5 Syarat Masuk Universitas Sungkyunkwan, Ini Infonya Detailnya!

Sedang mencari info mengenai syarat masuk Universitas Sungkyunkwan? Kamu berada di artikel yang tepat! Ini dia info detail-nya!

Share:

kobi education-universitas sungkyunkwan-gambar logo skku

Cung yang tertarik masuk Universitas Sungkyunkwan di Korea Selatan! Kalau iya, kamu wajib tahu syarat masuknya dulu, nih!

Penasaran apa saja syarat yang dibutuhkan buat masuk ke salah satu universitas bergengsi di Korea ini? Yuk, simak informasi lengkapnya!

Profil Singkat Universitas Sungkyunkwan

kobi education-universitas sungkyunkwan-gambar universitas sungkyunkwan dua

Sungkyunkwan University (SKKU) adalah salah satu institusi pendidikan tertua dan paling prestisius di Korea Selatan (Korsel). 

Berdiri pada 1398, tepatnya pada masa Dinasti Joseon, universitas ini awalnya berfungsi sebagai pusat pendidikan dan penelitian Konfusianisme. Kemudian, SKKU berkembang menjadi universitas modern yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi di berbagai bidang ilmu.

SKKU memiliki dua kampus utama, yaitu kampus Natural Sciences yang berada di Suwon dan kampus Humanities and Social Sciences yang terletak di pusat Kota Seoul.

Kedua kampus ini dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti laboratorium canggih dan pusat penelitian.

Sebagai salah satu universitas terkemuka di Korsel, SKKU konsisten menduduki peringkat tinggi, seperti menempati peringkat #6 sebagai kampus terbaik di Korsel, versi QS World University Rankings 2024, lho!

Daftar Jurusan Terbaik di Universitas Sungkyunkwan

Tertarik masuk Universitas Sungkyunkwan, tapi masih bingung pilih jurusan apa? Sini-sini, MinBi rekomendasikan lima jurusan terbaiknya:

1. Biology

Syarat Khusus: Sertifikat TOPIK minimal Level 4, dan bagi pelamar S2/S3 harus sudah mendapatkan persetujuan Profesor pembimbing dan menuliskannya di formulir aplikasi.

 

Departemen Biologi di SKKU menempati peringkat #5 terbaik dalam Bidang Biological Science di Korsel, menurut QS WUR by Subject 2024, lho! 

 

Departemen Biologi SKKU sudah ada lebih dari 50 tahun dan meluluskan lebih dari 2.000 alumni. Enggak cuma itu, jurusan ini juga menyabet banyak penghargaan, salah satunya dari Kementerian Pendidikan Korea sebagai jurusan terbaik di Korea pada 1999.

 

Mata kuliah Biologi di SKKU, mencakup Fisiologi Hewan, Imunologi, Mikrobiologi, Virologi, Genetika Molekuler, Ekologi, Biokimia, Fisiologi Tumbuhan, Biologi Struktural, dan masih banyak lagi.

2. Medicine

Syarat Khusus: Sertifikat TOPIK minimal Level 1, memilih salah satu program studi, dan sudah mendapatkan persetujuan Profesor Pembimbing.

 

Jurusan Kedokteran di SKKU juga menjadi salah satu jurusan paling top, menempati peringkat #4 terbaik dalam Bidang Medicine di Korsel.

 

Sekolah Kedokteran SKKU menawarkan program Pascasarjana yang fokus pada dua bidang, yaitu Ilmu Biomedis dan Ilmu Klinis. 

 

Sementara program studinya, mencakup Parasitology, Immunology, Anatomy and Cell Biology, Microbiology, Physiology, Molecular Cell Biology, Social Medicine, Pharmacology, dan Precision Medicine.

 

Fasilitas di sekolah ini juga lengkap banget dan mendukung pembelajaran, seperti Medical Building, Medical Information Center, dan Ruang Program Based Learning.

3. Psychology

Syarat Khusus: Sertifikat TOPIK minimal Level 6

Departemen Psikologi di Universitas Sungkyunkwan turut menempati posisi #4 dalam Bidang Psychology terbaik di Korsel, lho!

Jurusan ini memiliki tiga fokus utama yang bisa kamu pilih, yaitu Psikologi Industri, Psikologi Klinis, atau Psikologi Umum. Selama kuliah, kamu bakal belajar banyak tentang Metode Penelitian, Psikologi Kognitif, Psikologi Sosial, Psikologi Industri, dan Psikologi Klinis. 

Sementara itu, untuk Jenjang S2 atau S3, ada banyak banget program studi yang bisa kamu pilih, mulai dari Psikologi Kognitif, Neuropsikologi Kognitif, Psikologi Sosial, Psikologi Industri/Organisasi, Psikologi Klinis, sampai Psikologi Kuantitatif. Keren banget, kan?

Kabar baiknya, kamu bisa kejar jurusan ini dengan Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) dari Pemerintah Korea Selatan, lho! Semua kebutuhan kuliah, mulai dari biaya SPP hingga biaya hidup bakalan ditanggung!

Biar enggak ketinggalan, sat set persiapan GKS dari sekarang, yuk! No worries… Kobi siap bantu!

4. Chemistry

Syarat Khusus: TOPIK minimal 4 dan sudah mendapatkan Profesor Pembimbing dan menuliskan namanya di formulir aplikasi bagi pelamar S2/S3.

 

Departemen Kimia di Sungkyunkwan sudah ada sejak tahun 1953, lho! Berkat pendidikan dan penelitiannya, Kimia SKKU berhasil menempati peringkat #7 terbaik dalam Bidang Chemistry di Korsel.

 

For your information, Departemen Kimia SKKU punya gedung sendiri yang dilengkapi dengan fasilitas dan laboratorium canggih, bernama Chemistry Building

 

Jurusan ini juga sering kolaborasi dengan universitas dan institusi lain. Jadi, kamu bisa belajar banyak hal baru dari para Ilmuwan Kimia di Korea.

5. Computer Science and Engineering

Syarat Khusus: TOPIK minimal 4 dan bagi pelamar S2/S3 sudah mendapatkan persetujuan Profesor Pembimbing dan menuliskan namanya di formulir aplikasi.

 

Department of Computer Science and Engineering di SKKU sudah ada sejak 1982 dan sekarang jadi jurusan andalan di Fakultas Komputasi dan Informatika Sungkyunkwan.

 

Para dosen di sini kebanyakan ahli dalam Bidang Sistem, Kecerdasan Buatan, dan Teknik Komputer. Enggak cuma belajar teori, kamu juga bakal terlibat untuk mengerjakan proyek-proyek bersama perusahaan mitra, jadi kamu bisa menyelesaikan masalah dunia nyata. 

 

Selain itu, ada juga program khusus buat mahasiswa yang punya potensi luar biasa. Misalnya, program 5,5 tahun untuk mendapatkan Gelar S1 dan S2 sekaligus, atau program 7 tahun untuk mendapatkan Gelar S1, S2, dan S3 sekaligus!

Syarat Masuk Jurusan Universitas Sungkyunkwan untuk Mahasiswa Internasional

1. Kewarganegaraan

Sesuai sebutannya, untuk menjadi mahasiswa internasional di sana, kamu dan kedua orang tuamu harus terdaftar sebagai warga negara selain Korea Selatan. Bukan juga memiliki kewarganegaraan ganda yang salah satunya Korea.

 

Kalau kamu atau orang tuamu pernah punya kewarganegaraan Korea, tapi sudah dilepas sebelum kamu masuk SMA, kamu masih boleh daftar, kok. Jangan lupa melampirkan bukti kalau kamu dan orang tuamu sudah resmi melepas kewarganegaraan Korea, ya!

 

Nah, khusus buat kamu yang salah satu orang tuanya tinggal di Korsel, ada syarat tambahan, nih. Kamu wajib memberikan Surat Keterangan Pendaftaran Orang Asing yang namanya kedua orang tua dan kamu sendiri.

2. Latar Belakang Pendidikan

Program S1 (Undergraduate): Kamu harus sudah lulus SMA atau akan lulus sebelum Agustus 2024. Kalau kamu punya kualifikasi lain yang setara SMA dan diakui secara resmi, kamu juga bisa daftar.

 

Tapi, hasil ujian kualifikasi seperti homeschooling, cyber schooling, atau sertifikat kesetaraan SMA lainnya belum bisa dianggap sebagai ijazah SMA, ya.

 

Program S2/S3: Untuk mendaftar S2, kamu harus sudah punya Gelar Sarjana (S1) atau kualifikasi yang setara. Begitu pula kalau mendaftar program gabungan S2 dan S3.

 

Sementara untuk mendaftar S3, kamu wajib punya Gelar Master (S2) atau kualifikasi yang setara, ya.

3. Persyaratan Bahasa Korea

Jika melamar program studi berbahasa Korea, kamu wajib punya Sertifikat TOPIK minimal Level 4 atau sesuai jurusan.

 

Kamu bisa pakai transkrip dan sertifikat dari Sungkyun Language Institute (lembaga bahasa di Sungkyunkwan) atau lembaga bahasa universitas lain di Korsel. 

 

Belum punya sertifikat? Tenang, masih bisa daftar kok! Nanti kamu bakal mendapatkan status “Kandidat dengan penawaran penerimaan sementara“. Tapi, tetap harus melampirkan kemampuan Bahasa Korea kamu nanti, ya.

 

Berbeda kasus kalau kamu lulusan SMA di Korsel, kamu enggak perlu melampirkan syarat TOPIK karena dianggap sudah jago Bahasa Korea.

4. Persyaratan Bahasa Inggris

Persyaratan Bahasa Inggris juga diperlukan untuk mendaftar, terutama untuk kamu yang program studinya berbahasa Inggris.

 

Kamu bisa pakai TOEFL iBT, IELTS, TEPS, TOEIC, atau tes lainnya yang diakui tanpa minimal skor.

 

Kalau kamu warga negara yang bahasa ibunya atau bahasa resminya Bahasa Inggris, kamu bisa kasih bukti kalau sudah menyelesaikan sekolah menengah (SMP dan SMA) di negaramu. Enggak perlu melampirkan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris lagi.

5. Dokumen Lain Yang Diperlukan

Kamu juga wajib melampirkan dokumen-dokumen lain, nih, seperti:

    • Formulir aplikasi;
    • Surat pernyataan diri dan rencana studi;
    • Salinan paspor kandidat dan orang tua;
    • Surat keterangan hubungan keluarga;
    • Dokumen kemampuan bahasa (Korea/Inggris);
    • Ijazah SMA (atau surat keterangan lulus sementara) dan transkrip nilai;
    • Sertifikat kegiatan ekstrakurikuler (opsional);
    • Nilai ujian masuk universitas atau referensi akademik (opsional);
    • Hasil tes bahasa resmi lainnya (opsional);
    • Sertifikat kelulusan dan transkrip kursus Bahasa Korea di lembaga bahasa (opsional).

 

Semua dokumen harus dalam terjemahan resmi berbahasa Inggris atau Korea, ya. Setelah dinyatakan diterima, kamu harus menyerahkan semua dokumen asli untuk keperluan verifikasi.

 

Nah, itulah dia syarat masuk Universitas Sungkyunkwan yang harus kamu persiapkan dari sekarang. 

 

Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini