Wawancara Beasiswa MEXT Scholarship: Berbagai Tips Jitunya!

Share:

kobi education-wawancara beasiswa mext scholarship-gambar dua interviewer dari jepang sedang berbicara antara satu dengan yang lainnya

Cung yang udah enggak sabar mau daftar beasiswa ke Jepang! Selain dokumen dan ujian tulis, wawancara Beasiswa MEXT Scholarship juga jadi kunci penting buat lolos.

 

Tahap seleksi wawancara memang bikin deg-degan, tapi tenang… MinBi punya tipsnya buat kamu, nih. Simak sampai akhir, ya!

Apa Itu MEXT Scholarship?

MEXT Scholarship adalah beasiswa penuh dari Pemerintah Jepang untuk calon mahasiswa S1/S2/S3 dari berbagai negara, termasuk Indonesia yang ingin kuliah di Jepang.


Pendaftaran MEXT dimulai
sekitar bulan April sampai Mei 2024. Jangan sampai ketinggalan, ya!


Setelah mendaftar, kamu bisa mempersiapkan seleksi wawancara yang digelar sekitar bulan Juli, nih, SoBi! 


Biar makin siap, simak tips berikut ini, yuk!

Tips Jitu Lolos Seleksi Wawancara Beasiswa MEXT Scholarship

1. Kenali Tujuan Beasiswa dan Alasan Mendaftar

Pertama-tama, kamu harus paham banget, nih, apa tujuan dari Beasiswa MEXT? 

 

For your information, beasiswa ini punya misi untuk mendorong pertukaran budaya dan mendukung pendidikan dan penelitian di berbagai ilmu pengetahuan tingkat internasional.

 

Nah, saat wawancara, tunjukkan kalau kamu punya visi yang sejalan dengan tujuan beasiswa ini. Ceritakan rencanamu untuk berkontribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan, budaya, atau hubungan antara Indonesia dengan Jepang.

 

Selain tujuan beasiswa, kamu juga harus memahami alasanmu sendiri mendaftar beasiswa, universitas, dan bidang studi pilihan.

 

Dengan memahami kedua hal tersebut, jawabanmu akan lebih matang, jelas, dan percaya diri. 

2. Pahami Pertanyaan dan Siapkan Jawabannya

Wawancara Beasiswa MEXT dilakukan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang, tergantung program studi yang kamu pilih. Tapi, biasanya lebih sering menggunakan bahasa Inggris.

 

Jadi, kamu bisa menyiapkan jawaban dalam Bahasa Inggris. Pertanyaan yang keluar biasanya berupa pertanyaan umum hingga spesifik, mulai dari riwayat akademik, pengalaman riset, dan rencana setelah lulus.

 

Contoh pertanyaannya, antara lain:

    • Apa kontribusi yang mau kamu lakukan pada bidang terkait di masa depan untuk Jepang dan Indonesia?
    • Bagaimana studimu akan berdampak pada rencana kariermu nanti?
    • Kenapa kamu calon kandidat terbaik yang layak menerima beasiswa?
    • Apakah kamu akan berkarier di Jepang?
    • Apakah rencana kalau tidak lolos beasiswa?
    • Dan lain sebagainya.

 

Kadang, pertanyaan juga bisa enggak terduga. Misalnya, isu terkini di Jepang atau pertanyaan pribadi yang mengetes karakter atau kepribadianmu.


Bikin jawaban unik, jelas, dan jujur. Jangan melebih-lebihkan jawaban yang enggak sesuai kenyataan, ya! Ingat, setiap jawaban memengaruhi penilaianmu, lho!

3. Selipkan Pengalaman Tentang Jepang

Kalo kamu punya pengalaman atau cerita tentang Jepang yang relevan dan mendorongmu untuk melanjutkan studi di sana, jangan ragu buat menyelipkannya di jawaban kamu. 

 

Misalnya, pengalaman saat berkunjung ke Jepang, belajar budaya Jepang, atau ikut lomba Bahasa Jepang. Hal ini bakal menunjukkan minat dan effort kamu untuk mengenal lebih dalam tentang Jepang. Penyeleksi jadi makin terpikat, deh!

4. Latihan, Latihan, Latihan!

Latihan wawancara dengan teman, keluarga, atau bahkan di depan cermin. Latih juga cara penyampaianmu, mulai dari intonasi, gestur, sampai kontak mata. 

 

Semakin sering kamu latihan, semakin pede dan lancar nantinya pas wawancara beneran.

5. Tinggalkan Kesan Baik

Last but not least, pastikan kamu meninggalkan kesan yang baik. Tunjukkan kalau kamu adalah calon penerima beasiswa yang percaya diri, tapi tetap sopan dan ramah.

 

Pastikan penampilanmu rapi dan formal. Saat masuk ruangan, membungkuk sebagai budaya penghormatan dan baru duduk ketika dipersilakan. 

 

Kamu juga bisa menggunakan beberapa sapaan dalam Bahasa Jepang saat memperkenalkan diri, seperti konnichiwa, hajimemashite, dan arigatou gozaimasu.

 

Jangan lupa berikan senyum terbaik dan jawab tanpa keraguan. Setelah wawancara, ucapkan terima kasih dan membungkuk lagi sebagai salam hormat.

Nah, itu dia beberapa tips jitu buat kamu yang lagi bersiap-siap menghadapi wawancara beasiswa MEXT Scholarship. Ingat, kunci utamanya adalah persiapan


Jadi, mulai dari sekarang, yuk latihan dan persiapkan dirimu sebaik mungkin. 


Kamu bisa sat set kejar beasiswa bareng Kobi!
No more pusing-pusing lagi karena ada expert Mentor yang akan membimbing persiapanmu dari A-Z, lho!


KEJAR BARENG KOBI!

Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini