10 Universitas Terbaik di Inggris Jurusan Kedokteran, Yuk Daftar!

Mau kuliah Kedokteran di UK? Kamu bisa banget daftar universitas terbaik di Inggris Jurusan Kedokteran, nih! Kepoin di artikel ini, yuk!

Share:

kobi education-universitas terbaik di inggris jurusan kedokteran-gambar tiga dokter professional sedang melihat kamera

Tertarik kuliah Jurusan Kedokteran di Inggris Raya? Kalau iya, kamu bisa coba daftar universitas terbaik di Inggris Jurusan Kedokteran, nih!

Universitas-universitas ini berada di peringkat teratas untuk Jurusan Kedokteran, berdasarkan QS World University Rankings by Subject: Medicine 2024. So, kualitas pendidikan dan pengajarannya enggak perlu kamu ragukan lagi!

Mau tahu ada universitas apa aja? Simak urutan lengkapnya, yuk!

Rekomendasi Universitas Terbaik di Inggris Jurusan Kedokteran Versi QS World University Rankings by Subject 2024

1. University of Oxford

Jurusan Kedokteran di University of Oxford adalah salah satu program studi kedokteran paling bergengsi dan tertua di dunia yang sudah ada sejak abad ke-13, lho!

 

Jurusan Kedokteran di universitas ini terdiri dari dua tahap: Pra-Klinis dan Klinis.

 

Pada lima semester pertama, kamu akan menjalani tahapan pra-klinis. Kamu akan memperoleh dasar Ilmu kedokteran, seperti bagaimana tubuh manusia bekerja dan apa yang terjadi ketika ada gangguan atau penyakit.

 

Selama Tahap Pra-Klinis, sebagian besar kegiatan belajar mengajar berlangsung di Medical Sciences Teaching Centre di the Science Area

 

Setelah menyelesaikan Tahap Pra-Klinis, barulah kamu mengambil spesialisasi pada Bidang Ilmu Biomedis, seperti Genetika, Imunologi, dan Neurosains.

 

Pada tahap klinis, sebagian besar pengajaran disampaikan oleh Dokter dari Oxford University Hospital NHS Trust.

 

Studi Kedokteran di Universitas Oxford berlangsung selama enam tahun. Tiga tahun pertama mengarah ke Gelar BA dalam Ilmu Kedokteran, dan tiga tahun berikutnya untuk mendapatkan Gelar BM BCh (Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery).

2. University of Cambridge

School of Clinical Medicine di University of Cambridge juga enggak kalah keren, SoB! Sama seperti University of Oxford, Studi Kedokteran di kampus ini terdiri Tahap Pra-klinis dan Klinis.

Selama tiga tahun pertama, kamu akan memperoleh pemahaman tentang dasar-dasar Ilmiah Kedokteran, Biologi, Kimia, dan Keterampilan klinis awal. 

Setelah itu, kamu beralih ke Tahap Klinis. Pada tahap ini, kamu menghadiri kuliah, melakukan rotasi di rumah sakit, dan berinteraksi langsung dengan pasien.

Selesai studi, kamu akan memperoleh Gelar MB, Bchir (Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery).

Sementara untuk program Pascasarjana, kamu bisa mengambil program MPhil (Master of Philosophy), PhD Clinical Medicine, MD (Doctor of Medicine), Doctor of Medical Science (MedScD), dan banyak lagi.

Kalau kamu tertarik Studi Kedokteran di Cambridge, wajib banget persiapan SAT dulu, Sob! 

Soalnya, Medicine University of Cambridge mensyaratkan skor SAT gabungan minimal 1500, dengan skor bagian Matematika setidaknya 750. 

Lumayan tinggi, kan? Kalau masih nunda-nunda persiapan, bisa-bisa minimal skor SAT enggak tercapai! 

Kabar baiknya, sekarang kamu bisa banget persiapan SAT bareng Expert Tutor Kobi, lho! Gas persiapan sekarang biar kuliah Kedokteran di University of Cambridge bisa jadi kenyataan!

3. University College London (UCL)

Universitas terbaik di Inggris Jurusan Kedokteran selanjutnya, ada UCL Medical School. Sekolah Kedokteran ini terletak di pusat Kota London dengan tiga kampus utama: Bloomsbury, Royal Free, dan Whittington.

 

UCL menawarkan program MBBS (Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery) selama 6 tahun dan program Pascasarjana (MSc dan PhD).

 

Khusus program MBBS, dalam tiga tahun pertama, kamu akan mempelajari dasar-dasar Ilmu Klinis Kedokteran. Masuk tahun 4–6, pembelajaran mengarah pada perawatan klinis dan praktik spesialis.

4. Imperial College London

Faculty of Medicine di Imperial College London turut menawarkan program Gelar MBBS yang paling top di Inggris Raya.

 

Program MBBS di Imperial terdiri dari tiga tahap, yaitu:

    • Tahap 1 (Tahun 1-3) – Mempelajari masing-masing sistem tubuh, perawatan pasien, dan pencegahan penyakit;
    • Tahap 2 (Tahun 4) – Melakukan pendidikan Dokter Klinis dengan memilih satu spesialisasi, seperti Anestesi, Teknik Biomedis, Farmakologi, Endokrinologi, dsb;
    • Tahap 3 (Tahun 5-6) – Praktik klinis untuk memberikan perawatan pasien. 

 

Sementara untuk program Pascasarjana, terdiri dari delapan departemen, yaitu:

    • Brain Sciences;
    • Immunology and Inflammation
    • Infectious Disease;
    • Institute of Clinical Sciences;
    • Metabolism, Digestion and Reproduction;
    • National Heart and Lung Institute;
    • School of Public Health;
    • Surgery and Cancer.

Tertarik masuk kuliah Pascasarjana Kedokteran di kampus ini? Kebetulan banget, beasiswa study abroad S2 ke UK sebentar lagi dibuka, lho! 

Gercep persiapan bareng Expert Mentor Kobi, kuy! Mulai dari persiapan IELTS >7.0, penyusunan dokumen, sampai latihan wawancara biar lebih stand out! Makin siap study abroad ke UK, deh!

5. King’s College London

King’s College London memiliki sekolah Kedokteran yang bernama GKT School of Medical Education

Sekolah Kedokteran ini bermitra dengan tiga rumah sakit pengajar ternama di London, yaitu Guy’s Hospital, King’s College Hospital, dan St. Thomas’ Hospital

Para Dokter dan spesialis yang menjadi pengajar juga berasal dari rumah sakit tersebut, lho!

GKT School of Medical Education menawarkan program studi Kedokteran dengan Gelar MBBS untuk Sarjana dan Gelar MSc untuk Pascasarjana.

6. The University of Edinburgh

Jurusan Kedokteran di The University of Edinburgh berada dalam lingkup Edinburgh Medical School

 

Sekolah Kedokteran ini sudah berafiliasi dengan berbagai rumah sakit terkemuka, lho, salah satunya Royal Infirmary of Edinburgh.

 

Kamu bisa mengambil program Sarjana Gelar MBChB Medicine dengan durasi belajar selama 6 tahun. 

 

Sementara itu, kalau tertarik mengambil program Pascasarjana, maka kamu bisa mendaftar program Master by Research dan PhD.

7. The University of Manchester

Jurusan Kedokteran di The University of Manchester berada di bawah naungan Faculty of Biology, Medicine and Health

 

Kamu bisa mengambil program MBChB Medicine yang berlangsung selama lima tahun. Program ini memberikan pemahaman mendalam tentang ilmu kedokteran, mulai dari dasar-dasar Ilmu Biomedis hingga keterampilan klinis menjadi seorang Dokter.

 

Kamu juga bisa mengambil Gelar BSc, Master, atau MB-PhD di bidang yang diminati selama satu tahun melalui program Intercalated Degree.

8. University of Glasgow

School of Medicine, Dentistry, and Nursing yang berada di bawah naungan College of Medical, Veterinary, & Life Science di University of Glasgow adalah salah satu sekolah Kedokteran terbesar dan tertua di Eropa. 

 

Sekolah ini turut menawarkan program MBBS selama 5 tahun, lho! Kurikulum MBChB di Glasgow tergolong unik karena menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) dan pembelajaran berbasis kasus (Case-Based Learning).

 

Selain program MBBS, School of Medicine, Dentistry, and Nursing juga menawarkan berbagai program studi lainnya, seperti Kedokteran Gigi, Keperawatan, dan Ilmu Forensik.

9. Queen Mary University of London

Jurusan Kedokteran Queen Mary University of London berada di bawah naungan Faculty of Medicine and Dentistry. Program Kedokteran ini bergelar MBBS dengan durasi belajar 5 tahun.

 

Struktur pembelajaran dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

    • Tahap 1 (Tahun 1-2) – Mempelajari Ilmu Biologi Terapan, dampak penyakit, dampak faktor lingkungan dan sosial, serta menghadapi pasien;
    • Tahap 2 (Tahun 3-4) – Penempatan klinis di salah satu rumah sakit mitra, seperti Royal London, Homerton, Newham, Whipps Cross, Queens;
    • Tahap 3 (Tahun 5) – Rotasi klinis di bidang kedokteran gawat darurat, perawatan intensif, bedah, anestesi, serta pengalaman praktik langsung sebagai Dokter Umum.

 

Selain program MBBS, kamu juga punya kesempatan mengambil Gelar BSc atau Gelar Master (bahkan MB-PhD) selama satu tahun di bidang sesuai minatmu.

10. University of Bristol

Last but not least, ada University of Bristol yang memiliki program MBChB Medicine dari Bristol Medical School

 

Program ini berlangsung selama lima tahun dengan rincian:

    • Tahun 1 – Memahami konsep kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh;
    • Tahun 2 – Mengenali proses penyakit dan mempelajari cara mendiagnosis berbagai gejala umum;
    • Tahun 3 – Mengamati dan belajar tentang pengelolaan kondisi kesehatan umum di National Health Service (NHS) Inggris, termasuk bertemu pasien;
    • Tahun Interkalasi (Opsional) – Mengambil gelar tambahan (BSc atau MSc) di bidang yang diminati selama satu tahun;
    • Tahun 4 – Mempelajari perawatan pasien sepanjang siklus hidup, dari bayi hingga lansia;
    • Tahun 5 – Mempersiapkan diri untuk peran sebagai Dokter Junior (Foundation Programme) setelah lulus.

Minimal IELTS untuk Masuk Jurusan Kedokteran di Universitas Terbaik Inggris

Salah satu syarat yang harus kamu persiapkan dari sekarang adalah skor IELTS.

 

Rata-rata universitas di Inggris, terutama untuk Jurusan Kedokteran punya minimal skor yang lumayan tinggi, lho! Intip minimal skor IELTS masing-masing universitasnya, yuk!

 

Universitas

Minimal IELTS

University of Oxford

7.5

University of Cambridge

7.5

UCL

7.5

Imperial College London

7.0

King’s College London

7.5

The University of Edinburgh

7.5

The University of Manchester

7.0

University of Glasgow

7.0

Queen Mary University of London

7.0

University of Bristol

7.5

Get Ready Persiapan Beasiswa UK bareng Kobi!

Dari tadi kita sudah membahas universitas terbaik di UK untuk Jurusan Kedokteran, kurang lengkap kalau enggak bahas beasiswanya juga, nih!

 

Ada banyak beasiswa yang bisa kamu coba daftar, lho, di antaranya:

    • Chevening Scholarship | September–November;
    • Jardine Scholarship | September–November;
    • Gates Cambridge Scholarship | September–Desember.

 

Tapi, daftar kampus & beasiswa ke UK enggak semudah itu, Sob!

 

Kamu harus persiapan jauh-jauh hari karena prosesnya cukup panjang dan rumit. Mulai dari menentukan jurusan & kampus, persiapan IELTS >7.0, menyusun dokumen, latihan interview, bikin esai, dan banyak lagi.

 

Kalau harus nyiapin semua sendirian, pasti bingung banget enggak, sih? Apalagi kalau enggak ada orang berpengalaman yang bisa ditanya-tanya

 

I got you, Sob! Untungnya, bareng Expert Mentor Kobi, kamu bisa persiapan study abroad ke UK #AntiBingung lagi!

kobi education-universitas terbaik di inggris jurusan kedokteran-gambar mentoring super uk ketiga

Masih mau nunda-nunda persiapan? Jangan sampai kamu ketinggalan daftar dan harus ngulang tahun depan!

Nah, itulah dia universitas terbaik di Inggris Jurusan Kedokteran yang bisa kamu coba daftar. Kira-kira kamu mau mengincar universitas yang mana, nih, Sob?

Jangan lupa persiapkan dengan matang dari sekarang, ya! Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang. 👇

Cek privacy policy disini