20 Jurusan Beasiswa GKS: Rekomendasi Banget Buat S1, S2, S3!

Masih bingung mau pilih jurusan Beasiswa GKS (Global Korea Scholarship)? MinBi punya rekomendasinya, lho, khusus buat kamu!

Share:

kobi education-jurusan beasiswa gks-gambar perempuan yang mempunyai mimpi untuk kuliah di luar negeri

Masih bingung mau pilih jurusan Beasiswa GKS (Global Korea Scholarship)? Tenang.. MinBi punya rekomendasinya, lho, khusus buat kamu!

 

Korea Selatan (Korsel) terkenal dengan sistem pendidikan terbaiknya, terbukti menempati peringkat #5 dalam pemeringkatan pendidikan oleh Programme for International Student Assessment (PISA).

 

Makanya, kesempatan kuliah gratis di Korea Selatan dengan Beasiswa GKS enggak boleh kamu lewatkan, ya, Sob!

 

Nah, biar lebih sat set dan terarah, ikut persiapan bareng expert Mentor Kobi aja! Kamu bakal didampingi selama persiapan Beasiswa GKS dari A-Z, lho!

Mau tahu apa aja jurusan yang bisa didaftar dengan Beasiswa GKS? Intip rekomendasinya!

Rekomendasi Jurusan Beasiswa GKS untuk Jenjang S1

1. Ilmu Komputer

Teknologi yang terus berkembang dan memengaruhi banyak aspek kehidupan kita sehari-hari bikin Jurusan Ilmu Komputer jadi populer, nih, Sob!

Sebagai gambaran, mata kuliah di jurusan ini berkaitan dengan Pemrograman, Algoritma, Struktur Data, Sistem Operasi, Basis Data, Jaringan Komputer, dan Kecerdasan Buatan. 

Kamu akan belajar coding, merancang aplikasi, dan memahami bagaimana komputer bekerja. Menarik banget, kan?

Enggak usah khawatir soal prospek karier, karena lulusan Ilmu Komputer atau Computer Science jadi incaran banyak perusahaan di berbagai sektor, lho! Mulai dari industri perbankan, kesehatan, hingga lembaga pemerintahan.

Kamu bisa jadi Pengembang Perangkat Lunak, Analis Data, Programmer, Database Administrator, Konsultan IT, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi Universitas:

2. Matematika

Tertarik belajar tentang angka dan perhitungan? Kamu bisa banget, nih, masuk Jurusan Matematika di Korea Selatan! Fyi, universitas-universitas di Korsel punya reputasi bagus di bidang ini, lho!

Jurusan Matematika mempelajari Statistik, Aljabar, Kalkulus, Geometri, Analisis Matematis, dan sebagainya. Kamu akan belajar tentang konsep-konsep Matematika lanjutan dan penerapannya.

Jurusan ini populer karena Matematika adalah dasar dari banyak ilmu lain seperti fisika, kimia, komputer, ekonomi. Jadi kamu terlatih berpikir logis dan analitis yang berguna untuk karier apa pun.

Banyak bidang membutuhkan lulusan Matematika, seperti keuangan, asuransi, perbankan, teknologi informasi, penelitian, pendidikan, analisis data, dan lain-lain. 

Rekomendasi Universitas:

3. Kedokteran Gigi

Jurusan Kedokteran Gigi mempelajari cara mendiagnosis dan mengobati berbagai masalah pada gigi dan mulut pasien. 

 

Mata kuliahnya banyak berkaitan anatomi mulut dan gigi, penyakit gigi dan mulut, bedah mulut, ortodonti, prostodonti, endodonti, dan lain sebagainya. 

 

Prospek karier jurusan ini cukup menjanjikan, lho! Setelah lulus, kamu bisa membuka praktik pribadi, bekerja di klinik gigi, rumah sakit gigi dan mulut, institusi penelitian, dinas kesehatan, atau bergabung dengan perusahaan produk perawatan gigi. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Seoul National University (#1);
    • Yonsei University (#3);
    • Kyung Hee University (#11).

4. Farmasi

Selain Dokter, jurusan kesehatan lain yang enggak kalah populer adalah Jurusan Farmasi, karena selalu ada kebutuhan mengembangkan obat baru untuk kesehatan manusia.

Jurusan Farmasi mempelajari tentang kimia, biologi, farmakologi, teknologi farmasi, obat-obatan, mikrobiologi, sifat, komposisi, dan pembuatan obat-obatan serta efeknya pada tubuh manusia. Kedengeran seru, kan?

Kebutuhan tenaga farmasi cukup tinggi, lho, baik di fasilitas kesehatan, industri farmasi, penelitian, maupun pemerintahan. 

Lulusan farmasi bisa bekerja di apotek, rumah sakit, industri farmasi, institusi penelitian, instansi pemerintah, konsultan farmasi, bahkan buka usaha sendiri. 

Rekomendasi Universitas:

5. Hospitality and Tourism

Siapa, nih, yang suka jalan-jalan dan tertarik mengelola acara atau destinasi wisata? Jurusan Hospitality and Tourism bakalan cocok banget buat kamu!

 

Mahasiswa di jurusan ini belajar untuk mengelola industri jasa dan wisata dengan baik. Mata kuliahnya mencakup manajemen hotel, restoran, travel, pelayanan, pemasaran pariwisata, dan manajemen acara.

 

Lulusannya bisa bekerja di hotel, resort, restoran, maskapai penerbangan, biro perjalanan, pusat konvensi, pameran, bahkan membuka usaha sendiri di Bidang Perhotelan dan Pariwisata.

 

Rekomendasi universitas:

    • Hanyang University (#7);
    • Kyung Hee University (#11);
    • Sejong University (#12).

6. Korean Studies

Tertarik dengan sejarah, tren, dan budaya Korea? Korean Studies jadi pilihan jurusan Beasiswa GKS yang tepat, nih, apalagi mempelajari hal tersebut langsung di Korea.

 

Mata kuliah di jurusan ini berkaitan dengan sejarah, budaya, bahasa, sastra, politik, ekonomi, dan masyarakat Korea. Jadi mahasiswanya mempelajari seluk-beluk Korea secara mendalam, baik masa lalu maupun masa kini.

 

Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai Guru Bahasa Korea, Penerjemah, Peneliti, Analis Kebijakan, Konsultan Budaya, Biro Perjalanan Wisata, bahkan bekerja di perusahaan Korea atau kedutaan.

 

Rekomendasi universitas:

    • Hanyang University (#7);
    • Hankuk University of Foreign Studies (#17);
    • Busan University of Foreign Studies.

7. Arsitektur

Penasaran gimana cara bikin sketsa dan bangun gedung-gedung tinggi? Kamu bisa eksplor semua tentang bangunan di Jurusan Arsitektur, lho!

 

Kamu bakal mempelajari cara merancang dan membangun gedung-gedung, mulai dari desain bangunan, perencanaan tapak, konstruksi, struktur, mekanikal, listrik, utilitas bangunan, dan arsitektur lanskap.

 

Lulusan Arsitektur bisa berkarier sebagai Arsitektur, Kontraktor, Pengembang Properti, Konsultan Desain, bahkan sebagai Arsitek Freelance. Kamu juga dapat bekerja di instansi pemerintah terkait pembangunan infrastruktur. 

Rekomendasi Universitas:

    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Kyung Hee University (#11);
    • Chung-Ang University (#13);

8. Desain Grafis

Suka menggambar dan membuat karya visual yang menarik? Jurusan Desain Grafis bisa jadi pilihan tepat buat kamu!

 

Mata kuliahnya berkaitan dengan desain visual, ilustrasi, tipografi, layout, multimedia, fotografi, videografi, dan seni rupa. Kamu bakal belajar cara membuat desain menarik untuk berbagai media, seperti buku, website, brosur, dan kemasan. 

 

Jurusan ini cukup populer, lho, karena desain grafis sangat dibutuhkan untuk kebutuhan promosi dan branding perusahaan. 

 

Lulusan Desain Grafis biasanya bekerja di studio desain, percetakan, agensi iklan, perusahaan multimedia, media cetak/online, TV, atau menjadi Desainer Freelance

 

Rekomendasi Universitas:

    • Korea National University of Arts (#4 in Art and Design);
    • Ewha Woman University (#14);
    • Hongik University (#38).

9. Hukum

Penasaran dengan hukum dan peraturan yang mengatur kehidupan kita? Jurusan Hukum bakal membuka matamu tentang berbagai aspek hukum, dari hukum pidana sampai hukum internasional.

 

Sebagai gambaran, mata kuliah jurusan ini berkaitan dengan hukum perdata, pidana, bisnis, internasional, konstitusi, litigasi, kontrak, properti, dan lain sebagainya.

 

Kebutuhan tenaga profesional hukum cukup tinggi, lho, baik di instansi pemerintah, pengadilan, konsultan hukum, maupun di perusahaan swasta. Semakin banyak kasus dan sengketa yang harus ditangani.

 

Kamu bisa berkarier sebagai Pengacara, Jaksa, Hakim, Konsultan Hukum, Notaris, Akademisi Hukum, atau di bagian hukum perusahaan.

 

Rekomendasi Universitas:

    • Sogang University (#15);
    • Ajou University (#19);
    • Dongguk University (#20).

10. Akuntansi

Lebih dari sekadar jago hitung-hitungan, Jurusan Akuntansi mengharuskanmu paham cara menganalisa keuangan dan membantu bisnis berkembang, lho!

 

Jurusan ini mempelajari cara mencatat, mengolah, menganalisis, dan melaporkan data keuangan perusahaan. Mata kuliahnya, antara lain Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Perpajakan, Audit, dan Sistem Informasi Akuntansi.

 

Lulusan Akuntansi bisa bekerja sebagai Akuntan Publik, Akuntan Perusahaan, Auditor, Konsultan Pajak, Analis Keuangan, atau membuka kantor akuntan sendiri. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Korea University (#4);
    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Sogang University (#15).

Rekomendasi Jurusan Beasiswa GKS untuk Jenjang S2/S3

1. Administrasi Bisnis

Jurusan Business Administration atau Administrasi Bisnis termasuk populer karena melahirkan banyak Entrepreneur dan tokoh sukses, lho, seperti Maudy Ayunda, Nadiem Makarim, dan Erick Thohir. 

 

Sebagai gambaran, jurusan ini mempelajari cara mengelola bisnis, mulai dari cara memimpin tim, mengatur keuangan, pemasaran, hingga operasional perusahaan.

 

Lulusan Administrasi Bisnis bisa berkarier sebagai Manajer, Analis Bisnis, Konsultan Manajemen, Pemasaran, Perbankan Keuangan, SDM, Wirausaha, dan sebagainya. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Seoul National University (#1);
    • Yonsei University (#3);
    • Korea University (#4).

2. Teknik

Tertarik melanjutkan studi ke Jurusan Teknik? Kalau iya, opsi ini bisa jadi pilihan tepat, nih, karena jurusan ini paling dibutuhkan di dunia industri.

 

Plus, gaji jurusan ini cenderung lebih tinggi dari jurusan lain, lho! Apalagi kalau kamu ambil Gelar Magister atau Doktoral di negara yang unggul dalam Bidang Sains dan Teknik, seperti Korea Selatan.

 

Jurusan Teknik biasanya dibagi lagi menjadi beberapa bidang, seperti Mesin, Elektro, Kimia, Perminyakan, Pertambangan, dan sebagainya.

 

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di berbagai industri seperti manufaktur, konstruksi, konsultan rekayasa, penelitian, bahkan pengembangan teknologi baru. Kamu bisa jadi Insinyur, Manajer Proyek, Konsultan, Quality Control, dan lainnya.

 

Rekomendasi Universitas:

    • KAIST (#2);
    • POSTECH (#5);
    • UNIST (#8).

3. Perdagangan Internasional

Jago bahasa asing dan ingin berkecimpung di dunia perdagangan internasional? Lanjut studi ke Jurusan International Commerce aja!

 

Jurusan ini mempelajari seluk-beluk bisnis dan perdagangan yang melintasi batas negara. Mata kuliahnya banyak berkaitan dengan Bisnis Internasional, Manajemen Ekspor-Impor, Logistik, Ekonomi Internasional, Keuangan Internasional, Hukum Perdagangan, dan Negosiasi Bisnis Lintas Negara.

 

Prospek kariernya cukup menjanjikan, lho! Lulusan International Commerce bisa masuk ke perusahaan ekspor-impor, trading house, PMDN/PMA, freight forwarder, bea cukai, pelabuhan, konsultan bisnis internasional, bahkan lembaga pemerintah terkait perdagangan luar negeri. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Yonsei University (#3);
    • Korea University (#4).

4. Hubungan Internasional

Siapa yang bercita-cita jadi diplomat? Kamu cocok, nih, melanjutkan studi di Jurusan International Relation atau Hubungan Internasional.

 

Kamu akan belajar memahami dinamika hubungan dan isu-isu antar negara di dunia. 

 

Mata kuliahnya, antara lain Politik Global, Diplomasi, Organisasi Internasional, Ekonomi Politik Internasional, Studi Kawasan/Negara, Keamanan Internasional, Perdamaian dan Konflik, dan Hukum Internasional

 

Setelah lulus, kamu bisa berkarier di kementerian, organisasi internasional (PBB, ASEAN, dll), kedutaan/konsulat, lembaga pemantau politik global, badan intelijen, bahkan perusahaan multinasional.

 

Rekomendasi Universitas:

    • Yonsei University (#3);
    • Korea University (#4);
    • Sogang University (#15).

5. Media and Komunikasi

Ingin menjadi Jurnalis atau bekerja di industri media massa? Lanjut studi ke Jurusan Media dan Komunikasi bisa membantumu memahami cara menyampaikan informasi lewat berbagai media, lho!

 

Sebagai gambaran, mata kuliah jurusan ini, mencakup jurnalistik, penyiaran, periklanan, hubungan masyarakat, komunikasi massa, komunikasi antar budaya, media baru, riset media, dan desain komunikasi visual. 

 

Setelah selesai studi, kamu bisa masuk media massa, kantor berita, portal online, agensi periklanan, konsultan PR, perusahaan multimedia, production house, bahkan membuka usaha sendiri di bidang media dan komunikasi.

 

Rekomendasi Universitas:

    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Hanyang University (#7);
    • Ewha Womans University (#14).

6. Kimia

Jurusan Kimia berkaitan dengan kimia organik, anorganik, fisika, analitik, biokimia, material, farmasi, polimer, dan berbagai cabang kimia lainnya. 

 

Kamu akan lebih sering praktikum dan penelitian di laboratorium. Seru, kan?

 

Berbeda dari program sarjana, jurusan Kimia di program Pascasarjana lebih memperdalam spesialisasi bidang tertentu, seperti kimia material, farmasi, analitik, dan lain sebagainya untuk keperluan riset atau industri spesifik. 

 

Lulusan Kimia bisa berkarier di industri farmasi, bahan kimia, energi, makanan dan minuman, kosmetik, material, lingkungan, bahkan penelitian dan pendidikan. Mereka bisa jadi Peneliti, Analis, Konsultan, atau Dosen di Bidang Kimia.

 

Rekomendasi Universitas:

    • POSTECH (#5);
    • UNIST (#8);
    • DGIST (#9).

7. Psikologi

Mau memperdalam ilmu terkait kesehatan mental? Lanjut studi ke Jurusan Psikologi juga oke, lho, apalagi kalau kamu bercita-cita menjadi seorang Psikolog.

 

Program Pascasarjana Psikologi mempelajari perilaku dan mental manusia secara spesifik, seperti psikologi klinis, konseling, industri, bahkan pendidikan untuk kepentingan profesi atau penelitian.

 

Kamu bisa berkarier di Bidang Konseling, Klinik Psikologi, Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Penelitian, Marketing, atau menjadi Dosen Psikologi. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Kyungpook National University (#16);
    • Dongguk University (#20).

7. Psikologi

Mau memperdalam ilmu terkait kesehatan mental? Lanjut studi ke Jurusan Psikologi juga oke, lho, apalagi kalau kamu bercita-cita menjadi seorang Psikolog.

 

Program Pascasarjana Psikologi mempelajari perilaku dan mental manusia secara spesifik, seperti psikologi klinis, konseling, industri, bahkan pendidikan untuk kepentingan profesi atau penelitian.

 

Kamu bisa berkarier di Bidang Konseling, Klinik Psikologi, Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Penelitian, Marketing, atau menjadi Dosen Psikologi. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Kyungpook National University (#16);
    • Dongguk University (#20).

7. Psikologi

Mau memperdalam ilmu terkait kesehatan mental? Lanjut studi ke Jurusan Psikologi juga oke, lho, apalagi kalau kamu bercita-cita menjadi seorang Psikolog.

 

Program Pascasarjana Psikologi mempelajari perilaku dan mental manusia secara spesifik, seperti psikologi klinis, konseling, industri, bahkan pendidikan untuk kepentingan profesi atau penelitian.

 

Kamu bisa berkarier di Bidang Konseling, Klinik Psikologi, Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Penelitian, Marketing, atau menjadi Dosen Psikologi. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Kyungpook National University (#16);
    • Dongguk University (#20).

8. Kedokteran

Layanan medis selalu dibutuhkan karena pertambahan populasi setiap tahunnya. Makanya, profesi tenaga medis, khususnya Dokter, selalu dicari-cari dan Jurusan Kedokteran masih jadi primadona.

 

Nah, untuk menjadi seorang Dokter, Gelar Sarjana Kedokteran aja enggak cukup, Sob! Kamu harus mengambil Jenjang Profesi Dokter selama 2–3 tahun atau setara S2.

 

Meski harus kuliah cukup lama dan enggak mudah, prospek Jurusan Kedokteran atau Medicine menjanjikan banget, lho!

 

Lulusan profesi Dokter bisa berkarier di rumah sakit, membuka praktik pribadi, bekerja di klinik, puskesmas, institusi penelitian, ataupun mengajar di fakultas kedokteran. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Korea University (#4);
    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Ajou University (#19).

2. Teknik

Tertarik melanjutkan studi ke Jurusan Teknik? Kalau iya, opsi ini bisa jadi pilihan tepat, nih, karena jurusan ini paling dibutuhkan di dunia industri.

 

Plus, gaji jurusan ini cenderung lebih tinggi dari jurusan lain, lho! Apalagi kalau kamu ambil Gelar Magister atau Doktoral di negara yang unggul dalam Bidang Sains dan Teknik, seperti Korea Selatan.

 

Jurusan Teknik biasanya dibagi lagi menjadi beberapa bidang, seperti Mesin, Elektro, Kimia, Perminyakan, Pertambangan, dan sebagainya.

 

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di berbagai industri seperti manufaktur, konstruksi, konsultan rekayasa, penelitian, bahkan pengembangan teknologi baru. Kamu bisa jadi Insinyur, Manajer Proyek, Konsultan, Quality Control, dan lainnya.

 

Rekomendasi Universitas:

    • KAIST (#2);
    • POSTECH (#5);
    • UNIST (#8).

3. Perdagangan Internasional

Jago bahasa asing dan ingin berkecimpung di dunia perdagangan internasional? Lanjut studi ke Jurusan International Commerce aja!

 

Jurusan ini mempelajari seluk-beluk bisnis dan perdagangan yang melintasi batas negara. Mata kuliahnya banyak berkaitan dengan Bisnis Internasional, Manajemen Ekspor-Impor, Logistik, Ekonomi Internasional, Keuangan Internasional, Hukum Perdagangan, dan Negosiasi Bisnis Lintas Negara.

 

Prospek kariernya cukup menjanjikan, lho! Lulusan International Commerce bisa masuk ke perusahaan ekspor-impor, trading house, PMDN/PMA, freight forwarder, bea cukai, pelabuhan, konsultan bisnis internasional, bahkan lembaga pemerintah terkait perdagangan luar negeri. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Yonsei University (#3);
    • Korea University (#4).

4. Hubungan Internasional

Siapa yang bercita-cita jadi diplomat? Kamu cocok, nih, melanjutkan studi di Jurusan International Relation atau Hubungan Internasional.

 

Kamu akan belajar memahami dinamika hubungan dan isu-isu antar negara di dunia. 

 

Mata kuliahnya, antara lain Politik Global, Diplomasi, Organisasi Internasional, Ekonomi Politik Internasional, Studi Kawasan/Negara, Keamanan Internasional, Perdamaian dan Konflik, dan Hukum Internasional

 

Setelah lulus, kamu bisa berkarier di kementerian, organisasi internasional (PBB, ASEAN, dll), kedutaan/konsulat, lembaga pemantau politik global, badan intelijen, bahkan perusahaan multinasional.

 

Rekomendasi Universitas:

    • Yonsei University (#3);
    • Korea University (#4);
    • Sogang University (#15).

5. Media and Komunikasi

Ingin menjadi Jurnalis atau bekerja di industri media massa? Lanjut studi ke Jurusan Media dan Komunikasi bisa membantumu memahami cara menyampaikan informasi lewat berbagai media, lho!

 

Sebagai gambaran, mata kuliah jurusan ini, mencakup jurnalistik, penyiaran, periklanan, hubungan masyarakat, komunikasi massa, komunikasi antar budaya, media baru, riset media, dan desain komunikasi visual. 

 

Setelah selesai studi, kamu bisa masuk media massa, kantor berita, portal online, agensi periklanan, konsultan PR, perusahaan multimedia, production house, bahkan membuka usaha sendiri di bidang media dan komunikasi.

 

Rekomendasi Universitas:

    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Hanyang University (#7);
    • Ewha Womans University (#14).

6. Kimia

Jurusan Kimia berkaitan dengan kimia organik, anorganik, fisika, analitik, biokimia, material, farmasi, polimer, dan berbagai cabang kimia lainnya. 

 

Kamu akan lebih sering praktikum dan penelitian di laboratorium. Seru, kan?

 

Berbeda dari program sarjana, jurusan Kimia di program Pascasarjana lebih memperdalam spesialisasi bidang tertentu, seperti kimia material, farmasi, analitik, dan lain sebagainya untuk keperluan riset atau industri spesifik. 

 

Lulusan Kimia bisa berkarier di industri farmasi, bahan kimia, energi, makanan dan minuman, kosmetik, material, lingkungan, bahkan penelitian dan pendidikan. Mereka bisa jadi Peneliti, Analis, Konsultan, atau Dosen di Bidang Kimia.

 

Rekomendasi Universitas:

    • POSTECH (#5);
    • UNIST (#8);
    • DGIST (#9).

7. Psikologi

Mau memperdalam ilmu terkait kesehatan mental? Lanjut studi ke Jurusan Psikologi juga oke, lho, apalagi kalau kamu bercita-cita menjadi seorang Psikolog.

 

Program Pascasarjana Psikologi mempelajari perilaku dan mental manusia secara spesifik, seperti psikologi klinis, konseling, industri, bahkan pendidikan untuk kepentingan profesi atau penelitian.

 

Kamu bisa berkarier di Bidang Konseling, Klinik Psikologi, Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Penelitian, Marketing, atau menjadi Dosen Psikologi. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Kyungpook National University (#16);
    • Dongguk University (#20).

7. Psikologi

Mau memperdalam ilmu terkait kesehatan mental? Lanjut studi ke Jurusan Psikologi juga oke, lho, apalagi kalau kamu bercita-cita menjadi seorang Psikolog.

 

Program Pascasarjana Psikologi mempelajari perilaku dan mental manusia secara spesifik, seperti psikologi klinis, konseling, industri, bahkan pendidikan untuk kepentingan profesi atau penelitian.

 

Kamu bisa berkarier di Bidang Konseling, Klinik Psikologi, Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Penelitian, Marketing, atau menjadi Dosen Psikologi. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Kyungpook National University (#16);
    • Dongguk University (#20).

8. Kedokteran

Layanan medis selalu dibutuhkan karena pertambahan populasi setiap tahunnya. Makanya, profesi tenaga medis, khususnya Dokter, selalu dicari-cari dan Jurusan Kedokteran masih jadi primadona.

 

Nah, untuk menjadi seorang Dokter, Gelar Sarjana Kedokteran aja enggak cukup, Sob! Kamu harus mengambil Jenjang Profesi Dokter selama 2–3 tahun atau setara S2.

 

Meski harus kuliah cukup lama dan enggak mudah, prospek Jurusan Kedokteran atau Medicine menjanjikan banget, lho!

 

Lulusan profesi Dokter bisa berkarier di rumah sakit, membuka praktik pribadi, bekerja di klinik, puskesmas, institusi penelitian, ataupun mengajar di fakultas kedokteran. 

 

Rekomendasi Universitas:

    • Korea University (#4);
    • Sungkyunkwan University (#6);
    • Ajou University (#19).

9. Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat mempelajari tentang upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat. 

 

Sebagai gambaran, kamu akan belajar epidemiologi, biostatistik, promosi kesehatan, manajemen pelayanan kesehatan, kesehatan lingkungan, kebijakan kesehatan, administrasi kesehatan masyarakat.

 

Lulusan Kesehatan Masyarakat biasanya bekerja di institusi pemerintah seperti dinas kesehatan, rumah sakit, lembaga riset kesehatan, organisasi kesehatan internasional, LSM di Bidang Kesehatan, industri farmasi, atau menjadi Dosen.

 

Rekomendasi Universitas:

    • Kyungpook National University (#16);
    • Ajou University (#19);
    • The Catholic University of Korea (#24).

10. Keperawatan

Ada kabar baik, nih, buat kamu yang bercita-cita menjadi seorang perawat. Menurut U.S. Bureau of Labor Statistics (BLS), kebutuhan perawat akan naik 6 persen dari tahun 2022 sampai 2032, lho!

 

Kenapa, sih, perawat banyak banget dibutuhkan? Alasan utamanya karena permintaan layanan kesehatan untuk populasi lanjut usia yang terus meningkat.

 

Sebagai gambaran, mahasiswa Keperawatan akan mempelajari ilmu dasar keperawatan, biomedik, keperawatan jiwa, keperawatan medikal bedah, farmakologi, dan promosi kesehatan.

 

Lulusan Keperawatan juga enggak cuma bisa jadi perawat aja! Ada beberapa prospek kerja menjanjikan, seperti Medical Writer, Ahli Gizi, dan Teknisi Lab.

 

Rekomendasi Universitas:

    • Chung-Ang University (#13);
    • Ewha Womans University (#14);
    • Inha University (#21).

 

Nah, itulah dia rekomendasi jurusan Beasiswa GKS yang bisa kamu daftar. Kira-kira kamu cocok di jurusan yang mana, nih?

 

Dalam memilih jurusan, kamu harus menyesuaikan dengan minatmu biar enggak jadi beban saat belajar, ya! 

 

Sebagus apapun prospek karier lulusan jurusan-jurusan di atas, kamu bisa ditolak Beasiswa GKS kalau enggak punya alasan kuat memilih jurusan itu. Atau kamu bisa lolos, tapi malah ngerasa salah jurusan. Sayang banget, kan?

 

Maka dari itu, cari alasan kuat kenapa kamu pilih jurusan itu dan persiapkan dari sekarang, ya. Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini