10 Program Student Exchange SMA 2024 Yang Ga Boleh Terlewat

Share:

kobi education-program student exchange sma-gambar dua pelajar sedang berjalan di sekolah

Tambah pengalaman sekaligus belajar hal-hal baru lewat program student exchange SMA, yuk! 

 

Melalui pembelajaran di luar negeri, kamu bisa menjelajah dunia dan pengalaman baru. Kamu akan mempelajari budaya baru, memperluas jaringan internasional, sampai menambah skill buat masa depanmu. 

 

Nah, kali ini kita bakal bahas sejumlah program exchange buat anak SMA. Penasaran? Simak informasinya berikut ini, yuk!

List Program Student Exchange SMA 2024

1. Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES)

Pendaftaran: Agustus

Kelas: X, XI


KL-YES memberikanmu kesempatan belajar di Amerika Serikat (AS) selama setahun, lho! Program ini diprakarsai oleh Departemen Luar Negeri Amerika untuk para pelajar SMA dari negara-negara muslim, termasuk Indonesia.


Jadi, selama setahun, kamu bakal tinggal bersama keluarga angkat, belajar di SMA AS, mengikuti kegiatan komunitas sambil belajar kebudayaan Amerika, latihan kepemimpinan, dan membantu mengenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Amerika.


Tenang… semua biaya selama mengikuti KL-YES gratis, kok. Mulai dari tiket pesawat, akomodasi, dan pengeluaran sehari-hari ditanggung oleh program.

2. Rotary Youth Exchange

Rotary Youth Exchange merupakan program student exchange dari Rotary International untuk siswa SMA dari berbagai negara, termasuk Indonesia. 


Ada dua program yang ditawarkan, yaitu:

    • Long-term exchangesBerlangsung selama satu tahun akademik. Kamu bakal tinggal bersama keluarga angkat dan bersekolah di negara tujuan;
    • Short-term exchanges – Berlangsung selama beberapa minggu hingga tiga bulan. Bukan belajar di sekolah, tapi mengikuti tur, kamp, atau homestay.


Negara tujuan program ini, meliputi Jerman, Amerika, Finlandia, Belgia, dan Prancis. Kamu akan ditempatkan di salah satu negara tersebut.


Bila terpilih, fasilitas yang diberikan, berupa akomodasi, biaya sekolah, tiket pesawat pulang-pergi, asuransi kesehatan, biaya paspor dan visa, serta biaya tur tambahan.

3. Youth Exchange Program (YEP)

Perkiraan Pendaftaran: Juli–Agustus

Kelas: X, XI


Youth Exchange Program
(YEP) merupakan program
studet exchange yang diselenggarakan oleh Global Youth Action, sebuah organisasi pemuda internasional. Ada dua negara yang menjadi tujuan program, yaitu Korea Selatan dan Turki.


Melalui program ini, kamu bakal diajak untuk memperkenalkan budaya Indonesia, mengunjungi kampus terbaik, mengikuti kelas-kelas eksklusif, dan trip ke tempat-tempat wisata. Seru banget, kan?


Ada tiga kategori peserta dalam program ini, yaitu: 

    • Fully Funded Sebanyak 3 orang peserta teratas dari hasil seleksi mendapatkan beasiswa pembiayaan secara penuh;
    • Partial Funded – Sebanyak 97 peserta terbaik mendapatkan tanggungan pembiayaan sebanyak 50 persen;
    • Self Funded Hanya 10 peserta, bisa membayar secara mandiri sebanyak Rp25 juta.

4. Asia Kakehashi Scholarship

Pendaftaran: Agustus

Kelas: X dan XI

 

Cung yang mau coba belajar di Jepang! Asia Kakehashi Scholarship merupakan beasiswa penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang untuk siswa/i SMA. 

 

Pertukaran pelajar berlangsung selama satu tahun di sekolah menengah Jepang. Nantinya, kamu bisa memilih tinggal bersama keluarga angkat atau asrama.

 

Fasilitasnya mencakup tunjangan bulanan, biaya visa, tiket pesawat, perjalanan dari dan ke kota tujuan untuk orientasi/reorientasi, akomodasi, perjalanan antar kota di Jepang, orientasi di negara asal dan di Jepang, serta asuransi kesehatan.

5. Youth for Understanding (YFU)

Perkiraan Pendaftaran: Tergantung negara tujuan

Kelas: X dan XI


YFU juga memberikan kesempatan program pertukaran pelajar selama satu tahun ke negara-negara tujuan, seperti Amerika Serikat, Australia, Austria, Belanda, Belgia, China, Estonia, Ekuador, Finlandia, Jepang, Jerman, Perancis, Selandia Baru, Swiss, Tiongkok, dan Turki.


Ada dua program yang ditawarkan, yaitu:

  • YFU Secondary Year ProgramsBerlaku selama satu tahun. Negara tujuannya, yaitu Amerika Serikat, Austria, Belanda, Belgia Wallonia, Finlandia, Jepang, Jerman, Perancis, Selandia Baru, Swiss, dan Turki;
  • YFU Summer ProgramsBerlaku beberapa minggu sampai beberapa bulan. Negara tujuannya, yaitu Ekuador, Mongolia, Thailand, Tiongkok, Turki, dan Uruguay.


Namun, kamu harus membayar biaya pendaftaran dan biaya program. Besaran biaya program disesuaikan dengan tujuan negara. Tenang… kamu boleh mencicil sebanyak 4 kali, kok.


Biaya program, meliputi tiket pesawat, transportasi ke kota tujuan, tinggal bersama keluarga angkat, pendaftaran sekolah, asuransi, dan orientasi.

6. United World College (UWC)

Perkiraan Pendaftaran: November–Desember

Kelas: 10, 11, atau 12


United World College (UWC) merupakan jaringan sekolah internasional yang menyatukan orang dari berbagai negara dan budaya. Mereka punya 18 sekolah di seluruh dunia, seperti Kanada, China, Singapura, Amerika, Britania Raya, dan lain sebagainya.


Jadi, bila terpilih, kamu berkesempatan belajar di salah satu sekolah bersama orang-orang dari berbagai kebangsaan. Kamu akan tinggal di asrama selama dua tahun menggunakan kurikulum Baccalaureate International (IB).


Pelamar harus berasal dari kelas 10 bila pelamar bersekolah di SMA dengan kurikulum internasional. Namun, bila berasal dari sekolah kurikulum Indonesia, pelamar harus berada di kelas 11 atau 12.


Beasiswa yang ditawarkan bisa mencakup pembiayaan penuh atau sebagian, tergantung kemampuan finansial orang tua

7. Winter Korean Culture Camp – AYFN Academy

Pendaftaran: Agustus–November

Kelas: X, XI, dan XII


Mau mengenal kebudayaan sekaligus belajar bahasa Korea di negaranya langsung? Ikutan
Winter Korean Culture Camp aja! 


Program ini diselenggarakan oleh AYFN Academy untuk anak-anak Indonesia berusia 15–35 tahun agar bisa merasakan kesempatan pertukaran budaya ke Korea. 


Kamu akan melakukan sejumlah aktivitas budaya, seperti membuat membuat kimchi, memakai hanbok, dan mengunjungi ke tempat-tempat penting, seperti Namsan Tower, Istana Gyeongbokgung, Bukchon Village, Pulau Nami, dan Insadong Gil.


Enggak usah khawatir masalah biaya, kamu bisa mendapatkan beasiswa penuh atau beasiswa sebagian. Tapi, kalau enggak mau repot mengurus persyaratan tambahan, kamu juga bisa membayar secara mandiri, kok. 

8. Seminar Camp – CISV

Kelas: XI


Children’s International Summer Villages (CISV) merupakan lembaga swadaya yang menawarkan sejumlah program student exchange untuk anak-anak dan keluarga. 


Nah, buat anak SMA, mereka menyediakan Program Seminar Camp


Seminar Camp ditujukan untuk peserta berusia 16-17 tahun dan berlangsung selama 21 hari. 


Nantinya, kamu bersama 24 atau 30 peserta internasional akan mengembangkan agenda sendiri untuk berdiskusi mengenai isu-isu global. Enggak cuma itu, kamu juga akan menjalani sejumlah aktivitas seru dan bertukar budaya bersama peserta lain.


Bila tertarik untuk mengikuti program CISV, kamu harus
mendaftar dulu sebagai anggota. 

9. AFS Intercultural Program

Perkiraan Pendaftaran: Agustus–September

Kelas: X dan XI


AFS Intercultural
merupakan program student exchange SMA yang memberikan kesempatan untuk belajar dan tinggal di luar negeri, serta berinteraksi dengan budaya dan lingkungan baru. Durasi program berkisar dari satu bulan hingga setahun.


Kamu bisa memilih salah satu dari negara-negara tujuan, seperti Mesir, India, Jepang, Filipina, Thailand, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hongaria, Italia, Belanda, Norwegia, Polandia, Serbia, Swedia, Swiss, Turki, Argentina, Brazil, Meksiko, dan Amerika Serikat.


Bila tertarik mendaftar, kamu harus mengikuti semua tahapan seleksi dan membayar biaya program. 


Biaya awal pendaftaran adalah Rp100 ribu untuk pembelian PIN. Sementara biaya keseluruhan program sekitar Rp100 juta per siswa, tergantung negara dan kebutuhan individu.

10. EF Academy

Pendaftaran: Tidak ada batas waktu

Kelas: X, XI, dan XII


EF Academy
merupakan  sekolah internasional yang mempersiapkan para lulusan SMA dari seluruh dunia untuk masuk ke universitas-universitas top dunia. 


Yap! Ini memang bukan pertukaran pelajar selama kamu bersekolah, tapi mempersiapkan kamu masuk ke kampus top dunia bersama orang-orang dari berbagai kebangsaan.


Jadi, enggak cuma akademik, tapi juga mengenal budaya-budaya dari negara lain. Mirip-mirip pertukaran pelajar, kan?


Mereka punya tiga sekolah di lokasi strategis, yaitu New York, Pasadena, dan Oxford. Enggak cuma para siswa, guru-guru di sana juga dari berbagai latar belakang dan jago banyak bahasa.


Para siswa mendapatkan perhatian khusus, karena ukuran kelasnya kecil dan ada sistem bimbingan per individu.


Kamu bisa memilih salah satu dari tiga kurikulum, yaitu US High School Diploma, Baccalaureate International (IB), dan A-Levels.


Menariknya, mereka enggak punya jadwal pendaftaran khusus. Jadi, kamu dapat langsung mendaftar melalui situs web resmi
mereka.

Nah, itulah dia program student exchange SMA 2024 yang enggak boleh kamu lewatkan. Kamu tertarik ikut program yang mana, nih?

 

Persiapkan semua dari sekarang, yuk! Siap-siap jelajahi pengalaman baru di luar negeri! Semoga berhasil meraih impianmu, ya, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini