan keperluan hidup sehari-hari.

Sementara itu, mahasiswa dari kampus mitra cukup membayar kuliah di asal kampusnya saja.

4. Ewha Exchange Program

Jenjang: S1/S2

Pendaftaran Semester Musim Semi: Agustus–September

Pendaftaran Semester Musim Gugur: Februari–Maret


Ewha Womans University, universitas perempuan terbaik di Korsel, menawarkan program student exchange bagi mahasiswa internasional dari universitas mitra untuk berkuliah selama 1 semester sampai 1 tahun di Ewha, lho!

Dalam program ini, kamu bisa memilih mata kuliah dari berbagai jurusan yang diajarkan dalam Bahasa Inggris atau Korea. 

Selain itu, kamu juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan budaya untuk lebih mengenal tradisi dan masyarakat Korea. Seru banget, kan?

Syarat utamanya, kamu terdaftar sebagai mahasiswa di universitas mitra Ewha, IPK minimal 3.0, dan IELTS minimal 6.0.

5. Yonsei University - Exchange Student Program

Jenjang: S1/S2

Pendaftaran Semester Musim Semi: September–Desember

Pendaftaran Semester Musim Gugur: April–Juni


Yonsei University
, universitas terbaik ke #3 di Korea Selatan, juga enggak mau ketinggalan membuka kesempatan student exchange bagi mahasiswa internasional selama satu atau dua semester.

Syarat utamanya, kamu harus berasal dari universitas mitra Yonsei, telah menjalani minimal 2 semester di universitas asal, memiliki minimal IPK 3.0, dan skor TOEFL minimal 79 (Humanities, Social Science), 68 (Natural Science, Physical Education, Music), dan 100 (Graduate School).

Setelah diterima, kamu cukup membayar biaya kuliah ke Yonsei University selama masa exchange, enggak perlu membayar lagi ke universitas asal.

Tips dan Trik Lolos Program Pertukaran Pelajar

Melansir dari berbagai sumber, ikuti tips dan trik ini biar kesempatan lolos pertukaran pelajar kamu lebih besar!

1. Persiapkan Dana

Beberapa program pertukaran pelajar ke Korea Selatan biasanya enggak menyediakan beasiswa penuh. Biasanya, hanya beasiswa sebagian atau kamu harus membayar semua biaya program secara mandiri.

 

Makanya, kamu harus menyiapkan cukup dana untuk berjaga-jaga. Kamu bisa mulai menabung dari jauh-jauh hari, ya.

2. Persiapkan Dokumen Dengan Matang

Pastikan kamu mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan, seperti transkrip nilai, surat rekomendasi guru, esai, sertifikat bahasa, dan lain-lain. 

 

Lengkapi dengan teliti dan rapi, jangan sampai ada yang ketinggalan. Kalau dokumenmu komplit dan kelihatan rapi, kesempatan lolosmu bakal lebih tinggi di mata pihak penyeleksi, lho!

3. Tunjukkan Prestasi

Kalau kamu punya prestasi-prestasi keren, baik di bidang akademik maupun non-akademik, wajib banget kamu cantumkan di aplikasimu nanti. 

 

Dengan mencantumkan prestasi, penyeleksi akan tahu kalo kamu itu murid berprestasi yang aktif dan berbakat. Hal ini juga bakal jadi nilai tambah dan membuat aplikasimu lebih menonjol dibanding pelamar lain.

4. Aktif di Kegiatan Luar Kelas

Selain nilai akademik, pihak penyeleksi juga bakal liat apakah kamu aktif di kegiatan-kegiatan di luar jam pelajaran atau enggak. Mereka ingin melihat seberapa aktif kamu di luar bangku sekolah.

 

Kegiatan apa aja, sih, yang bisa kamu ikuti? Banyak banget pilihannya! Kamu bisa gabung di organisasi di sekolah kayak OSIS, Pramuka, ataupun klub-klub yang sesuai minat kamu, seperti klub basket, paduan suara, atau teater.

 

Selain itu, kamu juga bisa ikut kegiatan sosial seperti jadi volunteer di yayasan atau bakti sosial. Ada juga pilihan untuk aktif di Bidang Olahraga, seperti sepakbola, renang, atau basket.

 

Intinya, aktif di kegiatan apa saja yang menurutmu seru dan bisa mengembangkan bakat serta minatmu. Semakin aktif kamu di luar kelas, semakin banyak hal positif yang bisa kamu tampilkan di aplikasimu nanti.

 

Nah, itulah dia program pertukaran pelajar ke Korea Selatan yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti program ini, kamu enggak hanya mendapatkan pengalaman berharga, tapi juga kesempatan memperluas relasi dan eksplorasi budaya baru.

 

Segera persiapkan dari sekarang, yuk! Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini