15 Alasan Kuliah di Korea Selatan, Beserta 6 Tips Jadi Awardee!

Share:

kobi education-alasan kuliah di korea selatan-gambar desa hanok di sore hari

Mau kuliah di Korsel, tapi belum seratus persen yakin? Pstt.. sini MinBi bisikin alasan kuliah di Korea Selatan biar kamu semakin mantap.

 

Negeri ginseng ini enggak cuma unggul dalam dunia hiburan, lho! Mulai dari sistem pendidikan berkelas, hingga budayanya yang unik, ada banyak alasan mengapa Korsel menjadi negara yang tepat untuk menempuh studimu.

 

Penasaran? Simak informasi berikut ini, yuk!

Daftar Alasan Kuliah di Korea Selatan

1. Sistem Pendidikan Berkualitas Tinggi

Yap! Berdasarkan Programme for International Student Assessment (PISA), Korsel menempati peringkat ke #5 sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.


Sebanyak 43 universitas Korsel juga masuk jajaran universitas terbaik dunia, lho! Enggak heran kalau negara ini jadi destinasi favorit mahasiswa internasional. 

2. Gelar Internasional

Setelah menyelesaikan studi di Korsel, kamu akan mendapatkan gelar yang sudah diakui secara internasional. Apalagi kalau bisa lulus dari universitas terkenal dan terakreditasi.

 

Gelar yang diperoleh setelah lulus dari universitas Korsel mirip dengan sistem gelar banyak negara lain, yaitu Bachelor’s Degree (Sarjana), Master’s Degree (Magister), dan Doctoral Degree (Doktor).

3. Banyak Beasiswa

Kabar baik buatmu yang mau studi di negeri gingseng secara gratis! Negeri gingseng ini menawarkan banyak beasiswa untuk mahasiswa internasional, terutama Indonesia.

 

Mulai dari beasiswa pemerintah, universitas, dan perusahaan swasta. Beberapa program beasiswa populer, antara lain Global Korea Scholarship, AMA+ Scholarship, KAIST Scholarship, Hyundai Motor Scholarship, dan masih banyak lagi.

4. Kesempatan Kerja Paruh Waktu

Yap! Enggak cuma kuliah aja, tapi kamu bisa menambah pengalaman baru sekaligus uang jajan selama kuliah dengan mencoba kerja paruh waktu. 

 

Korsel banyak membuka lowongan kerja paruh waktu bagi mahasiswa atau pelajar, mulai dari pekerjaan kafe, restoran, toko ritel, hingga pekerjaan administrasi kampus. Kamu juga bisa bekerja sebagai Tutor Bahasa Asing, lho!

5. KPop dan K-Culture

Cung yang mau selangkah lebih dekat sama bias! 

 

KPop dan K-Culture jadi salah satu alasan kuliah di Korea Selatan yang paling banyak disebutkan anak muda. Kamu gitu juga enggak, nih?

 

Apalagi negara ini suka mengadakan konser musik, acara, serta festival budaya. Psttt… siapa tahu kamu bisa ketemu idolamu di sana!

 

Negeri gingseng juga dikenal sebagai trendsetter dalam mode, musik, dan gaya hidup. 

 

Nah, dengan menjadi mahasiswa di sana, kamu akan mendapatkan tren terbaru yang mungkin belum menyebar ke negara lain. Asik banget enggak, tuh?

6. Kualitas Hidup Tinggi

Kualitas hidup di Korsel terkenal tinggi, lho!

 

Mereka memiliki sistem perawatan kesehatan canggih, transportasi publik efisien, keamanan terjamin, infrastruktur modern, serta kualitas udara yang baik.

 

Jadi dirimu akan merasa aman dan nyaman selama berkuliah.

7. Lingkungan Internasional

Negeri gingseng telah menjadi salah satu destinasi study abroad terpopuler dunia. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara. 

 

Kamu juga jadi enggak merasa sendirian di negara asing, karena punya banyak teman senasib sepenanggungan. 

 

Plus, membangun jaringan internasional yang bermanfaat buat karier masa depan!

8. Belajar Bahasa Korea

Studi di Korsel berarti mengharuskanmu mempelajari Bahasa Korea. Ini kesempatan bagus karena banyak perusahaan dunia membutuhkan orang berkemampuan multibahasa, termasuk bahasa Korea.

 

Banyak universitas di negeri gingseng menawarkan kelas Bahasa Korea bagi mahasiswa internasional, lho! 

 

Kamu juga bisa terjun langsung latihan berbahasa Korea dengan penduduk lokal dalam kehidupan sehari-hari.

9. Kuliner Lezat

Pecinta drama Korea pasti enggak asing lagi sama kimchi, bibimbap, atau samgyeopsal. Kuliner tradisional Korea ini memang terkenal nikmat dan mendunia.

 

Melalui makanan, kamu enggak cuma memuaskan lidah, tapi juga terlibat langsung dalam budaya dan tradisi Korea.

10. Banyak Festival

Negeri ginseng ini sering mengadakan berbagai festival budaya sepanjang tahun, seperti Festival Bunga Sakura Jinhae, Festival Lumpur Boryeong, dan Festival Lentera Lotus.

 

Selain festival budaya, beberapa kampus juga punya festival sendiri, lho! Festival kampus, atau disebut daedong, berlangsung sekali setahun di setiap universitas.

 

Mereka menampilkan konser musik, pertunjukkan seni, kuliner, acara sosial, dan berbagai kegiatan lainnya. Beberapa universitas bahkan mengundang bintang KPop atau musisi terkenal, lho!

11. Tempat Wisata Menarik

Korsel menawarkan banyak tempat wisata indah nan menarik.

 

Mulai dari istana-istana bersejarah di Seoul, kota-kota pantai seperti Busan, hingga daerah pegunungan indah seperti Seoraksan. 

 

Nah, kalau lagi stres sama kesibukan kuliah, bisa banget melipir ke tempat-tempat wisata ini. Lumayan, kan, healing tipis-tipis! 

12. Biaya Hidup Cukup Terjangkau

Sebagai mahasiswa, kamu tentu harus mempertimbangkan biaya hidup selama berkuliah di luar negeri. 

 

Kabar baiknya, Korsel memiliki biaya hidup lebih terjangkau dibandingkan negara destinasi study abroad lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, atau Australia.

 

Sebagai mahasiswa di Korsel, perlu biaya hidup sekitar $800 hingga $1.500 (sekitar 12-23 juta rupiah) per bulan. Ini mencakup biaya akomodasi, makanan, transportasi, dan pengeluaran pribadi.

 

Lebih terjangkau bila dibandingkan dengan Amerika Serikat yang memerlukan biaya hidup sekitar $1.000 hingga $3.000 (setara 15-46 juta rupiah) per bulan.

13. Aktivitas Ekstrakurikuler Yang Beragam

Kuliah bukan cuma tentang akademik, lho! Kamu bisa menjajal kegiatan non-akademik berupa kegiatan ekstrakurikuler. 

 

Universitas Korsel menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler atau klub yang beragam, seperti Klub Pemandu Sorak, Klub Investasi Saham, Klub Orkestra, hingga Klub Ski. 

 

Menarik banget, kan?

14. Fokus Riset dan Inovasi

Berbagai universitas Korsel terkenal dengan program riset dan inovasi yang unggul, terutama Bidang Sains, Teknologi, dan Rekayasa.

 

Mereka juga bekerja sama dengan industri-industri besar, seperti Samsung, LG, dan Hyundai. 

 

Beberapa universitas bahkan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Jadi, kamu bisa terlibat langsung dalam proyek riset nyata sebagai bagian dari kurikulum.

15. Karier Setelah Lulus

Pecinta drama Korea pasti enggak asing lagi sama kimchi, bibimbap, atau samgyeopsal. Kuliner tradisional Korea ini memang terkenal nikmat dan mendunia.

 

Melalui makanan, kamu enggak cuma memuaskan lidah, tapi juga terlibat langsung dalam budaya dan tradisi Korea.

Tips Jadi Awardee Beasiswa Korea Selatan

1. Tetapkan Pilihan

Pertama-tama, kamu harus menetapkan alasan kuliah di Korea Selatan. Buat alasan yang kuat dan spesifik. Misalnya, jurusan yang mau kamu ambil atau universitas paling bagus hanya ada di sana.

 

Melalui alasan itu, kamu akan lebih tahan banting dalam proses persiapan beasiswa. Ingat, persiapan beasiswa itu enggak mudah, lho! 

 

Jadi, pastikan benar-benar yakin dengan pilihanmu, ya!

2. Pertahankan Nilai Akademis

Beasiswa S2/S3 ke Korsel rata-rata punya banyak peminat setiap tahun. Jadi, persaingannya lumayan ketat.

 

Nah, biar lebih unggul dari pelamar lain, nilai IPK kamu harus tetap naik selama berkuliah. 

 

Lebih bagus lagi kalau punya prestasi akademis atau non-akademis, bakal jadi nilai plus!

3. Persiapkan Tes Kemampuan Bahasa

Selain nilai, kemampuan bahasa juga enggak kalah penting! Beberapa beasiswa membutuhkan bukti kemampuan bahasa, seperti TOEFL, IELTS, atau bahkan TOPIK untuk Bahasa Korea.

 

Persiapkan tes kemampuan bahasa dari jauh-jauh hari, minimal satu bulan sebelum pelaksanaan tes official. Jangan lupa konsisten belajar dan latihan setiap hari, ya!

4. Buat Esai Yang Memukau

Esai jadi salah satu kunci mendapatkan beasiswa, lho! Untuk mendapatkan beasiswa ke Korea, kamu membutuhkan esai, seperti study plan atau motivation letter tergantung penyelenggara beasiswa.

 

Melalui esai, kamu harus menceritakan tentang dirimu, alasan kuliah ke korea, dan kenapa dirimu layak mendapatkan beasiswa. 

 

Biar lebih ciamik, gunakan metode menulis, seperti STAR (Situation, Task, Action, Result) atau AREL (Action, Result, Evidence, Learning). 

 

Selesai menulis, jangan lupa proofreading ke proofreader berpengalaman.

5. Minta Surat Rekomendasi Jauh-Jauh Hari

Surat rekomendasi yang kuat sangat membantumu lolos seleksi beasiswa. Pilih orang yang mengenal baik kamu dan bisa menceritakan tentang kemampuan serta potensimu.

 

Untuk menentukan pemberi rekomendasi, lihat persyaratan beasiswanya. Bila lebih banyak persyaratan akademis, minta rekomendasi kepada dosen atau profesor.

 

Tapi, jika ada syarat pengalaman kerja, hubungi atasan tempat kerja buat memberikan rekomendasi. 

 

Ingat, hubungi pemberi rekomendasi dari jauh-jauh hari, ya! 

 

Mereka juga punya kesibukan lain dan kecil kemungkinan permintaanmu bakal langsung dikerjain saat itu juga. 

 

Jadi lebih disarankan menghubungi pemberi rekomendasi minimal 1 bulan sebelum pendaftaran.

6. Lengkapi Semua Persyaratan

Satu berkas yang salah atau tertinggal bisa memperkecil peluang lolosmu, lho! Jadi periksa lagi semua persyaratan. Pastikan enggak ada yang tertinggal atau belum lengkap. 

Kejar Persiapan Beasiswa GKS Bareng Kobi!

Mau kuliah gratis ke Korea? Cuss daftar Global Korea Scholarship!


Beasiswa ini antiribet karena:

    • Tanpa syarat LoA;
    • Tanpa syarat IELTS/TOEFL;
    • Tanpa syarat pengalaman kerja;
    • Minimal IPK 2.64;
    • Banyak pilihan kampus dan jurusan.


Pendaftarannya dibuka bulan
Februari–Maret 2024, lho!


Kalau mau ikutan daftar, kamu harus mempersiapkan beberapa hal, seperti dokumen administrasi, esai beasiswa, rencana studi, dan surat rekomendasi.


Ingat,
pendaftaran GKS cuma satu bulan! Makanya, mulai persiapan dari sekarang, yuk!


Masih bingung nyiapinnya gimana? Tenang… biar persiapanmu makin sat set dan terarah,
join kelas Mentoring Super Intensive dari Kobi Education aja!


Kamu akan dapat:

    • Sesi bimbingan 1-on-1 dengan GKS Expert Mentor;
    • Profiling diri untuk menentukan jurusan dan kampus;
    • Persiapan dokumen, seperti surat rekomendasi, personal statement, dan statement of purpose;
    • Proofreading seluruh dokumen;
    • Database esai beasiswa langsung dari Awardee-nya;
    • Kelas dasar Bahasa Korea + Introduction to TOPIK 1.


Pssst! Pendaftarannya
hanya sampai 30 Desember 2023 ya!


Mau tahu info lebih lanjut? Cuss kepoin
di sini sekarang!


Itulah dia sejumlah alasan kuliah di Korea Selatan. Sudah semakin mantap dengan pilihanmu belum, nih?


Persiapkan semua persyaratan beasiswa incaranmu dari sekarang, yuk! Semoga berhasil meraih impianmu ya, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini