Kelas IELTS Online vs Offline: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Mau persiapan IELTS tapi bingung mau ambil kelas IELTS online atau offline? Apa aja sih kelebihan dan kekurangannya? Yuk, kita bahas tuntas!

Share:

kobi education-kelas ielts online-gambar perempuan sedang mengikuti kelas online secara privat

Kalau kamu lagi berburu beasiswa ke luar negeri, pasti tahu, dong, pentingnya skor IELTS (International English Language Testing System) yang bagus? Nah, biar persiapan lebih mantap, kamu bisa mempertimbangkan untuk ikut kelas IELTS. Tapi, muncul pertanyaan besar, lebih baik ikut kelas IELTS online atau offline, ya? 

Butuh kelas IELTS yang bisa sat set kejar skor dalam 1,5 – 2 bulan? Kobi bisa bantu, lho! Kurikulum di Kobi sudah disesuaikan dengan IELTS Official Test dan ada simulasi tes semirip mungkin.

Daripada bingung pilih kelas online atau offline, simak ulasannya di artikel ini, yuk!

Apa Itu Kelas IELTS?

Kelas IELTS adalah kursus intensif yang membantu kamu memahami format Tes IELTS dan mengasah kemampuan Bahasa Inggris sesuai standar tes tersebut. 

 

Fyi, Tes IELTS sering menjadi syarat untuk bekerja atau belajar di negara yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. IELTS berlaku untuk 11.000 lebih organisasi di 145+ negara, lho!

 

Dalam kelas IELTS, kamu akan mendapatkan akses ke berbagai materi pembelajaran, seperti latihan soal, video tutorial, dan materi bacaan. 

 

Kamu juga diajak memahami cara menyusun jawaban efektif hingga strategi untuk mengelola waktu dengan baik selama ujian. 

 

Jadi kamu lebih percaya diri dan siap menghadapi ujian, deh!

 

Kelas belajar IELTS bisa dalam bentuk online atau offline, tergantung penyelenggaranya. Kamu punya pilihan belajar secara virtual dari rumah atau datang ke kelas fisik.

Kelas IELTS Online

Malas keluar rumah, tapi masih pengen belajar IELTS dengan serius? Nah, kelas IELTS secara online ini jawabannya!

 

Kamu enggak perlu repot-repot ganti baju, menghadapi kemacetan, atau lari-lari di stasiun. 

 

Cukup duduk manis di depan layar laptop, kamu bisa belajar IELTS bareng Guru berpengalaman dan teman-teman sekelas dari berbagai tempat! Seru, kan?

 

Tapi, kursus IELTS secara online juga punya kekurangan, lho! Yuk, kita bahas kelebihan dan kekurangannya!

Kelebihan

1. Fleksibilitas

Waktu belajar di kelas online lebih fleksibel dan bisa kamu atur sendiri, lho! Apalagi kalau kamu sibuk bekerja di siang hari, tapi ingin belajar IELTS bareng Tutor di malam hari.

 

Kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja melalui online meeting, sesuai kegiatan lain yang kamu miliki.

2. Akses Materi Luas

Biasanya, kelas online menyimpan video, materi, tugas, dan feedback dengan rapi di platform pembelajaran online agar bisa diakses selamanya. 

 

Jadi kamu dapat mengakses materi-materi tersebut kapan pun, bahkan setelah kelas berakhir. Enggak perlu repot-repot cari materi serupa atau nunggu kelas berikutnya, deh!

 

Enggak cuma itu, kelas online juga biasanya menyediakan forum diskusi atau ruang chat khusus bagi peserta untuk berinteraksi satu sama lain, lho!

 

Kamu bisa bertukar pengalaman, bertanya jawab, atau bahkan membentuk kelompok belajar bersama sesama peserta kelas. Seru, kan?

3. Hemat Biaya

Biaya kelas online biasanya lebih murah, lho! 

 

Selain menghemat biaya kelas, kamu juga menghemat pengeluaran lain, seperti transportasi, makan di luar, atau biaya tambahan lainnya.

 

Jadi, bisa lebih hemat buat ditabung atau digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting, deh!

Kekurangan

1. Kurang Interaksi Langsung

Yap, karena hanya bertemu melalui layar laptop, kamu enggak bisa tatap muka dengan pengajar atau teman-teman sekelas. 

 

Hal ini bisa menimbulkan beberapa masalah, seperti terbatasnya diskusi kelompok, kesulitan membangun koneksi, dan pengajar kurang bisa memberikan feedback spontan.

 

Tapi… kamu masih bisa mengatasi masalah ini, kok! Caranya, kamu harus aktif berpartisipasi, minta sesi one-to-one dengan pengajar, dan aktif di chat pribadi atau grup dengan teman sekelasmu. 

2. Butuh Internet Stabil

Masalah lain kelas IELTS secara online adalah koneksi Internet yang kurang stabil. Kalau tiba-tiba jaringanmu down atau lag saat sedang asyik belajar, pasti bikin stress, kan? 

 

Maka dari itu, penting banget buat memastikan kamu punya akses Internet yang bagus sebelum memulai kelas.

3. Distraksi Lingkungan

Masalah lain yang mungkin kamu hadapi adalah distraksi dari lingkungan sekitarmu.

 

Bayangkan, kamu lagi serius-seriusnya belajar, tiba-tiba saudara atau tetangga datang berkunjung. Atau ada suara televisi yang mengganggu di ruangan sebelah. Duh, bisa-bisa konsentrasi kamu jadi buyar!

 

Tenang.. ada cara, kok, untuk mengatasinya. Misalnya, mencari spot yang tenang di rumah, jauh dari gangguan atau distraksi.

Kelas IELTS Offline

Merasa bosan kalau terlalu lama di depan layar laptop? Maka kamu bisa memilih kelas IELTS offline yang mengandalkan interaksi langsung.

 

Pilihan ini memungkinkan kamu bertatap muka dengan pengajar dan teman-teman di kelas. Suasana kelas juga jadi lebih interaktif.

 

Tapi, pembelajaran offline juga ada kekurangannya, lho! Yuk, simak!

Kelebihan

1. Interaksi Langsung

Salah satu kelebihan kelas offline adalah interaksi langsung yang memungkinkan kamu bisa tanya jawab dengan cepat. Tanpa terkendala gangguan sinyal atau distraksi lingkungan.

 

Pengajar juga lebih mudah melihat gestur tubuh, kontak mata, dan ekspresi wajah untuk mengetahui apakah materi tersampaikan dengan baik.

2. Lingkungan Belajar Kondusif

Kamu enggak akan terganggu dengan distraksi yang mungkin terjadi di rumah. Keuntungan lainnya kamu dapat memisahkan waktu belajar dengan waktu di rumah yang membantumu lebih fokus pada pembelajaran.

 

Selain itu, banyak kelas offline dilengkapi dengan papan tulis, proyektor, dan fasilitas lain yang mendukung proses belajar. 

 

Adanya fasilitas ini dapat meningkatkan pemahaman materi dan membuat sesi lebih interaktif, lho!

3. Rutinitas Belajar Lebih Terstruktur

Kesulitan mengatur jadwal harian belajar IELTS? Kelas offline menawarkan rutinitas belajar lebih terstruktur. 

 

Ada waktu tertentu untuk masuk kelas, rehat, dan pulang. Rutinitas ini membantu kamu dalam mengatur jadwal harianmu.

Kekurangan

1. Biaya Lebih Mahal

Biaya persiapan IELTS secara offline biasanya lebih mahal dibandingkan online. Hal ini karena tempat kursus harus membayar sewa ruang kelas, fasilitas, dan perlengkapan lain.

 

Kamu juga harus mengeluarkan biaya pribadi untuk transportasi ke tempat kursus dan membeli makanan di luar.

2. Kurang Fleksibel

Kalau kamu lebih suka mengatur sendiri jadwal belajar atau enggak cocok dengan ruang kelas, maka persiapan IELTS offline kurang cocok buat kamu.

 

Dalam kelas offline, waktu belajar sudah ditentukan dan kamu harus hadir sesuai jadwal tersebut.

3. Kapasitas Terbatas

Karena terbatas ruang kelas, hanya sejumlah peserta tertentu yang bisa mendaftar dalam satu waktu.

 

Kadang-kadang, situasi ini menyebabkan persaingan ketat untuk mendapatkan slot kelas yang diinginkan, terutama untuk pengajar favorit atau waktu kelas yang paling sesuai.

Harus Pilih Kelas IELTS Online atau Offline?

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, kelebihan dan kekurangan masing-masing? 

 

Saat memilih, pertimbangkan gaya belajarmu, ketersediaan waktu, dan tentunya tujuanmu mendapatkan beasiswa luar negeri, ya! 

 

Kalau kamu tipe yang fleksibel atau punya budget terbatas, online bisa jadi pilihan tepat. Tapi, kalau kamu butuh jadwal belajar ketat dan interaksi langsung, mungkin offline lebih cocok buat kamu.

 

Setiap orang punya preferensi belajar yang berbeda-beda. Paling penting, kamu temukan cara belajar yang paling nyaman dan efektif untukmu sendiri.

 

Jadi, mau pilih kelas IELTS online atau offline, kamu harus siap untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi ujian IELTS. 

 

Semangat belajarnya, ya, SoBi!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini