Beasiswa Chevening S2 2023: 7 Tips untuk Kamu Jadi Awardee!

Share:

kobi education-beasiswa chevening s2 2023-gambar big ben di hari sore

Beasiswa Chevening S2 2023 sudah dibuka, lho! Ketahui tips persiapannya biar bisa jadi Awardee tahun depan, yuk!

 

Chevening Scholarship adalah program beasiswa S2 fully-funded dari Pemerintah Inggris yang menawarkan kesempatan bagi pelajar internasional untuk melanjutkan studi di salah satu kampus bergengsi di UK.

 

Kalau kamu mau sukses jadi Awardee Chevening, simak tips persiapannya di artikel ini, ya!

Kapan Beasiswa Chevening S2 Akan Dibuka?

Buat kamu menunggu-nunggu tanggal pembukaannya, ada kabar gembira, nih! 

 

Melansir dari laman resmi Chevening, beasiswa tujuan UK ini resmi dibuka pendaftarannya mulai tanggal 12 September – 7 November 2023. 

 

Proses seleksi biasanya berlangsung selama kurang lebih 8 (delapan) bulan sejak pendaftaran tahap administrasi ditutup hingga hasil seleksi diumumkan. 

7 Tips Sukses Menjadi Chevening Awardee 2023

1. Memiliki Pengalaman Kerja

Beasiswa ini ditujukan kepada lulusan S1 yang telah memiliki pengalaman kerja, atau telah memfokuskan diri pada bidang tertentu. 

 

Sebab, Chevening mencari kandidat yang sudah memiliki tujuan dan rencana jelas. 

 

Pengalaman kerja untuk kandidat minimal sebanyak 2.800 jam. Jumlah jam kerja ini bisa berasal dari pekerjaan bersifat penuh waktu (full-time), paruh waktu (part-time), relawan (voluntary), ataupun magang. 

 

Jadi, pastikan kamu memiliki pengalaman bekerja sesuai ketentuan, ya!

2. Perhatikan Setiap Persyaratan Secara Seksama

Pastikan membaca serta memahami semua persyaratan dengan teliti, bukan hanya persyaratan beasiswanya, tapi juga persyaratan kampus tujuan, ya.

 

Catat semua persyaratan yang ada. Kemudian buat timeline untuk memenuhi persyaratan tersebut.

3. Membuat Timeline Persyaratan

Setelah memahami dan mencatat semua persyaratan beasiswa dan kampus tujuan, selanjutnya bisa membuat timeline untuk memenuhi syarat-syarat tersebut. Dahulukan syarat dengan pembutuhan perhatian dan waktu lebih seperti esai, IELTS, maupun surat rekomendasi.

4. Diskusi Dengan Mentor

Agar persiapan kamu makin terarah, bisa diskusikan pilihan jurusan, kampus, serta persyaratan dokumen dengan mentor atau orang berpengalaman.

5. Menulis Esai Sesuai Ketentuan

Chevening meminta pelamar menuliskan 4 macam esai sesuai tema. Esai ditulis dalam formulir aplikasi online, dengan jumlah kata 100-500 kata untuk tiap tema:

 

Essay 1: Leadership and Influence Question

Setiap pertanyaan terkait dengan kepemimpinan. Maka, jelaskan bagaimana kamu bisa memenuhi persyaratan tersebut dengan contoh konkret maupun juga skill untuk mendukung jawabanmu.

 

Essay 2: Networking Question 

Pertanyaan terkait cara kamu membangun skill dan bisa berinteraksi dengan komunitas maupun juga memimpin orang-orang dalam konteks pekerjaan.

 

Essay 3: Studying in the UK Question

Pertanyaan terkait alasan kamu memilih kampus dan program study dan hubungannya dengan pendidikan dan pekerjaan sebelumnya. Jangan ulangi penjelasan pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan.

 

Essay 4: Career Plan Question

Menanyakan rencana karier setelah lulus kuliah. Tuliskan rencana jangka pendek dan juga jangka panjang sekembalinya kamu berkuliah di Inggris.

6. Persiapan Seleksi Wawancara

Walaupun belum mengetahui pengumuman tahap wawancara, enggak ada salahnya kalau kamu persiapan dan latihan wawancara di awal. 

 

Lakukan mock-up interview dengan Mentor, ya!

7. Persiapkan Tes IELTS

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa untuk awal pendaftaran Beasiswa Chevening memang enggak mensyaratkan Sertifikat IELTS

 

Tapi, Sertifikat IELTS mungkin saja dibutuhkan pada saat pendaftaran kampus, dan setiap kampus memiliki syarat minimal IELTS yang berbeda-beda.

 

Jadi, alangkah lebih baik jika kamu mulai mempersiapkan tes IELTS dari sekarang!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini