5 Negara Paling Maju di Eropa Yang Jadi Favorit Para Mahasiswa

Share:

kobi education-negara paling maju di eropa-gambar benua eropa

Punya banyak kampus prestisius serta banyak beasiswa studinya membuat Eropa menjadi benua favorit Scholarship Hunters asal Indonesia untuk melanjutkan studi. Kalau masih bingung, yuk, simak list negara paling maju di Eropa yang jadi favorit mahasiswa Indonesia!

5 List Negara Paling Maju di Eropa

1. Inggris Raya

Ada banyak alasan mengapa Inggris Raya menjadi salah satu negara yang jadi favorit Scholarship Hunters Indonesia, seperti:

  • Inggris merupakan rumah bagi banyak universitas prestisius dunia! Seperti: University of CambridgeUniversity of OxfordImperial College London, dan masih banyak lagi
  • Masa studi lebih cepat! Di Inggris Raya, minimal masa studi S1 hanya 3 tahun saja. Sementara untuk studi S1 masa studi minimalnya 1 tahun
  • Banyak beasiswanya! Yap, meski banyak keunggulan dari kualitas pendidikannya, biaya hidup dan biaya kuliah yang mahal sering jadi alasan Scholarship Hunters mundur duluan untuk kuliah ke luar negeri. Nah, karena banyak beasiswa luar negeri ke sana, gak heran jika Inggris banyak diincar orang Indonesia untuk melanjutkan studi

2. Swiss

Swiss merupakan negara yang dijuluki sebagai negara terbersih dan terindah di dunia. Bahkan, Swiss sering disebut-sebut surga dunia, lho. 

Selain itu, suasananya yang bak negeri dongeng membuat Swiss banyak diminati mahasiswa asal Indonesia untuk melanjutkan studi. Karena kalau stres dikit bisa mampir ke tempat wisatanya untuk healing tipis-tipis. 


Dan pastinya banyak beasiswa fully funded ke sana, mulai dari pemerintah Swiss hingga dari swasta pun ada.

3. Jerman

Tahukah kamu? 390 Universitas Jerman telah diakui secara global dan dinilai memiliki kualitas yang baik, lho. Selain itu, biaya hidupnya yang relatif terjangkau, serta rendahnya angka kriminalitas juga jadi salah satu alasan Jerman banyak diincar oleh Scholarship Hunters Indonesia. 


Plus jangan lupa, banyak pilihan beasiswanya! Ada LPDP, Erasmus+ ScholarshipDAAD ScholarshipHeinrich Böll StiftungSBW Berlin Scholarship, dan masih banyak lagi.

4. Swedia

Swedia terkenal akan penemuan modernnya, seperti: Bluetoothcomputer mouseSkype, bahkan Spotify. Gak heran jika Swedia dijuluki sebagai pusat inovasi dan kreativitas di Eropa. 


Selain itu, hierarki atau gap antara Dosen dan mahasiswa yang tergolong rendah serta banyaknya beasiswa fully funded ke sini, seperti: SISGP, Erasmus+, dan LPDP membuat Swedia jadi tujuan favorit mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi.

5. Finlandia

Ngomongin sistem pendidikan, rasanya tak lengkap kalau tak menyinggung Finlandia. 


Finlandia langganan menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, lho. Pada tahun 2022, Finlandia berhasil mengamankan ranking 1 dalam the World Economic Forum’s Global Competitiveness Report for Education. Usut punya usut, ternyata kunci dari kesuksesan ini adalah hubungan kuat antara kampus, pihak swasta, dan pemerintah. 


Gak cuma fokus ke sistem pendidikanya saja, Finlandia juga membuka peluang besar bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi ke Finlandia dengan beasiswa, lho. 

7 Alasan Mahasiswa Indonesia Suka Study Abroad ke Negara Maju Eropa

1. Sistem Pendidikan Yang Berkualitas

Berdasarkan QS WUR 2024, 5 kampus Eropa berhasil masuk dalam jajaran 10 besar kampus terbaik di dunia, yaitu:

  • University of Cambridge #2
  • University of Oxford #3
  • Imperial College London #6
  • ETH Zurich #7
  • University College London #9


Selain itu, beberapa negaranya juga kerap masuk dalam list negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Tak heran jika banyak mahasiswa Indonesia yang menargetkan benua ini untuk jadi tujuan studi.

2. Tingkat Keamanan dan Kedamaian Yang Tinggi

Berdasarkan Global Peace Index dan Travel Risk Map, benua ini dianggap sebagai benua teraman dengan indeks kejahatan yang rendah dibandingkan benua lainnya. 


Label tersebut tentu membuat calon mahasiswa asal Indonesia yang akan merantau ke sana tak perlu takut ketika terpaksa pulang malam karena harus mengerjakan tugas di kampus, dan lain sebagainya.

3. Banyak Beasiswa Fully Funded

European Commission atau badan eksekutif Uni Eropa memiliki misi untuk menarik mahasiswa internasional belajar ke Eropa, salah satunya Indonesia. Caranya Salah satunya dengan menyediakan program beasiswa fully funded.


Mulai dari beasiswa dari pemerintah hingga swasta pun ada. Kalau kamu tertarik untuk kuliah di sana, kamu bisa coba beasiswa berikut:

  • Erasmus Mundus Joint Degree (Uni Eropa)
  • DAAD Scholarship (Jerman)
  • Swiss Government Excellence Scholarship (Swiss)
  • Chevening Scholarship (Inggris Raya)
  • Aalto University Scholarship (Finlandia)


Jangan lupa cek jenjangnya juga, ya, karena beberapa beasiswa hanya diperuntukkan bagi jenjang tertentu.

4. Mudah Berkunjung ke Negara-negara Schengen

Selain tiga hal tersebut, kuliah ke benua Eropa juga jadi dambaan banyak mahasiswa Indonesia karena kamu akan mendapatkan kemudahan berkunjung ke negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa. 


Total terdapat 27 negara yang tergabung, artinya, kamu bisa berkunjung ke sana tanpa visa jika kamu berkuliah di salah satu negaranya. Asik banget ‘kan? Bisa kuliah sambil liburan!

5. Menambah Relasi Internasional

Relasi internasional juga jadi salah satu alasan banyak mahasiswa Indonesia suka study abroad ke Eropa. Lewat study abroad, kamu akan mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan individu dari penjuru dunia, budaya, dan latar belakang yang berbeda. 


Tentunya hal tersebut dapat membantu kamu membangun hubungan kuat dalam lingkungan global dan bermanfaat bagi perjalanan karier kamu ke depannya. 

6. Kesempatan Kerja Luas

Nyambung dengan poin sebelumnya, enggak dapat dipungkiri bahwa kesempatan mahasiswa internasional untuk mencari pekerjaan di Eropa sangat dimudahkan dengan adanya Visa studi. 


Sebab, pemilik visa diperbolehkan untuk menetap di Eropa setidaknya enam bulan setelah kelulusan untuk mencari kerja. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah pengalaman bekerja di Eropa sebelum kembali ke Indonesia.

7. Belajar Budaya Baru

Keluar dari zona nyaman untuk merasakan langsung budaya yang berbeda hingga cara hidup orang di negara lain juga menjadi salah satu mahasiswa Indonesia suka study abroad ke Eropa. 

Sebab, di sana kamu bisa melihat sekaligus belajar langsung tradisi, norma, dan nilai orang-orang dari budaya negara lain. Pengalaman tersebut tentu akan membuatmu menjadi lebih menghargai perbedaan dan bisa beradaptasi dengan lingkungan berbeda. 

Nah, itulah list negara paling maju di Eropa favorit mahasiswa Indonesia. Ada negara favorit kamu enggak nih?


Apapun incaranmu, jangan lupa mulai persiapan kejar kampus dan beasiswa impianmu dari sekarang, ya! Semoga berhasil!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini