Lagi Incar Beasiswa Korea S2? Ini Tips dan Rekomen Kampusnya!

Share:

kobi education-beasiswa korea s2-gambar jembatan banghwa di malam hari

Hayo, siapa yang lagi pengen banget mendapatkan beasiswa Korea S2? Pstt… MinBi punya tips-tips jitunya, lho!

 

Korea Selatan (Korsel) menjadi tujuan populer buat study abroad. Selain banyak kampus keren, budaya Korea yang menarik juga jadi salah satu alasan para pelajar internasional antusias belajar di sana.

 

Plus, ada banyak beasiswa yang ditawarkan buat pelajar internasional, termasuk dari Indonesia. 

 

Nah, biar mimpi kuliah di Korea jadi kenyataan, simak tips jitu serta rekomendasi kampus-kampus top di sana, yuk!

Rekomendasi Kampus Terbaik untuk Daftar Beasiswa S2 Korea

1. Seoul National University

Kenalan sama Seoul National University (SNU), yuk!


SNU adalah salah satu dari tiga K
ampus SKY (SNU, Korea University, Yonsei University), yang dikenal sebagai kampus paling prestisius di Korsel.


Kampus ini menempati peringkat pertama di Korsel dan ke-7 di Asia, versi
QS World University Rankings 2024.


SNU berlokasi di Seoul, ibu kota Korea Selatan. Universitas ini memiliki tiga kampus, yaitu kampus utama di Gwanak, dan dua kampus tambahan di Daehangno dan Pyeongchang.


SNU memiliki 16 fakultas yang menawarkan 83 Program Sarjana, 1 sekolah Pascasarjana dengan 5 bidang studi, dan 12 sekolah Pascasarjana profesional.


Lebih lanjut, fakultas yang ditawarkan di SNU, meliputi Fakultas Humaniora, Ilmu Sosial, Bisnis, Kedokteran, dan Teknik. Sementara untuk sekolah pascasarjana, antara lain Graduate School of Data Science, Public Health, dan lain-lain.


Mau kuliah di Program Studi Teknik, Kedokteran, atau Bisnis? Pas banget! SNU unggul dalam beberapa bidang studi tersebut, lho! 


Eitss… tapi, program studi lainnya juga enggak kalah keren, kok. Cukup sesuaikan aja sama minat studimu, ya!

2. KAIST

KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) adalah universitas pertama di Korsel yang berfokus pada riset. Mereka unggul dalam Bidang Sains dan Teknologi.


KAIST berlokasi utama di Daedeok Science Town, Daejeon. KAIST memiliki kampus tambahan di Seoul dan Munji di Daejeon.


KAIST memiliki 6 fakultas, 2 sekolah, dan 33 departemen. Beberapa di antaranya, meliputi College of Natural Sciences, College of Engineering, dan College of Business


KAIST juga terafiliasi dengan institut, seperti Korea Institute of Advanced Study (KIAS) dan National NanoFab Center (NNFC).

3. Yonsei University

Yonsei University merupakan salah satu dari tiga universitas SKY paling prestisius, dengan tingkat penerimaan kompetitif. 


Yap! Enggak sedikit calon mahasiswa yang berlomba-lomba masuk kampus peringkat ketiga di negeri gingseng ini.


Tertarik kuliah di Yonsei University? Kampus yang terletak di pusat Kota Seoul ini menawarkan berbagai Program Sarjana dan Pascasarjana. 


Program Sarjana kampus ini, seperti College of Liberal Arts, School of Business, College of Engineering, dan College of Medicine


Sementara Program Pascasarjana, antara lain Graduate School of Business Administration, Graduate School of Law, dan masih banyak lagi.

4. Korea University

Korea University adalah universitas swasta terkenal yang terletak di Seoul. Pada masa kolonial (1910–1945), universitas ini dianggap sebagai simbol kebanggaan nasional Korea.


Universitas ini terdiri dari 17 fakultas dan sekolah dengan 59 departemen dan program akademik, seperti Law School, Business School, College of Liberal Arts, College of Life Sciences and Biotechnology, serta College of Engineering.


Korea University
terkenal unggul dalam Bidang Studi Politik, Ekonomi, Teknik Kimia, dan Komunikasi.

5. POSTECH

POSTECH (Pohang University of Science and Technology) adalah universitas riset swasta yang berlokasi di Pohang, Korsel. Kampus ini berdiri pada 1986 oleh POSCO, perusahaan baja di Korea.


Secara peringkat, POSTECH menduduki urutan ke-5 di Korsel dan ke-23 di Asia, versi QS WUR 2024.


POSTECH memiliki sejumlah departemen dan Program Pascasarjana, antara lain Department of Computer Science and Engineering, Department of Physics, dan lain-lain.

6. Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University (SKKU) memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Humaniora dan Ilmu Sosial terletak di Seoul, sedangkan kampus Ilmu Pengetahuan Alam di Suwon.


SKKU memiliki beberapa fakultas dan sekolah yang mencakup berbagai bidang studi, antara lain College of Liberal Arts, College of Social Sciences, College of Economics, School of Business, College of Education, College of Science, dan lain-lain.

7. Hanyang University

Hanyang University (HYU) memiliki dua kampus utama, yaitu di Seoul dan Kampus ERICA di Ansan.


Kampus Seoul memiliki 15 fakultas dan 60 departemen, sementara Kampus ERICA di Ansan memiliki 9 fakultas dan 42 departemen.


HYU menawarkan berbagai Program Sarjana di Jurusan Teknik, Arsitektur, Ilmu Komputer, Teknik Otomotif, Kedokteran, Humaniora, Ilmu, Sosial, dan masih banyak lagi. 


HYU juga memiliki tiga sekolah Pascasarjana yang menawarkan 87 Program Magister dan 85 Program Doktor.

Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa Korea S2

1. Cari Alasan Kuat

Kak Kinanti Beningasih, Awardee Global Korea Scholarship, bilang kalau kita harus mencari alasan kuat dan spesifik kenapa mau kuliah S2 ke Korea. 

 

Misalnya, ada tujuan yang ingin dicapai, atau jurusan impianmu serta universitas paling bagus hanya ada di sana.

 

Kemudian, perlihatkan komitmen dan keseriusan kamu dalam mengejar pendidikan di Korea. Contohnya, melalui prestasi akademis, kegiatan ekstrakurikuler, atau pengalaman kerja relevan.

2. Persiapkan Ujian Kemampuan Bahasa

Beberapa beasiswa Korea S2 membutuhkan bukti kemampuan bahasa, seperti TOEFL, IELTS, atau bahkan TOPIK untuk bahasa Korea. 


Kak Jovie Susila, A
wardee KOICA Scholarship, cerita ke MinBi kalau dia juga sempat struggle belajar Bahasa Inggris untuk mendaftar beasiswa luar negeri. Bahkan, dia sempat insecure karena nilai IELTS-nya kecil.


Tapi, berkat kerja kerasnya belajar IELTS dan profiling diri di tengah kesibukan bekerja, Kak Jovie berhasil lolos Beasiswa KOICA dengan skor IELTS 5,5. Keren banget, kan?


Jadi, segera persiapkan tes bahasa dari sekarang, ya. Jangan lupa konsisten belajar dan latihan setiap hari!

3. Bikin Esai Ciamik

Tahu enggak, sih, esai itu kunci penting buat mendapatkan beasiswa, lho! 

 

Kalau mau kuliah S2 ke Korea, kamu perlu bikin esai, seperti study plan atau motivation letter, tergantung yang diminta penyelenggara beasiswa.

 

Melalui esai, kamu bisa menceritakan diri sendiri, alasan kuliah di Korsel, dan kenapa kamu kandidat yang layak mendapatkan beasiswa.

 

Biar esai makin ciamik, coba pakai teknik menulis, seperti STAR (Situation, Task, Action, Result) atau AREL (Action, Result, Evidence, Learning).

 

Setelah menulis, periksa kembali esai yang sudah kamu buat, baik oleh diri sendiri maupun Mentor atau Proofreader berpengalaman.

4. Minta Rekomendasi Jauh-Jauh Hari

Selain esai, surat rekomendasi juga penting buat membantu kamu lolos seleksi beasiswa Korea S2. 

 

Pilih orang yang mengenal kamu dengan baik dan mampu menceritakan soal skill dan potensi kamu.

 

Pas milih siapa yang bakal kamu minta rekomendasi, coba lihat lagi syarat-syarat beasiswanya. 

 

Kalau lebih banyak syarat akademis, minta ke Dosen atau Profesor. Tapi, kalau ada syarat pengalaman kerja, lebih baik hubungi atasan kamu buat minta rekomendasi.

 

Penting nih, hubungi mereka dari jauh-jauh hari, ya! Mereka juga punya kesibukan lain, jadi jarang yang bisa langsung mengerjakan permintaanmu hari itu juga. 


Jadi, lebih baik kontak mereka minimal 1 bulan sebelum deadline pendaftaran.

Nah, itu dia rekomendasi kampus beserta tips mendaftar beasiswa Korea S2 yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu lebih dekat lagi sama mimpi kuliah di Korea, ya!

 

Jangan lupa persiapkan semua dari sekarang! Semangat, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini