10 Universitas China Terbaik Buat Kuliah S1, S2, dan S3

Share:

kobi education-universitas china terbaik-gambar bangunan di kota chaozhou pada siang hari

Cung yang mau kuliah di negeri tirai bambu! MinBi punya daftar universitas China terbaik buat kamu yang mau studi di sana.

 

China terkenal sebagai salah satu negara favorit study abroad di kalangan Scholarship Hunter. Salah satunya karena  banyak universitas di sana masuk jajaran kampus top dunia.

 

Penasaran apa aja universitas terbaik di China? Simak informasi berikut ini, yuk! 

List Universitas China Terbaik Buat Kuliah

1. Peking University

Menurut data QS WUR 2024, Peking University menempati posisi #1 di China dan Asia, serta #17 di dunia. Wih, keren banget, ya?

 

Peking University menjadi kampus tertua kedua di China, berdiri sejak 1898.

 

Pada awal 1920-an, kampus ini menjadi pusat pemikiran progresif China, yang turut andil dalam sejumlah peristiwa besar, seperti Gerakan Budaya Baru China, Gerakan Empat Mei, dan protes Lapangan Tiananmen 1989.

 

Peking University terletak di Beijing, China. Julukan kampus ini adalah Yan Yuan atau The Garden of Yan. Lingkungan Kampus Peking memang terkenal indah, dengan arsitektur tradisional dan suasana tenang.

 

Peking memiliki 30 colleges dan 12 departemen, dengan 93 Gelar Sarjana, 2 Gelar Sarjana kedua, 199 Gelar Master, dan 173 Program Doktoral.

 

Selain itu, Universitas Peking memiliki 216 lembaga penelitian, 2 pusat penelitian teknik nasional, serta 12 laboratorium nasional.

2. Tsinghua University

Tsinghua University berada di urutan kedua universitas China terbaik dan #22 di dunia, versi QS World University Rankings 2024.

 

Berdiri sejak 1911, Tsinghua University memiliki nilai historis, terletak di Tsinghua Garden, bekas kediaman Pangeran Yinzhi dari Dinasti Qing. Pasca 1949, Tsinghua berkembang menjadi salah satu universitas nasional China.

 

Kampus Tsinghua di Beijing terkenal indah, hingga menjadi satu-satunya universitas Asia yang masuk daftar kampus perguruan tinggi terindah dunia versi Forbes

 

Secara akademis, Tsinghua mengoperasikan 159 laboratorium dan pusat penelitian nasional, termasuk berbagai laboratorium rekayasa nasional, pusat penelitian nasional, serta laboratorium kementerian pendidikan.

 

Tsinghua menawarkan berbagai Program Sarjana selama empat tahun, kecuali Arsitektur dan Patung (5 tahun), serta Kedokteran Klinis dan Matematika Murni dan Terapan (8 tahun). 

 

Bidang studi lainnya, meliputi Arsitektur, Ilmu Politik, Ekonomi, dan Filsafat. 

3. Zhejiang University

Zhejiang University berada di peringkat ke-44 secara global dalam QS World University Rankings 2024

 

Dikenal juga dengan sebutan Zheda atau Zju, Zhejiang resmi didirikan pada 1998. Akar sejarahnya berasal dari Akademi Qiushi yang didirikan tahun 1897, menjadikannya salah satu institusi pendidikan tinggi tertua di Tiongkok.

 

Kampus Universitas Zhejiang tersebar di tujuh lokasi, termasuk Zijingang, Yuquan, dan Xixi. Menempati area seluas 6,22 kilometer persegi dan dikenal dengan infrastruktur serta keindahan alamnya.

 

Secara akademis, Universitas Zhejiang memiliki tujuh fakultas, terdiri dari 39 sekolah, kolese, dan departemen. 

 

Zhejiang menawarkan hampir seratus jurusan sarjana di berbagai disiplin ilmu seperti Sains, Teknik, Pertanian, Kedokteran, Teknologi Informasi, Humaniora, dan Ilmu Sosial. 

4. Fudan University

Didirikan pada 1905 sebagai Fudan Public School, Universitas Fudan merupakan salah satu kampus tertua di China, dengan nama yang menggambarkan harapan “Cahaya surgawi bersinar setiap hari“.

 

Fudan University punya struktur kampus unik dengan konsep “Satu tubuh dua sayap,” meliputi kampus utama Handan dan Jiangwan, serta Kampus Fenglin dan Zhangjiang di pusat Kota Shanghai.

 

Fudan University terdiri dari 17 sekolah penuh waktu dan 69 departemen, menawarkan 73 program sarjana, 201 program master, dan 134 sub-disiplin Gelar PhD. 

 

Selain itu, Fudan memiliki 77 lembaga penelitian, 112 lembaga penelitian lintas disiplin, dan 5 laboratorium nasional.

5. Shanghai Jiao Tong University

Universitas China terbaik selanjutnya adalah Shanghai Jiao Tong University.

 

Shanghai Jiao Tong University berdiri pada 1896 sebagai Sekolah Umum Nanyang. Universitas ini terus berkembang hingga melalui penggabungan dengan Shanghai Second Medical University pada 2005.

 

Shanghai Jiao Tong University terlibat dalam inisiatif nasional bergengsi seperti Double First Class University Plan, Proyek 985, Proyek 211, serta anggota C9, kelompok universitas elit China. 

 

Secara akademik, Universitas Shanghai Jiao Tong memiliki 31 sekolah dan departemen, dengan 63 Program Sarjana, 250 Program Master, 203 Program Doktor, 28 Program Pasca Doktor, serta 11 laboratorium dan pusat penelitian teknik nasional.

6. University of Science and Technology of China

University of Science and Technology of China (USTC) didirikan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS) di Beijing tahun 1958.

 

Saat ini, USTC menjadi rumah bagi 16.600 mahasiswa dan 2.250 anggota fakultas.

 

USTC terletak di Hefei dan memiliki lima kampus utama yang masih dalam kawasan sama. Struktur akademik USTC terdiri dari 23 sekolah, termasuk 6 institut penelitian, dengan fokus pada ilmu pengetahuan alam dan sosial. 

 

USTC juga menjalin kerja sama dengan universitas terkenal di dunia, sepeti Oxford, Stanford, dan Princeton, lho!

7. Nanjing University

Nanjing University berlokasi di Nanjing, ibu kota kuno dari enam dinasti China. Telah berdiri tahun 1902 dengan nama Sanjiang Normal School

 

Setelah beberapa perubahan nama dan merger, universitas ini dikenal sebagai Nanjing University sejak 1950. Nanjing terkenal karena menjadi tempat Teori Marxisme pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat China pada awal 1920-an.

 

Memiliki dua kampus utama di Gulou dan Pukou dengan luas lebih dari 600 hektar, Nanjing University memiliki fasilitas pengajaran dan penelitian yang modern. 

 

Saat ini, Universitas Nanjing memiliki 17 sekolah dengan 50 departemen, menawarkan 74 Program Sarjana, 186 Program Master, 7 Gelar Master Profesional, 16 Gelar Doktor, dan 122 Program Ph.D.

8. Wuhan University

Wuhan University didirikan pada 1913 sebagai National Wuchang Higher Normal School. Setelah beberapa kali berganti nama dan merger, kampus ini akhirnya dikenal sebagai Universitas Nasional Wuhan pada 1928. 

 

Kemudian, pada 1949, Partai Komunis mengambil alih dan berganti nama menjadi Universitas Wuhan.

 

Berlokasi di dekat Bukit Luojia dan Danau Timur, Universitas Wuhan terkenal dengan festival bunga sakura di musim semi. Kampusnya menempati area sekitar 5.508 meter persegi, menampilkan arsitektur bangunan tua yang dirancang oleh F. H. Kales. 

 

Dari segi akademik, Universitas Wuhan menawarkan berbagai pusat penelitian dan laboratorium, termasuk State Key Laboratories di Bidang Teknik Informasi, Pemetaan dan Penginderaan Jauh, Sains Rekayasa Sumber Daya Air dan Tenaga Hidro, Virologi, serta Padi Hibrida.

9. Tongji University

Tongji University didirikan pada 1907 oleh Dokter-Dokter Jerman di Shanghai. Pada awalnya, Tongji fokus pada Pendidikan Kedokteran dan Teknik.

 

Kemudian, secara resmi menjadi Tongji University pada 1923/1924, dan diubah menjadi National Tongji University pada 1927. 

 

Tongji kemudian berkembang menjadi universitas menyeluruh dengan mengembangkan berbagai program dalam Bidang Sains, Teknik, Kedokteran, Seni, Hukum, Ekonomi, dan Manajemen.

 

Tongji University terkenal dengan Program Teknik Sipil dan Arsitektur. Program-program ini menduduki peringkat teratas, dan Jurusan Arsitektur menjadi salah satu bidang studi yang sulit dimasuki. 

 

Tongji University juga dikenal sebagai State-Level Garden Unit for Excellent Afforestation. Kampusnya berada di Kota Shanghai, seluas 2.460.000 meter persegi. 

 

Kampus ini memiliki lima lokasi, yaitu Kampus Siping di Jalan Siping, Kampus Barat di Jalan Zhennan, Kampus Utara di Jalan Gonghexing, Kampus Timur di Jalan Wudong, dan Kampus Jiading di Kota Otomotif Internasional Shanghai di Anting, Distrik Jiading.

10. Harbin Institute of Technology

Harbin Institute of Technology (HIT) merupakan universitas negeri terkemuka yang spesialisasinya di bidang sains dan teknik. Universitas ini terletak di Harbin, Heilongjiang, China.

 

Didirikan tahun 1920 sebagai Sekolah Industri Sino-Rusia Harbin untuk mendidik insinyur kereta api, HIT telah berkembang pesat sejak itu. 

 

Sekarang, universitas ini bagian dari Double First Class University Plan, Project 985, dan Project 211, serta anggota C9 League, kelompok universitas elit China.

 

HIT memiliki tiga kampus, yaitu Kampus Harbin, Kampus Weihai, dan Kampus Shenzhen.

 

Kampus Harbin fokus pada disiplin teknik, seperti Pertahanan, Kedirgantaraan, Mesin, Sipil, Lingkungan, dan Teknik Material. Kampus Weihai berfokus pada Sains dan Teknologi, khususnya di Bidang Ilmu Kelautan, Kimia, Bioteknologi, Otomotif, dan Komputer. 

 

Kampus Shenzhen, yang berada di University Town of Shenzhen, bekerja sama dengan universitas terkenal lainnya untuk penelitian, aplikasi, dan produksi.

 

HIT terorganisir menjadi 20 sekolah, menawarkan 73 Program Sarjana, 143 Program Master, dan 81 Program Doktoral. 

 

Meski HIT terutama dikenal dengan fokusnya pada sains dan teknik, universitas ini juga menyediakan bidang studi terkait Humaniora, Ilmu Sosial, dan Manajemen.

Rekomendasi Beasiswa untuk Kuliah di Universitas China

1. Chinese Government Scholarship (CGS)

Jenjang: S1/S2/S3

Perkiraan Pendaftaran: Oktober–Maret

 

Kalau mau kuliah di universitas China, wajib banget daftar Chinese Government Scholarship! Beasiswa bergengsi ini kasih para Awardee-nya fasilitas yang beneran no kaleng-kaleng, lho!

 

Chinese Government Scholarship adalah program beasiswa penuh dari Pemerintah China untuk mahasiswa internasional, termasuk Indonesia melanjutkan Studi S1/S2/S3 di sana.

 

Fasilitas yang diberikan, meliputi:

    • Bebas biaya kuliah;
    • Akomodasi atau subsidi akomodasi;
    • Biaya hidup bulanan sebesar Rp5,4 juta (S1), Rp6,5 juta (S2), dan Rp7,6 juta (S3);
    • Asuransi kesehatan sebesar Rp1,7 juta per tahun.

2. Ministry of Commerce of People’s Republic of China-China Scholarship Council (MOFCOM-CSC) Scholarship

Jenjang: S2/S3

Perkiraan Deadline Pendaftaran: April

 

MOFCOM Scholarship adalah program beasiswa oleh Kementerian Perdagangan Republik Rakyat China untuk mahasiswa internasional yang ingin mengejar Gelar Master atau Doktoral di China. 

 

Beasiswa ini tersedia untuk Program Master satu atau dua tahun, serta Program Doktoral tiga tahun.

 

Keuntungan yang diberikan meliputi:

    • Bebas biaya kuliah;
    • Tunjangan akomodasi atau akomodasi kampus gratis;
    • Tunjangan hidup bulanan;
    • Asuransi kesehatan.

3. Beasiswa CGS-NU

Jenjang: S2/S3

Pendaftaran: Januari

 

Beasiswa CGS-NU merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah China dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk memberikan beasiswa penuh ke kader NU Program Master (S2) dan Doktor (S3).

 

Beasiswa ini memberikan fasilitas, seperti:

    • Biaya kuliah penuh;
    • Akomodasi;
    • Uang saku bulanan sebesar Rp6,5 juta (S2) dan Rp7,6 juta (S3).

4. ASEAN-China Young Leaders Scholarship Program (ACYLS)

Jenjang: S2/S3

Perkiraan Deadline Pendaftaran: Maret

 

ACYLS adalah program beasiswa dari Pemerintah China untuk Warga Negara ASEAN belajar di universitas top China. 

 

Beasiswa ini memiliki sub-program bernama ACYLS-Graduate Program bagi Warga Negara ASEAN melanjutkan Studi S2 atau S3 di Tiongkok.

 

Fasilitas yang diberikan oleh Program ACYLS mencakup:

  • Bebas biaya kuliah dan biaya sekolah lainnya;
  • Akomodasi;
  • Uang saku bulanan;
  • Tiket pesawat pulang pergi;
  • Asuransi kesehatan.

 

Nah, itulah dia deretan universitas China terbaik yang bisa kamu jadikan referensi kuliah di sana. Jangan lupa daftar beasiswanya juga, ya!

 

Persiapan study abroad kamu udah sampai mana, nih? Persiapkan dari jauh-jauh hari, yuk! Semoga berhasil meraih impianmu, ya, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini