7 Jurusan Beasiswa Turkiye Burslari, Jadi Incaran di Dunia Kerja

Share:

kobi education-jurusan beasiswa turkiye burslari-gambar para karyawan sedang fist bump

Beasiswa dari Pemerintah Turki sudah membuka pendaftaran dari 10 Januari hingga 20 Februari 2024, lho! Kamu masih bingung menentukan pilihan jurusan Beasiswa Turkiye Burslari?

 

Beasiswa ini terbuka untuk hampir semua universitas Turki dengan berbagai pilihan jurusan. Kamu bisa pilih sesuai minat dan tujuan studimu.

 

Kalau masih bingung mau pilih jurusan apa, simak informasi ini, yuk!

Sekilas Tentang Beasiswa Turkiye Burslari

Turkiye Burslari Scholarship merupakan program beasiswa penuh yang diberikan oleh Pemerintah Turki untuk menempuh pendidikan tinggi di Turki, baik Program Sarjana (S1), Magister (S2), maupun Doktoral (S3). 


Pendaftaran dibuka mulai 10 Januari – 20 Februari 2024.


Catat tanggalnya biar enggak ketinggalan!

Jurusan Beasiswa Turkiye Burslari Yang Jadi Incaran Perusahaan

1. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer adalah bidang studi yang mempelajari tentang komputasi, perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware). 

 

Mata kuliahnya, mencakup Struktur Data dan Algoritma, Kecerdasan Buatan, Pemrograman Web, Kriptografi, dan masih banyak lagi.

 

Karena berbasis teknologi, jurusan ini menjadi incaran banyak perusahaan. Prospek kerjanya luas banget, lho! Kamu bisa berkarir sebagai Programmer, Web Developer; Data Analyst, Engineer AI, Network Engineer, dan lain-lain.

 

Berdasarkan QS World University Ranking, universitas terbaik Turki yang menyediakan Ilmu Komputer, yaitu:

    • Middle East Technical University
    • Istanbul Technical University
    • Bogazici University.

2. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro kerjanya cuma ngutak-ngatik listrik doang? Eitss… jangan salah!

 

Enggak cuma belajar tentang kelistrikan, kamu juga akan diajari cara merancang, mengembangkan, dan memproduksi perangkat elektronik. Misalnya, bikin robot, lampu, sampai smartphone. Keren banget, kan?

 

Setelah lulus, kamu bisa bekerja menjadi Teknisi Robot, Teknisi Pabrik, Insinyur Listrik, Ahli Otomasi, dan masih banyak lagi.

 

Nah, kalau kamu tertarik kuliah Teknik Elektro di Turki, ini kampus-kampus terbaiknya:

    • Istanbul Technical University;
    • Bilkent University;
    • Bogazici University.

3. Teknik Sipil

Negara kita sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur publik di berbagai daerah. Nah, peran lulusan Teknik Sipil sangat dibutuhkan, nih!

 

Teknik Sipil mempelajari cara merencanakan, merancang, konstruksi, dan pemeliharaan infrastruktur fisik, seperti jembatan, jalan raya, bendungan, gedung, dan lain sebagainya.

 

Kamu enggak perlu khawatir pekerjaan setelah lulus. U.S. Bureau of Labor Statistics memprediksi kebutuhan lulusan Teknik Sipil akan naik 5 persen hingga tahun 2032.  

 

Kamu bisa bekerja menjadi Structural Engineer, Site Engineer, Drafter, Kontraktor, Perencana Kota, sampai Konsultan Proyek.

 

Universitas di Turki yang menempati peringkat teratas untuk jurusan Teknik Sipil, yaitu:

    • Istanbul Technical University
    • Middle East Technical University
    • Bogazici University.

4. Keuangan

Jurusan Keuangan (Finance) mempelajari aspek manajemen keuangan, investasi, analisis pasar, dan strategi keuangan perusahaan.


Mata kuliahnya, mencakup Akuntansi Keuangan, Pelaporan Keuangan, Manajemen Investasi, Pasar Modal, Keuangan Internasional, Etika Keuangan, Psikologi Keuangan, dan lain-lain.


Prospek kerjanya, antara lain F
inancial Analyst, Aktuaris, Investment Analyst, serta Pegawai Bank Profesional.


Koc University
menjadi satu-satunya kampus terbaik Turki untuk Jurusan Keuangan, versi QS WUR 2023.

5. Marketing

Ada jurusan anak gen-z banget, nih! Marketing termasuk jurusan paling digemari anak muda masa kini sekaligus lagi dibutuhkan banget di dunia kerja.

 

Menurut data dari U.S. Bureau of Labor Statistics, kebutuhan lulusan Marketing terus meningkat hingga 10 persen di tahun 2031.

 

Belajar apa aja, sih, di Marketing? Singkatnya, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah, seperti Perilaku Konsumen, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produk, sampai Digitalisasi Marketing.

 

Jurusan ini cocok buat kamu yang suka WFA, lho! Jenis pekerjaan seperti Digital Marketer memungkinkan kamu kerja dari mana aja.

 

Lulusan bidang ini juga bisa berkarir menjadi Media Planner, Copywriter, Marketing Analyst, Sales, SEO Specialist, dan Digital Marketing Specialist.

 

Ini rekomendasi universitas untuk kuliah jurusan Marketing:

    • Bilkent University;
    • Koc University;
    • Istanbul University.

6. Psikologi

Psikologi belajar tentang apa, sih? Intinya, semua hal tentang perilaku manusia! 

 

Mulai dari interaksi manusia dengan lingkungan sekitarnya, hubungan antar sesama manusia, sampai alur pikiran manusia. 

 

Plus, kamu akan belajar mengenal diri sendiri lebih dalam lagi. Well, sebelum memahami orang lain, kamu harus paham diri sendiri dulu, kan?

 

Psikologi menawarkan banyak pilihan karir, seperti HRD, Rekruiter, Konsultan Karier, Penulis, dan Guru Bimbingan Konseling.

 

Kalau kamu bercita-cita menjadi Psikolog, kamu disarankan ambil Studi Master Psikologi Profesi. Setelah lulus, kesempatan karier jadi Psikolog bakal terbuka lebar.

 

Masih bingung pilih kampus? Nih, MinBi rekomendasikan kampus terbaik di Turki buat kuliah Jurusan Psikologi:

    • Ankara Medipol University;
    • Istinye University;
    • Maltepe University.

7. Teknik Mesin

Teknik Mesin adalah bidang studi yang berkaitan dengan perancangan, pengembangan, produksi, dan pemeliharaan mesin-mesin mekanis. 

 

Jurusan ini mencakup berbagai topik, mulai dari Termodinamika, Mesin Konversi Energi, Proses Manufaktur, Teknologi Kendaraan, Desain Mesin, dan lain-lain. 

 

Lulusan Teknik Mesin memiliki beragam peluang karir di berbagai sektor, seperti Manajer Pabrik, Insinyur Manufaktur, Insinyur Otomotif, dan Desainer Pesawat Terbang.

 

Rekomendasi universitas untuk Jurusan Teknik Mesin, antara lain:

    • Hacettepe University;
    • Koc University;
    • Sabanci University.

Tips dan Trik Lolos Turkiye Burslari Scholarship

1. Pilih Jurusan dan Universitas Tujuan

Untuk mencari jurusan Beasiswa Turkiye Burslari yang kamu mau, coba mulai dari pertanyaan: “Bidang studi apa yang pengen banget aku pelajari?

 

Kalau mau pindah jurusan dari latar belakang pendidikan sebelumnya, temukan alasan yang kuat dan ikut kegiatan yang berhubungan dengan jurusan pilihanmu, ya.

 

Jangan lupa pikirkan rencana karier ke depan dengan jurusan itu. Setidaknya, jurusan yang kamu pilih harus bermanfaat bagi kamu dan orang-orang sekitarmu.

2. Aktif Dalam Kegiatan Sosial

Tim penyeleksi menyukai pelamar yang melampirkan sertifikat atau bukti pernah mengikuti kegiatan sosial atau organisasi lainnya, lho. 

 

Berbagai kegiatan, seperti menjadi panitia bakti sosial, anggota karang taruna, atau ikut organisasi sukarela di kampus bisa jadi poin plus.

3. Bikin Esai Yang Menarik

Esai beasiswa Turkiye berupa letter of intent (LOI) atau motivation letter. Esai ini kunci sukses kamu lolos ke tahap berikutnya, lho.

 

LOI harus menjelaskan aktivitas akademik dan sosial yang berhubungan dengan jurusan pilihan, alasan kuliah di Turki, dan rencana masa depan kamu.

 

Persiapkan esai dari jauh-jauh hari agar bisa lebih banyak melakukan perbaikan, ya.

4. Lengkapi Semua Persyaratan Dokumen

Persiapkan semua persyaratan dokumen dari beberapa bulan sebelum penutupan pendaftaran, biar enggak keteteran! 

 

Lengkapi segala persyaratan dokumen, seperti membuat esai, minta surat rekomendasi, menerjemahkan ijazah dan transkrip akademik ke Bahasa Inggris, mengumpulkan sertifikat dan bukti-bukti prestasi, dan lain sebagainya.

 

Bikin ceklis agar enggak ada yang terlewat. Kelengkapan dokumen itu memengaruhi seleksi administrasi, lho.

Nah, itu dia informasi mengenai jurusan Beasiswa Turkiye Burslari. Kira-kira kamu mau masuk jurusan yang mana, nih?

 

Beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan. Jadi, meski jurusan impianmu enggak ada list, bukan berarti peluang lolosnya semakin kecil.

 

Intinya, pilih jurusan sesuai minat dan tujuan karier kamu. Semoga artikel ini bermanfaat ya, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini