6 Universitas Luar Negeri Dengan Jurusan Psikologi Terbaik!

Share:

kobi education-universitas luar negeri dengan jurusan psikologi terbaik-gambar ruang kelas auditorium kuliah yang sedang digunakan

Tertarik belajar psikologi? Coba daftar universitas luar negeri dengan Jurusan Psikologi terbaik, deh! Biar ilmu kamu makin update!

 

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pikiran, otak, dan perilaku manusia. Bidang studi ini enggak pernah kehilangan peminat, justru terus meningkat dari tahun ke tahun.

 

Tertarik mendalami Psikologi di luar negeri? Intip list kampus-kampus terbaiknya, yuk!

Kenapa Belajar Psikologi di Kampus Luar Negeri?

Jurusan Psikologi kampus negara lain, seperti Amerika Serikat dan Inggris memiliki kurikulum berbeda

 

Bidang Studi Psikologi Indonesia rata-rata berfokus pada Psikologi Klinis, Industri, Pendidikan, serta Sosial. Sementara, Bidang Psikologi Internasional menawarkan spesialisasi lebih unik, seperti Konseling, Family Therapy, dan lain sebagainya.

 

Kalau beruntung, kamu berkesempatan terlibat dalam penelitian Psikologi modern bersama para pakar internasional, lho! Keren banget, kan?

 

Fasilitas di sana juga lebih mendukung untuk belajar Psikologi. Mulai dari laboratorium canggih hingga perpustakaan super lengkap. 

 

Belajar di negeri asing memberikan kamu pengalaman dalam berinteraksi dan memahami berbagai budaya. Hal ini sangat penting dalam praktik Psikologi, terutama Psikologi Klinis, Organisasi, dan Sosial.

 

Setelah lulus, kamu bisa mendapatkan gelar yang diakui secara internasional. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas kamu sebagai seorang Psikolog. 

 

Enggak kalah penting, kamu juga bisa menambah relasi profesional dengan sesama mahasiswa dari seluruh dunia. Jadi lebih gampang buat bangun karir!

6 Universitas Luar Negeri Terbaik untuk Jurusan Psikologi

1. Harvard University

Berdasarkan QS World University Ranking 2023, Harvard University adalah universitas luar negeri dengan Jurusan Psikologi terbaik dunia, lho!

 

Studi Psikologi di Harvard University pertama kali dibuka pada akhir tahun 1800-an oleh William James, seorang sejarawan sekaligus Psikolog dari Amerika Serikat.


Universitas Harvard menawarkan G
elar Sarjana (Bachelor of Arts), Magister (Master of Arts), serta Doktor (Doctor of Philosophy) di Bidang Psikologi


Jurusan ini terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:

    • Kognitif, Perkembangan, dan Klinis – Mempelajari proses mental, perkembangan manusia, serta gangguan psikologis;
    • Sosial Kepribadian – Mempelajari interaksi sosial, emosi, motivasi, serta kepribadian manusia;
    • Biologis dan Perilaku – Mempelajari hubungan antara otak, tubuh, serta perilaku manusia.


Beberapa tokoh terkenal pada bidang Psikolog berasal dari universitas ini, seperti B.F. Skinner, Gordon Allport, Jerome Bruner, Henry Murray, dan George Miller.

2. University of Oxford

Urutan kedua Jurusan Psikologi terbaik ditempati oleh University of Oxford, Inggris Raya.


Kalau berkuliah di sini, kamu akan mendapatkan Gelar
Bachelor of Arts (BA) untuk Jenjang S1, Master of Science (MSc) atau Master of Philosophy (MPhil) bagi Jenjang S2, dan Doctor of Philosophy (DPhil) untuk Jenjang S3.


Enggak usah khawatir sama fasilitas, karena semuanya lengkap dan modern! 


Universitas Oxford
memiliki Laboratorium Eksperimen, Laboratorium Neuroimaging, Laboratorium Psikofisika, Laboratorium Psikologi Perkembangan, Laboratorium Psikologi Sosial, dan masih banyak lagi.


Belum lagi perpustakaan yang menampung ratusan buku, jurnal, serta bahan bacaan lainnya. Surga ilmu banget, kan?

3. University of Cambridge

Salah satu universitas tertua di dunia ini menduduki peringkat ketiga dalam Bidang Psikologi, lho!

 

Geoffrey Beattie dan Thalia Eley, Psikolog paling berpengaruh merupakan lulusan dari universitas ini.

 

Laboratorium Psikologi Cambridge merupakan Laboratorium Psikologi pertama di Inggris, didirikan pada 1912 oleh C.S. Myers. 

 

Departemen ini memiliki pusat penelitian kelas dunia, seperti Centre for Brain and Cognition, Centre for Developmental Psychology, serta Centre for Social and Organizational Psychology.

 

Program Psikologi University of Cambridge terdiri dari tiga jenjang, yaitu BA Ilmu Psikologi, MPhil Psikologi, dan PhD Psikologi.

4. Stanford University

Next, ada kampus Gelar Master-nya Maudy Ayunda, nih! Yap, Stanford University!

 

Program Psikologi Universitas Stanford didirikan pada 1892, menjadikannya sebagai yang tertua di Amerika Serikat.

 

Jurusan ini telah menghasilkan banyak Psikolog terkemuka, seperti Walter Mischel, Albert Bandura, Carol Dweck, dan Benoît Monin.

 

Mahasiswa yang menyelesaikan program sarjana akan mendapatkan Gelar Bachelor of Arts (BA). Sementara, program pascasarjana akan mendapatkan Gelar Master of Arts (MA) atau Doctor of Philosophy (PhD).

5. University College London (UCL)

UCL Division of Psychology and Language Science adalah Departemen Psikologi dan bahasa terbesar di Inggris. 


Divisi ini merupakan bagian dari
UCL’s Faculty of Brain Science, fakultas terbesar di School of Life and Medical Science, salah satu pusat penelitian biomedis terbesar dunia.


Akreditasinya ditetapkan oleh
British Psychological Society (BPS). Artinya, setelah lulus, kamu akan mendapatkan akses lisensi untuk mendaftar sebagai psikolog di Inggris.

6. Yale University

Mau kuliah Psikologi di Kampus Ivy League? Yale University bisa jadi pilihan kamu!

 

Studi Psikologi di universitas tertua ketiga Amerika Serikat ini berfokus pada lima bidang utama, yaitu kognitif, klinis, perkembangan, sosial/kepribadian, dan ilmu saraf.

 

Program studi ini mempelajari berbagai topik, seperti Psikologi Klinis, Kognitif, Perkembangan, Neuroscience, serta Sosial Kepribadian.

Itulah dia universitas luar negeri dengan Jurusan Psikologi terbaik di dunia. Kamu mau masuk kampus yang mana, nih? 

 

Apa pun pilihanmu, jangan ragu meraih mimpi, ya! Banyak kesempatan beasiswa terbuka lebar buat kamu study abroad. Yuk, persiapkan diri dari sekarang!

 

Semoga berhasil!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini