9 Kota Termurah di Korea Selatan, Cocok Jadi Tujuan Pelajar Indo!

Pada artikel kali ini MinBi bakal jelasin 9 kota termurah di Korea Selatan yang bisa jadi target kamu pas kuliah disana! Yuk simak infonya!

Share:

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar salah satu kota di korea selatan

Mau kuliah di Korea Selatan, tapi takut kantong jebol? Tenang, enggak semua kota di Korea itu mahal, kok, Sob! Ada beberapa kota termurah di Korea Selatan yang cocok buat mahasiswa Indonesia yang pengen studi sambil jalan-jalan, tanpa harus bikin dompet nangis.

 

Yuk, intip kota-kota dengan biaya hidup ramah di kantong di mahasiswa yang bisa jadi pilihan kamu!

Kota Termurah di Korea Selatan untuk Mahasiswa

1. Daegu

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar kota daegu

Daegu adalah kota metropolitan terbesar keempat di Korea Selatan, tapi jangan salah sangka, di sini kamu bisa hidup nyaman tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Jika dibandingkan dengan Seoul, biaya hidup di Daegu jauh lebih terjangkau. Untuk sewa apartemen studio, kamu bisa sewa mulai dari 400.000 won (Rp4,7 juta) per bulan. 

Sedangkan untuk makan, kamu bisa makan kenyang di restoran lokal dengan harga sekitar 5.000-10.000 won (Rp59–118 ribu) per porsi. Kalau kamu suka masak sendiri, belanja bulanan di pasar tradisional bisa lebih hemat lagi.

Sebagai perbandingan, harga sewa apartemen studio di Seoul biasanya mulai dari 600.000 won (Rp7,1 juta) per bulan, sementara rata-rata harga makan di restoran lokal berkisar antara 8.000-15.000 won (Rp95–178 ribu) per porsi.

Daegu juga punya banyak kampus berkualitas, lho! Beberapa yang terkenal, antara lain Kyungpook National University dan Keimyung University.

2. Daejeon

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar kota daejeon

Daejeon, kota di tengah-tengah Korea Selatan ini dijuluki Asia’s Silicon Valley karena jadi pusatnya sains dan teknologi di Korea, lho!

Selain terkenal dengan sains dan teknologinya, Daejeon juga punya banyak wisata alam, seperti Gunung Gyeryongsan dan Taman Expo. Cocok banget buat melepas penat setelah belajar atau ngerjain tugas.

Biaya hidup di sini lebih bersahabat buat mahasiswa. Untuk sewa apartemen, kamu perlu merogoh kocek mulai dari 350.000 won (Rp4,1 juta) per bulan. Sementara makan di restoran lokal sekitar 5.000-10.000 won (Rp59–118 ribu) per porsi.

Daejeon juga punya kampus-kampus berkualitas, lho! Beberapa yang terkenal antara lain KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology), Chungnam National University, dan Hannam University.

3. Gwangju

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar kota gwangju

Gwangju adalah kota terbesar keenam yang berlokasi di bagian barat daya Korea Selatan, terkenal banget sebagai pusat seni dan budaya.

Gwangju termasuk kota ramah kantong buat mahasiswa. Harga sewa apartemen, makanan, dan transportasi umum di sini lebih murah daripada Seoul atau Busan. Jadi, kamu bisa lebih hemat dan punya lebih banyak uang jajan.

Misalnya, untuk sewa apartemen kamu hanya perlu mengeluarkan 300.000–500.000 won (sekitar Rp3,5–6 juta) per bulan. Sementara untuk makan sebesar 200.000–300.000 won (sekitar Rp2,3–3,5 juta).

Gwangju juga punya beberapa universitas ternama, lho, yang paling terkenal adalah Chonnam National University, Gwangju Institute of Science and Technology (GIST), dan Honam University.

Kamu juga bisa kuliah di universitas-universitas terbaik Gwangju dengan beasiswa Korea, lho! 

Biar persiapan makin sat set, sini-sini gabung kelas mentoring bareng Expert Mentor Kobi aja! Persiapan makin terarah, impian kuliah gratis ke Korea bisa terwujud!

4. Jeonju

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar kota jeonju

Kota Jeonju terletak di Provinsi Jeolla Utara. Berbeda dari Seoul yang modern dan sibuk, suasana di Jeonju lebih tradisional dan tenang.

Kota ini terkenal karena memiliki desa tradisional yang masih terjaga, bernama Hanok Village. Di sini, kamu bisa jalan-jalan memakai hanbok (baju tradisional Korea), berfoto di rumah-rumah tradisional, atau sekadar nongkrong di kafe.

Buat mahasiswa, Jeonju jadi pilihan menarik karena biaya hidupnya lebih murah. Biaya sewa apartemen berkisar 250.000–400.000 won (sekitar 3–4,7 juta rupiah) dan untuk makan kamu cukup mengeluarkan 150.000–250.000 won setiap bulan (sekitar 1,7-2,9 juta rupiah).

Kampus terkenal yang ada di Jeonju, antara lain Jeonbuk National University, Jeonju University, dan Woosuk University.

5. Cheongju

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar kota cheongju

Cheongju adalah ibu kota Provinsi Chungcheong Utara. Buat mahasiswa, Cheongju menjadi pilihan menarik karena biaya hidupnya terjangkau, transportasinya mudah, dan punya beberapa tempat wisata yang unik.

 

Kamu bisa sewa apartemen studio mulai dari 300.000 won (Rp3,5 juta) per bulan, dan makan enak di restoran lokal dengan harga sekitar 5.000-8.000 won (Rp59-95 ribu) per porsi.

 

Beberapa yang terkenal antara lain Chungbuk National University, Cheongju University, dan Korea National University of Transportation.

6. Suncheon

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar kota chuncheon

Suncheon adalah kota kecil yang asri di Provinsi Jeolla Selatan. Jauh dari hiruk pikuk kota besar, Suncheon dikelilingi taman-taman cantik dan pemandangan alam yang bikin adem.

 

Suasana Suncheon cenderung tenang dan damai, cocok banget buat kamu yang pengen fokus belajar atau sekadar menjauh dari keramaian kota besar. 

 

Biaya hidupnya juga sangat terjangkau, lho! 

 

Kamu bisa sewa apartemen studio mulai dari 200.000 won (sekitar Rp2,3 juta) per bulan, dan makan enak di restoran lokal dengan harga sekitar 5.000-8.000 won (Rp59-95 ribu) per porsi. Lumayan banget, kan, buat ngirit uang jajan?

 

Suncheon punya satu universitas negeri, yaitu Sunchon National University. Kampus ini punya program studi beragam, mulai dari Humaniora sampai Teknik. Jadi, kamu bisa pilih jurusan yang sesuai minatmu.

7. Gangneung

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar kota gangneung

Gangneung terletak di pesisir timur Korea Selatan, terkenal dengan pantai indah dan pemandangan lautnya yang bikin betah.

 

Gangneung punya banyak pantai cantik yang bisa kamu kunjungi buat berenang, surfing, atau sekadar nongkrong sambil menikmati sunset. Pantai Gyeongpo dan Jeongdongjin adalah dua pantai paling populer di Gangneung.

 

Biaya hidup di Gangneung lumayan terjangkau untuk mahasiswa. Harga sewa apartemen mulai dari 300.000 won (Rp3,5 juta) per bulan, dan harga makanan di restoran lokal sekitar 5.000-8.000 won (Rp59-95 ribu) per porsi.

 

Kampus-kampus yang ada di Gangneung, antara lain Gangneung-Wonju National University dan Catholic Kwandong University.

8. Andong

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar kota andong

Andong punya vibes tradisional Korea banget, lho! Banyak bangunan bersejarah dan Desa Hahoe yang sudah diakui UNESCO. 

 

Jadi, untuk mahasiswa yang tertarik dengan budaya Korea, Andong tempat paling pas! Selain itu, biaya hidup di sini juga terjangkau, cocok buat kamu yang pengen hemat.

 

Sebagai gambaran, biaya apartemen studio mulai dari 250.000 won (Rp2,9 juta) per bulan, sementara makan di restoran lokal berkisar antara 5.000–8.000 won (Rp59-95 ribu) per porsi.


Andong punya beberapa universitas bereputasi bagus, seperti Andong National University, Catholic Sangji University, dan Andong Science College.

9. Chuncheon

kobi education-kota termurah di korea selatan-gambar kota chuncheon

Chuncheon adalah kota yang terletak di Provinsi Gangwon. Kota ini terkenal karena keindahan alam dan suasana yang tenang. Salah satunya keindahan Danau Soyang, danau buatan terbesar di Korea Selatan.

 

Biaya hidup di Chuncheon tergolong terjangkau, apalagi buat mahasiswa. 

 

Perkiraan biaya hidup bulanan untuk sewa apartemen studio mulai dari 250.000 won (sekitar Rp 2,9 juta) per bulan. Sementara biaya makan per bulan berkisar antara 100.000–200.000 won (sekitar Rp1,2–2,3 juta).

 

Chuncheon punya satu universitas negeri yang cukup terkenal, yaitu Kangwon National University. Kampus ini punya beragam program studi, mulai dari Ilmu Sosial, Humaniora, Teknik, dan Kedokteran.

 

Nah, itulah dia sejumlah kota termurah di Korea Selatan yang bisa jadi pilihan kamu buat studi. Enggak cuma murah, kota-kota ini juga punya pesona dan daya tariknya masing-masing, lho! 

 

Siapa tahu, salah satunya bisa jadi tempat kamu menemukan pengalaman kuliah seru dan tak terlupakan di Korea Selatan!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini