9 Perbedaan IELTS Academic dan General, Jangan Salah Ambil!

Sebelum Tes IELTS, kamu wajib tahu perbedaan IELTS Academic dan General dulu biar enggak salah pilih, SoB. Cek perbedaannya yuk!

Share:

kobi education-perbedaan ielts academic dan general-gambar tumpukan buku secara berlapis

Siapa yang baru tahu kalau IELTS itu ada dua jenis? Wah, jangan sampai enggak bisa bedain antara yang General dan Academic, ya, SoB!

 

Walaupun sama-sama menguji listening, reading, writing, dan speaking, bukan berarti kamu bisa asal pilih jenis tesnya, SoB. Soalnya, beda kebutuhan, beda juga jenis Tes IELTS yang harus kamu ikuti.

 

Kamu Scholarship Hunters? Yuk, pahamin dulu perbedaan IELTS Academic sama IELTS General, dan cari tahu kamu mana yang harus kamu pilih!

Perbedaan IELTS Academic dan General

Seringkali, banyak orang baru tahu kalau IELTS itu punya dua jenis versi tes pas mereka lagi mau daftar tesnya.

 

Nah, ini bahaya banget, SoB, apalagi kalau worst case scenario-nya, kamu asal pilih dan ternyata, salah ambil tes.

 

Kan sayang banget kalau skornya malah enggak bisa kepake, sedangkan udah keluar banyak waktu, uang, dan tenaga.

 

Makanya, wajib banget buat paham apa aja perbedaan keduanya!

1. Tujuan Penggunaannya

IELTS Academic digunakan kalau kamu berencana untuk study abroad, baik di universitas maupun institusi pendidikan lainnya.

 

Karena, tes ini akan mengukur kemampuan bahasa Inggris yang lebih akademis, seperti pemahaman dalam mendengarkan lecture atau interpretasi data.

 

Skor IELTS Academic sering kali jadi syarat utama untuk mendaftar ke program pendidikan tinggi, serta ke berbagai sekolah profesional seperti Kedokteran atau Hukum.

 

Biasanya, beasiswa juga mensyaratkan pendaftarnya buat melampirkan skor IELTS, dan umumnya yang diminta adalah skor IELTS Academic, karena kemampuan bahasa yang diukur lebih relevan dengan lingkungan pendidikan akademik.

 

Sedangkan, kalau tujuanmu adalah untuk bermigrasi atau dapetin pekerjaan dan pelatihan di negara berbahasa Inggris, seperti Australia, Kanada, atau Inggris Raya, maka kamu akan membutuhkan skor IELTS General.

2. Institusi Penerima

Bayangin hasil Tes IELTS udah di tangan, tapi ternyata institusi tujuan kamu enggak menerima jenis IELTS yang kamu ambil. Pasti bakal kesel banget, kan?

 

Makanya, penting banget untuk teliti cek dulu apakah institusi tujuan kamu meminta IELTS Academic atau General.

 

Biasanya, yang meminta skor IELTS Academic adalah universitas atau institusi lain di Bidang akademik. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa calon mahasiswa atau pekerja mampu berkomunikasi di lingkungan akademik dengan baik.

 

Kalau kamu berurusan dengan lembaga migrasi, agensi pekerjaan, atau pemerintah negara, mereka akan lebih sering meminta IELTS General.

 

Jadi, pastikan dulu jenis tes yang kamu ambil sesuai dengan kebutuhan institusi tujuanmu, ya!

3. Jenis Bacaan di Bagian Reading

Nah, perbedaan IELTS Academic dan General juga ada di jenis bacaan pada bagian reading-nya, SoB.

 

Untuk IELTS Academic, kamu akan menghadapi 3 teks panjang yang diambil dari jurnal akademis, artikel ilmiah, atau penelitian yang membutuhkan kemampuan analisis lebih tinggi.

 

Biasanya, topiknya mencakup topik Pendidikan, Human Biology, Budaya, hingga Sejarah.

 

Sementara itu, IELTS General, jenis bacaannya lebih ringan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

 

Kamu akan menemui 4 hingga 6 teks yang bisa berupa iklan, panduan, atau artikel pendek yang lebih praktis.

4. Kriteria Penilaian Bagian Reading

Ini mungkin adalah perbedaan IELTS Academic dan General yang enggak banyak orang ketahui. Ternyata, walaupun sama-sama memiliki 40 soal di bagian reading, bobot penilaiannya berbeda, lho!

 

Misalnya, kamu menjawab 30 soal benar dari keseluruhan 40 soal, di IELTS General, kamu bakal dapetin Band 5.0. Tapi untuk IELTS Academic, dengan jumlah jawaban benar yang sama, kamu bisa dapetin Band 6.0.

 

Kenapa bisa beda gitu, MinBi? Emangnya adil?

 

Pastinya adil dong, SoB. Karena, teks dan soal di IELTS Academic itu lebih kompleks, jadi skornya disesuaikan dengan kesulitannya.

 

Sedangkan, IELTS General menggunakan teks yang lebih mudah dipahami, jadi penilaiannya lebih ketat untuk skor yang sama.

5. Writing Task 1

Kamu mau latihan writing buat IELTS, tapi enggak tau secara spesifik harus latihan nulis apa? Itulah mengapa kamu harus tau perbedaan bagian writing antara IELTS General dan Academic.

 

Kalau kamu ngambil IELTS Academic, kamu akan diminta untuk nulis interpretasi atau laporan terkait data grafik, tabel, diagram, ataupun peta.

 

Sementara itu, ketika Tes IELTS General, kamu akan diminta untuk menulis surat. Bentuknya bisa berupa surat formal, semi-formal, atau informal, tergantung dari situasi yang diberikan.

 

Misalnya, kamu bisa diminta menulis letter of complaint terkait produk yang rusak, letter of request untuk meminta pengembalian dana, atau letter of invitation untuk mengundang teman ke sebuah acara.

6. Writing Task 2

Untuk writing task 2, kamu akan diminta menulis esai baik di IELTS Academic maupun General. Tapi tentunya, fokusnya berbeda.

 

Pada IELTS Academic, esainya akan lebih condong berkaitan dengan isu akademis, seperti:

 

Learning English at school is often seen as more important than learning local languages. If these are not taught, many are at risk of dying out. 

In your opinion, is it important for everyone to learn English? Should we try to ensure the survival of local languages and, if so, how?

 

Sumber: British Council

 

Nah, kalau di IELTS General, esainya akan lebih umum, personal, dan berkaitan dengan topik sehari-hari. Ini salahsatu contoh soalnya:

 

Shopping is becoming more and more popular as a leisure activity. However, some

people feel that this has both positive and negative effects.

Why is shopping so popular?

What effects does its increase in popularity have on individuals and on society?

 

Sumber: IELTS.org

7. Tingkat Kesulitan

Secara umum, IELTS Academic dianggap lebih sulit dibandingkan IELTS General, terutama di bagian reading dan writing.

 

Kenapa? Karena IELTS Academic dirancang untuk memastikan kamu siap memahami dan menulis teks akademis yang lebih rumit.

 

Kalau di IELTS General, topiknya lebih sederhana karena ditujukan untuk situasi kehidupan sehari-hari atau pekerjaan non-akademis.

 

Kesimpulannya, IELTS Academic lebih menantang karena fokusnya pada topik akademis yang kompleks, sedangkan IELTS General lebih sederhana dan praktis karena dirancang untuk situasi sehari-hari.

8. Kompleksitas Vocabulary

Kosakata yang digunakan di IELTS Academic cenderung lebih rumit dan spesifik, karena tes ini menuntut kemampuan untuk menyampaikan ide-ide yang lebih kompleks.

 

Contoh vocab-nya adalah analyze (menganalisis), evaluate (mengevaluasi), interpret (menafsirkan), dan implications (implikasi).

 

Sebaliknya, di IELTS General, bahasa yang digunakan lebih sederhana dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

 

Jadi, kosakata yang digunakan pun lebih praktis dan mudah dipahami, tanpa memerlukan istilah-istilah akademis. Seperti notify (mengabari), request (meminta), dan explain (menjelaskan).

9. Ekspektasi Skor

Mungkin ada yang masih bingung berapa, sih, skor IELTS yang bagus itu? Jawabannya, tergantung untuk apa skor IELTS tersebut digunakan, SoB.

 

Untuk IELTS Academic yang digunakan buat apply universitas dan beasiswa, biasanya standar skornya lebih tinggi.

 

Contohnya, untuk masuk Nanyang Technological University (NTU), kamu perlu minimal skor IELTS sebesar 6.5, sedangkan untuk masuk Imperial College London, kamu perlu ngantongin skor 7.0.

 

Namun, untuk keperluan migrasi, standar skornya biasanya lebih rendah. Sebagai contoh, untuk Skilled Worker Visa di UK, skor IELTS yang dibutuhkan hanya berkisar antara 4.0 hingga 5.0, tergantung jenis pekerjaannya​.

Scholarship Hunters Pilih Yang Mana?

Setelah tahu perbedaan IELTS Academic dan General, harusnya sekarang udah tau kan, pilih yang mana? Yap, IELTS Academic!

 

Soalnya, IELTS Academic didesain untuk mengukur kemampuanmu dalam membaca, menulis, dan memahami teks akademik, yang bakal kamu temui selama kuliah di luar negeri nanti.

 

Seperti baca buku pelajaran, jurnal, nulis laporan ilmiah, dan presentasi akademik di kelas.

Kobi Master Class vs Exclusive Class

Cung, siapa yang lagi persiapan Tes IELTS Academic buat study abroad atau daftar beasiswa?

 

Gimana progresnya so far? Merasa butuh tambahan kelas buat lebih siap, tapi masih bingung cari yang kurikulumnya intensif tapi dengan jadwal fleksibel?

 

Tenang aja! Kobi punya dua pilihan kelas, IELTS Master Class dan Exclusive Class dengan jadwal fleksibel yang siap bantu kamu tingkatkan skor IELTS ke 6.0 – 7.0!

 

Kamu bakal belajar IELTS Academic All Skills, mulai dari listening, reading, writing, hingga speaking

 

Yuk kita bahas dulu mana yang lebih cocok buat kebutuhanmu!

1. IELTS Master Class

Durasi belajar di Master Class Kobi adalah 2–3 bulan, dan kamu bisa belajar di kelas dengan maksimal 20 siswa per grup. Jadwalnya juga tinggal pilih, antara:

    • Weekday Night Class, setiap Selasa, Rabu, dan Kamis malam;
    • Weekend Morning Class, setiap Sabtu dan Minggu pagi.

 

Buat yang sibuk belajar atau kerja pas weekdays, bisa nih manfaatin weekend biar lebih produktif, dengan belajar IELTS.

 

Kalau kamu maunya weekend santai-santai nonton K-Drama atau catch-up hobi lain, tinggal pilih weekday class biar bisa belajar di malam hari setelah berkegiatan sepanjang hari.

 

INTIP KURIKULUM MASTER CLASS

2. IELTS Exclusive Class

Kalau kamu lagi kejar deadline daftar beasiswa atau universitas yang udah deket banget, jangan panik!

 

Dengan Exclusive Class Kobi yang durasinya 1,5 – 2 bulan, kamu bisa kebut Tes IELTS lewat kelas semi-private (3–6 siswa). Jadwalnya juga super fleksibel, lho!

 

Ada 6 jadwal yang bisa kamu pilih:

    • Weekday Night Class, setiap Selasa, Rabu, dan Kamis malam;
    • Weekday Evening Class, setiap Senin, Rabu, dan Jumat sore;
    • Weekend Morning Class, setiap Sabtu dan Minggu pagi;
    • Weekend Afternoon Class, setiap Sabtu dan Minggu siang;
    • Intensive Saturday Class, dua sesi belajar setiap Sabtu;
    • Intensive Sunday Class, dua sesi belajar setiap Minggu.

 

Dengan pilihan jadwal yang banyak, enggak ada alasan lagi buat nunda-nunda dongkrak skor IELTS supaya lebih pede pas klik tombol apply ke beasiswa dan universitas impianmu!

 

INTIP KURIKULUM EXCLUSIVE CLASS

Kupas Tuntas IELTS Academic Bareng Expert Tutor!

Bareng Expert Tutor, kamu bakal kupas tuntas semua skills IELTS yang udah disesuaikan dengan IELTS Official Test.

 

Kamu bakal dibantu mahamin konsep speaking, termasuk ningkatin grammar, fluency dan coherence pas berbicara. Buat listening, kamu juga bakal latihan dan dapetin tips and tricks buat empat bagian tesnya!

 

Enggak perlu khawatir juga masalah reading, karena kamu bakal latihan semua tipe soal yang biasanya muncul, plus dapet review langsung dari Expert Tutor.

 

Writing juga sama, kamu bakal latihan semua tipe soalnya, dari jelasin data di section 1, sampai nulis esai dan berargumen di section 2!

Cerita Alumni Kobi Yang Berhasil Raih Skor Tinggi

Kelas-kelas IELTS Kobi udah terbukti bisa bantu dongkrak skor IELTS banyak orang, lho! Yuk, simak apa kata salahsatu alumni Kobi yang berhasil dapetin skor 7.5!

 

“Prepare IELTS di Kobi benar-benar membantu banget! Dengan skill Tutornya yang superb, ambience kelas yang menyenangkan, dan teman-teman yang suportif, bikin kita semangat belajar dan semakin mudah untuk mencapai study goals!

 

Dhiya Faiza Yumna

Belajar IELTS #AntiRibet Bareng Kobi!

Kamu ngerasa belajar IELTS itu ribet karena harus bagi fokus latihan speaking, listening, reading, dan writing biar semuanya kepoles?

 

Belum lagi ribet atur jadwal ditengah kesibukan belajar atau kerja?

 

Nah, kurikulum Kobi bisa bantu proses belajar IELTS kamu lebih smooth dan teratur!

    • Jadwal kelas fleksibel di weekday atau weekend sesuai kesibukan;
    • Pre-Test dan Final-Test yang dibuat semirip mungkin sama IELTS Official Test;
    • Feedback personal supaya bisa terus improve;
    • Downloadable materi berbentuk PPT dan screen-recording.
kobi education-perbedaan ielts academic dan general-gambar poster untuk kelas ielts exclusive dan master

Belum cukup? Buat kamu para Scholarship Hunters, ada bonus spesial GRATIS berupa Scholarship Preparation Class dan konsultasi one-on-one selama satu bulan penuh!

 

Yuk, dapetin semua keuntungannya dan dongkrak skor IELTS-mu jadi 6.5+ dengan belajar bareng Expert Tutor Kobi dan Scholarship Hunters lainnya.

 

Lebih prefer belajar selama 2–3 bulan di IELTS Master Class? Cus, tinggal pilih kamu free-nya pas weekday atau weekend!

 

PILIH JADWAL SEKARANG!

 

Kamu maunya belajar di kelas semi-private? Bisa pilih IELTS Exclusive Class! Tapi, seats-nya terbatas hanya untuk 6 orang aja, ya! Jadi, buruan join sebelum kehabisan tempat!

 

AMANIN SEAT EXCLUSIVE CLASS!

 

Nah, itu dia perbedaan antara IELTS Academic dengan IELTS General

 

Sekarang pasti udah bisa persiapan IELTS dengan lebih fokus dan enggak akan salah pilih tesnya, kan?

 

Semangat terus, SoBi!

Daftar Isi

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel
Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang. 👇

Cek privacy policy disini