8 Universitas Terbaik Benua Eropa, Jangan Lewatkan Infonya!

Mau kuliah ke Eropa? Berarti kamu harus tau dulu 8 rekomendasi universitas terbaik benua Eropa dari MinBi! Yuk, jangan lewatin artikel ini!

Share:

kobi education-universitas terbaik benua eropa-gambar bendera eropa sedang berkibar

Siapa yang mau kuliah di Benua Eropa? Eropa memang jadi favorit para pelajar dari seluruh dunia karena menawarkan sistem pendidikan terbaik. Nah, kalau mau kuliah di sana, universitas terbaik benua Eropa wajib masuk dalam daftar list impianmu, nih!

 

Mau tahu apa aja universitas terbaik di Eropa? Yuk, simak daftarnya!

Deretan Universitas Terbaik Benua Eropa

1. University of Cambridge

kobi education-universitas terbaik benua eropa-gambar universitas cambridge dari sisi depan

University of Cambridge adalah salah satu universitas tertua dan paling terkenal di dunia. Terletak di Kota Cambridge, Inggris, universitas ini berdiri pada 1209. 

Cambridge terkenal dengan kontribusinya dalam ilmu pengetahuan selama berabad-abad. Universitas ini juga menempati peringkat #2 sebagai kampus terbaik di dunia, versi QS World University Ranking 2024, lho!

Universitas ini terdiri dari berbagai kolese, yang masing-masing beroperasi semi otonom. Cambridge juga terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarahnya yang indah, seperti King’s College Chapel dan Perpustakaan Wren.

Dalam Bidang Akademik, Cambridge menawarkan berbagai program studi mulai dari Sains, Teknologi, Matematika, hingga Humaniora dan Ilmu Sosial. 

Enggak cuma itu, Cambridge juga dikenal karena alumni-alumninya yang berpengaruh, seperti Isaac Newton, Charles Darwin, dan Stephen Hawking.

2. University of Oxford

kobi education-universitas terbaik benua eropa-gambar universitas oxford dari sisi depan

Hanya berada satu peringkat di bawah Cambridge, University of Oxford menjadi universitas terbaik ke #3 di dunia, lho!

Universitas yang berlokasi di Oxford, Inggris ini juga merupakan salah satu universitas tertua di dunia, lho. Berdiri sekitar abad ke-12, universitas ini memiliki sejarah panjang dalam pendidikan tinggi dan penelitian.

Oxford menawarkan berbagai program studi dari berbagai disiplin ilmu, seperti Sains, Seni, Hukum, dan Kedokteran. Selain itu, universitas ini juga sangat terkemuka dalam penelitian, dengan fasilitas dan sumber daya yang mendukung pengembangan ilmiah di banyak bidang.

Dalam bidang kebudayaan dan sosial, Oxford memiliki banyak tradisi unik, lho, seperti upacara pembukaan tahun ajaran yang dikenal dengan nama Matriculationdan perayaan akhir tahun akademik yang disebut Encaenia

Universitas ini juga dikenal akan Perpustakaan Bodleian, salah satu perpustakaan tertua dan terbesar di Eropa.

Soal alumni juga boleh diadu! Kampus ini berhasil mencetak tokoh berpengaruh di dunia, seperti Tony Blair (Perdana Menteri Inggris 1997–2007) dan Aung San Suu Kyi (Penerima Nobel Perdamaian).

3. Imperial College London

kobi education-universitas terbaik benua eropa-gambar universitas imperial college london dari sisi depan

Imperial College London adalah universitas terbaik ke #6 di dunia, khususnya dalam Bidang Sains, Teknik, Kedokteran, dan Bisnis. Terletak di kawasan South Kensington di London, universitas ini didirikan pada 1907.

Di Imperial, ada empat fakultas utama, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Sains Alam, dan Imperial College Business School

Setiap fakultas ini menawarkan berbagai program studi dan sering terlibat dalam penelitian interdisipliner untuk mengatasi masalah global, seperti perubahan iklim, kesehatan, dan teknologi baru.

Selain itu, Imperial menekankan pentingnya kewirausahaan, sehingga banyak inisiatif dan program yang mendukung mahasiswa dan lulusan untuk memulai bisnis mereka sendiri.

4. ETH Zurich

kobi education-universitas terbaik benua eropa-gambar universitas eth zurich dari sisi depan

Eidgenössische Technische Hochschule Zürich, atau lebih dikenal ETH Zurich, adalah universitas terbaik Benua Eropa dalam Bidang Teknologi dan terletak di Zürich, Swiss

Berdiri pada 1855, universitas ini memiliki reputasi bagus, khususnya di Bidang Teknik dan Sains. Soal peringkat, ETH Zurich menempati posisi #7 di dunia.

ETH Zurich dikenal karena standar akademis yang sangat tinggi dan fokus kuat pada penelitian. Beberapa fokus penelitiannya termasuk keberlanjutan, teknologi kesehatan, robotika, dan material baru.

ETH Zurich juga telah melahirkan ilmuwan terkemuka, salah satunya Albert Einstein, yang kerap dijuluki sebagai orang paling jenius.

5. UCL

kobi education-universitas terbaik benua eropa-gambar universitas ucl dari sisi depan

University College London (UCL) adalah salah satu universitas terkemuka di Inggris dan terletak di jantung London. 

Universitas ini memiliki sejumlah fakultas yang mencakup berbagai bidang, seperti Sains, Teknik, Seni, Hukum, dan Ilmu Kesehatan. 

Salah satu syarat masuk program studi di UCL yang sangat diperhatikan adalah skor Bahasa Inggris (IELTS/TOEFL). Misalnya, untuk program Sarjana, kamu butuh skor IELTS minimal 6,5. Makanya, persiapkan dari sekarang, ya!

UCL juga memiliki komunitas mahasiswa yang sangat aktif, terbukti ada lebih dari 250 klub yang menawarkan kegiatan, mulai dari olahraga, musik, hingga debat. Kedengaran seru, kan?

Alumni UCL mencakup tokoh-tokoh penting, seperti Mahatma Gandhi, Alexander Graham Bell, dan Christopher Nolan.

6. The University of Edinburgh

kobi education-universitas terbaik benua eropa-gambar universitas edinburgh dari sisi depan

The University of Edinburgh, terletak di jantung Kota Edinburgh, Skotlandia, adalah satu dari banyak universitas tertua yang berdiri sejak 1582.

Fakultasnya meliputi Seni dan Humaniora, Sains dan Teknik, serta Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. 

Kampus utama, yang terletak di George Square dan King’s Buildings, menyediakan fasilitas lengkap, seperti perpustakaan besar, laboratorium penelitian canggih, dan banyak ruang sosial untuk mahasiswa. 

Edinburgh juga memiliki berbagai aktivitas ekstrakurikuler, dari olahraga, seni, dan kegiatan sukarela.

Alumni dari The University of Edinburgh, antara lain Penemu Alexander Graham Bell, Charles Darwin, dan Perdana Menteri Inggris 2007–2010, Gordon Brown

7. Université PSL

kobi education-universitas terbaik benua eropa-gambar universitas psl dari sisi depan

Université PSL (Paris Sciences et Lettres) adalah sebuah universitas riset yang terkemuka di Paris, Prancis. Didirikan pada 2010, PSL adalah konsorsium yang menggabungkan beberapa institusi akademik dan penelitian terkemuka di Paris, seperti École normale supérieure (ENS), Collège de France, dan École des Mines.

Université PSL menawarkan berbagai program studi di tingkat Sarjana, Magister, dan Doktoral. Bidang studinya mencakup Sains, Teknik, Humaniora, Seni, Ilmu Sosial, dan Ilmu Alam. 

8. The University of Manchester

kobi education-universitas terbaik benua eropa-gambar universitas manchester dari sisi depan

The University of Manchester adalah sebuah universitas negeri riset yang terletak di Manchester, Inggris. Universitas ini berdiri sejak 2004 melalui penggabungan antara Universitas Victoria di Manchester dan Universitas Manchester Institute of Science and Technology (UMIST). 

Universitas Manchester menawarkan berbagai program studi, seperti Accounting, Economics and Finance, Arts, Business and Management, Computing and Information Systems, Engineering, Science, Social Sciences and Humanities, dan English Language Courses.

Nah, itulah dia sejumlah universitas terbaik benua Eropa yang bisa menjadi tujuanmu kuliah ke luar negeri. Kira-kira ada universitas incaranmu enggak, nih?

Kalau mau masuk satu dari universitas-universitas tersebut, segera persiapkan dari sekarang, yuk! Tetap semangat dan semoga berhasil meraih impianmu, ya, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini