Kuliah ke Rumania? Kamu Harus Tau Dulu Budayanya! Ini Infonya!

Share:

kobi education-kuliah ke rumania-gambar patung raja ferdinand di tengah kota pada siang hari

Cung yang mau kuliah ke Rumania! Salah satu yang harus kamu lakukan sebelum mendarat di sana adalah riset tentang budayanya.

 

Enggak banyak yang tahu, budaya Rumania enggak kalah keren dari negara-negara Eropa lainnya, lho! Mulai dari bahasa, kuliner, sampai daya tarik wisatanya mampu membuatmu terkagum-kagum.

 

Mau tahu lebih banyak tentang budaya Rumania? Simak informasi berikut ini, yuk!

Budaya Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Kuliah ke Rumania

1. Agama Kristen Ortodoks

Sebagian besar penduduk Rumania beragama Kristen Ortodoks (86,7%). Ada juga beberapa agama lain, seperti Protestan (5,2%), Katolik Roma (4,7%), dan Rumania Katolik Yunani (9%).

 

Buat kamu yang beragama muslim enggak usah khawatir! Meski minoritas, masyarakat muslim Rumania sudah memiliki tempat ibadah dan komunitas yang aktif.

 

Masjid Agung Constanta yang dibangun oleh Raja Rumania menjadi pusat ibadah umat Islam di sana.

2. Pengaruh Budaya Romawi

Orang Rumania menganggap diri mereka sebagai keturunan orang Romawi kuno. Maka enggak heran kalau etnis dan budaya mereka dipengaruhi oleh budaya Romawi.

 

Seemntara budaya modern Rumania berkembang di bawah pengaruh budaya Barat, termasuk Prancis dan Jerman.

3. Bahasa Rumania

Bahasa resmi Rumania adalah Bahasa Rumania, yang sangat mirip dengan Bahasa Italia. Bahasa Rumania termasuk dalam rumpun Bahasa Roman.

 

Selain dituturkan di Rumania, bahasa ini juga digunakan di Moldova, Ukraina, Hungaria, Bulgaria, hingga Serbia.

 

Meski rata-rata masyarakat Rumania juga bisa berbahasa Inggris, enggak ada salahnya kamu mempelajari beberapa frasa dalam bahasa Rumania untuk membantumu berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

4. Kuliner Lokal

Makanan khas Rumania enggak kalah enak, lho! Makanan lokal di sana mencerminkan beragam pengaruh budaya, seperti masakan Kekaisaran Ottoman, Hongaria, Jerman, dan negara-negara Slavia.

 

Beberapa hidangan khas Rumania yang terkenal, antara lain Salata De Boeuf, Sarmale, Papanasi, dan Zacusca

 

Rumania juga dikenal dengan berbagai jenis bubur, seperti Mamaliga cu branza (bubur jagung dengan keju putih), dan Mamaliga cu lapte (bubur jagung dengan susu).

5. Pariwisata

Setelah berhari-hari berkutat dengan kehidupan perkuliahan, kamu bisa healing ke tempat-tempat wisata menarik di Rumania.

 

Salah satu yang paling terkenal adalah Kastil Bran, karena sering dikaitkan dengan legenda Dracula.

 

Selain kastil, Rumania memiliki pegunungan indah, seperti Pegunungan Bucegi dan Pegunungan Apuseni. Kota-kota bersejarah mereka juga enggak kalah unik, seperti Brasov dan Sibiu.

 

Delta Danube, delta sungai terbesar di Eropa, juga menjadi tujuan wisata populer di Rumania. Begitu pula dengan gereja, biara, dan istana yang menarik untuk kamu kunjungi.

6. Festival dan Tradisi

Di Rumania, kamu juga bisa ikut merasakan kemeriahan festival. Masyarakat Rumania terkenal suka melaksanakan festival atau pesta perayaan.

 

Misalnya, Festival Musim Panas di Sibiu atau Festival Dragobete, hari kasih sayang versi Rumania.

7. Seni dan Musik

Sama seperti Indonesia, Rumania juga memiliki seni dan musik tradisionalnya sendiri. 

 

Musik Rumania dipengaruhi oleh berbagai budaya di Eropa Timur dan Tengah. Alat musik tradisional yang sering mereka gunakan antara lain biola (violin), klarinet, cobza (jenis biola), dan alat musik perkusi.

 

Setiap wilayah juga memiliki karakteristik unik. Misalnya, di Transilvania, musiknya cenderung melankolis. Sementara di Dobrogea, musiknya lebih terinspirasi oleh budaya Tatar dan Turki.

 

Nah, itu dia beberapa budaya yang harus kamu tahu sebelum berangkat kuliah ke Rumania. Semoga informasi ini bermanfaat ya, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini