17 Universitas Terbaik di Inggris Raya Buat Beasiswa Chevening!

Sebelum kamu daftar Beasiswa Chevening, sebaiknya kamu harus tau terlebih dahulu 17 universitas terbaik di Inggris supaya jadi pacuan!

Share:

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar salah satu universitas di inggris raya

Siap-siap! Pendaftaran Beasiswa Chevening segera dibuka sekitar bulan September–November, Sob! Selain beasiswa, kamu juga harus persiapan buat daftar kampusnya, ya! Masih bingung mau pilih kampus apa? Universitas terbaik di Inggris Raya ini bisa jadi pilihan, lho!

 

Mau tahu apa aja berbagai pilihan universitasnya? Simak informasi lengkapnya, ya!

Rekomendasi Universitas Terbaik di Inggris Raya Menurut Peringkat QS WUR 2025

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar imperial college london dari jauh

Lokasi: London

Peringkat: #1 Inggris, #2 dunia

Bidang Unggulan:

    • Civil Engineering;
    • Mathematics and Statistic;
    • Mechanical and Aerospace Engineering.

 

Buat kamu yang tertarik mendalami Bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika), Imperial College London bisa jadi pilihan tepat!

 

Universitas ini sudah berdiri sejak 1907, lho! Bermula dari penggabungan beberapa institusi, seperti Royal College of Science, Royal School of Mines, dan City and Guilds College.

 

Kampus utamanya terletak di kawasan South Kensington, London, yang dikelilingi oleh berbagai museum ternama seperti Natural History Museum dan Science Museum, serta Royal Albert Hall yang ikonik.

 

Imperial menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam empat fakultas, yaitu Faculty of Engineering, Faculty of Natural Sciences, Faculty of Medicine, dan Imperial College Business School.

 

Hingga saat ini, Imperial telah melahirkan banyak alumni terkemuka di dunia, seperti Brian May (Gitaris Band Queen dan Astrofisikawan), Alexander Fleming (Penemu Penisilin), dan Cyrus Pallonji Mistry (Ketua Tata Group 2012–2016).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar trinity college

Lokasi: Oxford

Peringkat: #2 Inggris, #3 dunia

Bidang Unggulan:

    • Medicine;
    • Chemistry;
    • Philosophy.

 

Trinity College adalah perguruan tinggi (kolese) bagian dari University of Oxford. Kolese ini berdiri pada 1555 oleh Sir Thomas Pope, seorang negarawan dan Pengacara Inggris.

 

Trinity College terletak di Broad Street, di jantung Kota Oxford. Kampus ini terkenal dengan The Garden Quad, taman luas dan indah yang dikelilingi bangunan-bangunan bersejarah.

 

Kolese ini memiliki tiga area studi untuk program Sarjana dan Pascasarjana, yaitu:

    • Humanities: Classics, English, History, Modern Languages, Music, Philosophy, Theology and Religion;
    • Social Sciences: Economics, Economics and Management, Human Sciences, Law, Politics, Philosophy, and Economics (PPE), Psychology, Social Policy and Intervention;
    • Sciences: Biochemistry, Biological Sciences, Chemistry, Computer Science, Engineering Science, Materials Science, Mathematics, Medicine, Physics.


Banyak alumni dari Trinity College yang memiliki pengaruh besar dalam berbagai bidang, lho, seperti Frederick Lord North (Perdana Menteri Inggris 1770–1782), J.R.R. Tolkien (Penulis novel fantasi terkenal “The Lord of the Rings”), dan Cardinal Newman (Teolog dan tokoh penting dalam Gereja Katolik).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas cambridge dari jarak jauh

Lokasi: Cambridge

Peringkat: #3 Inggris, #5 dunia

Bidang Unggulan:

    • Mathematics;
    • Computer Science;
    • Economics.


University of Cambridge
berdiri pada 1209 oleh para Sarjana yang melarikan diri dari Oxford setelah terjadi perselisihan dengan penduduk setempat.

 

Universitas terbaik di Inggris ini merupakan universitas tertua kedua di dunia berbahasa Inggris dan tertua keempat di dunia, lho!

University of Cambridge terletak di Kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris. Kota ini terletak sekitar 80 kilometer di utara London. 

Cambridge terkenal dengan arsitektur megahnya, seperti Kapel King’s College yang ikonik dan Mathematical Bridge.

University of Cambridge memiliki 31 perguruan tinggi otonom dan lebih dari 150 departemen, fakultas, sekolah, dan lembaga penelitian lainnya.

Universitas ini juga telah melahirkan banyak alumni terkenal, lho, seperti Isaac Newton (Penemu Gravitasi Bumi), Alan Turing (Ilmuwan Komputer), dan Stephen Hawking (Fisikawan).

Mau ikutan kuliah di kampus para Ilmuwan terkenal ini? Kamu harus mulai persiapan dari sekarang, Sob! Mulai dari kejar skor IELTS, menulis esai, hingga menyiapkan surat rekomendasi.

Enggak usah pusing! Para Expert Mentor Kobi siap membantu kamu persiapan biar lebih sat set dan terarah. Anti bingung-bingung lagi, deh! 

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas london school of economics dan political science

Lokasi: London

Peringkat: #8 Inggris, #50 dunia

Bidang Unggulan:

    • Media and Communication;
    • Geography and Environment;
    • Philosophy, Logic, and Scientific Method.

 

Tertarik belajar Ekonomi, Politik, atau Ilmu Sosial di Inggris? The London School of Economics and Political Science (LSE) tempatnya!

 

LSE didirikan pada 1895 oleh anggota Fabian Society, yaitu Sidney Webb, Beatrice Webb, Graham Wallas, dan George Bernard Shaw

 

LSE bergabung dengan University of London pada 1900 dan menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di dunia dalam Bidang Ilmu Sosial.

 

Universitas ini terletak di pusat Kota London, tepatnya di daerah Clare Market, Westminster. Kampus LSE berada di lokasi strategis, lho! Dekat dengan berbagai institusi penting, seperti Parlemen Inggris, Mahkamah Agung, dan kantor pusat berbagai perusahaan internasional.

 

LSE menawarkan berbagai program studi Sarjana dan Pascasarjana di Bidang Ilmu Sosial, antara lain Antropologi, Ekonomi, Geografi dan Lingkungan, Sejarah, Hukum, Manajemen, Ilmu Politik, Psikologi Sosial, dan Sosiologi.

 

Alumni terkemuka dari LSE, antara lain Sir Arthur Lewis (Penerima Nobel dalam Ilmu Ekonomi), Bhimrao Ramji Ambedkar (negarawan India), dan Kristalina Georgieva (Direktur Pelaksana IMF).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas bristol

Lokasi: London

Peringkat: #9 Inggris, #54 dunia

Bidang Unggulan:

    • Social Policy;
    • Earth Science;
    • Veterinary Science.

 

University of Bristol terletak di Kota Bristol, Inggris barat daya. Kampus utamanya terletak di Tyndalls Park, dekat dengan pusat Kota Bristol.

 

Universitas terbaik di Inggris ini telah berdiri sejak 1909 dari hasil penggabungan antara Merchant Venturers’ Technical College dan Bristol Medical School

 

University of Bristol memiliki enam fakultas yang menawarkan berbagai program studi Sarjana dan Pascasarjana, antara lain:

    • Faculty of Arts;
    • Faculty of Engineering;
    • Faculty of Health Sciences;
    • Faculty of Life Sciences;
    • Faculty of Science;
    • Faculty of Social Sciences and Law.

 

Lulusan terkenal dari kampus ini, antara lain Paul Dirac (Peraih Nobel Fisika 1933), Simon Pegg (Aktor dan Komedian), dan Susanna Reid (Presenter Televisi).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas warwick

Lokasi: Coventry

Peringkat: #10 Inggris, #69 dunia

Bidang Unggulan:

    • Mathematics, Operational Research, Statistics and Economics;
    • Economics;
    • Management.

 

University of Warwick terletak di Coventry, West Midlands, Inggris. Kampus utama universitas ini berada di pinggiran kota, dikelilingi oleh taman dan ruang terbuka hijau. 

 

Selain itu, Warwick juga memiliki kampus di Wellesbourne dan pusat pengajaran di The Shard, London.

 

Universitas Warwick memiliki tiga fakultas utama yang menawarkan berbagai program studi Sarjana dan Pascasarjana, yaitu Faculty of Arts, Faculty of Social Sciences, serta Faculty of Science, Engineering and Medicine.

 

Enggak kalah keren, universitas ini juga telah melahirkan banyak alumni sukses di berbagai bidang, seperti Stephen Merchant (Aktor dan Komedian), Oliver Hart (Peraih Nobel Ekonomi 2016), dan Baroness Valerie Amos (Politisi dan Diplomat Inggris).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas glasgow

Lokasi: Glasgow

Peringkat: #11 Inggris, #78 dunia

Bidang Unggulan:

    • Anatomy;
    • Veterinary Medicine;
    • English Literature.

 

University of Glasgow berdiri sejak 1451, menjadikannya universitas tertua keempat di dunia berbahasa Inggris dan salah satu dari empat universitas kuno Skotlandia, lho! Universitas ini didirikan oleh Paus Nicholas V atas permintaan Raja James II dari Skotlandia. 

 

Kampus utamanya berlokasi di Gilmorehill, di West End Kota Glasgow, Skotlandia. Dijamin kamu enggak bakal bosan karena kampus ini terkenal karena arsitektur gotiknya yang megah. 

 

Selain itu, universitas ini juga memiliki kampus lain di Garscube Estate (untuk kedokteran hewan) dan di Dumfries (untuk studi terkait kesehatan).

 

Ada empat kolese utama di universitas ini, yaitu:

    • College of Arts
    • College of Medical, Veterinary and Life Sciences;
    • College of Science and Engineering;
    • College of Social Sciences.

 

Para alumni dari universitas ini juga enggak kalah keren, seperti James Watt (Penemu Mesin Uap), Adam Smith (bBapak Ekonomi Modern), dan Lord Kelvin (Fisikawan).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas birmingham

Lokasi: Birmingham

Peringkat: #12 Inggris, #80 dunia

Bidang Unggulan:

    • Sport, Exercise and Rehabilitation Science;
    • Dentistry;
    • English Language and Literature.

 

University of Birmingham (UoB) berdiri pada 1900 sebagai universitas sipil pertama di Inggris, yang berarti terbuka untuk semua kalangan tanpa memandang latar belakang sosial atau agama. 

 

UoB terletak di Edgbaston, Birmingham, Inggris. Enggak usah khawatir, kampus ini berlokasi strategis, dekat pusat kota Birmingham dan mudah diakses dengan transportasi umum.

 

UoB memiliki lima kolese akademik yang menaungi berbagai fakultas dan sekolah, yaitu:

    • College of Arts and Law;
    • College of Engineering and Physical Sciences;
    • College of Life and Environmental Sciences;
    • College of Medical and Dental Sciences;
    • College of Social Sciences.

 

Banyak alumni UoB yang sukses di berbagai bidang, antara lain Ellie Crisell (Jurnalis), Matthew Goode (Aktor), dan Tamsin Greig (Aktris).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas southampton

Lokasi: Southampton

Peringkat: #13 di Inggris, #80 dunia

Bidang Unggulan:

    • Nursing;
    • Archaeology;
    • Ocean and Earth Science.

 

University of Southampton berawal dari Hartley Institution yang berdiri pada 1862 oleh Henry Robinson Hartley. Kemudian, pada 1902, institusi ini menjadi Hartley University College yang berafiliasi dengan University of London

 

Akhirnya, pada  1952, University of Southampton mendapatkan piagam kerajaan dan secara resmi menjadi universitas independen.

 

University of Southampton memiliki beberapa kampus di Southampton dan Winchester. Highfield Campus adalah kampus utama dan terbesar, terletak di daerah Highfield, Southampton

 

Universitas ini memiliki lima fakultas yang menaungi berbagai departemen dan program studi, yaitu:

    • Faculty of Arts and Humanities;
    • Faculty of Engineering and Physical Sciences;
    • Faculty of Environmental and Life Sciences;
    • Faculty of Medicine;
    • Faculty of Social Sciences.

 

Alumni terkemuka dari kampus ini, antara lain Ken Russell (Sutradara Film) dan Tim Berners-Lee (Penemu World Wide Web).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas leeds

Lokasi: Southampton

Peringkat: #14 di Inggris, #82 dunia

Bidang Unggulan:

    • Geology;
    • Geophysics;
    • Earth and Environment Science.

 

Universitas Leeds berakar dari Leeds School of Medicine yang berdiri pada 1831. Kemudian pada 1874, Yorkshire College of Science bergabung. 

 

Pada 1904, King Edward VII menganugerahkan status universitas kepada institusi ini, menjadikannya University of Leeds.

 

Salah satu universitas terbaik di Inggris ini terletak di Kota Leeds, West Yorkshire, Inggris. 

 

Kampus utamanya berada di dekat pusat kota, mudah diakses dengan transportasi umum dan dikelilingi oleh berbagai fasilitas, seperti pertokoan, restoran, dan tempat hiburan. Jadi enggak bakal bosan, kalau kuliah di sini!

 

Universitas ini memiliki beragam fakultas dan jurusan yang mencakup berbagai bidang studi, antara lain:

    • Faculty of Arts, Humanities and Cultures;
    • Faculty of Biological Sciences;
    • Faculty of Business;
    • Faculty of Engineering and Physical Sciences;
    • Faculty of Environment;
    • Faculty of Medicine and Health;
    • Faculty of Social Sciences.

 

Para alumni dari universitas ini juga banyak yang terkenal di berbagai bidang, lho, antara lain Jack Straw (Menteri Luar Negeri Inggris 2001–2006), Mark Knopfler (Pendiri Band Dire Straits), dan Chris Pine (Aktor Hollywood).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas durham

Lokasi: Durham

Peringkat: #15 di Inggris, #89 dunia

Bidang Unggulan:

    • Archaeology;
    • Classic and Ancient History;
    • Theology and Religion.

 

Durham University berdiri pada 1832 dan menjadikannya universitas tertua ketiga di Inggris.

 

Universitas ini terletak di Kota Durham, sebuah kota bersejarah di timur laut Inggris. For your information, kota ini terkenal dengan Katedral Durham dan Kastil Durham yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, lho!

 

Durham University menawarkan berbagai macam program Sarjana dan Pascasarjana di berbagai fakultas dan departemen, seperti:

    • Durham University Business School;
    • Faculty of Arts and Humanities;
    • Faculty of Science;
    • Faculty of Social Science and Health.


Alumni terkemuka dari Durham University, antara lain Justin Welby (Uskup Agung Canterbury), Sir Harold Evans (Jurnalis dan Penulis), serta Edward Shortt (Menteri Dalam Negeri Inggris 1919–1922).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas st andrews

Lokasi: St. Andrews

Peringkat: #16 di Inggris, #104 dunia

Bidang Unggulan:

    • Ancient History;
    • Philosophy;
    • Theology, Divinity, and Religious Studies.


University of St Andrews
adalah universitas riset publik yang terletak di St Andrews, Fife, Skotlandia. Berdiri antara tahun 1410 dan 1413, University of St Andrews menjadi universitas tertua di Skotlandia.

Universitas ini terletak di Kota St Andrews, sebuah kota pesisir bersejarah di pantai timur Skotlandia. Kota ini terkenal karena reruntuhan katedral dan kastilnya, lho!

University of St Andrews menawarkan berbagai macam program Sarjana dan Pascasarjana di empat fakultas, yaitu Faculty of Arts, Faculty of Divinity, Faculty of Medicine, dan Faculty of Science

Selain itu, universitas ini juga menawarkan program interdisipliner di berbagai bidang, seperti Sustainable Development, Gender Studies, Health Data Science, dan lainnya.

Alumni terkemuka dari kampus ini, antara lain Pangeran William (pewaris takhta kedua Kerajaan Britania Raya), Alex Salmond (Menteri Pertama Skotlandia 2007–2014), dan Fay Weldon (Novelis).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas nottingham

Lokasi: Nottingham

Peringkat: #18 di Inggris, #108 dunia

Bidang Unggulan:

    • Pharmacy;
    • Nursing;
    • Veterinary Medicine and Science.

 

University of Nottingham adalah universitas riset publik yang terletak di Nottingham, Inggris. Berdiri pada 1881 sebagai University College Nottingham dan mendapatkan Royal Charter pada 1948.

 

Kampus utamanya terletak di pinggiran Kota Nottingham. Universitas ini memiliki beberapa kampus dan lokasi yang lebih kecil di tempat lain di Nottinghamshire dan Derbyshire

 

Enggak hanya di Inggris aja, lho! University of Nottingham juga memiliki kampus internasional di Semenyih, Malaysia, dan Ningbo, Cina.

 

Ada lima fakultas utama yang membawahi lebih dari 50 sekolah, departemen, institut, dan pusat penelitian, yaitu Arts, Engineering, Medicine and Health Sciences, Science, dan Social Sciences.

 

Alumni terkenal dari universitas ini, antara lain D. H. Lawrence (Novelis), Sir Clive Granger (Pemenang Nobel Ekonomi 2003), dan Ruth Wilson (Aktris).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar queen mary university of london

Lokasi: London

Peringkat: #19 Inggris, #120 di dunia

Bidang Unggulan:

    • Dentistry;
    • Law;
    • English Language and Literature.

 

Queen Mary University of London (QMUL) adalah universitas riset publik di London, Inggris, dan merupakan bagian dari University of London. 

 

QMUL berdiri pada 1785 sebagai London Hospital Medical College, menjadikannya salah satu institusi medis tertua di Inggris. Seiring waktu, QMUL bergabung dengan berbagai institusi lain membentuk Queen Mary and Westfield College.

 

Akhirnya, pada 1995, universitas ini berganti nama menjadi Queen Mary University of London.

 

QMUL memiliki lima kampus yang tersebar di London timur dan tengah, salah satunya Mile End, kampus utama dan terbesar.

 

Ada tiga fakultas utama di QMUL, yaitu Faculty of Humanities and Social Sciences, Faculty of Science and Engineering, serta Faculty of Medicine and Dentistry.

 

QMUL memiliki banyak alumni terkemuka di berbagai bidang, seperti Sir Peter Mansfield (peraih Nobel Prize in Physiology or Medicine 2003), Bruce Dickinson (Vokalis Iron Maiden), dan Kia Abdullah (Penulis).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar newscastle university

Lokasi: Newcastle upon Tyne

Peringkat: #20 Inggris, #129 di dunia

Bidang Unggulan:

    • Geography;
    • Development Studies;
    • Anatomy.

 

Newcastle University adalah salah satu universitas terbaik di Inggris yang terletak di Newcastle upon Tyne

 

Berakar dari School of Medicine and Surgery yang berdiri pada 1834, kemudian berkembang menjadi College of Physical Science pada 1871. Kedua institusi ini bergabung pada 1937 untuk membentuk King’s College, yang merupakan bagian dari Durham University.

 

Pada 1963, King’s College menjadi University of Newcastle upon Tyne, dan kemudian berganti nama menjadi Newcastle University pada 2004.

 

Newcastle University memiliki tiga fakultas utama yang menaungi berbagai sekolah dan departemen, yaitu Faculty of Humanities and Social Sciences, Faculty of Medical Sciences, serta Faculty of Science, Agriculture and Engineering.

 

Banyak tokoh berpengaruh berasal dari universitas ini, lho! Beberapa di antaranya adalah Rowan Atkinson (pemeran Mr. Bean) dan Bryan Ferry (Penyanyi).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar lancaster university

Lokasi: Lancaster

Peringkat: #21 Inggris, #141 di dunia

Bidang Unggulan:

    • Linguistic;
    • Marketing;
    • English Language and Literature.

 

Lancaster University adalah universitas riset publik yang terletak di Lancaster, Lancashire, Inggris. 

 

Kampus utamanya terletak di Bailrigg, sekitar 4 km selatan pusat Kota Lancaster. Kampus ini memiliki luas sekitar 120 hektar dan merupakan salah satu kampus terindah di Inggris, lho!

 

Selain kampus utama, Lancaster University juga memiliki kampus di Ghana dan Leipzig, Jerman.

 

Lancaster University memiliki empat fakultas yang terdiri dari berbagai departemen, yaitu Arts and Social Sciences, Health and Medicine, Management School, serta Science and Technology.

 

Alumni terkenal dari universitas ini, antara lain Andy Serkis (Aktor dan Sutradara) dan Alan Milburn (Politisi Inggris).

kobi education-universitas terbaik di inggris-gambar universitas beth

Lokasi: Bath

Peringkat: #22 Inggris, #150 di dunia

Bidang Unggulan:

    • Business and Management;
    • Development Studies;
    • Social Policy and Administration.

 

Berdiri pada 1966, University of Bath relatif muda dibandingkan dengan universitas-universitas Inggris Raya lainnya.

 

Namun, dalam waktu singkat, universitas telah membangun reputasi kuat dalam Bidang Sains, Teknologi, Teknik, Matematika, dan Manajemen.

 

Kampus utamanya terletak di Claverton Down, sebuah bukit yang menghadap ke Kota Bath

 

Kota Bath sendiri merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal karena arsitektur Georgia dan pemandian Romawi, lho!

 

University of Bath memiliki empat fakultas, yaitu Faculty of Engineering, Faculty of Humanities and Social Sciences, Faculty of Science, dan School of Management.

 

Alumni terkemuka kampus ini, antara lain Sean Gelael (Pembalap Motor Indonesia), Martha Gracia Aller (Jurnalis), dan Robin Hayes (mantan CEO JetBlue).

 

Itulah beberapa universitas terbaik di Inggris Raya yang bisa kamu coba daftar buat mendapatkan Beasiswa Chevening. Segera persiapkan dari sekarang, ya!

 

Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini