Catat! 8 Tips Belajar Bahasa Inggris Dari Nol, Wajib Tahu!

Bingung mulai belajar English dari mana? Don't be scared! Ini dia 8 tips belajar Bahasa Inggris dari nol yang wajib kamu catat!

Share:

kobi education-tips belajar bahasa inggris dari nol-gambar ilustrasi buku dan alat tulis untuk english

Belajar bahasa baru memang bisa terasa intimidating. Termasuk kalau mau belajar Bahasa Inggris dari nol. Ada banyak hal yang perlu dipelajari, mulai dari grammar, writing, listening, hingga speaking.

 

Jadi, harus mulai dari mana, ya, MinBi?

 

Tenang… MinBi punya beberapa tips belajar Bahasa Inggris dari nol yang beginner-friendly! Yuk, cari tahu lebih lanjut di artikel ini!

Berbagai Tips Belajar Bahasa Inggris Dari Nol

1. Mulai Dengan Kosakata Dasar

Kalau pernah dengar orang-orang mengeluhkan vocabulary Bahasa Inggris yang sulit, jangan khawatir! Untuk pemula, kamu bisa mulai dengan mempelajari kosakata sehari-hari terlebih dahulu aja, Sob!

 

Misalnya, nama makanan, benda-benda di sekitar rumah, dan tempat-tempat umum. Ini adalah beberapa contoh kosakata dasar Bahasa Inggris:

    • Breakfast: Sarapan
    • Fried Rice: Nasi Goreng
    • Closet: Lemari
    • Train Station: Stasiun Kereta Api
    • Sidewalk: Trotoar

 

Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah menemukan kata-kata yang relevan dan sering digunakan sehingga, vocabulary kamu bisa lebih cepat berkembang.

2. Manfaatkan Hobi

English learning journey bisa jadi lebih gampang dan seru kalau disambungin sama hobi, lho!

 

Kamu bisa belajar sambil ngelakuin hal-hal yang kamu suka, kayak baca buku, dengerin lagu, nonton film, atau main game.

 

Sambil asyik sama hobi, kamu bisa sekalian menambah vocab, belajar cara pelafalan kata yang benar, dan membiasakan diri mendengar atau membaca Bahasa Inggris.

 

Jadi, proses belajarnya enggak bakal bikin stres dan menyenangkan!

3. Berlatih Dengan Orang Lain

Biar makin lancar pakai Bahasa Inggris, coba deh cari teman yang bisa berbahasa Inggris, atau yang lagi sama-sama belajar.

Dengan latihan bareng, kepercayaan diri kamu bakal meningkat, lho! Plus, ini juga cara yang seru buat ngebangun kebiasaan, jadi ngobrol pakai Bahasa Inggris bakal terasa semakin natural.

Nah, kalau lagi cari teman buat latihan bareng atau mau ketemu Scholarship Hunters lainnya,  join aja Grup Telegram Kobi!

Enggak cuman nambah koneksi, kamu juga bisa dapat banyak tips and tricks, info-info beasiswa, dan bahkan informasi tentang webinar GRATIS dari MinBi, lho! Yuk, join sekarang!

4. Kelilingi Diri Dengan Bahasa Inggris

Tips satu ini maksudnya gimana sih, MinBi? Simpel, kamu hanya perlu membiasakan diri berada di lingkungan yang penuh dengan bahasa tersebut supaya kemampuan kamu bisa terus berkembang.

 

Ada banyak kok, caranya. Mulai saja dari hal kecil seperti ubah setting ponsel dan media sosial ke Bahasa Inggris. Atau follow juga akun-akun selebriti dan Content Creator dengan konten berbahasa Inggris.

5. Luangkan Waktu Setiap Hari untuk Belajar

Konsistensi itu kunci utama dalam proses menguasai suatu bahasa, lho. Jadi, pastikan setiap hari ada waktu khusus yang kamu sisihkan buat belajar, ya, Sob! Enggak perlu lama, kok, cukup 30 menit sampai 1 jam setiap harinya, asal dilakukan secara rutin.

Misalnya, kamu bisa mulai dengan mempelajari 5-10 kosa kata baru setiap hari dan mencoba membuat kalimat sederhana dari kosakata tersebut.

Selain itu, bisa juga menambah variasi metode belajar supaya enggak cepat bosan. Coba sesekali nonton video YouTube berbahasa Inggris atau menonton film western tanpa subtitles bahasa Indonesia.

Kalau kamu mau meluangkan waktu untuk belajar bersama Kobi, boleh banget, lho! Apalagi kalau lagi siap-siap menghadapi Tes IELTS. Kobi siap bantu nge-refresh pengetahuan grammar, sekaligus membantu kamu jadi lebih percaya diri untuk speaking!

6. Gunakan Bahasa Inggris Setiap Hari

Tips selanjutnya adalah dengan mencoba menggunakan Bahasa Inggris setiap hari. Enggak usah langsung full conversation, kok! Kamu cukup mulai dari hal-hal sederhana.

 

Misalnya, ketika kirim chat ke teman, atau ubah beberapa kalimat yang biasa diucapkan sehari-hari jadi versi Inggrisnya. Sesimpel dari yang biasanya bilang “Aku lagi makan” ganti jadi “I’m eating” atau bilang “See you tomorrow!” buat pamit sehabis hangout bareng teman-teman.

 

Dengan cara ini, kamu bakal makin terbiasa pakai Bahasa Inggris secara aktif. Enggak perlu nunggu sampai grammar kamu sempurna, kok, Sob! Yang penting berani mencoba dulu, ya!

7. Pelajari Tata Bahasa (Grammar)

Grammar, atau tata bahasa, itu ibarat fondasi dari sebuah bahasa. Tapi MinBi ngerti kok, belajar grammar bisa terasa intimidating, ya, apalagi buat pemula.

 

Bisa, kok, mulai dari dasar-dasarnya dulu. Coba deh pelajari struktur kalimat, seperti siapa subjeknya (siapa yang melakukan), predikat (apa yang dilakukan), dan objeknya (siapa atau apa yang terkena tindakan).

 

Banyak juga orang yang mengeluhkan tenses. Rasanya, bagi banyak orang, ada terlalu banyak aturan yang harus dihafal. Kapan pakai “I went” kapan pakai “I’m going” atau “I will go.”

 

Tapi, tenang aja, bahkan banyak English native speaker yang grammar-nya enggak selalu sempurna, kok! Jadi, jangan terlalu khawatir kalau membuat kesalahan. Yang penting, fokus untuk memahami dasar-dasarnya dulu.

 

Kamu bisa mulai dengan tenses yang paling sering digunakan, seperti Present Tense (untuk hal-hal yang terjadi sekarang), Past Tense (untuk yang sudah terjadi), dan Future Tense (untuk hal-hal yang akan terjadi).

 

Contohnya, “I eat” untuk sekarang, “I ate” untuk kemarin, dan “I will eat” buat nanti.


Kalau konsisten, lama-lama tenses ini juga bakal terasa lebih natural ketika digunakan. Ingat, kesalahan itu wajar, ya Sob!

8. Ikuti Kelas Bahasa Inggris

Kalau kamu lebih suka belajar dengan cara yang lebih terstruktur, coba deh pertimbangkan buat ikut kelas Bahasa Inggris.

 

Ada banyak hal yang bisa didapatkan saat belajar di kelas, yang mungkin enggak selalu ditemui saat belajar sendiri. DI kelas, kamu punya panduan yang jelas, target belajar yang terstruktur, dan tentunya bisa lebih teratur.

 

By the way, kamu juga bisa ikut Kelas Basic English dari Kobi, lho! Selain belajar dari dasar, kamu juga enggak perlu bingung atur waktu. Karena, Kobi menyediakan weekdays dan weekend class yang bisa disesuaikan dengan jadwal kamu!

kobi education-tips belajar bahasa inggris dari nol-gambar ads basic class ke empat

Selain materi yang disusun dengan baik, kamu bisa belajar langsung lewat beberapa fitur unggulan yang bikin kelasnya jadi lebih efisien dan fleksibel.

Hal ini pasti penting banget dong, apalagi kalau lagi persiapan mengejar skor IELTS impian.

Berikut beberapa fitur pembelajaran:

    • Live Teaching

Interaksi kapan saja dan dari mana saja bersama Tutor via online meeting.

    • Easy Access for Lessons

Materi pelajaran, tugas, dan feedback disimpan rapi dalam Google Classroom, sehingga bisa diakses kapan saja.

    • Record System

Ketersediaan rekaman sesi belajar untuk mengulang materi yang dirasa masih belum dipahami.

    • Evaluation Performance

Evaluasi komprehensif dengan feedback yang detail dari Tutor.


Gimana nih, Sob? Keren banget kan, kelasnya?

Watch Out! Jangan Lakukan Kesalahan Ini!

1. Mengabaikan Grammar

Banyak yang fokus pada kosa kata, tapi benar-benar menghindari belajar grammar karena dianggap susah.

 

Jangan sampai gitu, ya, Sob! Belajar tata bahasa juga penting. Hal yang awalnya sulit, lama-lama juga akan terasa lebih gampang kalau latihan terus!

2. Takut Buat Berbicara

Salah satu alasan kenapa banyak orang sulit lancar menggunakan Bahasa Inggris itu karena malu buat speaking English.

 

Biasanya sih, karena takut salah. Padahal, biar makin pede, kuncinya ya justru belajar dari kesalahan yang dibuat! 

3. Hanya Fokus ke Satu Aspek Bahasa Saja

Salah satu alasan kenapa banyak orang sulit lancar menggunakan Bahasa Inggris itu karena malu buat speaking English.

 

Biasanya karena takut salah. Padahal, biar makin pede, kuncinya ya justru belajar dari kesalahan yang dibuat! 

4. Belajar Tanpa Praktik

Ingat, jangan cuma belajar teori aja! Kamu juga harus mempraktikan apa yang sudah dipelajari.

 

Salah satu keuntungannya adalah, kamu jadi punya sense yang kuat ketika menggunakan Bahasa Inggris.

5. Menghafal Vocabulary Tanpa Memahami Konteks

Menghafal kosa kata tanpa tahu cara penggunaannya dalam kalimat bisa bikin bingung, lho. Nanti jadi kesulitan untuk mengetahui kapan dan bagaimana kata tersebut bisa digunakan dengan benar.

 

Misalnya, daripada cuma menghafal arti kata “run,” pelajari kalimat seperti “I run every morning” atau “I am running late.” Dengan begitu, kamu enggak cuma hafal kosakata, tapi juga paham cara pakainya dalam berbagai situasi.\

 

Nah, itu dia 8 tips belajar Bahasa Inggris dari nol yang wajib kamu tahu sebagai seorang pemula. Ingat, yang penting adalah harus tetap konsisten dan enjoy the process!


Good luck, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang. 👇

Cek privacy policy disini