20 Universitas Terbaik di Eropa untuk Calon Mahasiswa S1/S2!

Ingin kuliah ke Eropa? Yuk langsung cek list 20 universitas terbaik di Eropa untuk calon mahasiswa S1/S2 lewat artikel terbaru ini!

Share:

kobi education-universitas terbaik di eropa-gambar pemandangan kota di negara prancis dari kejauhan

Kuliah di Eropa itu jadi impian banyak orang, tapi memilih universitas yang tepat juga enggak mudah, ya, Sob.

Dengan pemeringkatan terbaru dari QS World University Ranking 2025, MinBi sudah merangkum 20 universitas terbaik di Eropa yang bisa kamu pertimbangkan sebagai tujuan untuk melanjutkan Studi S1 atau S2. Yuk, intip list lengkapnya di artikel ini!

20 Universitas Terbaik di Eropa Berdasarkan QS WUR 2025

1. Imperial College London

Negara: Inggris Raya

Ranking: #1 di UK dan #2 di dunia


Imperial College London
yang berlokasi di London ini adalah salah satu universitas terbaik di Eropa. Bahkan menempati peringkat 1 sebagai universitas terbaik di Inggris Raya.

Imperial College London didirikan pada tahun 1907 dengan lokasi kampus utama di South Kensington. Universitas ini merupakan hasil penggabungan beberapa institusi pendidikan di London, yaitu Royal College of Science, Royal School of Mines, dan City and Guilds of London Institute.

Delapan dekade kemudian, pada tahun 1988, Imperial College School of Medicine dibentuk melalui penggabungan dengan St. Mary’s Hospital Medical School.

Kini, Imperial College London memiliki 3 fakultas utama, yaitu:

    • Fakultas Teknik;
    • Fakultas Kedokteran;
    • Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam.


Jurusan Teknik di I
mperial College London secara konsisten berada di top 5 di Inggris Raya menurut The Guardian University Guide 2025 (UK). Aerospace Engineering dan Mechanical Engineering bahkan berada di peringkat pertama.

Dengan prestasi semacam ini, maka eggak heran, sih, kalau universitas ini berhasil melahirkan banyak alumni terkemuka, termasuk 14 Penerima Nobel. Salah satunya adalah Sir Alexander Fleming, Penemu Penisilin, yang dianugerahi Nobel Prize di Bidang Physiology or Medicine pada tahun 1945.


Selain itu, universitas ini juga memiliki Sekolah Bisnis yang diresmikan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2004, lho! Dua jurusan diantaranya adalah Finance dan Marketing.

2. ETH Zurich

Negara: Swiss

Ranking: #1 di Swiss dan #7 di dunia


ETH Zurich
adalah salah satu universitas terbaik di Eropa dalam Bidang Sains dan Teknologi yang berlokasi di Zürich, Swiss.

Universitas ini didirikan pada tahun 1855 dengan nama awal Polytechnikum, sebutan yang masih akrab digunakan oleh penduduk lokal Swiss hingga kini.

Universitas yang secara resmi dikenal sebagai Swiss Federal Institute of Technology Zurich ini memiliki 16 fakultas di berbagai bidang, lho! Mulai dari Teknik, Arsitektur, hingga Kimia dan Fisika.

Beberapa fakultas di ETH Zurich, meliputi:

    • Fakultas Arsitektur;
    • Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Geomatik;
    • Fakultas Kimia dan Biosains Terapan;
    • Fakultas Fisika;
    • Fakultas Matematika.


ETH Zurich
telah melahirkan 22 Peraih Nobel, termasuk tokoh legendaris fisika, Albert Einstein. Makanya, enggak heran kalau
Fakultas Fisika menjadi salah satu fakultas paling diminati di sini, bersanding dengan Fakultas Arsitektur dan Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Geomatik.

Punya pertanyaan seputar study abroad ke universitas terbaik di Eropa sekelas ETH Zurich? Yuk, tanyain langsung aja di sini!

3. University of Oxford

Negara: Inggris Raya

Ranking: #2 di UK dan #3 di dunia

Siapa sih yang enggak kenal sama universitas satu ini? University of Oxford, yang terletak di Kota Oxford, adalah salah satu universitas tertua dan paling bergengsi di dunia.

Diduga telah berdiri sejak abad ke-12, Oxford udah lama jadi universitas impian banyak orang. Terutama bagi yang mau melanjutkan studi di universitas terbaik di Eropa.

Menariknya, Oxford ini memiliki 43 college, dan 36 diantaranya semi-otonom. Jadi, masing-masing memiliki struktur dan sistem pengelolaannya tersendiri.

Alih-alih satu kampus utama, Universitas Oxford memiliki bangunan dan kampus yang tersebar di seluruh penjuru kota, lho!

Universitas Oxford memiliki berbagai jurusan yang dikelompokkan ke dalam empat divisi akademik utama:

    • Ilmu Sosial;
    • Ilmu Kemanusiaan;
    • Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika;
    • Ilmu Kedokteran.


Berdasarkan
QS World University Rankings by Subject, banyak bidang studi Universitas Oxford yang selalu menempati top 3, seperti Engineering and Technology, Arts & Humanities, Life Sciences & Medicine, dan Natural Sciences. 


Dengan keunggulan akademisnya, Oxford terus menarik mahasiswa dari seluruh dunia dan melahirkan alumni berpengaruh, termasuk 72 Penerima Nobel, tokoh-tokoh politik, serta para pemimpin hebat dunia.

Salah satu alumninya adalah Sir Tim Berners-Lee, Pencipta World Wide Web (WWW), yang telah mengubah dunia teknologi informasi dan memungkinkan kamu untuk mengakses artikel Kobi ini!

4. University of Cambridge

Negara: Inggris Raya

Ranking: #3 di UK dan #5 di dunia


Universitas Cambridge
, yang terletak di Cambridge, didirikan pada tahun 1209. Sebagai universitas tertua ketiga di dunia, Cambridge memiliki sejarah yang unik banget, lho!

Pembentukkan Cambridge berawal setelah terjadinya perselisihan antara beberapa pelajar dengan penduduk lokal di Oxford. Kemudian, pelajar-pelajar tersebut memutuskan untuk pergi dan menetap di Cambridge.

Akhirnya, terbentuklah University of Cambridge yang kini menjadi salah satu universitas terbaik di Eropa!

Universitas ini terdiri dari 31 college semi-otonom dan lebih dari 100 departemen akademik, serta institusi lainnya yang terorganisir ke dalam enam fakultas, yaitu:

    • School of Arts and Humanities;
    • School of the Biological Sciences;
    • School of Clinical Medicine;
    • School of the Humanities & Social Sciences;
    • School of the Physical Sciences;
    • School of Technology.


Reputasi Cambridge sebagai salah satu universitas terbaik di Eropa juga terbukti melalui lebih dari 43 bidang studi yang menempati posisi top 10
berdasarkan QS World University Rankings by Subject.

Beberapa di antaranya adalah Arkeologi yang menempati peringkat pertama di dunia, Matematika yang berada di peringkat kedua, dan Law and Legal Studies yang menempati peringkat ketiga.

Keren banget, ya Sob? Makanya MinBi enggak kaget waktu tau kalau Cambridge berhasil menghasilkan 121 Pemenang Nobel Prize.

Salah satunya adalah Francis Crick, yang meraih Nobel Prize untuk Physiology or Medicine sebagai salah satu penemu struktur molekuler deoxyribonucleic acid (DNA).

Nah, kalau kamu tertarik buat melanjutkan studi di Cambridge ataupun universitas terbaik di Eropa lainnya, Kobi bisa bantu kamu melalui Program Mentoring Eropa! Jangan ragu untuk tanya-tanya dan dapatkan informasi lebih lengkapnya di sini, ya!

5. University College London (UCL)

Negara: Inggris Raya

Ranking: #4 di UK dan #9 di dunia


University College London (UCL)
adalah universitas pertama yang didirikan di London, yang didirikan pada tahun 1826.

UCL juga merupakan salah satu universitas pertama yang menerima perempuan sebagai mahasiswa dan memberikan kesempatan pendidikan yang setara pada tahun 1878, lho!

Langkah ini menunjukkan komitmen UCL terhadap kesetaraan dan inklusivitas. Itulah mengapa, UCL memiliki reputasi sebagai salah satu universitas terbaik di Eropa.

UCL memiliki berbagai jurusan yang tergabung ke dalam 11 fakultas:

    • Arts and Humanities;
    • Bartlett (Built Environment);
    • Brain Sciences;
    • Engineering Sciences;
    • Institute of Education;
    • Laws;
    • Life Sciences;
    • Mathematical and Physical Sciences;
    • Medical Sciences;
    • Population Health Sciences;
    • Social and Historical Sciences.


Lebih dari 40 bidang studi UCL menempati posisi top 10
berdasarkan QS World University Rankings by Subject.


Tiga diantaranya yang menjadi favorit adalah Bidang Studi
Education yang menduduki peringkat pertama di dunia, Architecture and Built Environment yang juga berada di peringkat pertama, dan Kedokteran yang menempati peringkat keenam.

Keunggulan akademis tersebut berhasil membuat UCL melahirkan alumni-alumni hebat yang ahli dalam berbagai bidang. Seperti penemu telepon yang kita semua kenali, Alexander Graham Bell!

Nah, buat mempersiapkan study abroad ke UCL ataupun universitas terbaik di Eropa lainnya, bisa banget, lho, konsultasi bareng expert mentor Kobi! Mulai dari pemilihan jurusan hingga persiapan beasiswa, Kobi selalu siap untuk bantu kamu!

6. The University of Edinburgh

Negara: Inggris Raya

Ranking: #5 di UK dan #27 di dunia


The University of Edinburgh terletak di Edinburgh, Skotlandia, Inggris Raya, dan didirikan pada tahun 1582 serta secara resmi dibuka pada 1583. Universitas ini merupakan salah satu yang tertua di Skotlandia dan universitas tertua keenam yang hingga kini masih beroperasi di dunia yang berbahasa Inggris.

Edinburgh punya beberapa kampus yang tersebar di seluruh Kota Edinburgh. Kampus utamanya terletak di kawasan George Square yang menjadi pusat akademis. Kalau kamu tertarik buat masuk College of Arts, Humanities & Social Science, kamu bakal banyak belajar disini, Sob!

Selain itu, ada juga Kampus King’s Buildings yang terletak di pinggiran Kota Blackford, untuk Fakultas Sains dan Teknik. Serta Kampus Western General yang menjadi pusat Fakultas Kedokteran.

Universitas Edinburgh memiliki tiga college utama, yaitu:

    • College of Arts, Humanities and Social Sciences;
    • College of Science and Engineering;
    • College of Medicine and Veterinary Medicine.


Ketiga
college tersebut mencakup total 21 fakultas dan menawarkan lebih dari 400 program studi di semua tingkat pendidikan, mulai dari Sarjana hingga Pascasarjana.

Wah, banyak banget, kan, Sob? Kalau kamu mau melanjutkan Studi S1/S2 di luar negeri, Universitas Edinburgh bisa jadi salah satu universitas terbaik di Eropa yang patut kamu pertimbangkan dengan banyaknya pilihan program studi yang tersedia!

Alasan lain untuk memilih Edinburgh juga karena prestasi akademiknya. Beberapa jurusan unggulan yang patut kamu catat adalah Veterinary Science yang menduduki peringkat #2 di dunia berdasarkan QS World University Rankings by Subject, Modern Languages yang berada di posisi #3, dan Data Science and Artificial Intelligence yang meraih peringkat #4.

Fakta menarik lainnya mengenai universitas ini adalah dua alumninya yang merupakan Novelis legendaris! Siapa tuh MinBi? Mereka adalah Sir Arthur Conan Doyle, yang menciptakan karakter detektif iconic, Sherlock Holmes, dan J.K. Rowling, Penulis di balik seri Harry Potter!

7. The University of Manchester

Negara: Inggris Raya

Ranking: #6 di UK dan #34 di dunia


The University of Manchester
terletak di Manchester. Salah satu universitas terbaik di Eropa ini didirikan melalui penggabungan Institut Sains dan Teknologi Manchester dan Universitas Victoria di Manchester pada  tahun 2004.

Universitas Manchester setiap tahunnya bisa mendapatkan sekitar 92.000 aplikasi Sarjana. Minat yang besar dari calon mahasiswa tersebut membuat universitas ini menjadi institusi yang paling diminati di Inggris Raya untuk aplikasi Sarjana siklus UCAS 2023.

Kampus utama Universitas Manchester terletak di kawasan Fallowfield. Nah, uniknya, banyak gedung universitasnya yang menyatu dengan bangunan non-universitas dan jalan-jalan utama, lho!

The University of Manchester terdiri dari tiga fakultas utama, yaitu:

    • Faculty of Science and Engineering;
    • Faculty of Humanities;
    • Faculty of Biology, Medicine and Health.


Dengan lebih dari 40 departemen, ketiga fakultas ini menawarkan berbagai pilihan, termasuk lebih dari 300 program Sarjana dan lebih dari 500 program Pascasarjana.

Kalau kamu ingin melanjutkan studi di sini, kamu bisa mempertimbangkan tiga bidang studi unggulan. Nursing yang menduduki peringkat keenam terbaik menurut QS World University Rankings by Subject, Development Studies di posisi #10, dan Chemical Engineering yang meraih peringkat #14.

Universitas Manchester telah melahirkan 25 peraih Nobel. Reputasi penelitian dan inovasi yang dihasilkan, membuatnya menjadi salah satu universitas terbaik di Eropa.

Universitas Manchester juga dikenal karena alumninya yang luar biasa, seperti Alan Turing, yang dijuluki “Bapak Komputasi Modern” dan berperan penting dalam pengembangan Ilmu Komputer serta Artificial Intelligence (AI).

8. King's College London

Negara: Inggris Raya

Ranking: #7 di UK dan #40 di dunia

Selanjutnya, di urutan ke-8 universitas terbaik di Eropa, ada King’s College London (KCL) yang didirikan pada tahun 1829. KCL terletak di pusat Kota London dengan Strand Campus sebagai kampus utamanya.

KCL juga memiliki empat kampus lainnya, yaitu: Guy’s Campus, St Thomas’ Campus, dan Waterloo Campus, yang berlokasi di tepi Thames, serta Kampus Denmark Hill yang ada di selatan London.

KCL memiliki delapan fakultas utama, yaitu:

    • Faculty of Arts & Humanities;
    • Faculty of Law;
    • Faculty of Life Sciences & Medicine;
    • Faculty of Natural & Mathematical Sciences;
    • Faculty of Social Science & Public Policy;
    • Florence Nightingale Faculty of Nursing, Midwifery & Palliative Care;
    • Institute of Psychiatry, Psychology & Neuroscience;
    • King’s Business School.


KCL memiliki beberapa bidang studi unggulan. Salah satunya adalah
Keperawatan yang menjadi ke-2 terbaik di seluruh dunia, lho! Selain itu, ada juga Jurusan Kedokteran Gigi yang berada di top 5 terbaik dunia.

Cocok banget nih buat SoBi yang mau coba berkarir di Bidang Kesehatan!

Banyak alumni KCL yang telah memberikan kontribusi luar biasa kepada dunia di berbagai bidang. Salah satunya adalah Florence Nightingale, yang dikenal sebagai pendiri keperawatan modern dan juga mendirikan Florence Nightingale Faculty of Nursing, Midwifery & Palliative Care di KCL. 

9. Université PSL

Negara: Prancis

Ranking: #1 di Prancis dan #24 di dunia


Université PSL
atau Paris Sciences et Lettres (PSL), didirikan pada tahun 2010 dan secara resmi dibentuk sebagai universitas pada tahun 2019.

Jika sebelumnya banyak universitas terbaik di Eropa berlokasi di Inggris Raya, Université PSL berpusat di Kota Paris, Prancis. PSL memiliki beberapa kampus, yang kampus utamanya adalah Quartier Latin Campus yang berada di Latin Quarter.

Beberapa kampus lainnya adalah Campus Jourdan yang terletak di selatan Paris, serta Dauphine – PSL Campus di Porte Dauphine.

Tidak hanya di Paris, PSL juga memiliki kampus internasional seperti Dauphine – PSL London Campus di London dan Dauphine – PSL Tunis Campus di Tunis yang menawarkan pembelajaran lintas negara. Menarik kan, Sob?

Hal unik lainnya dari PSL adalah tidak adanya struktur fakultas tradisional seperti yang dimiliki banyak universitas lainnya. Sebagai gantinya, PSL menawarkan 63 program studi melalui 11 institusi otonom, yaitu:

    • École Normale Supérieure (ENS);
    • Collège de France;
    • Konservatorium Seni Drama Nasional;
    • Sekolah Teknik Pertambangan Paris;
    • Observatorium Paris;
    • Université Paris-Dauphine;
    • Sekolah Nasional Chartes;
    • Institut Curie;
    • Institut Pasteur;
    • Pusat Penelitian Ilmiah Nasional;
    • Institut Nasional Kesehatan dan Penelitian Medis.


Dengan struktur ini, PSL menawarkan pendekatan pendidikan dan penelitian yang lebih terfokus dan multidisipliner.

Beberapa program studi terbaik yang dimiliki PSL antara lain adalah Ilmu Alam dan Matematika yang secara konsisten selama lima tahun tetap berada di top 20 dunia.


Salah satu alumni terkemuka PSL adalah Jean Tirole, pemenang penghargaan Nobel Ekonomi yang dikenal karena karyanya dalam Teori Organisasi Industri dan Ekonomi Mikro.

Gimana, tertarik enggak nih buat study abroad di Prancis?

10. EPFL – École Polytechnique Dédérale de Lausanne

Negara: Swiss

Ranking: #2 di Swiss dan #26 di dunia

Peringkat Eropa: #10

Peringkat Dunia: #26

Selanjutnya, di antara universitas terbaik di Eropa, ada École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL), yang didirikan pada tahun 1853. EPFL terletak di tepi Danau Jenewa, di Kota Lausanne, Swiss, dan merupakan salah satu institusi terkemuka di Bidang Sains dan Teknologi.

EPFL memiliki kampus utama di Lausanne yang sangat modern dan terintegrasi dengan berbagai fasilitas penelitian dan laboratorium canggih.

EPFL terdiri dari lima fakultas utama:

    • School of Basic Sciences;
    • School of Engineering;
    • School of Computer and Communication Sciences;
    • School of Architecture, Civil and Environmental Engineering;
    • School of Life Sciences.


Beberapa program studi unggulan di EPFL adalah
Teknik Elektro dan Elektronika serta Kimia, yang selalu berada di peringkat top 10 dunia selama lima tahun terakhir.

EPFL juga telah melahirkan banyak alumni berpengaruh, termasuk Niklaus Wirth, Pencipta Bahasa Pemrograman Pascal yang membawa dampak besar dalam dunia komputasi.

EPFL juga terkenal karena proyek inovatifnya seperti Solar Impulse, yaitu pengembangan pesawat bertenaga surya yang mengelilingi dunia tanpa menggunakan bahan bakar fosil.

Buat kamu yang suka riset dan inovasi, EPFL bisa jadi pilihan yang tepat, nih! Siapa tahu SoBi bisa jadi bagian dari proyek-proyek besar di masa depan nanti.

11. Technical University of Munich

Negara: Jerman

Ranking: #1 di Jerman dan #28 di dunia


Technical University of Munich (TUM)
, yang berdiri sejak tahun 1868 di Munich, Jerman, merupakan salah satu universitas terbaik di Eropa.

TUM  juga masuk sebagai anggota TU9 (Technische Universität 9). Yaitu asosiasi sembilan universitas teknik paling bergengsi di Jerman.

Kampus utama TUM adalah Garching Campus yang berada di Garching. Kampus ini menjadi pusat penelitian untuk Bidang Fisika, Kimia, Informatika, dan Teknik Mesin.

Selain itu, TUM juga memiliki beberapa kampus lain, yaitu Heilbronn Campus yang fokus pada Manajemen Digital, Weihenstephan Campus untuk Ilmu Hayati dan Agrikultur, serta Straubing Campus yang berfokus pada teknologi keberlanjutan.

Untuk memperkuat kolaborasi internasional di Bidang Teknologi dan Inovasi, TUM juga memiliki kampus internasional di Singapura, lho! Yaitu TUM Asia (GIST) Campus yang didirikan pada tahun 2002.

Kalau kamu tertarik untuk kuliah teknik di Jerman, TUM punya tujuh fakultas yang bisa kamu pilih, yaitu:

    • Komputasi, Informasi, dan Teknologi;
    • Teknik dan Desain;
    • Ilmu Alam;
    • Ilmu Hayati;
    • Kedokteran dan Kesehatan;
    • Manajemen;
    • Ilmu Sosial dan Teknologi.


Tiga bidang studi unggulan di TUM adalah
Fisika dan Astronomi, Teknik Elektro dan Elektronika, serta Teknik dan Teknologi, yang semuanya berada di top 20 dunia.

Enggak kalah dengan universitas terbaik di Eropa lainnya, banyak alumni TUM yang telah menjadi tokoh penting. Salah satunya adalah Rudolf Diesel yang berhasil menemukan mesin diesel.

12. The London School of Economics and Science (LSE)

Negara: Inggris Raya

Ranking: #8 di UK dan #50 di dunia


The London School of Economics and Political Science (LSE)
, yang didirikan pada tahun 1895, merupakan salah satu universitas terbaik di Eropa, khususnya dalam Bidang Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Politik.

LSE terletak di pusat Kota London, dengan satu kampus utama yang berada di Houghton Street.


LSE menawarkan lebih dari 40 program Sarjana dan lebih dari 140 program Pascasarjana yang tersebar di 25 fakultas. Beberapa di antaranya adalah:

    • Fakultas Ekonomi;
    • Fakultas Pemerintahan;
    • Fakultas Hubungan Internasional;
    • Fakultas Hukum;
    • Fakultas Sosiologi.


LSE masuk dalam lima besar dunia di delapan bidang studi, lho! Seperti kaya: Ilmu
Komunikasi dan Media (#2); Geografi (#2); Filsafat (#2); Studi Pembangunan (#3); Kebijakan dan Administrasi Sosial (#3); Sejarah (#4); Sosiologi (#4); dan Politik dan Studi Internasional (#5).

Gokil, kan? LSE enggak cuma unggul di Ilmu Sosial, tapi juga di Politik dan Humaniora. Kamu lebih tertarik yang mana, nih, Sob?

Keunggulan LSE juga terbukti dari kualitas para alumninya. Salah satunya adalah mantan Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan. Selain pernah memiliki jabatan tinggi di PBB, Kofi Annan juga adalah penerima penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 2001.

13. Lund University

Negara: Swedia

Ranking: #2 di Swedia dan #75 di dunia

 

Lund University didirikan pada tahun 1666 di kota Lund, Swedia, dan sekarang jadi salah satu universitas terbaik di Eropa.

 

Awalnya, universitas ini didirikan untuk memperkuat pendidikan di wilayah yang baru saja jadi bagian dari Swedia. Tapi, sekarang Universitas Lund sudah berkembang jadi pusat riset dan pendidikan yang diakui secara global.

 

Kampus utamanya, terletak di Kota Lund, yang dikenal sebagai kota mahasiswa. Nah, Selain di Lund, universitas ini juga punya dua kampus lain di Malmö dan Helsingborg.

 

Ada 8 fakultas di Universitas Lund, yaitu:

    • Fakultas Teknik (LTH);
    • Fakultas Hukum;
    • Fakultas Kedokteran;
    • Fakultas Sains;
    • Fakultas Ilmu Sosial;
    • Fakultas Humaniora dan Teologi;
    • School of Economics and Management;
    • Fakultas Seni Rupa dan Seni Pertunjukan.

 

Banyak mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi di universitas ini. Karena di sini ada 140 program gelar internasional yang bisa kamu pilih.

 

Dua program terbaik di Lund University adalah Ilmu Lingkungan dan Geografi yang berhasil menempati peringkat top 30 dunia. 

 

Universitas Lund juga punya banyak alumni hebat. Seperti Anders Fogh Rasmussen, mantan Perdana Menteri Denmark dan Sekretaris Jenderal NATO dan Bertil Ohlin, pemenang penghargaan Nobel Ekonomi atas kontribusinya dalam teori perdagangan internasional.

14. University of Bristol

Negara: Inggris Raya

Ranking: #9 di UK dan #54 di dunia


University of Bristol
berawal dari dua institusi, yaitu Merchant Venturers’ School dan University College, Bristol, yang didirikan pada tahun 1876.

Hingga akhirnya, pada tahun 1909, University College, Bristol, menerima piagam kerajaan, yang memungkinkan institusi ini untuk menjadi universitas penuh dengan nama University of Bristol.

Kampus utama universitas terbaik di Eropa ke-14 ini, terletak di pusat kota Bristol yang merupakan salah satu kota pelajar terkemuka di Inggris Raya.

Universitas Bristol menawarkan lebih dari 500 program Sarjana dan Pascasarjana dan memiliki tiga fakultas utama, yaitu:

    • Arts, Law, and Social Sciences;
    • Health and Life Sciences;
    • Science and Engineering.


Beberapa bidang studi unggulan di Universitas Bristol yang masuk dalam top 30 dunia adalah
Social Policy and Administration, Earth and Marine Sciences, dan Veterinary Science.

Beberapa alumni hebat dari University of Bristol adalah Paul Dirac, Peraih Nobel Fisika atas kontribusinya dalam mekanika kuantum. Simon Pegg, Aktor di film Star Trek, juga lulusan Bristol, lho!

Gimana, Sob? Siapa tahu, kamu bisa jadi alumni hebat berikutnya, nih! 

15. Delft University of Technology

Negara: Belanda

Ranking: #1 di Belanda dan #49 di dunia


Delft University of Technology (TU Delft)
didirikan pada 8 Januari 1842 di Belanda oleh Raja Willem II sebagai akademi kerajaan.

Loh, jadi eksklusif gitu, ya, MinBi? Awalnya sih iya, karena punya tujuan utama melatih pegawai negeri Belanda untuk bekerja di Hindia Belanda.

Seiring waktu, kurikulum dan pendidikannya terus berkembang. Akhirnya TU Delft berubah jadi sekolah Politeknik pada tahun 1864 dan menjadi institut teknologi pada tahun 1905. Tapi, perubahan namanya menjadi Delft University of Technology baru terjadi pada tahun 1986.

Kampus utama TU Delft berlokasi di Kota Delft, Belanda, yang terletak antara Den Haag dan Rotterdam.

Universitas ini memiliki 8 fakultas yang mencakup berbagai disiplin Ilmu Teknik dan Teknologi:

    • Architecture and the Built Environment;
    • Civil Engineering and Geosciences;
    • Electrical Engineering, Mathematics and Computer Science;
    • Industrial Design Engineering;
    • Aerospace Engineering;
    • Mechanical, Maritime and Materials Engineering;
    • Technology, Policy and Management;
    • Applied Sciences.


Enggak tanggung-tanggung, 3 jurusan TU Delft menempati peringkat ke-3 dunia, SoB, yaitu: Jurusan
Architecture and Built Environment, Civil and Structural Engineering, dan Mechanical Engineering.

Jaap Haartsen, Penemu Teknologi Bluetooth, adalah salah satu alumni terkemuka TU Delft. Selain itu, Lodewijk van den Berg, Astronaut pertama Belanda, juga lulusan dari sini, lho!

16. University of Glasgow

Negara: Inggris Raya

Ranking: #11 di UK dan #78 di dunia


University of Glasgow
didirikan pada tahun 1451 dan merupakan universitas tertua kedua di Skotlandia.
 

Seperti banyak universitas lain di era pra-modern, Universitas Glasgow pada awalnya hanya terbuka untuk mahasiswa dari latar belakang keluarga kaya dan elit. Tapi tentunya sekarang sudah inklusif, dengan lebih dari 16.000 mahasiswa internasional yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Kampus utama Glasgow terletak di Gilmorehill, di bagian barat kota Glasgow. Kampus ini merupakan pusat kegiatan akademik utama universitas dan tempat sebagian besar program studi dijalankan.

Selain kampus utama, ada beberapa kampus lainnya seperti Dumfries Campus, yang fokus pada studi lingkungan dan keberlanjutan, Garscube Campus yang menjadi pusat fakultas Kedokteran Hewan, dan Glasgow Dental Hospital & School Campus, yang berfokus pada pendidikan Kedokteran Gigi.

Universitas Glasgow memiliki lebih dari 300 program yang tersebar di bawah 4 fakultas utama, yaitu:

    • Fakultas Seni & Humaniora;
    • Fakultas Kedokteran, Kedokteran Hewan & Ilmu Hayati;
    • Fakultas Sains & Teknik;
    • Fakultas Ilmu Sosial.


Dua program studi unggulannya adalah
Anatomy and Physiology serta Veterinary Science, yang berhasil menjadi top 15 dunia berdasarkan QS World University Rankings by Subject.

Enggak cuma itu, Glasgow juga dikenal karena alumni-alumni hebat universitasnya. Seperti James Watt yang mendorong revolusi industri dengan menemukan mesin uap.

18. Universität Heidelberg

Negara: Jerman

Ranking: #3 di Jerman dan #84 di dunia

Didirikan pada tahun 1386, Universität Heidelberg adalah universitas tertua di Jerman dan salah satu universitas terbaik di Eropa dengan intensitas riset yang tinggi.

Dalam mendidik mahasiswa dan mendukung para peneliti muda berbakat, Universität Heidelberg menerapkan pendekatan pengajaran berbasis riset.

Kampus utamanya, Grabengasse 1 Campus, terletak di Kota Heidelberg. Sebuah kota bersejarah di barat daya Jerman.

Heidelberg memiliki total 12 fakultas, yaitu:

    • Fakultas Biosciences;
    • Fakultas Kimia dan Ilmu Bumi;
    • Fakultas Matematika dan Ilmu Komputer;
    • Fakultas Fisika dan Astronomi;
    • Fakultas Filsafat;
    • Fakultas Bahasa Modern;
    • Fakultas Teologi;
    • Fakultas Hukum;
    • Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial;
    • Fakultas Studi Perilaku dan Budaya;
    • Fakultas Kedokteran Heidelberg;
    • Fakultas Kedokteran Mannheim.


Universitas Heidelberg punya reputasi luar biasa di bidang humaniora, termasuk Program
Sejarah Klasik dan Kuno yang berada di urutan #4 dunia. Gimana, tertarik mendalami peradaban kuno sambil belajar dari para ahli di sini?

Universitas ini juga punya alumni keren seperti Max Weber, yang dikenal sebagai Bapak Sosiologi, dan Stefan W. Hell, pemenang penghargaan Nobel Kimia 2014.

Gak heran kalau ada 56 penerima Hadiah Nobel yang pernah belajar atau berafiliasi dengan Universität Heidelberg.

19. University of Birmingham

Negara: Inggris Raya

Ranking: #12 di UK dan #80 di dunia


University of Birmingham
didirikan pada tahun 1900 dan menjadi salah satu universitas terbaik di Eropa.

Kampus utamanya terletak di Edgbaston, Birmingham. Fun fact, kampus ini punya ikon unik, lho! Yaitu menara jam kampus universitas tertinggi di dunia dengan tinggi sekitar 100 meter, bernama The Joseph Chamberlain Memorial Clock Tower atau akrab disebut Old Joe!

Universitas Birmingham ini punya lima fakultas utama:

    • Fakultas Seni dan Hukum;
    • Fakultas Teknik dan Ilmu Fisika;
    • Fakultas Ilmu Hayati dan Lingkungan;
    • Fakultas Kedokteran dan Kesehatan;
    • Fakultas Ilmu Sosial.


Universitas ini
specifically, punya reputasi yang sangat bagus dalam Bidang Olahraga. Bahkan, menempati peringkat ke-6 dunia untuk bidang studi terkait olahraga. Beberapa contoh jurusan di bidang ini, antara lain: Sport and Exercise Sciences dan Physical Education and Coaching.

Salah satu alumni terkemuka Universitas Birmingham adalah Timothy Peake, Astronot pertama Inggris Raya yang bekerja di International Space Station (ISS).

20. University of Leeds

Negara: Inggris Raya

Ranking: #14 di UK dan #82 di dunia

 

University of Leeds memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelumnya, dikenal sebagai Yorkshire College of Science yang didirikan pada tahun 1874 sebelum bergabung dengan Leeds School of Medicine pada tahun 1884.

 

Setelah penggabungan tersebut, namanya berubah menjadi Yorkshire College. Pada tahun 1904, barulah institusi ini resmi mendapatkan status universitas penuh dan berganti nama menjadi University of Leeds, seperti yang dikenal hingga kini.

 

Kampus utamanya terletak di Leeds, sebuah kota di Inggris Raya Utara dan memiliki 7 fakultas utama:

    • Fakultas Seni, Humaniora, dan Budaya;
    • Fakultas Bisnis;
    • Fakultas Ilmu Biologi;
    • Fakultas Teknik dan Ilmu Fisika;
    • Fakultas Ilmu Sosial;
    • Fakultas Kedokteran dan Kesehatan;
    • Fakultas Lingkungan.

 

Bidang studi unggulan di Universitas Leeds adalah Geologi dan Geofisika, yang masing-masing berada di peringkat ke-16 dan ke-18 dunia.

 

Universitas ini tentunya enggak kalah keren sama universitas terbaik di Eropa lainnya. Banyak alumni-alumni Leeds yang berprestasi, Sob! Termasuk Sir William Henry Bragg, Peraih Nobel Fisika atas penelitiannya di Bidang Kristalografi, dan George Porter, Peraih Nobel Kimia yang mengembangkan Teknik Fotokimia.

Rekomendasi Beasiswa untuk Studi ke Universitas Terbaik di Eropa

Kalau kamu punya impian melanjutkan studi ke Eropa, ada banyak beasiswa yang bisa membantu kamu, Sob! Beberapa di antaranya adalah:

    • Erasmus Mundus Scholarship: Beasiswa ini menawarkan peluang untuk belajar di beberapa universitas di Eropa dalam satu program;
    • DAAD Scholarship: Beasiswa studi di Jerman untuk mahasiswa S1/S2/S3;
    • Chevening Scholarship: Beasiswa prestisius dari pemerintah Inggris Raya (UK) untuk Studi S2 di Inggris Raya;
    • Swedish Institute Scholarship: Dikhususkan untuk studi di Swedia, yang mencakup biaya kuliah dan biaya hidup;
    • NL Scholarship: Beasiswa yang dibiayai oleh beberapa universitas riset dan universitas ilmu terapan bersama dengan Pemerintah Belanda.

Yuk kejar Persiapan Kuliah Kamu ke Eropa!

Kobi punya Program Mentoring yang siap bantu kamu mempersiapkan diri untuk study abroad di Eropa, lho! 

 

Kamu bakal dibantu buat memahami proses pendaftaran, penyusunan dokumen, hingga persiapan interview beasiswa. Jadi, bisa lebih siap dan percaya diri buat apply ke universitas terbaik di Eropa impianmu!

kobi education-universitas terbaik di eropa-gambar poster mentoring untuk eropa kedua

Itulah daftar 20 universitas terbaik di Eropa yang bisa kamu pertimbangkan untuk melanjutkan Studi S1/S2. Yuk, jangan tunda-tunda persiapannya!

Good luck, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang. 👇

Cek privacy policy disini