Beasiswa Romanian Government Scholarship: Syarat dan Deadline

Share:

kobi education-beasiswa romanian government scholarship-gambar pemandang kota brasov

Mau kuliah gratis ke Rumania? Ada kabar baik buat kamu! Pendaftaran Beasiswa Romanian Government Scholarship sudah dibuka, lho.

 

Yap! Beasiswa bergengsi ini memberikan kesempatan buat kamu merasakan pengalaman belajar di Rumania, tanpa harus pusing mikirin biaya. Psttt… beasiswa ini terbuka untuk semua jenjang!

 

Penasaran apa aja syarat dan kapan deadline pendaftarannya? Simak informasinya di artikel ini, yuk!

Apa itu Beasiswa Romanian Government Scholarship?

Romanian Government Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Rumania melalui Kementerian Luar Negeri (MFA) untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan Studi S1/S2/S3 di sana.


Beasiswa ini anti ribet karena:

    • Tanpa syarat IELTS atau TOEFL;
    • Tanpa syarat esai;
    • Tanpa syarat minimal IPK;
    • Tanpa syarat pengalaman kerja;
    • Tanpa seleksi wawancara;
    • Bisa buat semua jenjang.


Mudah banget, kan? 

Jadwal Pendaftaran

Catat informasi pendaftarannya biar enggak ketinggalan, yuk!

 

Pembukaan Pendaftaran: 16 Januari 2024

Penutupan Pendaftaran: 16 Maret 2024

Syarat Pendaftaran

Tertarik daftar? Ini dia syarat-syarat pendaftarannya:

    • Warga Negara Indonesia (WNI), bukan keturunan Rumania, tinggal di wilayah Rumania, atau warga negara di lingkup Uni Eropa;
    • Salinan ijazah dan transkrip akademik, yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania;
    • Salinan akte kelahiran, yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania;
    • Salinan 3 halaman pertama paspor atau kartu identitas lainnya;
    • CV dalam Bahasa Inggris atau Rumania;
    • Surat persetujuan orang tua (bagi pelamar di bawah 18 tahun).

Fasilitas Beasiswa

Fasilitas yang beasiswa ini berikan, meliputi:

    • Bebas biaya kuliah;
    • Biaya hidup bulanan;
    • Biaya akomodasi asrama;
    • Biaya visa pelajar;
    • Biaya transportasi lokal;
    • Kursus Bahasa Rumania selama 1 tahun;
    • Asuransi kesehatan.

Tahap Seleksi

Mereka hanya menerima lamaran aplikasi beasiswa melalui situs web studyinromania.gov.ro klik tombol Apply for MFA Scholarship atau langsung melalui situs web scholarships.studyinromania.gov.ro.


So, jangan kirim aplikasi beasiswa ke kantor Kementerian Luar Negeri Rumania atau Kedutaan Besar Rumania kalau enggak mau aplikasinya
ditolak.

Rekomendasi Universitas Terbaik Rumania

1. University Politehnica of Bucharest

University Politehnica of Bucharest (UPB) merupakan universitas teknik terbesar dan tertua di Rumania. Berlokasi di ibu Kota Rumania, Bukares, UPB telah berdiri selama lebih dari 200 tahun.


Kini, UPB memiliki lebih dari 29.000 mahasiswa, 1.400 staf akademik, serta 1.300 staf administrasi.


UPB menawarkan berbagai Bidang Studi Teknik, seperti Komputer dan Teknologi Informasi, Teknik Elektronik, Telekomunikasi, Teknik Mekanik, Teknik Kimia, Teknik Angkasa, dan Teknik Industri.


UPB menyediakan pendidikan dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris, Perancis, dan Jerman.

2. Alexandru Ioan Cuza University

Alexandru Ioan Cuza University adalah universitas penelitian yang terletak di Kota Iasi, Rumania. Berdiri pada 1860, universitas ini dinamai sesuai nama pendiri negara modern Rumania, Alexandru Ioan Cuza.


Alexandru Ioan Cuza University
menawarkan berbagai program studi di Bidang Humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, dan Teknik. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris dan Rumania.

3. University of Bucharest

University of Bucharest adalah salah satu universitas tertua dan terbesar Rumania. Didirikan pada 1864, universitas ini menawarkan berbagai program studi di semua tingkat pendidikan, dari Sarjana, Master, hingga Doktoral. 


Universitas ini memiliki lebih dari 32.000 mahasiswa dan 1.300 Profesor, serta 50 lembaga penelitian. University of Bucharest juga bermitra dengan lebih dari 100 universitas di seluruh dunia dan menawarkan program studi dalam Bahasa Inggris dan Rumania. 


University of Bucharest
telah menerima Diploma of Excellence dari Menteri Pendidikan pada 2000 dan telah diklasifikasikan sebagai universitas riset dan pendidikan tingkat lanjut pertama oleh Menteri Pendidikan, Penelitian, Pemuda dan Olahraga Rumania pada 2011.

4. Babes-Bolyai University

Babes-Bolyai University (UBB) terletak di Cluj-Napoca, Rumania. Berdiri tahun 1581, UBB adalah universitas terbesar Rumania, dengan lebih dari 44.000 mahasiswa.


Universitas ini menawarkan berbagai program studi berbahasa Rumania, Hungaria, Jerman, Inggris, dan Prancis. Sejumlah program Master juga diajarkan dalam Bahasa Spanyol dan Italia.

5. West University of Timisoara

West University of Timișoara (UVT) atau Universitas Timișoara Barat adalah sebuah institusi pendidikan tinggi dan pusat penelitian utama di Rumania Barat. 


Universitas ini terdiri dari sekitar 15.000 siswa dan lebih dari 700 staf akademik. UVT menawarkan program Sarjana, Magister, dan Doktoral, serta berbagai program berbahasa Inggris.

Kenapa Harus Kuliah di Rumania?

Mau kuliah di Rumania, tapi masih ragu-ragu? Sini-sini MinBi kasih tahu alasan kenapa kamu harus kuliah di sana!

1. Biaya Terjangkau

West University of Timișoara (UVT) atau Universitas Timișoara Barat adalah sebuah institusi pendidikan tinggi dan pusat penelitian utama di Rumania Barat. 


Universitas ini terdiri dari sekitar 15.000 siswa dan lebih dari 700 staf akademik. UVT menawarkan program Sarjana, Magister, dan Doktoral, serta berbagai program berbahasa Inggris.

2. Kualitas Pendidikan Tinggi

Meski biayanya relatif lebih murah, kualitas pendidikannya tetap tinggi. Buktinya, sebanyak 13 perguruan tinggi di Romania masuk pemeringkatan QS World University Ranking 2024.

 

Sama seperti negara Eropa lainnya, Rumania juga mengikuti sistem Bologna, yaitu Gelar Sarjana berdurasi 3 tahun dan Master berdurasi 1-2 tahun tergantung program studi.

3. Banyak Kesempatan Beasiswa

Banyak beasiswa yang membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk kuliah di sana. 

 

Selain Romanian Government Scholarship, ada alternatif beasiswa lainnya yang bisa membawamu kuliah gratis di sana, seperti: 

    • Erasmus Mundus Joint Master Degree | S2;
    • Aurel Vlaicu University of Arad Scholarship | S1/S2.

4. Budaya Yang Kaya

Dengan belajar di Rumania, kamu berkesempatan menjelajahi budaya mereka yang kaya, mulai dari tradisi, bahasa, makanan, hingga keindahan alam.

 

Kamu bisa menemukan kastil di mana-mana, mulai dari Kastil Bran, Kastil Peles, dan Kastil Corvin. Pemandangan alamnya juga sangat indah, dengan pegunungan dan lembah yang mengelilingi perkotaan. 

 

Enggak perlu khawatir soal bahasa, kebanyakan Warga Negara Rumania juga bisa berbahasa Inggris, kok.

Nah, itu dia informasi mengenai Romanian Government Scholarship.

 

Meski persyaratannya gampang, kamu tetap harus mempersiapkannya dengan matang. Persiapkan dokumen yang diminta sebaik mungkin, jangan sampai ada yang kelewatan!

 

Bila perlu, diskusikan pilihan jurusan dan kampus yang sesuai minatmu dengan mentor atau orang yang berpengalaman, ya. Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini