Mau Study Abroad? Ini 6 Tipe Akomodasi Mahasiswa Luar Negeri!

Ternyata, akomodasi mahasiswa luar negeri itu banyak tipenya lho MinBI! Apa aja ya kira-kira tipenya? Yuk cari tau jawabannya sekarang!

Share:

kobi education-aakomodasi mahasiswa luar negeri-gambar wanita sedang bekerja dari rumah secara santai

Bingung pas study abroad mau tinggal di mana? Tenang, ada banyak banget tipe akomodasi mahasiswa luar negeri yang bisa kamu pilih!

 

Mulai dari akomodasi di dalam kampus, luar kampus, tempat tinggal berbagi (shared accommodation), hingga yang lebih privat. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu.

 

Mau tau lebih lengkap tipe-tipenya dan mana yang paling cocok buat kamu? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Tipe Akomodasi Mahasiswa Luar Negeri

1. Asrama Mahasiswa

kobi education-akomodasi mahasiswa luar negeri-gambar akomodasi dorm

Asrama yang disediakan oleh kampus ini biasanya paling populer di kalangan mahasiswa luar negeri yang ingin tinggal di kampus.

 

Asrama ini biasanya dikelola langsung oleh universitas, dan menawarkan berbagai fasilitas seperti kamar pribadi, ruang belajar, WiFi, dan bahkan kegiatan komunitas mahasiswa.

 

Tentunya, dengan tinggal di asrama, akses ke gedung-gedung kampus jadi lebih mudah. Jadi, kamu enggak perlu khawatir terlambat ke kelas, SoB!

 

Selain itu, tinggal di asrama sering kali lebih hemat dibandingkan tinggal di luar kampus. Karena, kamu udah enggak perlu lagi beli-beli furniture, bayar internet, atau ngeluarin uang transportasi.

2. University Halls of Residence

kobi education-akomodasi mahasiswa luar negeri-gambar akomodasi halls

University halls of residence ini sedikit mirip dengan asrama mahasiswa, namun biasanya lebih besar dan dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti tempat laundry dan common rooms buat kumpul-kumpul sama temen seperti yang ada di National University of Singapore (NUS).

 

Ada beberapa tipe university halls yang bisa kamu pilih pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Ada catered halls yang menyediakan kamu makan tiga kali sehari, seperti di Asia University, sehingga kamu tidak perlu repot memasak. Selain itu ada self-catered halls, seperti di Keio University, di mana kamu bisa memasak sendiri.

Nah, jadi, buat kamu yang mungkin baru pertama kali study abroad, university halls bisa jadi pilihan akomodasi mahasiswa luar negeri yang nyaman di tahun pertama selama adaptasi!

MinBi suka share tips supaya proses persiapan dan adaptasi study abroad kamu bisa berjalan lebih mulus, lho! Kalau mau tau dan update terus, yuk, join Grup Telegram Kobi!

3. Private Halls of Residence

kobi education-akomodasi mahasiswa luar negeri-gambar akomodasi dorm

Private halls adalah alternatif akomodasi yang dikelola oleh pihak swasta untuk mahasiswa yang menginginkan privasi lebih banyak, namun tetap ingin merasakan suasana komunitas.

 

Berbeda dengan university halls, private halls ini enggak terikat langsung dengan universitas, jadi kamu punya lebih banyak pilihan lokasi, baik yang dekat maupun sedikit jauh dari kampus.

 

Biasanya, private halls menawarkan fasilitas lebih modern seperti kamar mandi pribadi, dapur, dan gym. Walaupun biaya yang harus dikeluarkan juga umumnya sedikit lebih tinggi.

5. Shared Flats

kobi education-akomodasi mahasiswa luar negeri-gambar akomodasi flats

Shared flats atau flat-sharing adalah pilihan akomodasi di mana kamu berbagi apartemen dengan beberapa teman atau mahasiswa lain. Kamu tetap memiliki kamar pribadi, tetapi berbagi ruang seperti dapur dan ruang tamu.

 

Tipe akomodasi Ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman tinggal mandiri sambil tetap memiliki teman serumah untuk berbagi biaya dan tugas rumah tangga.

6. Homestay

kobi education-akomodasi mahasiswa luar negeri-gambar akomodasi homestay

Homestay adalah program di mana kamu bisa tinggal bersama keluarga lokal, yang biasanya menawarkan kamar pribadi serta makanan sehari-hari. 

 

Tipe akomodasi ini adalah pilihan populer di negara-negara seperti Australia, Jepang, dan Malaysia. Selain mendapatkan tempat tinggal, mahasiswa juga akan terlibat langsung dalam kehidupan sehari-hari keluarga, belajar tentang kebiasaan, tradisi, serta bahasa lokal.

 

Dukungan emosional dari host family juga bisa membantu kamu mengatasi rasa homesick, SoB!

 

Dengan tinggal bersama keluarga lokal, kamu enggak akan merasa kesepian karena mereka akan jadi keluarga “kedua” kamu di tengah lingkungan baru.

5 Tips Sukses Kuliah ke Luar Negeri

Sebelum jauh-jauh memilih akomodasi mahasiswa luar negeri yang perlu dipilih untuk study abroad, hal pertama dan yang paling utama kamu harus menyiapkan strategi lolos kampus luar negeri incaranmu.

 

Supaya lebih terarah, simak 5 tips suksesnya, yuk!

1. Riset Jurusan dan Universitas Yang Tepat

Mencari tahu informasi lengkap tentang universitas yang ingin dituju, termasuk program studi, reputasi akademik, dan budaya kampusnya itu wajib, ya, SoB!

Pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan rencana karirmu, sehingga kamu bisa lebih menikmati proses belajarnya.

Butuh bantuan buat milih universitas dan jurusan yang tepat? Tenang, Kobi bisa bantu! Sebelum kamu mulai mempersiapkan dokumen persyaratan, Expert Mentor dari Kobi akan bantu kamu riset!

2. Persiapkan Diri Secara Akademis

Memastikan seluruh syarat akademis terpenuhi, seperti tes bahasa (TOEFL dan IELTS) atau SAT, itu penting banget, SoB! Karena hasil tes ini sering kali jadi syarat utama untuk mendaftar universitas dan beasiswa.

 

Proses persiapannya juga memakan waktu yang enggak sebentar, jadi jangan sampai kamu kurang persiapan, ya!

3. Cari Beasiswa

Biaya kuliah untuk mahasiswa di luar negeri seringkali jadi hal yang paling dipertimbangkan.

 

Kamu bisa sepenuhnya fokus ke akademis, coba cari beasiswa yang bisa membantu meringankan biaya kuliah tersebut dan biaya akomodasi lainnya.

4. Perkuat Kemampuan Bahasa Inggris

Sebagian besar universitas luar negeri dan beasiswa mengharuskan pendaftarnya untuk memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Jadi, pastikan kamu mempersiapkan tes seperti TOEFL atau IELTS dengan serius, ya!


Banyak cara yang bisa kamu lakukan. Seperti memanfaatkan online source, belajar menggunakan buku, hingga ikut Kelas IELTS atau TOEFL di sekitarmu!

5. Rencanakan Waktu Dengan Baik

Mengatur waktu dengan baik sebelum study abroad itu penting banget biar  semua persiapan bisa berjalan lancar dan terorganisir. Salah satu cara efektif untuk mengelola waktu adalah dengan membuat action plan.

 

Buatlah to-do list mingguan atau bulanan untuk memastikan setiap tahap persiapan terpenuhi sesuai jadwal. Dengan perencanaan waktu yang baik, kamu bisa lebih siap, deh, ketika proses aplikasi dimulai!

Mau Kuliah ke Universitas Top Asia? #SemuaBisa Bareng Kobi!

Ada banyak banget, lho, kampus-kampus top di Asia yang bisa jadi pilihan study abroad-mu!

 

Selain bantu nentuin universitas tujuan, Expert Mentor Kobi juga siap nemenin kamu dari awal proses persiapan, kejar skor IELTS 6.0+, sampai kamu klik tombol apply!

kobi education-akomodasi mahasiswa luar negeri-gambar poster mentoring asia pertama

Nah, itu dia perbedaan berbagai tipe akomodasi yang bisa kamu pertimbangkan untuk studi di luar negeri, plus beberapa tips agar persiapanmu lebih matang!

Buat SoBi yang lagi persiapan, tetap semangat dan percaya diri!

Daftar Isi

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel
Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang. 👇

Cek privacy policy disini