11 Daftar Kampus LPDP Luar Negeri Tanpa Biaya Pendaftaran

Beasiswa LPDP akan segera dibuka! Yuk cicil persiapannya! Mulai dari cek daftar kampus LPDP luar negeri tanpa biaya pendaftaran!

Share:

kobi education-daftar kampus lpdp luar negeri-gambar logo academics di depan kampus dengan tiga wisudawan sambil mengangkat topi toga mereka dengan gembira

Beasiswa LPDP buka sebentar lagi, persiapan udah sampai mana, nih? Mulai cicil persiapannya, yuk, misalnya dari daftar kampus LPDP luar negeri buat dapat letter of acceptance (LoA) lebih cepat. 

 

Plus, kalau LoA sudah di tangan kamu enggak perlu ikut tes bakat skolastik lagi, lho! Jadi lebih sat set, deh!

 

Tapi, pendaftaran kampus luar negeri itu rata-rata membutuhkan biaya Rp1.000.000 – Rp2.000.000 per kampus. Waduh, kalau daftar beberapa kampus udah habis uang berapa, ya?

 

Tenang… beberapa kampus di list ketentuan LPDP ada yang enggak butuh biaya pendaftaran, alias gratis!

 

Penasaran apa aja kampusnya? Simak informasinya sampai akhir, ya!

Daftar Kampus LPDP Luar Negeri Gratis Biaya Pendaftaran

1. University of Edinburgh

Universitas Edinburgh terletak di Skotlandia, Inggris Raya. Didirikan tahun 1583, kampus ini termasuk kampus tertua di Inggris, lho.

 

Enggak cuma itu, University of Edinburgh juga masuk jajaran kampus terbaik di dunia, lho! University of Edinburgh menempati peringkat #5 di Inggris dan #22 di dunia menurut QS World University Rankings 2024.

 

Program studi yang ditawarkan, mulai dari sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Mau kuliah di sini? Berikut beberapa fakultas serta jurusan yang ditawarkan Universitas Edinburgh:

    • College of Arts, Humanities, and Social Science Akustik dan Teknologi Musik, Animasi, Seni Terapan, Arsitektur, Seni, Fashion, Film dan Televisi, Desain Grafis, Ilustrasi, Desain Interior, Musik, Studi Keperawatan, Fotografi, Psikologi, Manajemen Olahraga, Tekstil, Pahat, dan Desain Produk;
    • College of Medicine and Veterinary MedicineAnatomi, Informatika Biomedis, Ilmu Biomedis, Penyakit Menular, Ilmu Kedokteran, Neurosains, Ilmu Kesehatan Mulut, Farmakologi, Fisiologi, dan Reproduksi;
    • College of Science and EngineeringMatematika Terapan, Kecerdasan Buatan, Ilmu Biologi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Ilmu Komputer, Ilmu Ekologi dan Lingkungan, Teknik Listrik dan Mesin, Geografi, Geofisika, dan Matematika.

 

Beberapa alumni terkenal dari University of Edinburgh, yaitu Charles Darwin, Alexander Graham Bell, Arthur Conan Doyle, serta JK Rowling.

2. University of Oslo

University of Oslo merupakan universitas terbaik ke #1 di Norwegia, lho! Jadi reputasi akademiknya enggak usah diragukan lagi!

 

Ada lebih dari 800 program studi tersedia di universitas ini. Mereka unggul dalam Jurusan Ekonomi, Ilmu Politik, Psikologi, Fisika, Kimia, Biologi, Sastra, Hukum, serta Kedokteran.

 

Bagi mahasiswa internasional, mereka juga menyediakan kursus Bahasa Norwegia melalui International Summer School (ISS) di Universitas Oslo.

 

Wih, menarik banget, ya? Cuss langsung daftar kampus LPDP ke University of Oslo, mumpung biaya pendaftarannya gratis!

3. Victoria University of Wellington

Victoria University of Wellington didirikan pada 1897 sebagai Victoria College. Kemudian, melalui status independen pada 1961, kampus ini dapat berkembang menjadi institusi kelas internasional.

 

Terbukti berdasarkan QS WUR 2024, Victoria University of Wellington menduduki peringkat ke #4 kampus terbaik di Selandia Baru.

 

Kampus berlokasi di Wellington, Selandia Baru. Kota ini terkenal dengan pemandangan alam yang indah, lho! 

 

Kamu bisa menikmati lingkungan perkotaan yang dekat ke taman-taman, pantai, hingga pegunungan. Asik banget enggak, tuh? 

 

Enggak cuma lingkungan kota menarik, Victoria University of Wellington juga memiliki fasilitas modern, lho! Mulai dari perpustakaan, laboratorium, aula, pusat olahraga, hingga ruang kuliah yang nyaman.

 

Ada 9 fakultas, yaitu Arsitektur dan Inovasi Desain, Sekolah Bisnis dan Pemerintahan, Pendidikan, Teknik, Penelitian Pascasarjana, Humaniora dan Ilmu Sosial, Hukum, Sains, dan Kesehatan.

4. Ghent University

Ghent University terletak di Kota Ghent, Belgia. Universitas yang sudah berdiri sejak 1817 ini berkembang menjadi institusi pendidikan tinggi terbaik ke #2 di Belgia

 

Ghent University memiliki 11 fakultas dengan lebih dari 200 program studi, mulai dari Fakultas Seni dan Filsafat, Hukum dan Kriminologi, Sains, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Teknik dan Arsitektur, Ekonomi dan Administrasi Bisnis, Kedokteran Hewan, Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Teknik Biosains, Ilmu Farmasi, serta Ilmu Politik dan Sosial.

 

Banyak banget, ya? Kamu bisa pilih program studi sesuai minatmu di Ghent University. Enggak butuh biaya pendaftaran lagi!

5. University of Helsinki

University of Helsinki adalah universitas terbaik ke #2 di Finlandia. Kampus ini juga termasuk anggota League of European Research Institute (LERU), konsorsium universitas riset Eropa.


University of Helsinki
memiliki 11 fakultas, yaitu Fakultas Pertanian dan Kehutanan, Seni, Ilmu Perilaku, Biologi dan Ilmu Lingkungan, Hukum, Kedokteran, Farmasi, Sains, Ilmu Sosial, Teologi, dan Kedokteran Hewan.

6. Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen

Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen (LMU Munchen) dibangun pada 1472, menjadikannya salah satu universitas tertua dan terkemuka di Jerman. Kampus ini menempati urutan ke #2 di Jerman dan #54 di dunia

 

LMU Munchen memiliki lebih dari 18 fakultas, meliputi Bidang Studi Hukum, Kedokteran, Ilmu Budaya, Ekonomi, dan masih banyak lagi.

7. Ulsan National Institute of Science and Technology

Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) masuk jajaran kampus riset top di Korea Selatan. UNIST menempati posisi #8 sebagai universitas terbaik di Korea Selatan.

 

UNIST menawarkan Program Sarjana, Magister, dan Doktoral pada Bidang Sains. Bidang studi unggulan mereka adalah Teknik, Fisika, Kimia, serta Sains. 

 

Nah, kalau mau kuliah sains di Korea Selatan, UNIST bisa jadi pilihan tepat, nih! Cus daftar, mumpung biaya pendaftarannya gratis!

8. King Abdulaziz University

King Abdulaziz University (KAU) terletak di Jeddah, Arab Saudi. 

 

KAU memiliki arsitektur bangunan yang indah dan fasilitas modern, seperti masjid, laboratorium, perpustakaan, dan pusat penelitian. Uniknya, universitas ini menerapkan bangunan terpisah untuk mahasiswa pria dan wanita.

 

Berdasarkan peringkat, KAU berada di posisi pertama kampus terbaik di Arab Saudi, lho!

 

Jurusan di KAU sangat beragam, meliputi Ilmu Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Kesehatan, Teknik, serta Humaniora.

9. University of Western Australia

University of Western Australia (UWA) yang terletak di Perth, menempati peringkat #7 kampus terbaik di Australia

 

UWA memiliki enam fakultas, yaitu Arsitektur, Seni, Humaniora, Pendidikan, Teknik, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan, serta Sains. Mereka unggul dalam Bidang Pendidikan dan Riset.

 

 For your information, UWA adalah universitas tertua keenam di Australia, lho! 

 

Kampus ini memiliki pusat penelitian terkenal, seperti Ocean Institute, Centre of Energy and Minerals, dan Cemex.

 

Beberapa alumni terkenal dari UWA, antara lain Tim Minchin, Peter Lim, Bob Hawke, serta Barry Marshall, Pemenang Nobel Prize dalam Fisiologi atau Kedokteran tahun 2005.

10. University of Amsterdam

University of Amsterdam berlokasi di jantung Kota Amsterdam, Belanda. University of Amsterdam menempati ranking #2 di Belanda.

 

University of Amsterdam menawarkan hampir 200 Program Master dan 16 Program Sarjana berbahasa Inggris. 

 

Mereka unggul dalam beberapa bidang studi, seperti Komunikasi dan Studi Media, Kedokteran Gigi, Sosiologi, Antropologi, Linguistik, dan Geografi.  

11. University of Vienna

University of Vienna merupakan universitas peringkat pertama di Austria dan salah satu yang tertua di Eropa, sejak tahun 1365. 

 

Universitas ini menawarkan Program Sarjana dan Pascasarjana di berbagai bidang studi. Beberapa fakultas utamanya, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Filsafat dan Pendidikan, serta Filologi.

 

Tertarik? Langsung aja apply ke University of Vienna, mumpung pendaftarannya gratis!

Pembukaan Pendaftaran LPDP 2024

LPDP 2024 bakal dibuka sebentar lagi, lho! Catat informasi pendaftarannya biar enggak ketinggalan!

 

Pendaftaran LPDP Tahap 1: Januari–Februari 2024

Pendaftaran LPDP Tahap 2: Juni–Juli 2024

 

Apa aja, sih, yang harus kamu persiapkan? Sini-sini, MinBi kasih tahu!

    • Usia maksimal 35 tahun untuk S2, dan maksimal 40 tahun untuk S3;
    • IPK minimal 3,00 untuk S2, dan minimal 3,25 untuk S3;
    • Skor TOEFL iBT min. 80, PTE Academic min. 58, IELTS min. 6.5 untuk S2;
    • Skor TOEFL iBT min. 94, PTE Academic min. 65, IELTS min. 7.0 untuk S3;
    • Biodata diri;
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    • Scan ijazah dan transkrip nilai;
    • Dokumen penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kemendikbud Ristek/Kementerian Agama;
    • Letter of acceptance (LoA) unconditional yang masih berlaku dan sesuai dengan perguruan tinggi serta program studi yang dipilih;
    • Surat rekomendasi;
    • Surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran;
    • Esai komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia;
    • Proposal penelitian (khusus Doktor);
    • Publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non-kejuaraan, dan pengalaman organisasi.

Persiapkan semuanya dari sekarang, yuk! Jangan lupa buat daftar kampus LPDP luar negeri biar kamu bisa skip Tes Skolastik.

 

Manifesting kamu bisa jadi next Awardee LPDP tahun depan. Semoga berhasil meraih impianmu, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini