Universitas Tsinghua vs. Peking: Ranking, Fasilitas, Alumninya

Share:

kobi education-universitas tsinghua-gambar ruang auditorium yang sedang kosong di dalam suatu universitas

Dua universitas paling terkemuka di China, Universitas Tsinghua dan Universitas Peking, kerap dibandingkan dalam hal ranking, fasilitas, dan alumni terkenal mereka. 

 

Kedua universitas ini memang bereputasi tinggi. Enggak hanya di China, tapi juga di kancah internasional. 

 

Masih bingung mau pilih universitas yang mana? Coba kita bandingkan, yuk!

Ranking Kedua Universitas

Kita intip peringkat kedua universitas ini menurut QS World University Ranking 2024, yuk!

QS World University Ranking 2024

Peringkat di China

Peringkat di Asia

Peringkat di Dunia

Universitas Tsinghua

#2

#3

#25

Universitas Peking

#1

#2

#17


Secara peringkat, Peking University memang berada di atas Tsinghua University. Tapi, soal kualitas juga Tsinghua juga enggak kalah oke, kok!

Bidang Studi Unggulan

Universitas Tsinghua

Tsinghua University terkenal unggul di Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan. Namun, mereka juga memiliki program unggulan di Bidang Manajemen, Ekonomi, Hukum, dan Seni.


Berikut beberapa program studi unggulan di Tsinghua:

    • Chemical Engineering;
    • Engineering;
    • Chemistry;
    • Energy and Fuels;
    • Civil Engineering.

Universitas Peking

Kebalikan dari Tsinghua, Peking University lebih unggul dalam Bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Tapi, Bidang Studi Teknik dan Ilmu Pengetahuan Alam mereka enggak kalah keren, kok.


Berikut beberapa program studi unggulan di Peking:

    • Art and Humanities;
    • Economics and Business;
    • Psychology;
    • Computer Science;
    • Geoscience.

Biaya Kuliah

Universitas Tsinghua

Biaya kuliah di Tsinghua University bervariasi tergantung program studi yang dipilih. 

 

Untuk program sarjana, biaya kuliah tahunan adalah sekitar RMB 26.000 hingga RMB 40.000, tergantung fakultas. 

 

Misalnya, Fakultas Ekonomi, Keuangan dan Manajemen, Ilmu Sosial, Hukum, dan Seni Liberal, biaya tahunannya adalah RMB 26.000. Sementara itu, untuk Fakultas Seni, biayanya adalah RMB 40.000 per tahun. 

 

Untuk program pascasarjana, biaya kuliah tahunan juga bervariasi. Sebagai contoh, Master Programme in International Construction Project Management memiliki biaya tahunan sebesar RMB 158,000, sedangkan program LLM in Chinese Law sebesar RMB 146.000 per tahun.

Universitas Peking

Biaya kuliah di Peking University juga bervariasi tergantung program yang dipilih.

 

Misalnya, PKU-Vlerick MBA, biaya tahunannya adalah RMB 368.000, kemudian Master’s in International Relations, biaya tahunannya sebesar RMB 75.000.

Fasilitas Unggulan

Universitas Tsinghua

Kampus Tsinghua terletak di Beijing, terkenal dengan taman-taman dan arsitektur unik. Warna khas arsitektur di Tsinghua adalah merah bata. 

 

Fasilitas dan bangunan unggulan mereka, antara lain New Tsinghua Auditorium, The Second Gate of Tsinghua University, Tsinghua Souvenir, Kantin Zi Jing Yuan, Supermarket T-Mall, Student Center, asrama, dan Mochtar Riady Library, perpustakaan donasi dari orang Indonesia.

Universitas Peking

Kampus Peking juga terletak di Beijing. Arsitekturnya memadukan sentuhan modern dan tradisional ala China.

 

Fasilitas dan bangunan unggulan mereka, antara lain Wei Ming Lake, Boya Pagoda, Kantin Jia Yuan, Khoo Teck Puat Gymnasium, asrama, Yunnan Garden, Centennial Memorial Hall, dan perpustakaan.

Alumni

Universitas Tsinghua

Tsinghua University adalah salah satu universitas bergengsi di China. Enggak heran banyak yang mengincar universitas ini, termasuk tokoh-tokoh terkenal China.

 

Alumni Tsinghua mencakup nama-nama besar, seperti Xi Jinping (Presiden China), Chen Ning Yang (Fisikawan), Li Jian (Penyanyi), Alex Tsai (Politikus), dan Qian Zhongshu (Penulis).

Universitas Peking

Alumni Peking juga no kaleng-kaleng, lho. Tokoh-tokoh ternama, seperti Li Keqiang (Perdana Menteri China), Liu Xiaobo (Penulis), Sirindhorn (Putri Kerajaan Thailand), Wang Dan (Aktivis HAM), dan Chai Ling (Psikolog).

 

Kesimpulannya, Universitas Tsinghua dan Universitas Peking sama-sama menawarkan pendidikan berkualitas tinggi, fasilitas menarik, dan jaringan alumni yang kuat.

Kamu tinggal memilih sesuai bidang studi dan preferensi masing-masing, ya! Semoga artikel ini membantu kamu memilih universitas yang tepat. Semangat, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini