Biaya Kuliah Universitas Osaka untuk Para Mahasiswa Indo S1-S3!

Penasaran sama biaya kuliah Universitas Osaka buat kamu yang mau lanjut Studi S1–S3 di sana? Yuk, cek informasi lengkapnya bareng MinBi!

Share:

kobi education-biaya kuliah universitas osaka-gambar logo osaka university

Jepang, dengan keunggulan teknologi dan budayanya yang kaya, menjadi magnet bagi pelajar internasional. Nah, Salah satu universitas yang sering menjadi incaran adalah Osaka University.

 

Tapi, sebelum memutuskan buat kuliah di sana, wajib banget nih cari tahu dulu detail biaya kuliah Universitas Osaka. Kira-kira, berapa ya yang perlu disiapkan buat kuliah dari S1 sampai S3 di sana? Yuk, kita bahas selengkapnya di artikel ini!

Biaya Kuliah Universitas Osaka Yang Harus Kamu Tahu!

Kalau kamu tertarik untuk study abroad di Universitas Osaka, salah satu universitas terbaik ke-86 di Dunia, penting banget buat memahami rincian biaya kuliahnya! 

Besaran tuition fee jadi banyak pertimbangan mahasiswa Indonesia ketika memilih universitas luar negeri. Dengan mengetahui berapa banyak uang yang harus dikeluarkan, kamu juga bisa melakukan persiapan finansial yang lebih matang!

Selain masalah cost, tentu ada banyak aspek lain yang jadi pertimbangan saat memilih universitas, mulai dari jurusan yang ditawarkan, ketersediaan beasiswa, dan lain sebagainya.

Nah, kalau kamu mau dapetin informasi seputar study abroad dan universitas luar negeri, langsung aja gabung di Grup Telegram Kobi!

Biaya Kuliah S1–S3 Osaka University

Sebelum masuk ke rincian biaya, penting banget buat tahu kalau program pascasarjana Hukum (Graduate School of Law) itu memang punya biaya tuition fee yang lebih tinggi dibanding program lain. 

 

Namun, untuk program lainnya, biaya kuliah Universitas Osaka seragam kok, baik untuk S1 maupun Pascasarjana (S2 & S3). Menariknya lagi, enggak ada perbedaan biaya antara mahasiswa lokal dan internasional!


Pada tahun pertama, kamu akan membayar tuition fee dan juga matriculation fee. Jadi, di tahun pertama studi, siap-siap mengeluarkan uang hingga sekitar Rp90 juta, atau sekitar Rp115 juta jika kamu mau masuk ke Graduate School of Law.

Tapi, jangan khawatir, Sob! Uang matrikulasi ini hanya perlu dibayar satu kali di awal studi dan biasanya dilakukan saat proses pendaftaran ulang. Setelah itu, kamu hanya perlu fokus membayar tuition fee tiap semester.

 

Nih, MinBi kasih tahu rinciannya!

 

Jenjang Pendidikan

Uang Matrikulasi

Tuition Fee Per Semester

Tuition Fee Per Tahun

Program S1

Rp29,7 juta

Rp28,2 juta

Rp56,6 juta

Program S2 & S3

Rp29,7 juta

Rp28,2 juta

Rp56,6 juta

Graduate School of Law (S2–S3)

Rp29,7 juta

Rp42,4 juta

Rp84,9 juta

Gimana, tertarik daftar setelah lihat rincian biaya kuliahnya? Atau masih bingung memilih jurusan yang cocok dengan passion atau prospek karier kamu?

Tenang aja! Expert Mentor Kobi siap bantu kamu dari awal proses persiapan study abroad. Mulai dari pemilihan jurusan, sampai persiapan Tes IELTS untuk meraih skor 6.5+ demi meningkatkan chance kamu diterima di universitas luar negeri!

Biaya Hidup di Osaka

kobi education-biaya kuliah universitas osaka-gambar kota osaka di malam hari

Biaya kehidupan sehari-hari di Osaka ini termasuk murah dibandingkan dengan prefektur Jepang lainnya, Sob! Sebagai mahasiswa internasional yang jauh dari kampung halaman, pasti ingin menekan pengeluaran, kan?

Kamu juga bisa cari kota-kota Jepang lainnya dengan living cost yang ramah di kantong mahasiswa untuk study abroad bareng Mentor Kobi! Yuk, temukan kota terbaik buat studi kamu dan mulai persiapan sekarang!

Biaya hidup pasti bervariasi untuk setiap orang. Semua kembali ke gaya hidup dan cara mengelola uang masing-masing.

 

Kalau tinggal sendiri di Osaka, perkiraan biaya hidup rata-ratanya mencapai sekitar Rp17,8 juta per bulan. Sementara jika membawa keluarga, rata-rata pengeluaran meningkat menjadi sekitar Rp47 juta per bulan. 

 

Biayanya itu mencakup apa aja, sih, MinBi?

 

Cakupannya banyak, Sob. Dari kebutuhan primer hingga tersier. Tapi, di sini MinBi mau share pengeluaran utama seperti housing, biaya transportasi, dan uang makan setiap bulan.

 

Yuk, cek rinciannya!

Jenis Pengeluaran

Biaya Hidup Sendiri

Biaya Hidup Keluarga

Sewa Apartemen

  • Apartemen 1 kamar di pusat kota: sekitar Rp5,1 juta
  • Apartemen murah 1 kamar: sekitar Rp6,1 juta
  • Apartemen 3 kamar di pusat kota: sekitar Rp22 juta
  • Apartemen murah 3 kamar: sekitar Rp12,2 juta

Biaya Makan

Sekitar Rp6,5 juta per bulan

Sekitar Rp17,2 juta per bulan

Transportasi Lokal 

Sekitar Rp1 juta per bulan untuk satu orang

Paket Internet Unlimited (50 Mbps)

Sekitar Rp490 ribu per bulan untuk satu orang

Cus Merantau ke Osaka Bareng Kobi!

Selain Universitas Osaka, universitas Asia mana lagi yang jadi incaranmu, Sob?

 

Osaka dikenal dengan penduduknya yang ramah dan lingkungannya yang nyaman, lho! Tapi, kalau kamu ingin explore kota lain di Jepang atau universitas top Asia lainnya untuk study abroad, kamu bisa dapat bantuan dari Mentoring Asia Kobi!

 

Kamu bisa mendapatkan bimbingan secara privat yang dilengkapi dengan personalized action plan yang dirancang khusus sesuai tujuan study abroad-mu.

kobi education-biaya kuliah universitas osaka-gambar poster cta general mentoring asia

Nah, itu dia biaya kuliah di Universitas Osaka untuk mahasiswa Indonesia yang tertarik melanjutkan S1–S3!

Gimana, nih, Sob? Sudah siap mengatur rencana studi dan keuanganmu?

Ganbatte, SoBi!

Daftar Isi

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel
Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang. 👇

Cek privacy policy disini