8 Jurusan Ewha Womans University Unggulan, Wajib Kamu Lirik!

MinBi tau jika ada 8 jurusan Ewha Womans University yang ternyata menjadi unggulan dan favorit para mahasiswa? Yuk mari kita simak infonya!

Share:

kobi education-jurusan ewha womans university-gambar ewha womans university dari sisi luar

Siapa yang pengen kuliah di Ewha Womans University, kampus khusus perempuan yang juga masuk dalam jajaran universitas terbaik ke-14 di Korea Selatan (Korsel)? Soal jurusan Ewha Womans University juga boleh diadu! Banyak program studi unggulan yang bisa kamu pilih.

 

Nah, buat kamu yang lagi cari referensi jurusan buat kuliah nanti, yuk simak jurusan unggulan di Ewha yang wajib banget dilirik!

Sekilas Tentang Ewha Womans University

Universitas Ewha adalah universitas swasta khusus wanita yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Berdiri pada 1886 oleh Mary F. Scranton, seorang misionaris Metodis dari Amerika Serikat, Ewha merupakan institusi pendidikan tinggi pertama untuk wanita di Korea. 

 

Kampus Ewha terletak di jantung Kota Seoul dan memiliki arsitektur yang unik dan menarik. Universitas ini juga memiliki berbagai fasilitas, antara lain perpustakaan, pusat penelitian, laboratorium, pusat olahraga, asrama, dan ruang serbaguna.

 

Ewha menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang, seperti Humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, Teknik, Kedokteran, Seni, dan Musik. 

 

Kalau mau cari jurusan tepat buat kamu, MinBi sudah merangkum jurusan-jurusan terbaiknya. Simak sampai akhir, ya!

Rekomendasi Jurusan Ewha Womans University

1. College of Liberal Arts

Peringkat Korea: #6 dalam Modern Languages, #4 dalam English Language and Literature

 

Tertarik belajar Filsafat, Sejarah, dan Sastra di Korea? Berbagai jurusan di College of Liberal Arts di Ewha bisa jadi pilihan, lho!

 

Fakultas ini sudah berdiri sejak tahun 1925. Namanya mengalami beberapa perubahan sebelum akhirnya menjadi College of Liberal Arts

 

College of Liberal Arts di Ewha terdiri dari delapan departemen dan satu divisi, yaitu:

    • Korean Language and Literature;
    • French Language and Literature;
    • Chinese Language and Literature;
    • German Language and Literature;
    • History;
    • Christian Studies;
    • Philosophy.
    • Division of English Language and Literature.

 

Lulusan bisa berkarier sebagai Penerjemah, Pengajar Bahasa, Penulis, Peneliti Budaya, Diplomat, dan masih banyak lagi.

2. Department of Education

Peringkat Korea: #4 dalam Education and Training

 

Department of Education di Ewha adalah bagian dari College of Education. Sesuai dengan namanya, departemen ini memusatkan perhatian pada penelitian dan pengajaran di Bidang Pendidikan.

 

Departemen ini memiliki delapan program studi, antara lain:

    • Early Childhood Education;
    • Elementary Education;
    • Educational Technology;
    • Special Education;
    • English Education;
    • Social Studies Education;
    • Korean Education;
    • Communication Disorders.

 

Prospek karier jurusan ini enggak hanya jadi Guru aja, lho! Kamu juga bisa berkarier sebagai Peneliti Pendidikan, Pengembang Kurikulum, dan Konsultan Pendidikan.

3. College of Nursing

Peringkat Korea: #5 dalam Nursing

College of Nursing (Fakultas Keperawatan) di Ewha memiliki satu divisi, yaitu Nursing, yang menawarkan dua program studi, yaitu Nursing dan Global Health & Nursing.

Secara umum, jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu dasar Keperawatan, Ilmu Biomedik, Ilmu Sosial, dan Ilmu Perilaku. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan keterampilan komunikasi terapeutik, keterampilan klinis, keterampilan manajemen keperawatan, dan keterampilan kepemimpinan.

Fakultas ini dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti laboratorium simulasi keperawatan, perpustakaan, dan ruang kuliah nyaman.

Tertarik jadi mahasiswi Keperawatan di Ewha? Mulai persiapan dari sekarang, Sob! Kabar baiknya, Expert Mentor Kobi siap bantu kamu persiapan kuliah ke Korea Selatan!

4. College of Art and Design

Peringkat Korea: #6 dalam Art and Design

 

College of Art & Design di Ewha merupakan pelopor pendidikan seni di Korea dan menjadi institusi pertama yang menawarkan program sarjana empat tahun di bidang ini, lho!

 

Fakultas ini memiliki tiga divisi yang mencakup berbagai Bidang Seni dan Desain, yaitu Fine Arts, Design, serta Fiber and Fashion.

 

Masing-masing divisi menawarkan program studi yang berbeda-beda, seperti:

 

Division of Fine Arts

    • Korean Painting;
    • Sculpture;
    • Painting;
    • Ceramics.

 

Division of Design

    • Spatial Design;
    • Industrial Design;
    • Visual Communication Design;
    • Media Interaction Design.

 

Division of Fiber and Fashion

    • Fiber Arts;
    • Fashion Design.

5. Department of Communication and Media

Peringkat: #5 di Bidang Communication and Media Studies

 

Department of Communication and Media di Ewha adalah bagian dari College of Social Sciences

 

Mulanya, departemen ini bernama School of Journalism, kemudian beberapa kali berubah nama, hingga akhirnya menjadi Department of Communication and Media.

 

Departemen ini terdiri dari tiga program studi, yaitu Journalism and Broadcasting, Advertising and Public Relations, dan Media Studies.

 

Lulusan dari departemen ini punya prospek karier luas di berbagai bidang, seperti Reporter, Penyiar Berita, Editor, Penulis Naskah, Content Creator, Copywriter, dan Media Planner.

6. Department of Sociology

Peringkat Korea: #5 di Bidang Sociology

 

Departemen Sosiologi di Ewha, salah satu jurusan di bawah College of Social Sciences, punya segudang mata kuliah menarik, lho! 

 

Mulai dari teori-teori dasar sosiologi sampai isu-isu terkini yang lagi hangat dibicarakan. Enggak cuma teori, kamu juga akan mempelajari berbagai metode penelitian, baik kualitatif maupun kuantitatif. 

 

Menariknya, ada fokus khusus untuk memahami isu-isu sosial di Korea, seperti masalah multikulturalisme dan kehidupan masyarakat di Korea Utara. Lengkap banget, kan?

 

Pilihan karier yang dapat kamu pertimbangkan setelah lulus, antara lain Peneliti Sosial, Aktivis Sosial, Analis Kebijakan, dan banyak lagi.

7. Department of Chemistry and Nanoscience

Peringkat Korea: #7 di Bidang Chemistry

 

Department of Chemistry and Nanoscience di Ewha menjadi bagian dari College of Natural Science. Departemen ini menawarkan program Sarjana dan Pascasarjana di Bidang Kimia.

 

Kamu akan belajar tentang dasar-dasar Ilmu Kimia, Teknologi Terbaru, Lingkungan, Energi Alternatif, dan Kesehatan. 

 

Setelah lulus studi, kamu bisa berkarier sebagai Peneliti, Ilmuwan Kimia, Ahli Kimia di perusahaan manufaktur, dan banyak lagi.

8. College of Pharmacy

Peringkat Korea: #5 di Bidang Pharmacy and Pharmacology

 

College of Pharmacy di Ewha telah menjadi pelopor dalam pendidikan farmasi di Korea Selatan selama lebih dari 60 tahun, lho!

 

Mulanya, fakultas ini terdiri dua jurusan, yaitu Farmasi dan Ilmu Farmasi. Tapi, pada 2005, kedua jurusan tersebut digabung menjadi satu, yaitu Departemen Farmasi.

 

Fakultas ini memiliki beberapa pusat penelitian unggulan untuk pengembangan obat-obat baru, seperti Ewha Research Institute of Pharmaceutical Sciences (ERIPS) dan Center for Drug Discovery and Development (CDDD).

 

Itulah informasi seputar jurusan Ewha Womans University yang bisa jadi referensi buat kamu. Kira-kira ada jurusan incaranmu enggak, nih? Segera persiapkan dari sekarang, yuk!

 

Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini