Mau Magang di Luar Negeri? Pasti Bisa Lewat 10 Organisasi Ini!

Magang enggak harus di Indonesia aja, lho! Sekarang ada banyak kesempatan buat magang di luar negeri. Mau tau gimana caranya? Yuk, simak!

Share:

kobi education-magang di luar negeri-gambar dua karyawan sedang berbicang mengenai suatu projek terbesar

Zaman sekarang, modal ijazah aja enggak cukup buat jadi modal bersaing di dunia kerja, Sob! Lihat aja profil LinkedIn anak kuliah zaman sekarang, rawr banget enggak, sih? Eitss… jangan minder duluan, mending daftar magang di luar negeri!

 

Nah, di Indonesia, kamu pasti udah kenal sama Program MSIB atau Magang dan Studi Independen Bersertifikat yang diselenggarakan pemerintah, kan? Tapi ternyata, ada banyak jenis magang lainnya, lho, termasuk magang di luar negeri!

 

Yuk, kita bahas tipe-tipe magang, serta organisasi yang menyediakan program magang internasional! Simak informasi selengkapnya di sini!

Tipe-Tipe Magang

1. Magang Akademik

Magang ini terhubung sama mata kuliah yang sedang dijalani dan bertujuan untuk memperkuat pemahaman teoritis melalui praktik di lapangan. 

 

Mahasiswa biasanya akan mendapatkan bimbingan dari Dosen dan Mentor di tempat kerja. Contohnya, mahasiswa Teknik Elektro yang mengikuti MSIB di PT PLN.

2. Magang Profesional

Magang ini dirancang untuk memberi pengalaman kerja di industri, tanpa terkait dengan kurikulum kampus. Biasanya diikuti oleh mahasiswa tahun akhir atau fresh graduates untuk membangun CV dan portofolio. 


Misalnya adalah fresh graduate Jurusan Ilmu Komunikasi yang Magang di agensi PR untuk mengembangkan portofolio mereka.

3. Research Internship

Magang ini lebih fokus pada penelitian dan analisis data, baik di laboratorium, institusi pendidikan, atau perusahaan riset. Mahasiswa akan terlibat dalam proyek penelitian yang mendalam dengan berkolaborasi dengan peneliti lain. 

 

Sebagai contoh, mahasiswa Bioteknologi bisa mengikuti Research Internship di LIPI untuk pengembangan riset biologi molekuler.

4. International Internship

Kesempatan Magang Internasional ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja global. 

 

Program ini sangat baik untuk meningkatkan daya saing pekerja Indonesia di pasar global. Contohnya adalah mahasiswa IT yang menjadi Intern Google langsung di HQ-nya.

Kelebihan dan Kekurangan Magang Melalui Organisasi

Sekarang banyak organisasi yang menawarkan program magang melalui kerja sama dengan perusahaan mitra mereka.

 

Tentu sistem ini memiliki pros dan cons-nya tersendiri. Ini dia kelebihan dan kekurangannya!

 

Kelebihan

Kekurangan

Jaminan mendapatkan Internship di salah satu perusahaan mitra

Ada biaya administrasi yang tinggi untuk organisasi

Proses administratif lebih mudah karena dibantu oleh organisasi

Rata-rata program tidak menawarkan gaji selama magang (unpaid)

Bantuan pengajuan visa, asuransi, dan pencarian akomodasi di tempat Internship

Pilihan perusahaan dan posisi terbatas pada mitra organisasi

Daftar Organisasi Penyedia Magang di Luar Negeri

1. IAESTE Global Internship

The International Association for the Exchange of Students for Technical Experience (IAESTE) adalah organisasi global non-profit yang menyediakan informasi dan program internship, khususnya untuk mahasiswa Bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics).

Sejak didirikan pada 1948, IAESTE sudah mengirimkan lebih dari 371.000 mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja profesional dan lintas budaya. Melalui IAESTE, kamu bisa menemukan 3.000+ perusahaan di 100 negara, seperti AS dan Inggris Raya.

IAESTE dan mitranya menawarkan banyak posisi di dalam berbagai bidang yang bisa kamu sesuaikan dengan jurusanmu! Jenjang magangnya pun berbeda-beda, ada yang selama 3 bulan, ada juga yang hingga 1 tahun.

Biasanya, untuk mengikuti magang ini, dua persyaratan utamanya adalah kamu harus sudah menyelesaikan 2 tahun perkuliahan dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris B1 (Intermediate) atau B2 (Upper-Intermediate).

2. IES Abroad

IES Abroad menyediakan program untuk Magang di luar negeri yang dirancang baik secara full-time maupun part-time. Kamu akan ditempatkan di perusahaan ternama dan mendapatkan pengalaman profesional yang berharga.

Ada 9 negara pilihan dan 30+ kota untuk kamu pilih sebagai destinasi tujuan Magang. Kamu akan mendapatkan pengalaman kerja langsung selama 25 hingga 32 jam per minggu selama sekitar 12 minggu.

Walaupun Magang ini enggak berbayar, IES menawarkan banyak keuntungan, seperti kredit akademik, jaminan penempatan sesuai bidang, bimbingan pra-keberangkatan, dan dukungan di lokasi Magang.

Kamu juga akan dapat akomodasi tempat tinggal seperti apartemen, homestay, atau asrama. Selain mendapatkan pengalaman di perusahaan tempat Magang, kamu juga akan mengikuti seminar karir untuk terus mendukung perkembangan keterampilanmu.

Beberapa syarat umum untuk mengikuti program ini adalah:

    • Usia minimal 18 tahun;
    • Terdaftar atau telah lulus dari program gelar dalam 5 tahun terakhir;
    • IPK minimal 2.5 dari 4.0;
    • Resume, surat lamaran, transkrip akademik;
    • IELTS atau TOEFL (untuk beberapa program).

Kalau kamu tertarik buat daftar, tapi masih belum punya skor IELTS, yuk, persiapan dulu di Kelas IELTS Offline Kobi dan raih skor impianmu!

3. AIFS (American Institute For Foreign Study) Abroad

Program magang internasional melalui AIFS Abroad menawarkan pengalaman yang dirancang sesuai jurusan dan minat kamu. Pilihan lokasi magangnya juga ada di berbagai benua, seperti Asia, Eropa, Australia, hingga Amerika.

Program ini menyediakan Full-Time Internship selama 8–12 minggu dengan berbagai bidang, seperti Bisnis, Komunikasi, dan Pemasaran. Kamu juga bisa mendapatkan kredit akademik dari universitas asal atau mitra AIFS, lho! 

Akomodasinya juga cukup lengkap, SoB! Kamu akan tinggal di apartemen mahasiswa, dengan akses mudah ke transportasi umum.

AIFS juga akan membantu kamu dengan mempersiapkan segala kebutuhan perjalanan, pendaftaran visa, hingga asuransi kesehatan.

Untuk bisa ikut full-time magang di luar negeri ini, kamu harus berusia 18 tahun ke atas, dan masih memiliki status mahasiswa atau baru lulus selama satu tahun, ya, SoB!

4. Institute for Global Studies (IGS)

Institute for Global Studies (IGS) menawarkan program Magang di berbagai bidang di seluruh dunia dengan tujuan untuk memberikan pengalaman dunia nyata bagi mahasiswa.

IGS didirikan oleh Dr. David Adams pada tahun 1995 di Molokai, Hawaii. Awalnya, Dr. Adams menghubungkan mahasiswanya dengan organisasi lokal untuk menyelesaikan proyek akhir mereka. Kemudian programnya terus berkembang menjadi IGS yang dikenal sekarang.

Program ini memiliki berbagai mitra di Asia, Eropa, Amerika, dan Oseania yang menawarkan posisi di Bidang Bisnis, IT, bahkan Kesehatan. Jam kerjanya juga fleksibel loh, SoB! Biasanya dari 10–40 jam per minggu!

IGS bisa juga membantu kamu mengoordinasikan persetujuan pemberian kredit untuk Magang ini! Selain itu, mereka juga akan mengatur komunikasi dengan mitra dan menjemput kamu di bandara saat kedatangan.

5. CIEE Global Internship Program

CIEE (Council on International Educational Exchange) adalah organisasi non-profit yang paling tua dan terbesar di Amerika Serikat dalam Bidang Study Exchange dan Cultural Exchange.

Kamu bisa memilih lebih dari 30 negara tujuan untuk mengikuti magang selama 1,5–5 bulan. Beberapa program magang di luar negeri terbaik yang ditawarkan oleh CIEE meliputi internship di bidang Kedokteran, Teknik, Psikologi, Kesehatan Hukum, dan Pemasaran.

Karena batasan visa, semua program di CIEE itu unpaid, ya, SoB. Namun, CIEE memberikan banyak keuntungan, termasuk biaya akomodasi, penempatan magang selama 8–12 minggu, bimbingan sebelum keberangkatan, orientasi, dan emergency support 24/7.

Kalau khawatir masalah biaya, tenang, CIEE juga menawarkan beasiswa berbasis kebutuhan dan beasiswa berbasis prestasi, lho! Programnya juga lengkap dengan berbagai program dukungan seperti persiapan proses wawancara dan revisi resume.

Beberapa syarat untuk mengikuti magang melalui CIEE adalah:

    • Berusia minimal 18 tahun;
    • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris Intermediate hingga Advanced (IELTS 6.0+);
    • Mahasiswa aktif atau lulusan baru (maksimal 1 tahun) dari universitas di luar AS;
    • Magang di bidang yang relevan dengan latar belakang akademis atau studi.


Wah, menarik banget, ya, kesempatannya! Udah punya skor IELTS yang cukup belum, SoB?

Skor IELTS ini penting banget, enggak cuma buat Internship, tapi juga buat study abroad, beasiswa, bahkan melamar kerja. Kalau kamu butuh dorongan buat naikin skor jadi 6.0+, Kobi siap buat bantu kamu!

6. Global Work and Travel Internship Program

Global Work & Travel menawarkan lebih dari 60 program magang di berbagai negara, termasuk Australia, Kanada, dan Eropa. Program ini mencakup berbagai bidang, seperti Desain Grafis, Hukum, dan Pariwisata.

Program ini mencakup penempatan magang yang sesuai dengan bidang studi atau minat, dukungan visa, akomodasi, dan bimbingan pra-keberangkatan. Selain itu, akan ada Mentor khusus dan koordinator perjalanan juga yang membantu kamu untuk mendapatkan visa.

Rata-rata durasi Magangnya biasanya berkisar antara 2 hingga 6 bulan dan kamu akan mendapatkan sertifikat untuk memperkaya CV pada akhir program.

Syarat utama untuk mendaftar adalah berusia lebih dari 18 tahun dan enggak punya catatan kejahatan selama lima tahun terakhir. Gimana, SoB? Semakin tertarik untuk magang abroad?

7. AIESEC Global Talent

Organisasi pemuda internasional AIESEC juga menawarkan berbagai informasi terkait program magang untuk pengembangan profesional dan kepemimpinan.

Global Talent adalah salah satu Program Magang AIESEC yang memungkinkan peserta untuk bekerja di perusahaan atau start-up di lebih dari 60 negara.

Setiap mitra AIESEC membuka sekitar 10 hingga 70 peluang Magang setiap tahunnya, lho! Secara keseluruhan, ada lebih dari 400 peluang yang tersedia setiap tahun untuk kamu pilih!

Kamu bisa memilih untuk Magang di berbagai bidang seperti Pemasaran, IT, dan Pendidikan. Durasi Magang biasanya berlangsung antara dua bulan hingga satu tahun.

Setiap posisi magang memiliki kriteria yang berbeda sesuai dengan bidangnya, tetapi syarat utamanya adalah peserta harus berusia lebih dari 18 tahun. 

Kemampuan Bahasa Inggris yang baik juga diperlukan, ya, SoB! Karena kamu nanti akan bekerja di perusahaan internasional.

8. Asia Internship Program (AIP)

Asia Internship Program (AIP) adalah perusahaan yang berdedikasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan peluang kerja kandidat berpotensi tinggi melalui Magang Internasional.

 

AIP bekerja sama dengan lebih dari 2.000 perusahaan, termasuk nama besar seperti Disney dan Uber, di 19 negara. Setiap tahun, mereka membimbing lebih dari 800 individu. Bahkan 95% peserta Magang AIP juga berhasil menyelesaikan program mereka dengan sukses, lho!

 

Beberapa bidang Magang favorit di AIP adalah Software Engineering & Development di Jepang dan Digital Marketing di Inggris. Kalau kamu mau Magang di luar negeri untuk bidang apa, nih, SoB?

 

Kalau tertarik, catar persyaratan umum untuk mengikuti Program Magang AIP ini:

    • Minimal berusia 18 tahun;
    • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik dalam bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan.
    • Memiliki sikap terbuka dan siap menjelajahi budaya baru;
    • Walaupun tidak wajib, status mahasiswa aktif atau lulusan universitas bisa memperkuat aplikasi.

9. CEA CAPA Global Internship

CEA CAPA Global Internship menawarkan pengalaman Magang Internasional selama 2 bulan atau lebih di berbagai negara seperti Eropa dan Amerika Serikat.

Program ini dirancang untuk membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan profesional di bidang yang sesuai dengan studi atau minat mereka.

CEA CAPA menyediakan bimbingan penuh, mulai dari penempatan Magang yang sesuai, hingga dukungan akomodasi, orientasi budaya, dan pelatihan karier.

Jadi, kamu enggak hanya akan mengembangkan keterampilan kerja, tetapi juga akan memperluas pemahaman lintas budaya.

Program ini juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan kredit kuliah, lho, SoB! Jumlah kreditnya bervariasi tergantung pada program atau studi tertentu.

 

Tapi, biasanya, perlu ada persetujuan dari Dosen Pembimbing atau universitas untuk memastikan kredit yang kamu peroleh saat magang itu sesuai dengan persyaratan kampus asal.

 

Setiap posisi magang punya syaratnya tersendiri, tetapi ada beberapa persyaratan umum:

    • Usia minimal 18 tahun;
    • Sudah menyelesaikan satu tahun masa kuliah;
    • Transkrip akademik;
    • IPK minimal 2.5 dari 4.0;
    • Statement of interest;
    • Program participation agreement;
    • CV atau resume;
    • Letters of recommendation;
    • Portofolio (jika dibutuhkan).

10. Intern Abroad HQ

Intern Abroad HQ menawarkan pengalaman Magang dengan lebih dari 300 program di 26 negara seperti Inggris Raya, Jepang, dan Korea Selatan. Durasi mangangnya berkisar antara 2 hingga 24 minggu.

Magang melalui Intern Abroad HQ memberikan berbagai manfaat seperti penempatan yang terorganisir, akomodasi, Internship plan, dan penjemputan di bandara. Dengan ini, kamu bisa fokus pada pengalaman kerja profesional tanpa khawatir soal logistik.

Program ini menawarkan akses ke perusahaan berkualitas dan bimbingan profesional, serta fleksibilitas untuk mendapatkan kredit akademik. Kamu bisa memilih berbagai posisi di Bidang STEM, Bisnis, Creative Arts & Media, dan Social Science.

Semua Intern harus fasih berbahasa Inggris dan memenuhi syarat program magang yang dipilih. Kamu juga wajib memberikan cek latar belakang kriminal yang bersih dan memiliki asuransi perjalanan selama magang berlangsung.

Program Student Exchange untuk S1

Selain International Internship, kamu juga bisa ke luar negeri lewat Program Student Exchange, SoB! Program ini memberikan kesempatan untuk belajar di universitas mitra luar negeri selama satu atau dua semester.

 

Jadi, selain dapat pengalaman akademik, kamu juga bisa merasakan kehidupan baru di negara lain, bertemu teman-teman internasional, dan belajar langsung di lingkungan budaya yang berbeda. Seru banget, kan? 

 

Ini dia beberapa rekomendasi Student Exchange Program untuk mahasiswa S1!

 

Program

Benefit

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

  • Biaya pendaftaran
  • Biaya pendidikan
  • Tiket pesawat pulang-pergi
  • Tunjangan hidup
  • Biaya visa dan transportasi lokal
  • Asuransi kesehatan
  • Biaya darurat

Global Undergraduate Exchange Program

  • Biaya kuliah
  • Biaya perjalanan
  • Akomodasi dan tunjangan bulanan
  • Tunjangan buku
  • Asuransi kesehatan.

Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD)

  • Biaya perjalanan
  • Biaya kuliah
  • Akomodasi dan uang makan
  • Asuransi kecelakaan/sakit
  • Uang saku bulanan
  • Dana untuk buku

Hansen Leadership Exchange Program

  • Tiket pesawat pulang-pergi
  • Uang makan
  • Biaya transportasi dari/ke kampus
  • Asuransi kesehatan
  • Sertifikat partisipasi

Community College Initiative Program (CCIP)

  • Dukungan visa J-1
  • Tiket pesawat pulang-pergi
  • Biaya kuliah
  • Akomodasi dan uang makan 
  • Tunjangan untuk buku
  • Asuransi kecelakaan

Raih Skor IELTS Impian Bareng Kobi!

Banyak kesempatan ke luar negeri lewat magang dan pertukaran pelajar, tapi minder buat daftar karena skill Bahasa Inggris kamu kurang?

 

Tenang aja, SoB! Yuk, ikut IELTS Offline Kobi yang bakal bantu kamu belajar mulai dari dasar sampai pede di writing dan speaking. Kelas ini intensif selama 2 bulan, jadi cocok banget buat kamu yang mau cepat persiapan buat ke luar negeri!

kobi education-magang di luar negeri-gambar poster ielts offline untuk artikel magang

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel
Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang. 👇

Cek privacy policy disini