5 Negara Populer di Eropa, Incaran Para Scholarship Hunters

Share:

kobi education-negara populer di eropa-gambar kota paris di siang hari

Eropa merupakan salah satu tujuan favorit bagi para pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikannya. Sebab, beberapa negara populer di Eropa merupakan markas beberapa kampus top dunia dan banyak beasiswa fully funded yang ditawarkan. Buat kamu yang berminat melanjutkan studi ke Eropa, yuk, simak informasi mengenai negara populer di Eropa yang bisa jadi pilihanmu untuk study abroad di artikel ini!

Inggris Raya

Ada beberapa alasan kenapa Inggris Raya menjadi negara populer untuk study abroad, di antaranya:

  • Mutu Pendidikan Yang Berkualitas: Inggris merupakan pelopor pendidikan tinggi tertua dunia. University of Oxford, University of Cambridge, dan Imperial College London merupakan tiga universitas  Inggris yang menempati 10 besar kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking 2024. Kualitas pendidikan negara ini selalu diawasi secara ketat oleh pemerintah.

 

  • Durasi Studi Yang Lebih Singkat: Jika jenjang sarjana Indonesia bisa diselesaikan dalam kurun waktu paling cepat 3,5 tahun dan normalnya 4 tahun, lain cerita di Inggris Raya. Di Inggris Raya, untuk menyelesaikan studi pada jenjang sarjana hanya membutuhkan waktu 3 tahun saja. Begitu pula untuk masa studi pada jenjang Magister. Jika  Indonesia butuh waktu sekitar 2 tahun untuk menyelesaikan program ini, di Inggris Raya kamu bisa menyelesaikannya hanya dalam 1 tahun saja. Menarik, ya?

 

  • Terbuka untuk Mahasiswa Internasional: Dengan banyaknya mahasiswa Internasional dari berbagai latar belakang, negara, dan budaya yang memilih Inggris untuk melanjutkan kuliah mereka, memungkinkan kamu terpapar pada atmosfer internasional sehingga kamu memiliki pengalaman yang kaya. Data menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 670,000 mahasiswa internasional di Inggris pada 2023.

Pilihan Beasiswa ke Inggris Raya

  • Chevening Scholarship (S2)
  • Gates Cambridge Scholarship (S2/S3)
  • Jardine Scholarship (S2/S3)
  • British Council Scholarship for Women in STEM (S2)
  • LPDP Scholarship (S2/S3)

Prancis

Selain disebut sebagai negara yang romantis, ternyata ada beberapa alasan mengapa Prancis populer dikalangan pelajar internasional. Mutu pendidikan negara Prancis sudah tidak diragukan lagi, banyak universitas di Prancis yang masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia, seperti Université PSLInstitut Polytechnique de Paris, dan Sorbone University

Prancis merupakan negara dengan ekonomi terbesar nomor 6 di dunia. Selain itu, negara ini juga merupakan market terbesar kedua di Eropa, lho. Posisi ini sangat menguntungkan bagi pelajar Indonesia karena bisa belajar langsung dari negara dengan kekuatan perekonomian dan kehidupan bisnis yang sangat berkembang

Pilihan Beasiswa ke Prancis

  • France Excellence Scholarship (S1/S2);
  • Beasiswa Kartini Sains (S2);
  • LPDP (S2/S3).

Jerman

Kualitas pendidikan Jerman nggak usah diragukan lagi! Lebih dari 390 universitas negeri yang diakui secara global tersebar di lebih dari 170 lokasi. Di Jerman, aspek praktis sangat diutamakan, sehingga rata-rata universitas di sana dilengkapi dengan fasilitas laboratorium praktik yang canggih serta berbagai fasilitas modern lainnya.

Jerman juga merupakan negara  Eropa yang relatif murah. Menurut data, mahasiswa  Jerman rata-rata memerlukan 800 Euro (Rp13.000.000) setiap bulannya, dimana ini termasuk murah untuk negara kawasan Eropa!

Keamanan adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih negara tujuan study abroad. Jerman termasuk negara yang aman di benua Eropa. Selain itu, Jerman juga terkenal memiliki kualitas kehidupan sangat baik. Kombinasi ini menjadikan Jerman sebagai negara dengan angka kriminalitas sangat rendah.

Berbagai Beasiswa ke Jerman

  • Beasiswa LPDP (S2/S3);
  • Erasmus+ Scholarship (S2/S3);
  • DAAD Scholarship (S2);
  • Heinrich Böll Stiftung (S2/S3).

Belanda

Belanda merupakan salah satu negara populer di Eropa bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi. Salah satunya karena Belanda memiliki lingkungan akademik perkuliahan yang sangat mendukung dan inklusif.

 

Selain itu, Belanda juga memiliki keanekaragaman budaya yang kaya dan menyambut mahasiswa luar negeri dengan tangan terbuka. 

 

Meskipun Bahasa Belanda merupakan bahasa nasional, namun jangan kaget kalau kamu mendapati sebagian besar penduduk Belanda berbahasa Inggris, bahkan Prancis atau Jerman, ya. 

 

Pilihan Beasiswa ke Belanda

  • OKP-LPDP StuNed (S2/S3);
  • Erick Bleumink Fund (S2);
  • Orange Tulip Scholarship (S1);
  • LPDP (S2/S3).

Swiss

Swiss adalah salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia. Hal ini dibuktikan dengan masuknya beberapa kampus Swiss dalam jajaran kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking 2024, yaitu ETH ZurichEcole Polytechnique Fédérale de Lausanne, dan University of Zurich.

Swiss juga dikenal sebagai negara dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Ada banyak destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi di sana. Tak hanya indah, Swiss  termasuk negara paling aman menurut Global Peace Index 2021 dengan menempati peringkat 7.

 

Pilihan Beasiswa ke Belanda:

  • LPDP (S2/S3);
  • Swiss Excellence Scholarship (S3);
  • Graduate Institute Scholarship (S3).
 

Buat kamu yang berencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri, lima negara populer di Eropa tersebut patut kamu pertimbangkan, lho. Selain karena banyak kampus-kampus top dunia yang ada di bermarkas di sana, pilihan beasiswanya juga banyak!

 

Makanya, yuk, mulai persiapan dari sekarang. Supaya impianmu untuk kuliah ke luar negeri dengan beasiswa bisa segera terwujud. Semoga berhasil!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini