12 Tips Lolos Beasiswa Turkiye 2024 Yang Ga Banyak Orang Tau

Share:

kobi education-tips lolos beasiswa turkiye-gambar masjid istanbul di siang hari

Pembukaan pendaftaran Turkiye Burslari Scholarship 2024 tinggal menghitung bulan, nih! Biar persiapan kamu lebih maksimal, ketahui dulu tips lolos Beasiswa Turkiye!

 

Beasiswa kuliah ke Turki ini jadi incaran para Scholarship Hunter setiap tahun. Apalagi, Turkiye Burslari Scholarship yang ngasih banyak banget benefit ke para Awardeenya.

 

Nah, kalau kamu mau ikutan jadi Awardee tahun 2024, intip informasi berikut ini, yuk!

Sekilas Tentang Beasiswa Turkiye Burslari 2024

Turkiye Burslari Scholarship merupakan program beasiswa penuh dari pemerintah Turki untuk mahasiswa internasional, termasuk Indonesia untuk melanjutkan studi Jenjang S1/S2/S3 di sana.


Beasiswa ini menjaring banyak peminat sejak awal diresmikan, 2012 silam. Pada tahun tersebut, tercatat ada 40.000 pendaftar. Hingga tahun 2023, jumlah pendaftar naik mencapai 117.000 dari 162 negara. Keren banget, kan?


Pendaftaran biasanya dibuka awal tahun, mulai bulan
Januari hingga Februari. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya!

Tips Lolos Beasiswa Turkiye 2024 Yang Harus Kamu Tahu!

1. Komitmen Sebelum Mendaftar

Kak Fachruqi Waris, Awardee Turkiye Burslari Scholarship, bilang kalau kita harus berkomitmen dulu sebelum memutuskan menjadi Scholarship Hunter. Bukan sekadar ikut-ikutan atau pengen kelihatan keren aja, ya.


Jadikan ajang mencari beasiswa ini sebagai
prioritas utama kamu. Nah, kalau udah jadi prioritas, kamu bakal lebih semangat dan tahan banting menghadapi semua prosesnya.

2. Tentukan Jurusan dan Universitas Tujuan

Pilih jurusan dan universitas tujuan yang sesuai minat serta tujuan kariermu. Jangan asal pilih, ya. 

 

Kamu bisa mulai bertanya ke diri sendiri: Bidang studi apa yang mau aku pelajari?

 

Enggak harus selinier dengan bidang studi sebelumnya, kok. Tapi, pastikan lagi apakah itu diperbolehkan oleh kampus tujuanmu, ya!

 

Oya, buat kamu yang berasal dari kampus Islam, beberapa universitas di Turki menawarkan bidang studi keislaman, lho. Mereka juga sering menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Menarik banget, kan? 

3. Aktif Dalam Kegiatan Sosial

Kak Didik dan Kak Nilam, Awardee Beasiswa Turkiye Burslari, sama-sama menekankan buat aktif dalam kegiatan sosial selama bersekolah atau kuliah di Indonesia.


Tim penyeleksi menyukai para pelamar yang melampirkan
sertifikat atau bukti pernah mengikuti kegiatan sosial, lho. 


Berbagai kegiatan sosial, seperti menjadi panitia bakti sosial, anggota karang taruna, atau ikut organisasi sukarela di kampus bisa jadi poin plus. Enggak linear dengan jurusan pilihanmu juga boleh, kok.

4. Kuasai Bahasa Inggris

Beasiswa Turkiye Burslari memang enggak mewajibkan pelamar melampirkan sertifikat IELTS/TOEFL. Tapi, semua proses pendaftaran, mulai dari seleksi berkas hingga wawancara itu menggunakan Bahasa Inggris.


Jadi, lebih baik pelajari bahasa Inggris untuk
keperluan pendaftaran dan urusan kehidupanmu selama di sana. 


Beberapa universitas di Turki juga sering kali meminta sertifikat Bahasa Inggris
setelah kamu diterima beasiswa, lho. So, enggak ada salahnya buat mempersiapkan diri, kan?

5. Persiapkan Persyaratan Dokumen Dengan Baik

Karena persiapan dokumen itu memakan waktu lama, jadi kamu harus beri waktu minimal 3 bulan sebelum pembukaan pendaftaran.

 

Selama periode waktu tersebut, urus segala dokumen, seperti membuat esai/LOI, minta surat rekomendasi, menerjemahkan ijazah dan transkrip akademik ke dalam Bahasa Inggris, mengumpulkan sertifikat dan bukti-bukti prestasi, dan lain-lain.


Bikin ceklis semua persyaratan dokumen yang diperlukan agar enggak ada yang terlewat. Kelengkapan dokumen itu sangat memengaruhi seleksi administrasi, lho.

6. Bikin LOI Yang Menarik

Letter of Intent (LOI) adalah salah satu bentuk esai yang diperlukan dalam proses pendaftaran beasiswa Turki. LOI sering disebut juga sebagai motivation letter.


LOI harus menjelaskan
aktivitas akademik dan sosial yang berhubungan dengan jurusan/bidang pilihan, alasan kuliah di Turki, serta seberapa penting rencana masa depan kamu terhadap studi dan beasiswa Turki dan/atau terhadap suatu permasalahan di Indonesia dan/atau Turki.


Kak Nilam memberikan tips lolos Beasiswa Turkiye Burslari melalui LOI, nih!

    • Buat Kalimat Pertama Yang Menarik – Penyeleksi belum tentu membaca LOI kita dari awal sampai akhir. Oleh karena itu, bikin kalimat atau paragraf pertama yang menarik agar mereka tertarik membaca sampai akhir;
    • To the PointJangan terlalu banyak pakai kata kiasan atau berlebihan;
    • Perhatikan Jumlah Karakter – Maksimal 3.000 karakter;
    • Menulis LOI Dalam Waktu Lama itu Normal – Dalam menulis, jiwa kita harus tertuang di LOI. Buat serapih mungkin agar flow tulisan nyaman dibaca;
    • Just be YouKamu punya keunikan yang membedakan dirimu dari pelamar lain. Jangan mengikuti cara orang lain, tetap jadi orisinil.

7. Tampilkan Prestasi

Saatnya unjuk prestasi! Penyelenggara beasiswa punya pertimbangan khusus bagi pelamar yang memiliki prestasi, pencapaian, atau kontribusi selama menempuh pendidikan sebelumnya, lho.

 

Untuk itu, kamu sebaiknya menambahkan berbagai pencapaian, karya, atau proyek relevan dengan bidang studi pilihan. 

 

Ini boleh berupa sertifikat, piagam-piagam penghargaan, artikel yang dipublikasikan di media cetak atau online, buku yang telah diterbitkan, dan lain sebagainya.

8. Tunjukkan Hobi dan Skill

Kak Nilam bilang, tim penyeleksi itu tertarik kepada karakter personal kamu. Nah, karakter itu bisa ditunjukkan melalui hobi dan special talent atau skill.

 

Untuk hobi, tuliskan minatmu terhadap sesuatu, dan apa kegiatan yang kamu lakukan. Bila perlu, hubungkan hobi dengan jurusan pilihanmu.

 

Misalnya, kamu tertarik pada seni dan literasi. Maka, untuk menyalurkan minat itu, kamu melakukan hobi membaca, melukis, fotografi, dan membuat film. 

 

Kamu juga ikut klub pembuat film di sekolah. Akhirnya, kamu semakin tertarik dan ingin mempelajarinya lebih lanjut di perkuliahan.

 

Sementara untuk special talent, tuliskan kemampuanmu dan pengalamanmu mendemonstrasikan itu.

 

Misalnya, kamu berbakat membaca puisi atau membuat film pendek. Untuk membuktikan kemampuan, kamu akhirnya mengikuti berbagai perlombaan.

9. Bikin Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi juga salah satu faktor penentu keberhasilan, lho. 

 

Surat rekomendasi itu harus bersifat personal. Jadi, minta bantuan Guru, Dosen, atau atasan di tempat kerja yang pernah bekerja langsung denganmu. 

 

Hubungi mereka dari jauh-jauh hari sebelum pembukaan pendaftaran, ya. Jangan mepet! Mereka juga punya kesibukan lain dan tidak selalu bisa membuatkan surat rekomendasi hari itu juga.

 

Kamu boleh mengingatkan secara berkala agar mereka enggak lupa. Tapi, jangan terlalu memaksa, apalagi sampai mengganggu keseharian mereka. Minta tolong dengan sopan, ya!

10. Buat Portofolio untuk Wawancara

Wawancara itu tahap akhir seleksi. Nah, kalau sudah lolos sampai tahap ini, kamu harus benar-benar mempersiapkan diri.

 

Mulai dari memperkirakan pertanyaan, menyusun jawaban, hingga latihan simulasi wawancara. Selain itu, enggak kalah penting juga buat menyiapkan portofolio.

 

Portofolio itu bukan cuma buat Jurusan Seni aja, lho! Jurusan-jurusan lain, seperti bisnis atau bahasa juga bisa menyiapkan portofolio. 

 

Pada saat wawancara, kamu bisa unjuk diri dengan menjelaskan portofolio tersebut. Misalnya, alasan kamu membuat karya atau proyek itu, proses pembuatannya, hingga hasilnya.

 

Intinya, semakin kreatif kamu menjual diri, tim penyeleksi akan semakin tertarik.

11. Minta Bantuan Mentor

Yap! Dalam proses persiapan beasiswa, kita butuh Mentor yang bisa mendukung dan memberikan bantuan. 

 

Mentor ini bisa dari Awardee sebelumnya, Dosen, Guru, atau orang-orang berpengalaman lain.

 

Dengan memiliki Mentor, kamu bisa bertanya dan menghindari kesalahan-kesalahan saat proses pendaftaran beasiswa.

12. Minta Doa dan Restu Orang Tua

Kak Nazihah, yang juga seorang Awardee, memberi pesan untuk minta doa dan restu orang tua selama proses pendaftaran.


Melalui doa dan restu, proses pendaftaran kita akan lebih maksimal dan mendapatkan hasil terbaik.

Itulah dia sejumlah tips lolos Beasiswa Turkiye 2024 yang bisa kamu terapkan. Manifesting kita bisa jadi Awardee tahun depan, yuk!

 

Semoga berhasil meraih impianmu, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini