Bedanya TOEFL iBT dan ITP Yang Wajib Kamu Ketahui!

Mau tes TOEFL untuk study abroad? Kamu harus tau dulu nih bedanya TOEFL iBT dan ITP! Yuk langsung aja simak info selengkapnya!

Share:

kobi education-bedanya toefl ibt dan itp-gambar tumpukan bahasa inggris

Istilah TOEFL tentu enggak asing lagi bagi orang-orang yang belajar bahasa Inggris dan para Scholarship Hunters. Tes ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ITP dan IBT. Tapi, apa sih bedanya TOEFL IBT dan ITP?

 

Punya kemampuan Bahasa Inggris memang bisa jadi poin plus, apalagi buat kamu yang mau daftar beasiswa ke luar negeri. Salah satu tes kemampuan Bahasa Inggris yang paling sering disyaratkan adalah TOEFL. 

 

Yuk, kita bahas lebih detil tentang apa bedanya TOEFL IBT dan ITP!

Apa Itu TOEFL iBT?

Internet Based Test (IBT) merupakan jenis tes yang dilakukan secara daring atau online yang memanfaatkan koneksi Internet. 

 

iBT merupakan teknologi baru sebagai pengganti Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Jenis tes ini kerap disebut juga sebagai next generation TOEFL.

 

Tes ini umumnya digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mendaftar universitas, baik di dalam maupun luar negeri, atau pekerjaan di perusahaan internasional.

Apa Itu TOEFL ITP?

TOEFL ITP (Institutional Testing Program) merupakan jenis tes yang masih menggunakan kertas dalam pengerjaannya. TOEFL ITP cukup banyak digunakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. 

 

TOEFL ITP biasanya digunakan untuk mengukur kemampuan pribadi, masuk perguruan tinggi, sebagai syarat lulus kuliah, mendaftar pekerjaan, atau bisa juga untuk mendaftar beasiswa.

Ternyata Ini Nih Bedanya TOEFL iBT dan ITP

1. Cakupan

Ada lebih dari 9,000 institusi yang menerima sertifikat TOEFL iBT sebagai salah satu syarat pendaftaran beasiswa, termasuk Kanada dan Amerika Serikat.

 

Sementara itu, TOEFL ITP biasanya berlaku hanya di institusi tertentu dan beberapa negara, umumnya di Asia.

2. Jenis Tes Yang Diujikan Serta Waktu Pengujian

Pada iBT, pengerjaan tes berupa reading, listening, writing, bahkan juga speaking.
 
Sedangkan untuk ITP, pengujian yang diberikan lebih sederhana lagi, yaitu meliputi structure and written expression, learning comprehension; vocabulary and reading comprehension.
 
Waktu pengerjaan iBT cenderung lebih lama, yaitu reading maksimal 72 menit, listening maksimal 57 menit, speaking yakni 17 menit, dan writing yakni 50 menit.
 
Jadi untuk pengerjaan iBT, rata-rata menghabiskan waktu 3,5 jam. Jika ITP terbagi menjadi listening comprehension selama 35 menit, structure & written expression selama 25 menit; reading comprehension selama 55 menit.

3. Rentang Skor

Untuk skor penilaian, range skor iBT adalah 0 hingga 120, yang terbagi menjadi listening dari 0 sampai 30, speaking dari 0 sampai 30, reading dari 0 sampai 30, dan writing dari 0 sampai 30.
 
Sementara total skor ITP yakni kisaran antara 330 hingga 667 untuk keseluruhan pengujian.

4. Biaya Tes

Biaya yang dikeluarkan untuk iBT biasanya jauh lebih mahal dibanding dengan ITP.
 
Umumnya, ITP hanya sekitar Rp500.000 hingga Rp700.000, sementara biaya IBT bisa mencapai Rp3.300.000.
 
Perbedaan keduanya secara keseluruhan bisa dilihat dalam tabel di bawah ini:
 
Jenis TOEFLCakupanMateri TesRentang SkorHarga Tes
iBT (Internet-Based Test)9,000 institusi dan populer untuk yang melanjutkan studi ke Kanada dan USReading, listening, speaking, dan writing0-120Rp3.300.000
ITP (Institutional Testing Program)Berlaku hanya di institusi tertentu dan beberapa negara umumnya AsiaStructure & written expression, learning comprehension, dan vocabulary & reading comprehension330-667Rp500.000 – Rp700.000
 

Nah, itu dia penjelasan tentang bedanya TOEFL iBT dan ITP!

Walaupun dikeluarkan oleh lembaga yang sama, yaitu ETS (Educational Testing Service), tapi keduanya berbeda dari segi tujuan, cakupan negara, jenis tes, hingga biayanya.

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini