Kepribadian Scholarship Hunters Versi Taiwan Personality

Share:

kobi education-kepribadian scholarship hunters-gambar permainan huruf dalam bentuk papan kayu

Kepribadian kita ternyata menentukan besarnya peluang mendapatkan beasiswa, lho! Ada berbagai jenis kepribadian Scholarship Hunters yang memengaruhi proses persiapan beasiswa.

Beberapa waktu lalu, Personality Test dari Taiwan Design Expo sempat trending di media sosial. 


Beda sama
Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), tes ini lebih santai plus lucu karena menentukan kepribadian berdasarkan elemental, seperti water, fire, grass, ghost, dan masih banyak lagi. Mirip sama Pokemon Personality Type yang juga mengambil unsur elemental.


Penasaran enggak, sih, elemen
mana yang cocok sama kamu? Nah, MinBi udah merangkum tipe kepribadian yang paling relate sama Scholarship Hunters. Simak, yuk!

Tipe-Tipe Kepribadian Scholarship Hunters

1. Ghost

Karakter: Mysterious, Adventurous, Solo Traveler

 

Ghost adalah orang-orang berkepribadian misterius, suka petualangan, nyaman bepergian sendiri, serta sangat menghindari gosip

 

Enggak cuma itu, tipe ini juga mandiri, percaya diri, dan tidak mau bergantung dengan orang lain.

 

Begitupun saat mendaftar beasiswa, ghost lebih suka melakukan semuanya sendiri. Mereka enggan memberi tahu orang-orang proses waktu nyiapin study abroad

 

Enggak pake banyak omong, diam-diam daftar beasiswa, terus tiba-tiba berangkat. Sat set banget!

 

Selain itu, ghost juga tidak takut mengambil risiko dan hobi berpetualang. Makanya, di negara tujuan, mereka suka banget menjelajahi semua tempat seru sendirian.

 

Relate sama kamu enggak, nih?

 

TIPS: Meski berkepribadian tertutup, jangan ragu membangun relasi dengan Mentor atau sesama Pencari Beasiswa. Relasi yang baik akan sangat membantu dalam mempersiapkan study abroad.

2. Water

Karakter: A True Thinker, Determined, Independent, Secretive, Seeking Peace

 

Tipe water adalah orang-orang dengan pemikiran mendalam, cerdas, dan analitis. 

 

Mereka terkenal tekun dan gigih banget. Apalagi waktu daftar beasiswa ke kampus impian. 

 

Selain itu, water adalah tipe orang yang independen. Semua persiapan beasiswa bakal mereka urus sendiri karena enggak suka ngerepotin orang sekitar. 

 

Tipe water juga tenang dan sabar menghadapi tantangan. Misalnya, kamu minta surat rekomendasi ke Dosen, tapi menjelang deadline pendaftaran pesanmu enggak kunjung dibalas. Pasti butuh kesabaran ekstra, kan?


TIPS: Jangan takut buat bersikap lebih tegas. Bila perlu, ambil risiko untuk mencapai tujuanmu.

3. Grass

Karakter: Thoughtful, Excellent Executor

 

Grass memiliki perencanaan matang untuk mendapatkan beasiswa. Mereka selalu bekerja keras, disiplin, berkomitmen, serta berusaha menjadi yang terbaik.

 

Kalau sudah memutuskan kuliah ke luar negeri, grass akan mulai persiapan sejak dini. 

 

Mulai dari belajar Bahasa Inggris, mencari informasi tentang beasiswa, hingga mengikuti kegiatan akademik atau non-akademik yang menambah nilai plus di mata penyeleksi.

 

Tipe grass juga pemimpin yang baik dan mampu bekerja sama dengan orang lain.

 

TIPS: Belajar menerima ketidaksempurnaan. Tidak semua hal harus sempurna sesuai keinginanmu. Bersikap lebih realistis biar enggak terlalu stres mengejar beasiswa. 

4. Super Power

Karakter: Workaholic, Talkative and Enthusiastic, Excellent Memory

 

Next, ada kepribadian super sibuk! Super power suka bergerak mencari prestasi dan relasi. 

 

Setiap ada info beasiswa, mereka selalu antusias dan bersemangat. Mereka juga enggak ragu bertanya ke mentor atau penyedia beasiswa tentang persyaratan atau dokumen pendukung. Calon Awardee banget, nih!

 

TIPS: Meski sibuk, kamu tetap harus menjaga kesehatan tubuhmu. Atur waktu dengan baik. Luangkan waktu untuk bersenang-senang biar enggak stres.

5. Steel

Karakter: Handles Everything, Self-Improver, Trustworthy

 

Steel adalah kepribadian scholarship hunters yang kuat nan tangguh, plus tahan banting

 

Mereka tetap semangat mempersiapkan IELTS dan esai, meskipun harus sambil kerja. Multitasking is a must!

 

Steel juga tidak mudah menyerah, serta selalu siap menghadapi tantangan. Go big or go home

 

TIPS: Fokus pada tujuan memang penting, tapi jangan lupakan hubungan dengan teman dan keluarga. Minta bantuan dari mereka bila terasa berat, ya!

6. Fire

Karakter: Super Enthusiastic, Spontaneous

 

Sesuai namanya, orang berkepribadian fire itu punya semangat berapi-api. Mereka super antusias mempersiapkan segala kebutuhan beasiswa. Pokoknya, harus jadi yang terdepan di info beasiswa impian.

 

Kepercayaan dirinya juga tinggi. Mereka selalu siap mencoba hal baru, selama itu masih berhubungan dengan tujuannya.

 

Gagal? Siapa takut! Fire percaya bahwa kesuksesan enggak bisa digapai dengan mudah. 

 

TIPS: Kelemahanmu adalah sering meragukan diri sendiri. Tetap berpikir positif dan fokus pada hal-hal yang bisa kamu lakukan.

7. Light

Karakter: No Fear, Cheerful, Eager to Help Others

 

Selanjutnya, ada kepribadian Scholarship Hunter yang super ceria! Orang berkepribadian light pandai bergaul dan mencari teman.

 

Mereka suka mencari partner buat belajar IELTS atau saling tukar informasi beasiswa. Malah, jadi lebih senang kalau bisa membantu mereka. Prinsipnya: I’m happy if you’re happy!

 

Kepribadian ini juga enggak takut mencoba hal baru. Misalnya, ikut kompetisi atau kelas bahasa asing. Mereka selalu excited melakukan banyak hal untuk mencapai tujuan. Mirip-mirip kepribadian water dan fire!

 

TIPS: Sebelum membantu orang lain, prioritaskan dulu kebutuhan dirimu sendiri. Jangan takut bilang “NO” kalau sudah kelebihan beban. Ingat, waktu buat diri sendiri itu lebih penting, lho!

8. Ground

Karakter: Perfectionist, Reluctant but Always Get Things Done

 

Cung yang baru lancar bikin esai kalau mepet-mepet deadline pendaftaran! Kalau iya, kamu tipe ground banget, nih!

 

Ground adalah si perfeksionis yang cenderung tidak melakukan apa-apa sampai waktu-waktu terakhir. Tapi, mereka malah mampu memberikan hasil terbaik saat berada dalam tekanan.

 

TIPS: Jangan tunggu sampai deadline makin dekat. Cicil tugasmu sedikit demi sedikit biar enggak kerepotan waktu batas akhir pendaftaran.

9. Poison

Karakter: Tough Coach, Impatient, I’m the Best

 

Kepribadian poison memiliki ambisi tinggi meraih beasiswa impian. 

 

Poison tidak takut mengambil risiko dengan mendaftar ke berbagai beasiswa meskipun peluangnya kecil. 

 

Saat proses seleksi, poison tetap percaya diri meski bersaing dengan ribuan pelamar lain. Malah, kamu senang memacu adrenalin saat mengerjakan tes akademik atau wawancara.

 

Poison juga kreatif memperkuat portofolio, seperti magang di perusahaan multinasional ternama atau melakukan riset di laboratorium terkemuka. 

 

Intinya, poison akan memaksimalkan semua peluang dan mendorong batas kemampuan demi beasiswa idaman!

 

TIPS: Belajar mengendalikan ambisi terlalu tinggi. Kadang, kamu perlu minta pendapat dari orang lain apakah rencanamu realistis atau tidak.

Itulah dia kepribadian Scholarship Hunters versi Taiwan Personality Test. Kira-kira kamu tipe yang mana, nih? 

 

Hasil ini enggak seratus persen valid, ya! Tapi, enggak ada salahnya kamu mencoba buat hiburan di tengah persiapan beasiswa. Tetap semangat ya!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini