7 Beasiswa Turki 2024 Tanpa TOEFL, Info Lengkapnya!

Daftar beasiswa ke non-english country, tapi ada syarat TOEFL-nya? Tenang! Ada sejumlah beasiswa Turki 2024 tanpa TOEFL yang bisa kamu apply!

Share:

kobi education-beasiswa turki 2024 tanpa toefl-gambar masjid berwarna biru di istanbul turki

Mau daftar beasiswa ke negara non-english, tapi kok ada syarat TOEFL-nya? MinBi sering banget, nih, dengar keluhan ini. Tenang… ada sejumlah beasiswa Turki 2024 tanpa TOEFL yang bisa kamu apply, lho!

 

Negara yang berada di persimpangan Eropa dan Asia ini menawarkan pengalaman berkuliah yang unik karena kombinasi budaya, sejarah memesona, plus pendidikan tinggi berkualitas.

 

Apalagi, banyak beasiswa kuliah ke Turki yang memberikan kemudahan pendaftaran, salah satunya tanpa skor TOEFL.

 

Kira-kira apa saja, ya, beasiswanya? Simak informasi berikut ini, yuk!

List Beasiswa Turki 2024 Tanpa TOEFL dan Tanpa IELTS

1. Turkiye Burslari Scholarship

Pendaftaran: 10 Januari–20 Februari 2024

Jenjang: S1/S2/S3


Buat kamu yang pengen banget kuliah di Turki, wajib daftar Turkiye Burslari Scholarship!


Turkiye Burslari Scholarship
merupakan program beasiswa penuh dari Pemerintah Turki untuk pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Turki, baik untuk Program Sarjana (S1), Master (S2), maupun Doktoral (S3).


Selain tanpa syarat TOEFL atau IELTS, pendaftaran Turkiye Burslari juga
tanpa LoA dan pengalaman kerja, lho! Kamu juga diberikan kebebasan memilih 12 universitas dalam formulir aplikasi online.


Eitss… meski enggak butuh TOEFL/IELTS saat pendaftaran, kamu tetap harus menyiapkannya untuk berjaga-jaga bila diminta oleh kampus tujuan.


Apa aja, ya, fasilitasnya?

    • Bebas biaya kuliah;
    • Kursus Bahasa Turki selama 1 tahun;
    • Tiket pesawat pulang-pergi;
    • Biaya hidup per bulan sebesar 1700 TL untuk mahasiswa S1, 2.400 TL untuk mahasiswa S2, 3.000 TL untuk mahasiswa S3;
    • Akomodasi berupa asrama mahasiswa untuk S1. Mahasiswa S2/S3 juga berhak tinggal di asrama selama 1 tahun pertama dan menyewa akomodasi dengan tunjangan 2.000 TL untuk tahun-tahun berikutnya;
    • Asuransi kesehatan.

2. Diyanet Scholarship

Pendaftaran: 15 Januari–28 Februari 2024

Jenjang: S2/S3

 

Diyanet Scholarship merupakan program beasiswa yang disediakan oleh Turkiye Diyanet Foundation untuk siswa internasional, termasuk dari Indonesia. Beasiswa ditujukan untuk Program Pascasarjana, yaitu S2 dan S3. 

 

Beasiswa terbuka untuk semua program studi, tetapi lebih diutamakan yang terkait dengan Studi Islam dan Teologi.

 

Tenang… untuk mendaftar Diyanet Scholarship kamu enggak perlu menyiapkan skor TOEFL atau IELTS, kok. Tapi, kamu tetap harus menyiapkannya untuk berjaga-jaga.

 

Fasilitas beasiswa ini mencakup:

    • Biaya kuliah penuh;
    • Biaya hidup bulanan;
    • Akomodasi;
    • Tiket pesawat pulang-pergi;
    • Asuransi kesehatan.

3. ESED Scholarship

Perkiraan Pendaftaran: Januari–April 2024

Jenjang: S2

 

ESED (Education for Sustainable Energy Development) Scholarship adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP) untuk calon mahasiswa dari negara berkembang, termasuk Indonesia.

 

Kamu bebas memilih universitas di seluruh dunia, termasuk Turki. Asalkan, program studinya terkait dengan pembangunan energi berkelanjutan, seperti Energi Zero-Carbon, Transportasi Listrik, Penyimpanan Energi, Kebijakan Publik, Ekonomi, dan bidang relevan lainnya.

 

ESED Scholarship memberikan fasilitas berupa tunjangan senilai $10.000 (sekitar Rp155,5 juta) per tahun untuk masa studi hingga dua tahun.

4. CIMB ASEAN Scholarship

Perkiraan Pendaftaran: Mei–Juni 2024

Jenjang: S1/S2

 

Beasiswa CIMB ASEAN merupakan program beasiswa penuh dari CIMB untuk pelajar dari negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia yang ingin studi Bidang Keuangan dan Perbankan.

 

Universitas tujuan beasiswa harus di negara pilihan CIMB, yang salah satunya adalah Turki.

 

Fasilitas CIMB ASEAN Scholarship mencakup:

    • Biaya pendidikan penuh;
    • Laptop;
    • Biaya buku;
    • Tunjangan akomodasi;
    • Biaya hidup bulanan;
    • Biaya aplikasi visa;
    • Tiket pesawat pulang-pergi;
    • Jaminan pekerjaan di CIMB setelah lulus.

5. Istanbul Ticaret University Scholarship

Perkiraan Pendaftaran (Berdasarkan Tahun-Tahun Sebelumnya): November–Desember 2024

Jenjang: S2/S3

 

Istanbul Ticaret University Scholarship merupakan program beasiswa Turki tanpa TOEFL yang menyediakan beasiswa penuh (100%) dan parsial (75%, 50%, 25%). 

 

Beasiswa terbuka bagi mahasiswa internasional yang ingin mengambil Gelar Master (S2) dan Doktoral (S3). 

 

Fasilitas beasiswa hanya mencakup biaya kuliah, enggak termasuk akomodasi, biaya hidup, tiket pesawat, dan lain-lain. 

 

Bagi pelamar yang memilih program studi berbahasa Turki, kamu enggak wajib melampirkan Sertifikat TOEFL/IELTS. Tapi, kamu harus memiliki IPK minimal 3,5/4 dan lolos seleksi wawancara.

List Beasiswa Turki 2024 Tanpa TOEFL

1. Beasiswa Erasmus Mediterranean Forestry and Natural Resources Management (MEDfOR)

Pendaftaran: 20 September 2023 – 1 Maret 2024

Jenjang: S2

 

Beasiswa Erasmus MEDfOR (Mediterranean Forestry and Natural Resources Management) adalah Program Erasmus yang berfokus pada kehutanan dan pengelolaan sumber daya alam.

 

Beasiswa terbuka untuk kandidat dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, yang memiliki Gelar Sarjana di Bidang Kehutanan, Manajemen Sumber Daya Alam, Ilmu Biologi, Ilmu Lingkungan dan Bumi, Biokimia, dan bidang terkait lainnya.

 

Universitas tujuan beasiswa ini, antara lain: 

    • Universidade de Lisboa (Portugal); 
    • University of Padova (Italia); 
    • University of Lleida (Spanyol); 
    • University of Valladolid (Spanyol); 
    • Karadeniz Technical University (Turki);
    • University of Tuscia (Italia).

 

Erasmus MEDfOR Scholarship memang enggak membutuhkan skor TOEFL, tapi kamu tetap harus membuktikan kemampuan Bahasa Inggris melalui IELTS minimal 5.0.

 

Kamu dikecualikan melampirkan Sertifikat IELTS jika merupakan penutur asli Bahasa Inggris atau mengambil Gelar Sarjana di perguruan tinggi berbahasa Inggris.

 

Beasiswa Erasmus MEDfOR mencakup biaya pendidikan dan tunjangan hidup bulanan.

2. Beasiswa Erasmus Play, Education, Toys, and Languages (PETaL)

Perkiraan Pendaftaran: September–Desember 2024

Jenjang: S2

 

Beasiswa PETaL (Play, Education, Toys, and Languages) merupakan Program Master Erasmus Mundus yang berfokus pada pendidikan anak usia dini.

 

Universitas tujuan beasiswa ini, yaitu University of Cordoba (Spanyol), Politecnico de Lisboa (Portugal), dan University of Marmara (Turki).

 

Beasiswa PETaL enggak membutuhkan TOEFL, tapi kamu tetap harus melampirkan bukti kemampuan Bahasa Inggris berupa IELTS minimal 5,5.

 

Keuntungan beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, dan asuransi kesehatan.

Tips Lolos Jadi Awardee Beasiswa Turki 2024

1. Pilih Jurusan dan Universitas yang Tepat

Lakukan riset mendalam tentang jurusan dan universitas di Turki yang sesuai dengan minat, latar belakang akademis, dan rencana kariermu. Jangan asal pilih, ya.

 

Mulai tanya ke diri sendiri: Bidang studi apa yang mau aku pelajari?

 

Enggak harus selinier dengan bidang studi sebelumnya, kok. Kamu boleh lintas jurusan, tapi pastikan lagi apakah itu diperbolehkan oleh kampus tujuanmu, ya!

 

Pastikan juga universitas itu menerima beasiswa yang kamu incar.

2. Persiapkan Dokumen Dengan Baik

Dokumen aplikasi beasiswa, seperti transkrip nilai, surat rekomendasi, esai, dan CV harus dipersiapkan dengan baik. Beri waktu minimal 3 bulan sebelum pembukaan pendaftaran beasiswa.

 

Pastikan dokumen-dokumen ini menunjukkan keunggulan akademis dan kualifikasi relevan lain dengan beasiswa yang kamu lamar.

 

Biar enggak ada yang terlewat, kamu bisa bikin ceklis semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Ketinggalan satu dokumen aja bisa bikin peluang lolosmu semakin kecil, lho.

 

Perhatikan juga batas waktu pengajuan, format pengiriman dokumen, dan kriteria seleksi.

3. Tunjukkan Kepemimpinan dan Kegiatan Ekstrakurikuler

Tim penyeleksi lebih menyukai pelamar yang melampirkan bukti pernah mengikuti kegiatan sosial atau ekstrakurikuler, lho. Apalagi kalau kamu menjadi pemimpin dalam kegiatan tersebut.

 

Berbagai kegiatan sosial, seperti menjadi panitia bakti sosial, anggota karang taruna, atau ikut organisasi sukarela di kampus bisa jadi poin plus. Enggak linear dengan jurusan pilihanmu juga boleh, kok.

4. Ajukan Beasiswa Lebih dari Satu

Jangan cuma fokus ke satu beasiswa aja. Usahakan daftar ke beberapa beasiswa sekaligus, ya. Ini bisa buka peluang lebih besar buat kamu berhasil mendapatkan beasiswa ke Turki.

 

Tapi, tiap aplikasi beasiswa harus kamu kerjakan dengan serius dan teliti. Jangan asal-asalan hanya karena kamu telah daftar banyak. Perhatikan baik-baik semua persyaratannya, ya MinBi.

5. Siapkan Wawancara

Setelah menyiapkan aplikasi pendaftaran beasiswa, ada satu hal lagi yang enggak kalah penting untuk disiapkan. Yap, seleksi wawancara!

 

Jangan nunggu diterima lolos seleksi administrasi dulu, baru kamu mulai persiapan dan latihan wawancara. Ingat, jarak waktu pengumuman lolos administrasi dengan tanggal wawancara itu sempit, lho!

 

Apa aja yang harus kamu persiapkan?

 

Pertama, kamu harus paham betul tentang apa yang mau dipelajari di Turki. Maksudnya, kamu harus bisa menjelaskan kenapa kamu pilih jurusan atau universitas tersebut.

 

Kedua, kamu juga harus bisa memberikan alasan kenapa memilih Turki sebagai tempat studi. Alasan tersebut sebaiknya berkaitan dengan kualitas pendidikan di sana, budaya, hingga peluang karir.

 

Ketiga, pikirkan kontribusi setelah lulus. Ini berkaitan dengan karir, bagaimana kamu bisa memanfaatkan ilmu selama perkuliahan untuk membantu masyarakat atau sektor tertentu.

Itulah dia sejumlah beasiswa Turki 2024 tanpa TOEFL yang bisa kamu apply

 

Meski enggak butuh TOEFL, kamu tetap harus mempersiapkan syarat-syarat lain, seperti esai, surat rekomendasi, legalisir ijazah, atau CV. Segera persiapkan semuanya dari sekarang, ya!

 

Semoga berhasil meraih impianmu kuliah di Turki, ya, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini