Beasiswa Chevening 2023 Dibuka! Apakah Kamu Sudah Siap?

Share:

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa S2 dari Pemerintah Inggris untuk calon mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi Master di Inggris/UK. 

 

Setiap tahunnya, Chevening menerima 50-60 Awardee di Indonesia untuk mendapatkan pembiayaan studi S2 di Inggris/UK. 

 

Tertarik daftar? Simak info lengkapnya!

Beasiswa Chevening 2023 Resmi Dibuka September Ini!

Chevening merupakan beasiswa luar negeri yang terbilang favorit karena pendaftar tidak ada batasan usia, tidak harus memiliki LoA, hingga tidak mensyaratkan skor IELTS di awal pendaftaran. 

 

Buat kamu yang menunggu-nunggu tanggal pembukaannya, ada kabar gembira, nih! Melansir dari laman resmi Chevening, beasiswa tujuan UK ini akan kembali membuka buka pendaftaran di tanggal 12 September 2023 mendatang.

 

For your information, proses seleksinya, mulai dari batas waktu aplikasi hingga pendaftar dinyatakan diterima menjadi Awardee, akan memakan waktu kurang lebih delapan bulan. 

 

Jadi yuk siapkan diri dan catat tanggal pentingnya supaya tidak ketinggalan informasi, ya!

Syarat Beasiswa Chevening Yang Perlu Kamu Ketahui

Layaknya beasiswa pada umumnya, tentu ada beberapa syarat umum yang harus kamu penuhi sebagai pelamar, di antaranya:

  • Memiliki gelar sarjana dengan predikat setara IPK 3,33 – 3,67
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun atau setara dengan 2,800 jam
  • Belum pernah mendapatkan beasiswa Pemerintah UK
  • Mendaftar di tiga universitas berbeda di UK dan program studi yang terdaftar di https://www.chevening.org/scholarships/find-a-course/
  • Wajib kembali ke negara asal minimal 2 tahun setelah lulus

 

Sementara persyaratan dokumennya, antara lain:

  • Paspor/KTP
  • Ijazah
  • Transkrip nilai
  • Dua surat rekomendasi (boleh menyusul)
  • Menulis empat esai (100-500 kata) dengan tema:
    •  Leadership and influence
    •  Networking and relationship building
    •  Studying in UK
    •  Career plan

Deadline Pendaftaran Beasiswa Chevening 2023

Beasiswa favorit ini akan mulai buka pendaftaran di tanggal 12 September – 7 November 2023. Artinya, kamu punya waktu sekitar satu bulan lebih untuk mempersiapkan semua dokumen, menyusun esai, dan memastikan seluruh persyaratan telah terpenuhi.

 

Manfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya agar aplikasi kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk diterima! Selain itu, jangan menunda-nunda persiapan. Lebih cepat lebih baik, bukan? Maka dari itu, dari sekarang agar tidak terburu-buru mendekati deadline.

Tips dan Trik Supaya Kamu Sukses Dalam Persiapannya

Karena Chevening merupakan salah satu beasiswa favorit, strategi yang matang perlu kamu persiapkan supaya bisa bersaing dengan ribuan pelamar lainnya. 

Berikut adalah beberapa tips supaya kamu sukses dalam persiapannya:

1. Mulai Persiapan Sedini Mungkin

Tips pertama adalah memulai persiapan sedini mungkin. Lagi-lagi karena banyaknya jumlah peminat dan pastinya persaingan juga lebih ketat.

 

Dengan mempersiapkan diri jauh-jauh hari, kamu jadi memiliki banyak waktu untuk merevisi esaimeminta masukan, serta memperbaiki tiap detail yang menurutmu masih kurang oke.

 

Tak hanya dari segi dokumen, memulai persiapan lebih awal juga memungkinkan kamu untuk mempersiapkan secara mental, serta memiliki banyak waktu untuk riset universitas pilihan di Inggris.

2. Pahami Persyaratan dan Kriteria Seleksi

Setiap beasiswa memiliki syarat dan kriteria seleksi berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum daftar pastikan kamu telah memenuhi persyaratan umumnya terlebih dahulu. 

 

Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah pahami juga apa yang dicari oleh penyelenggara beasiswa. Dalam hal Chevening, beasiswa ini mencari Awardee yang memiliki hasratide, serta pengaruh untuk memberikan solusi, memiliki jiwa kepemimpinan, dan siap menjadi pemimpin di masa mendatang.

3. Buat Rencana Studi yang Jelas

Membuat rencana dengan terperinci juga penting dalam persiapan kamu untuk daftar Beasiswa Chevening 2023. Hal ini bisa dimulai dengan menjelaskan alasan logis mengapa kamu memilih program studi tersebut serta apa dampak positif untuk tujuan karirmu di masa depan

 

Rencana studi yang matang, bisa membuat penyelenggara beasiswa lebih yakin bahwa kamu memiliki visi jelas dan komitmen tinggi untuk masa depan kamu.

4. Perhatikan Esai dengan Seksama

Salah satu kunci lolos Chevening adalah kemampuan menulis esai berkualitas. 

 

Dalam menulis esai beasiswa, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, struktur esai harus rapi dan sistematis. Esai yang baik setidaknya harus memiliki alur yang jelas, mulai dari pendahuluan, isi, hingga penutup.

 

Selanjutnya, esai juga harus memuat tujuan dari penulisannya, misalnya salah satu tema esai yang disyaratkan chevening, yaitu career plan. Tentu saja esai tersebut harus menjawab secara konkret apa rencana karirmu di masa mendatang dengan alasan-alasan logis serta saling berkaitan.

 

Terakhir, jelaskan pula motivasi dibalik keinginan untuk mendapatkan beasiswa secara mendalam. Nah, dengan memperhatikan poin-poin tersebut, harapannya esai-mu akan jadi lebih berkualitas, mudah, dibaca, dan meningkatkan peluang lolos.

5. Berfokus pada Kontribusi

Salah satu aspek penting dalam proses seleksi adalah komitmen pelamar untuk memberikan kontribusi pada negara asal setelah menyelesaikan studi di Inggris. 

 

Untuk menunjukkan komitmen tersebut, kamu harus bisa menonjolkan kontribusi yang ingin diberikan setelah menyelesaikan studi dan kembali ke tanah air. 

 

Dengan menekankan kontribusi ini, kamu tidak hanya menunjukkan komitmen kamu sebagai calon pemimpin masa depan, tetapi juga memberikan gambaran jelas kepada penyelenggara beasiswa tentang bagaimana beasiswa ini akan memberikan dampak jangka panjang bagi perkembangan negara asal Awardee-nya kamu sebagai pelamar.

6. Tekankan Pengalaman Kepemimpinan

Tips sukses daftar Beasiswa Chevening 2023 terakhir adalah menekankan pada pengalaman kepemimpinan dan prestasi. Sebab, kedua hal tersebut kerap menjadi pertimbangan utama dalam seleksi beasiswa, khususnya Chevening.

 

Chevening tidak hanya menyaring calon Awardee yang cerdas secara akademik, tetapi juga berpotensi menjadi pemimpin masa depan di negara asalnya. Itulah mengapa menekankan kedua hal tersebut menjadi salah satu strategi jitu yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan peluang lolos seleksi. 

 

Meski bebas memamerkan pengalaman kepemimpinan dan prestasi, hindari kesan berlebihan, atau membesar-besarkan, ya. Sebaliknya, sampaikan dengan jujur, serta tunjukkan contoh konkret maupun logis bagaimana pengalaman tersebut telah membentuk karakter dan visi kepemimpinan kamu. 

 

Tidak perlu menunggu tanggal pembukaan, kamu bisa mulai persiapan dari sekarang untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Sehingga, di rentang 12 September – 7 November 2023 kamu hanya perlu mengecek kembali berkas yang telah disiapkan dan mengirimkan berkas tersebut ke laman resmi Chevening

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat kamu akses melalui laman https://www.chevening.org/.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi seluruh persyaratannya dan lakukan pendaftaran Beasiswa Chevening! Semoga berhasil!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini