7 Kota Terbaik di Jepang Buat Yang Mau Kuliah S1 ke Sana!

Selain kualitas universitas, kota tempat tinggal juga jadi pertimbangan penting untuk study abroad, loh! Yuk Intip 7 kota terbaik di Jepang!

Share:

kobi education-kota terbaik di jepang-gambar danau kawaguchiko dan gunung fuji

Jepang emang jadi incaran banyak orang yang mau study abroad S1. Selain punya banyak universitas yang berkualitas, beberapa kota terbaik di Jepang juga menawarkan pengalaman budaya yang khas dan kaya.

 

Ada kota dengan suasana tradisional, modern, atau bahkan yang terkenal dengan kuliner uniknya.

 

Nah, buat kamu yang berencana kuliah di negeri sakura, ini dia 7 kota terbaik di Jepang yang wajib kamu pertimbangkan!

7 Kota Terbaik di Jepang untuk Pelajar S1

1. Tokyo

kobi education-kota terbaik di jepang-gambar tokyo medium

Sebagai ibu kota Jepang, Tokyo dikenal sebagai pusat pendidikan, budaya, dan teknologi. Satu hal keren dari kota ini adalah sistem kereta bawah tanahnya yang ternilai paling efisien di dunia!

Tokyo punya 13 jalur subway dan ribuan kereta yang beroperasi setiap hari. Wah, kebayang seberapa mudahnya untuk bepergian di sana!

Tokyo juga menjadi tempat dari beberapa universitas top Jepang berdasarkan QS World University Rankings 2025, yaitu:

    • The University of Tokyo (#1);
    • Tokyo Institute of Technology (#3);
    • Waseda University (#9).


Tokyo memang punya banyak banget fasilitas lengkap dan menawarkan gaya hidup modern. Pasti kamu enggak akan hanya ketemu orang-orang Jepang aja, tapi juga mahasiswa internasional lainnya.

Biaya hidup di Tokyo memang tinggi, sekitar R10 juta – Rp15,6 juta per bulan, untuk mahasiswa dan bisa dibilang sebanding dengan kualitas hidup dan pendidikan yang didapatkan.

Tapi, jangan khawatir! Banyak, kok, beasiswa yang bisa bantu meringankan beban finansial untuk kuliah S1 di Tokyo. Dari yang hanya menanggung biaya pendidikan, hingga yang fully-funded.

Mau tau lebih banyak tentang beasiswa kuliah S1 ke Jepang? Yuk, tanya-tanya dulu aja!

2. Kyoto

kobi education-kota terbaik di jepang-gambar kyoto medium

Kalau Tokyo terkenal sebagai salah satu kota tersibuk di Jepang, Kyoto bisa jadi tujuan study abroad untuk kamu yang prefer tinggal di tempat yang lebih tenang dan jauh dari hiruk pikuk ibu kota.

 

Kyoto juga sering disebut sebagai “Kota Seribu Kuil” karena punya lebih dari 2.000 kuil dan tempat suci, Sob! Jadi, di sini budaya Jepang terasa kental banget. Cocok buat yang ingin merasakan vibes klasik Jepang!

 

Selain menjadi kota dengan crime rate yang rendah, Kyoto juga menjadi tempat dari beberapa universitas terbaik negara ini, yaitu:

    • Kyoto University (#2);
    • Ritsumeikan University (#15).

 

Soal biaya hidup, Kyoto jauh lebih bersahabat dibanding Tokyo. Rata-rata mahasiswa menghabiskan sekitar Rp12,6 juta – Rp17 juta per bulan.

 

Dengan biaya ini, kamu sudah bisa menutupi kebutuhan sehari-hari, seperti sewa tempat tinggal, makan, transportasi, dan kegiatan lainnya.

 

Hemat, tapi tetap bisa hidup nyaman dengan fasilitas umum yang lengkap!

3. Osaka

kobi education-kota terbaik di jepang-gambar osaka medium

Osaka terkenal dengan keramahan penduduk lokal setempatnya, Sob! Buat mahasiswa Indonesia yang biasa tinggal di budaya penuh ramah tamah, Osaka bisa jadi tempat cocok buat lanjut kuliah S1!

Selain itu, Osaka juga sering dijuluki sebagai “Dapur Jepang” karena beragam kulinernya yang lezat, seperti takoyaki dan okonomiyaki. Habis seharian kuliah, pasti enak banget ya, makan makanan di sekitar Kota Osaka!

Beberapa universitas di Osaka ini unggul dalam berbagai bidang, termasuk sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Sosial, yaitu:

    • Osaka University (#4);
    • Osaka Metropolitan University (#23).


Di Osaka, biaya hidup untuk mahasiswa internasional rata-rata berada di kisaran
Rp10,5 juta – Rp15,8 juta per bulan. Angka ini sudah termasuk kebutuhan dasar seperti akomodasi, makanan, transportasi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Dengan rentang biaya tersebut, tinggal di Osaka bisa dibilang cukup terjangkau, Sob. Apalagi kalau kamu pintar mengatur pengeluaran!

Banyak yang masih bingung soal persiapan study abroad ke Jepang, tapi jangan sampai kamu jadi salah satunya! Kobi siap bantu mulai dari profiling diri hingga persiapan beasiswa yang bisa bantu meringankan living cost. Yuk, capai impian kuliah di Jepang bersama Kobi!

4. Nagoya

kobi education-kota terbaik di jepang-gambar nagoya medium

Nagoya adalah salah satu kota yang cocok jadi tujuan study abroad, Sob! Kota ini dikenal sebagai pusat industri Jepang dan merupakan markas bagi banyak perusahaan besar, termasuk Toyota.

 

Selama belajar dan tinggal di Nagoya, kamu juga wajib banget mengunjungi salah satu landmark terkenalnya, Nagoya Castle!

 

Kalau kamu mau melanjutkan S1 di Nagoya, ada beberapa universitas yang bisa jadi tujuan kamu, diantaranya:

    • Nagoya University (#6);
    • Nagoya Institute of Technology (#43).

 

Soal biaya hidup, Nagoya termasuk cukup terjangkau, sekitar Rp11,6 – Rp17 juta per bulan.

 

Nagoya juga punya banyak pasar tradisional dan supermarket yang menjual bahan makanan dengan harga terjangkau, lho! Plus, biaya transportasi di sini juga lebih murah dibandingkan kota-kota besar lainnya.

 

Wah, udah pasti nyaman banget buat isi dompet mahasiswa, ya, Sob!

5. Yokohama

kobi education-kota terbaik di jepang-gambar yokohama medium

Kota pelabuhan satu ini hanya berjarak sekitar satu jam dari Tokyo, Sob! Jadi, dekat banget sama pusat kota in case kamu mau jalan-jalan, belanja, atau sekadar menikmati hiruk-pikuk Kota Tokyo.

 

Selain itu, Yokohama juga dikenal sebagai kota internasional, jadi suasana multikulturalnya terasa banget di sini dan cocok buat ketemu mahasiswa internasional lainnya! 

 

Ada 2 universitas yang biasanya jadi tujuan study abroad mahasiswa internasional di kota ini, yaitu:

    • Yokohama City University (#25);
    • Yokohama National University (#37).

 

Kalau soal biaya hidup, Yokohama itu cukup standar. Rata-rata, mahasiswa internasional bisa menghabiskan sekitar Rp13,7 juta – Rp19 juta per bulan. Untungnya, banyak pilihan akomodasi dengan harga terjangkau, seperti asrama kampus dan shared apartment

6. Fukuoka

kobi education-kota terbaik di jepang-gambar fukuoka medium

Fukuoka ini sering disebut sebagai “pintu gerbang Jepang“, Sob! Karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan negara-negara Asia lainnya, seperti Korea Selatan dan China.

 

Kota ini juga punya banyak taman dan ruang hijau yang bikin suasana belajar jadi lebih nyaman. Kalau kamu tertarik melanjutkan S1 di Fukuoka, Kyushu University (#7) bisa jadi pertimbangan.

 

Biaya hidup di Fukuoka ini cukup ramah di kantong mahasiswa. Dengan kisaran biaya Rp10,5 juta – Rp14,8 juta per bulan, kamu sudah bisa mencukupi berbagai kebutuhan.

 

Selain itu, banyak ‘yatai‘ atau kedai makanan pinggir jalan yang menawarkan kuliner lezat dengan harga ramah kantong. Salah satu yang paling terkenal dan wajib kamu coba adalah ‘tonkatsu ramen’!

7. Sapporo

kobi education-kota terbaik di jepang-gambar sapporo medium

Ibu Kota Hokkaido ini sering masuk dalam daftar kota dengan kualitas hidup terbaik juga, lho, Sob! Lingkungan kotanya bersih, udaranya segar, dan banyak banget ruang hijau yang bisa kamu manfaatkan!

 

Fakta menariknya lainnya, Sapporo juga adalah tuan rumah Sapporo Snow Festival yang mendunia, di mana patung es dan salju raksasa dipamerkan setiap musim dingin.

 

Jadi, kalau kamu mau kuliah di sini dan punya kesempatan buat liat sendiri keindahan kotanya saat musim dingin, Hokkaido University (#8) bisa kamu pertimbangkan!

 

Sama seperti Fukuoka, Sapporo termasuk salah satu kota yang lebih terjangkau. Rata-rata mahasiswa internasional di sini menghabiskan sekitar Rp10,5 juta – Rp14,8 juta per bulan. Lumayan, kan, Sob?

Gas Langsung Persiapan Kuliah S1 di Jepang!

Udah set goals buat kuliah S1 ke Jepang, tapi belum mulai persiapan?

 

Jangan tunggu sampai terlambat, Sob! Meskipun Jepang bukan negara berbahasa Inggris, kamu tetap butuh bukti English Proficiency seperti IELTS untuk daftar ke universitas-universitas dan beasiswa di sana, lho!

 

Rata-rata, skor minimal IELTS yang dibutuhkan oleh universitas Jepang adalah 6.0 – 6.5. Jadi, kalau kamu belum mulai belajar IELTS, sekarang waktunya untuk gaspol!

 

Kamu bisa banget belajar bareng Expert Tutor Kobi secara offline. Enggak hanya dapat modul materi cetak, kamu juga bakal bisa latihan dari bank soal Kobi. Semua ini bakal membantu kamu lebih siap menghadapi tes dan mencapai skor IELTS yang diinginkan!

kobi education-kota terbaik di jepang-gambar poster ielts offline untuk artikel kota jepang

Itulah 7 kota terbaik di Jepang yang cocok buat study abroad S1. Tentunya, setiap kotanya punya kelebihan dan keunikannya masing-masing.

Jadi, mau menargetkan tinggal dan kuliah di kota mana, nih, SoBi? 

Daftar Isi

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel
Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang. 👇

Cek privacy policy disini