11 Website Belajar IELTS Gratis dan 6 Cara Belajar Terbaiknya!

Lagi persiapan IELTS dan butuh sumber latihan? Ada 11 website belajar IELTS gratis yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, cek lengkapnya di sini!

Share:

kobi education-belajar ielts-gambar laki-laki sedang serius belajar dengan menggunakan headphones

Lagi belajar IELTS tapi bingung mau cari sumber latihan yang lengkap dan gratis di mana? Tenang, banyak website yang menyediakan practice test, soal-soal, bahkan pembahasan mendetail yang bisa bantu persiapan kamu lebih maksimal, lho! 

 

Penasaran apa aja website-nya? Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

Website Belajar IELTS Gratis

1. TakeIELTS British Council

Take IELTS – British Council adalah situs resmi yang menyediakan berbagai materi gratis untuk persiapan IELTS.

Ada practice test gratis untuk semua bagian tes (listening, reading, writing, dan speaking), serta IELTS on Computer Practice untuk latihan ujian berbasis komputer.

Ada juga materi khusus seperti IELTS for UKVI (UK Visas and Immigration) dan IELTS Life Skills Practice Tests bagi yang mau imigrasi ke UK dan sedang mempersiapkan visa.

2. IELTS Prepare IDP

IELTS IDP adalah situs resmi lainnya yang bisa kamu gunakan saat persiapan Tes IELTS. Banyak sumber belajar gratis yang tersedia, termasuk practice test dengan soal-soal terbaru.

Uniknya, ada juga cuplikan video dengan para ahli kalau mau memahami strategi tes lebih mendalam dan membuat study plan yang terstruktur sesuai jadwalmu!

Selain itu, banyak artikel yang membahas tips serta common mistakes saat tes untuk kamu baca serta pahami.

By the way, kamu juga bisa dapetin berbagai macam tips seputar study abroad dan IELTS di Grup Telegram Kobi, lho! Yuk, join sekarang!

3. IELTS.org

IELTS.org adalah situs web resmi milik IELTS. Yap! Selain menyediakan layanan tes, IELTS juga punya website yang bisa kamu manfaatkan sebagai sumber belajar. Bahkan, mereka juga menyediakan berbagai sample test questions, lho!

Kamu akan menemukan soal-soal latihan listening, reading, writing, dan speaking. Bahkan ada contoh-contoh setiap tipe soalnya.

Latihan tersebut didesain untuk mirip dengan tes asli, sehingga bisa membantu kamu memahami semua tipe soal yang akan dihadapi nanti.

4. IELTS Liz

IELTS Liz adalah sumber belajar terlengkap untuk kamu yang ingin menguasai IELTS.

 

Tentunya ada banyak latihan soal, contoh jawaban, juga materi untuk semua section dari Official IELTS Test yang bisa kamu manfaatkan untuk mendongkrak skor IELTS-mu!

 

Untuk Speaking, ada list topik yang sering ditanyakan, useful vocabulary, contoh jawaban, bahkan lebih dari 15 tips dan teknik untuk kamu coba aplikasikan!

 

Contoh soal, tips, hingga model jawaban juga tersedia untuk writing. Bahkan untuk writing task 2, ada lebih dari 100 pertanyaan esai sebagai bahan latihan menulis, lho!

 

Di bagian listening dan reading, kamu akan menemukan latihan soal, strategi, dan tentunya banyak tips yang dibahas secara komprehensif!

 

Wah, yang satu ini wajib banget deh untuk kamu check-out! 

5. IELTS Advantage

IELTS Advantage adalah situs yang menawarkan berbagai panduan lengkap persiapan IELTS. Kamu akan menemukan strategi belajar, contoh esai, serta tips praktis untuk setiap bagian tes.

Struktur materinya dibuat sangat sederhana dan mudah dipahami, jadi cocok untuk pemula maupun mereka yang ingin meningkatkan skor tes sebelumnya. Tidak hanya dalam bentuk teks, situs ini juga menyertakan video penjelasan mereka dari YouTube, lho!

6. iPass IELTS

iPass IELTS juga menawarkan beberapa materi belajar IELTS gratis yang bisa kamu manfaatkan, seperti soal latihan untuk seluruh section tes, beserta cara menjawabnya.

Mereka juga punya koleksi video gratis yang menunjukkan tes simulasi speaking dengan kandidat IELTS dengan skor tinggi, lho!

Kamu bisa melihat bagaimana standar maupun ekspektasi dari Band 5 hingga 8. Ini sangat membantu untuk memahami apa yang dicari penguji di setiap level.

Berguna banget, ya, Sob? Apalagi sekarang skor 6.5+ udah jadi standar minimum buat daftar ke universitas dan program beasiswa.

Kalau penasaran sama daftar beasiswanya dan pengen tahu info lebih lengkapnya, yuk, cek langsung di Kalender dan E-Book Beasiswa Kobi!

7. ImproveMyIELTS

Kalau mau latihan writing dan speaking, bisa, nih, memanfaatkan situs Improve My IELTS. Enggak cuman contoh latihan soal, ada banyak tips, analisis, juga pembahasan jawaban setiap soalnya secara detail!

Kalau kamu bosan membaca materi, situs ini juga menyediakan latihan speaking yang dilengkapi dengan audio, lho! Jadi, bisa belajar struktur jawaban sambil mendengarkan pelafalan yang benar.

8. IELTS-Writing.Info

Buat kamu yang ingin fokus meningkatkan skill writing, situs IELTS-Writing.Info sangat bisa membantu!

Situs ini menyediakan latihan lengkap untuk writing task 1 & task 2, dilengkapi dengan tips dan contoh jawaban. Penting banget kalau mau mempelajari struktur serta gaya bahasa yang sesuai saat menulis esai.

Tapi, bukan cuma itu! Untuk bagian speaking, ada list kumpulan topik yang sering ditanyakan penguji. Plus, ada juga pembahasan untuk reading dan mock-test yang bisa kamu coba!

9. IELTS Mentor

Situs web IELTS Mentor ini cocok banget kalau kamu mau belajar IELTS gratis dengan latihan soal. Kamu bakal bisa nemuin belasan listening sample test dan puluhan contoh soal reading!

Bahkan ada jawaban speaking dan writing standar Band 8 hingga 9 yang disusun oleh pengajar berpengalaman, sebagai referensi untuk mengembangkan jawaban milikmu sendiri!

10. IELTSBuddy

IELTSBuddy adalah situs berisikan berbagai tips, latihan soal, serta strategi untuk IELTS Academic maupun General Training.

Selain itu, kamu juga bisa nemuin informasi tentang vocabulary yang mencakup daftar kosakata, idiom, bahkan daftar phrasal verbs yang umum digunakan dalam konteks sehari-hari maupun akademik!

11. MockTestIELTS.com

Sama seperti website lainnya, di MockTestIELTS.com kamu bisa nemuin berbagai practice test. Bahkan bahan belajar untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris dari sisi vocabulary dan grammar yang relevan sama Tes IELTS.

Tapi, kalau kamu tipe yang suka dengerin penjelasan langsung, ada video tutorial pembahasan cara menulis esai secara step-by-step, lho!

Wah, generous banget, ya, website-nya!

6 Strategi Terbaik untuk Belajar IELTS

1. Buat Study Plan

Bikin study plan itu penting banget biar belajar IELTS lebih terarah. Misalnya, jika target skor kamu adalah 7.0 dalam waktu 4 bulan, kamu bisa buat rencana belajar yang rinci untuk setiap bulannya.

 

Di bulan pertama, bisa fokus pada pemahaman dasar, seperti grammar dan vocabulary. Bulan kedua, mulai belajar strategi untuk listening dan reading.

 

Pada bulan ketiga, perbanyak latihan untuk writing dan speaking setelah memperkuat pemahaman dasar. Nah, di bulan terakhir, bisa fokus pada latihan soal secara intensif dan melakukan mock-test secara rutin untuk mengukur progres. 

 

Study plan yang terstruktur bakal bantu kamu lebih disiplin dan memastikan semua aspek tes akan terlatih dengan baik!

2. Belajar Dari Model Answers

Coba deh cari model answer di berbagai situs web atau video YouTube. Banyak banget yang bisa kamu jadikan referensi untuk jawabanmu sendiri.

 

Contoh jawaban ini bisa bantu kamu paham gimana cara jawab soal dengan struktur, tata bahasa, dan kosakata yang pas buat IELTS.

3. Pahami Idiom Bahasa Inggris

Kalau bisa menggunakan idiom dengan tepat, itu akan meningkatkan nilai fluency dan kekayaan kosakata (lexical resource) kamu, Sob! Tentunya selain disamping penggunaan grammar yang benar.

Mempelajari idiom dalam Bahasa Inggris bisa membuat jawabanmu saat speaking lebih beragam dan bikin kamu terlihat lebih proficient!

Merasa kemampuan Bahasa Inggris kamu masih kurang? Jangan khawatir! Kalau mau mulai belajar dari dasar, bisa banget ikutan Basic Class IELTS Kobi.

Kelas ini bakal bantu kamu ningkatin skill Bahasa Inggris sampai akhirnya siap pakai idiom dan lebih percaya diri saat menghadapi tes IELTS!

4. Perbanyak Practice Test

Waktu adalah tantangan terbesar saat melakukan tes. Dengan practice test, kamu enggak hanya berlatih soal relevan, tapi juga mengasah kemampuan mengerjakan dalam batasan waktu, persis seperti kondisi ujian asli!

 

Saat menulis esai, kamu perlu membiasakan diri untuk menuliskan semua ide dalam batasan waktu. Begitu pula pada bagian listening yang memerlukan kamu untuk multitasking, yaitu mendengarkan sambil menjawab.

 

Jadi, penting banget, deh, untuk rutin melakukan practice test, supaya bisa improve kecepatan dan strategi kamu!

5. Dengarkan English Podcast dan News

Coba sering-sering dengerin podcast atau berita berbahasa Inggris. Ini efektif banget buat melatih listening dan memperkaya kosakata.

 

Selain itu, kamu juga bisa sekalian belajar pelafalan dan gaya bicara yang alami. Kamu bisa juga mencoba membaca artikel atau berita terkait topik yang sudah didengar untuk memperluas wawasan.

 

Untuk latihan writing, coba catat poin-poin penting yang kamu tangkap, kemudian kembangkan menjadi bentuk kerangka esai IELTS!

 

So, dengan mendengarkan podcast dan news, kamu bisa sekaligus belajar reading, writing, listening, dan speaking, Sob!

6. Buat Rekaman Video Latihan Speaking

Nah, khusus untuk speaking, coba deh rekam diri saat latihan. Dengan mendengarkan kembali jawaban sendiri, kamu bisa melakukan review secara mendetail.

 

Mulai dari kosakata yang dipakai, struktur jawaban, sampai pronunciation. Jadi tahu aspek apa saja yang perlu diperbaiki dan kesalahan apa yang harus dihindari.

Gapai Skor IELTS Impian Bersama Kobi!

Raih skor IELTS impian walaupun baru banget belajar Bahasa Inggris itu mungkin, kok, Sob! Kamu bisa ikutan Basic Class IELTS yang beneran beginner-friendly.

 

Kamu bakal belajar dari konsep-konsep paling dasar Bahasa Inggris bareng Expert Tutor yang bisa kasih kamu personalized feedback. Khususnya kalau kamu mau menguasai grammar dan speaking!

kobi education-belajar ielts-gambar poster basic ielts untuk pembelajaran ielts

Everybody has to start somewhere! Jadi, yuk, jangan ragu buat mulai belajar bareng Kobi dan raih skor IELTS impianmu!

Nah, itu dia belasan website belajar IELTS gratis yang wajib kamu kunjungi! Jadi, enggak ada alasan lagi buat males-malesan selama persiapan Tes IELTS!

Keep your spirit high, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel
Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang. 👇

Cek privacy policy disini