11 Universitas Terbaik Jerman Yang Bisa Kamu Targetkan di 2024

Share:

kobi education-universitas terbaik jerman-gambar gereja theatine di siang hari

Kamu pasti kenal BJ Habibie, dong? Yap! Presiden Republik Indonesia Ketiga ini menempuh pendidikan di universitas terbaik Jerman, lho!


Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang terkenal dalam riset dan penelitian di bidang sains dan teknologi. Banyak orang dari berbagai negara menjadikan Jerman sebagai destinasi favorit untuk
study abroad.


QS World University Rankings 2024 juga sudah merilis peringkat terbaru universitas terbaik di Jerman. Penasaran enggak, sih, apa saja kampusnya? Intip informasi selengkapnya, yuk

List Universitas Terbaik Jerman

1. Technical University of Munich (TUM)

Technical University of Munich (TUM) merupakan salah satu universitas terkemuka Jerman yang berfokus pada penelitian, didirikan pada tahun 1868 oleh Raja Ludwig II dari Bavaria. 


Sejarah TUM dimulai dengan pendiriannya sebagai Polytechnische Schule München, yang awalnya memiliki sekitar 350 mahasiswa dengan 24 Profesor dan 21 pengajar di enam departemen. 


TUM berada di peringkat ke-37 di dunia dan #1 di Jerman dalam jajaran kampus terbaik menurut QS World University Ranking. Wih, keren banget, ya?


Universitas ini terletak di Munich, Jerman, dan memiliki kampus tambahan di Garching, Freising, Heilbronn, Straubing, dan Singapura.​


TUM terorganisir menjadi tujuh sekolah dan departemen. TUM dikenal karena kontribusinya dalam penelitian, seperti Teknologi Energi, Mekanika Kuantum, Astrofisika, Biofisika, Fisika Partikel, dan Neurologi.

2. Ludwig-Maximilians-Universität München

Universitas Ludwig Maximilian Munich (LMU) adalah salah satu universitas penelitian publik terkemuka di Munich, Jerman. 


Didirikan pada tahun 1472 sebagai Universitas Ingolstadt oleh Duke Ludwig IX dari Bavaria-Landshut, LMU merupakan universitas tertua keenam Jerman yang masih eksis hingga kini. 


LMU Munich memiliki lebih dari 300 program studi dan 18 fakultas. Sebanyak 15 persen dari 45.000 mahasiswa LMU berasal dari luar negeri, lho!

3. Universität Heidelberg

Menurut QS World University Rankings 2024, Universität Heidelberg menempati posisi #3 Jerman, lho!

 

Universität Heidelberg adalah universitas tertua Jerman, didirikan pada 1386. Sejak awal berdiri, universitas ini telah menjadi pusat kegiatan intelektual dan memiliki peran penting dalam sejarah Eropa.

 

Saat ini, Universität Heidelberg menawarkan lebih dari 160 bidang studi, termasuk Humaniora, Hukum, Ilmu Sosial, serta Kedokteran.

4. Freie Universität Berlin

Freie Universität Berlin menduduki peringkat #98 di dunia dan #4 di Jerman menurut QS World University Rankings 2024.


Kampus ini berdiri pada 4 Desember 1948 oleh mahasiswa dan cendekiawan Jerman. Lokasinya terletak di Distrik Dahlem di Berlin barat daya.
For your information, Dahlem sudah diakui sebagai pusat penelitian berkualitas tinggi sejak awal abad ke-20.


Buat kamu yang mau kuliah ke Freie Universitat Berlin, kampus ini menawarkan lebih dari 150 program studi berbagai bidang, dengan Gelar Sarjana, Master, hingga Doktoral, lho!

5. RWTH Aachen University

Kenalan sama kampusnya Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ Habibie, yuk!


RWTH Aachen University
adalah universitas teknologi tertua Jerman, didirikan pada 10 Oktober 1870. 


Pada awalnya, universitas ini difokuskan pada pendidikan insinyur, terutama untuk industri pertambangan di area Ruhr, dengan menyediakan program di Bidang Kimia, Teknik Listrik dan Mekanik, serta Ilmu Alam dan Sosial.


Universitas ini menawarkan lebih dari 100 program studi dalam berbagai bidang, termasuk Ilmu Teknik, Ilmu Alam, Geosains, Bisnis dan Ekonomi, Humaniora, dan Medis. 


RWTH Aachen
memiliki sembilan fakultas, di antaranya Matematika, Ilmu Komputer dan Ilmu Alam, Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Geo-Sumber Daya dan Teknik Material, Teknik Listrik dan Teknologi Informasi, Seni dan Humaniora, serta Bisnis dan Ekonomi.


Lokasi kampus utama RWTH Aachen berada di pusat Kota Aachen. RWTH Aachen berada di posisi unik karena dekat dengan Belanda, Belgia, dan Luksemburg.

6. Karlsruhe Institute of Technology (KIT)

KIT merupakan universitas terbaik Jerman yang menggabungkan Universitas Karlsruhe dan Pusat Penelitian Karlsruhe. 


Penggabungan yang dilakukan pada 2009 itu menjadikan KIT sebagai institusi pertama dan satu-satunya di negara itu yang menggabungkan institusi akademik dan non-akademik. 


KIT merupakan anggota TU9, asosiasi institut teknologi terkemuka Jerman. Pada tahun 2006, KIT menjadi salah satu dari tiga universitas yang dianugerahi status keunggulan dalam
German Universities Excellence Initiative. Keren banget, kan?


KIT memiliki sebelas fakultas yang mencakup berbagai bidang, seperti Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, Humaniora dan Ilmu Sosial, Arsitektur, Teknik Sipil, Geologi, Ilmu Lingkungan Ekologis, Teknik Mesin, Teknik Kimia dan Proses, Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, serta Ekonomi dan Manajemen. 

7. Humboldt-Universität zu Berlin

Humboldt-Universität zu Berlin menempati posisi #120 secara global dan #7 di Jerman dalam QS World University Rankings 2024.


Humboldt-Universität zu Berlin
mulanya bernama Universitas Berlin, kemudian dikenal sebagai Friedrich Wilhelm University. Setelah Perang Dunia II, kampus ini dinamai Humboldt untuk menghormati Alexander dan Wilhelm von Humboldt.


Humboldt-Universität
menawarkan berbagai program studi, seperti Humaniora, Ilmu Sosial, Studi Budaya, Matematika, Ilmu Alam, Kedokteran, serta Ilmu Pertanian. Mulai dari tingkat Sarjana hingga Doktoral, terdapat sekitar 189 disiplin ilmu.

8. Technische Universität Berlin (TU Berlin)

Technische Universität Berlin (TU Berlin), yang juga dikenal sebagai Berlin Institute of Technology adalah universitas riset negeri yang berlokasi di Berlin, Jerman. 


TU Berlin adalah universitas Jerman pertama yang mengadopsi nama Technische Universität (Universitas Teknik). Kampus utama berada di kawasan Charlottenburg-Wilmersdorf, dengan luas area mencapai 604,000 meter persegi.


TU Berlin terkenal karena pertama kali menawarkan gelar dalam Teknik Industri dan Manajemen. Pada 2019, TU Berlin memiliki jumlah mahasiswa internasional tertinggi di negara itu, yaitu hampir 27 persen dari total mahasiswanya. 


Universitas ini memiliki beberapa fakultas, antara lain Humaniora, Ilmu Pendidikan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Proses, Teknik Elektro dan Ilmu Komputer, Teknik Mesin dan Sistem Transportasi, Perencanaan Bangunan Lingkungan, serta Ekonomi dan Manajemen.

9. Albert-Ludwigs-Universität Freiburg

Universitas Albert-Ludwigs di Freiburg, sering disebut Uni Freiburg, berlokasi di Freiburg im Breisgau, Baden-Württemberg, Jerman. 


Berdiri pada 1457 oleh Dinasti Habsburg, menjadi universitas kelima tertua di Jerman. Mulanya memiliki empat fakultas, yaitu Teologi, Filsafat, Kedokteran, dan Hukum. 


Kampus ini terkenal di Bidang humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, dan Teknologi, sehingga menarik mahasiswa dari berbagai negara. Universitas Freiburg menawarkan berbagai Program Sarjana, Pascasarjana, dan Doktoral di 150 bidang studi.

10. Universität Hamburg

Universitas Hamburg, juga dikenal sebagai UHH, adalah universitas riset negeri yang terletak di Hamburg, Jerman. Kampus utamanya terletak di Distrik Pusat Rotherbaum, dengan pusat penelitian tersebar di seluruh kota negara bagian Hamburg.

 

Universitas Hamburg berdiri sejak 1919 dengan Fakultas Hukum dan Ilmu Politik, Kedokteran, Filsafat, serta Ilmu Pengetahuan Alam sebagai fakultas pertamanya.

 

Kampus ini memiliki 149 jurusan yang ditawarkan oleh enam fakultas dengan hampir 700 Profesor yang terlibat dalam pengajaran dan penelitian.

11. Eberhard Karls Universität Tübingen

Universitas Tübingen, yang secara resmi dikenal sebagai Eberhard Karl University of Tübingen, terletak di Kota Tübingen, Baden-Württemberg, Jerman. 

 

Universitas ini didirikan pada 1477 oleh Count Eberhard V, dan menjadi universitas utama Kerajaan Württemberg. Saat ini, Universitas Tübingen adalah salah satu dari sembilan universitas terbaik Jerman yang didanai oleh negara bagian federal Baden-Württemberg.

 

Universitas Tübingen dikenal sebagai pusat Studi Biologi Tumbuhan, Kedokteran, Hukum, Arkeologi, Budaya Kuno, Filsafat, Teologi, Studi Agama, Humaniora, dan baru-baru ini sebagai pusat keunggulan untuk Kecerdasan uatan. 

 

Universitas Tübingen terdiri dari tujuh fakultas, beberapa di antaranya terbagi lagi menjadi departemen yang lebih spesifik. Fakultas-fakultas tersebut adalah Teologi Protestan, Teologi Katolik, Hukum, Kedokteran, Humaniora, Ekonomi dan Ilmu Sosial, serta Sains.

Rekomendasi Beasiswa Kuliah ke Jerman

1. DAAD Scholarship

Jenjang: S2/S3

Deadline Pendaftaran: Oktober-Maret (tergantung jurusan)


DAAD Scholarship adalah program beasiswa yang didanai oleh Kementerian Federal untuk kerja sama ekonomi dan pembangunan Jerman untuk mahasiswa dari negara berkembang.


Cakupan beasiswanya antara lain:

    • Biaya kuliah penuh;
    • Biaya hidup sebesar 934 euro (15 juta rupiah) bagi program master dan 1200 euro (20 juta rupiah) bagi program doktoral;
    • Asuransi kesehatan;
    • Subsidi perjalanan;
    • Subsidi akomodasi;
    • Bantuan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani.

2. Beasiswa LPDP

Jenjang: S2/S3

Pendaftaran: Januari-Februari (Tahap 1) dan Juni-Juli (Tahap 2)


Kamu bisa kuliah gratis ke Jerman lewat
Beasiswa LPDP, lho!


Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah naungan Kementerian Keuangan RI memberikan pembiayaan studi lanjut pada Program Master atau Doktoral di perguruan tinggi dalam dan luar negeri.


Awardee
mendapatkan berbagai fasilitas, seperti:

    • Dana kuliah;
    • Biaya pendaftaran;
    • Biaya hidup bulanan;
    • Tunjangan buku;
    • Dana bantuan seminar internasional;
    • Dana bantuan publikasi jurnal internasional;
    • Dana lomba internasional;
    • Tiket pesawat pulang pergi;
    • Asuransi kesehatan;
    • Tunjangan kedatangan;
    • Insentif kelulusan;
    • Dana darurat.

3. Erasmus Mundus Joint Master Degree

Jenjang: S2

Deadline Pendaftaran: Oktober–Januari

 

Beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree ditawarkan oleh Uni Eropa bagi mahasiswa internasional yang ingin lanjut jenjang S2 di Eropa.

 

Uniknya, kamu bisa kuliah di minimal dua kampus dengan negara berbeda di Eropa. Jadi, enggak cuma di Jerman, kamu juga bisa merasakan pengalaman belajar di negara Eropa lainnya.

 

Tenang… semua biaya perpindahan ditanggung beasiswa ini, kok.

 

Setelah lulus, kamu berkesempatan punya dua ijazah alias Joint Degree atau Multiple Degree dari dua perguruan tinggi berbeda di bawah konsorsium.

 

Benefitnya mencakup:

    • Biaya hidup €1,400 (sekitar 23,8 juta rupiah) per bulan;
    • Biaya kuliah;
    • Tunjangan perjalanan;
    • Tiket pesawat;
    • Visa kerja setelah menyelesaikan studi;
    • Asuransi kesehatan.

Nah, itulah dia deretan universitas terbaik Jerman yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk studimu. Kira-kira kamu tertarik mau masuk universitas yang mana, nih?

 

Jika sudah menentukan, mulai persiapkan dari sekarang, yuk! Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini