8 Daftar Universitas Ivy League, Mulai Dari Yang Terbaik

Mau daftar di salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat? Kamu harus tahu terlebih dahulu nih delapan daftar Universitas Ivy League!

Share:

kobi education-daftar universitas ivy league-gambar mahasiswa sedang berbincang di depan universitas

Siapa yang enggak asing sama istilah Ivy League untuk kampus di Amerika Serikat? Atau udah pernah dengar, tapi enggak tahu kampus mana saja yang masuk circle ini? Nah, MinBi mau kasih tahu kamu, nih, daftar Universitas Ivy League mulai dari peringkat terbaik.

Biar lebih sat set dan terarah masuk kampus-kampus bergengsi ini, kamu bisa ikut program Mentoring eksklusif beasiswa bersama expert Mentor Kobi, lho!

KEJAR BARENG KOBI

Mau tahu lebih lanjut deretan Universitas Ivy League? Yuk, simak informasi lengkapnya!

Apa Itu Ivy League?

Ivy League adalah kelompok delapan universitas swasta di bagian timur laut Amerika Serikat (AS) yang dikenal karena prestasi akademis yang tinggi, sejarah panjang, dan penerimaan selektif.

 

Mulanya, delapan universitas ini membentuk kelompok hanya untuk kepentingan atletik atau olahraga. Tapi, sekarang universitas-universitas ini lebih dikenal karena keunggulan akademik dan status sosial yang tinggi.

 

Makanya, jangan heran kalau kamu bakal dianggap berhasil dan keren banget karena bisa masuk Kampus Ivy League. Peringkat kampusnya memang enggak kaleng-kaleng, lho, Sob! So, kalau ingin masuk ke sana, persiapanmu harus super maksimal!

 

Penasaran kampus mana aja yang masuk kelompok Ivy League? Yuk, simak sampai akhir!

Daftar Universitas Ivy League

1. Harvard University

Kamu pasti udah enggak asing sama Harvard University, kan? Salah satu universitas bergengsi ini menempati peringkat #4 kampus terbaik dunia serta #2 di AS, versi QS World University Rankings, lho!

Terletak di Cambridge, Massachusetts, AS, Harvard adalah universitas tertua di Amerika, didirikan pada 1636. Banyak sekali jurusan yang ditawarkan, mulai dari Humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, hingga Teknik.

Fasilitas ikonik di universitas ini adalah Harvard Library yang menjadi sistem perpustakaan akademik terbesar dunia.

Lulusan Harvard juga enggak kaleng-kaleng, lho! Banyak tokoh penting, seperti Barack Obama (Presiden AS ke-44), Natalie Portman (Aktris Pemenang Oscar), dan Ban Ki-moon (Sekretaris Jenderal PBB ke-8).

Sementara dari lulusan Harvard dari Indonesia, yaitu Nadiem Anwar Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2019–2024), Gita Irawan Wirjawan (Menteri Perdagangan 2011–2014), dan Adamas Belva Syah Devara (Pendiri Ruangguru).

2. University of Pennsylvania

University of Pennsylvania, atau sering disebut UPenn, berada di Philadelphia, Pennsylvania, AS. UPenn didirikan pada 1740 oleh Benjamin Franklin, salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikat. 

Soal peringkat, boleh diadu! UPenn menempati peringkat #12 di dunia dan #6 di AS, menurut QS WUR 2024.

Banyak alumni UPenn telah menjadi tokoh penting di berbagai bidang, seperti John Legend (Musisi), Elon Musk (Pengusaha), dan Donald Trump (Presiden AS ke-45).

3. Cornell University

Selanjutnya, ada Cornell University yang menduduki peringkat #13 terbaik dunia serta #7 terbaik di AS.

Cornell University terletak di Ithaca, New York. Dibandingkan dengan Kampus Ivy League lainnya, Cornell memiliki kampus terluas dengan area lebih dari 2.000 hektar. Lingkungan sekitarnya juga paling indah, dengan pemandangan bukit, danau, air terjun, dan jalur hiking.

Cornell menawarkan berbagai jurusan, seperti Ilmu Sosial, Teknik, Pertanian, hingga Arsitektur. Menariknya, Cornell memiliki School of Hotel Administration, Pendidikan Manajemen Perhotelan paling terkemuka di dunia.

Beberapa alumni Cornell yang terkenal, yaitu Toni Morrison (Penerima Nobel sastra) dan Ruth Bader Ginsburg (Hakim di Mahkamah Agung AS).

4. Yale University

Yale University berada di New Haven, Connecticut. Universitas ini didirikan pada 1701, dengan nama sesuai pendirinya, yaitu Elihu Yale.

Peringkat Yale University juga boleh diadu, menempati urutan #16 dunia dan #9 di AS.

Yale memiliki berbagai jurusan unggul kelas dunia, terutama Hukum, Kedokteran, dan Seni. Bahkan ada fasilitas seni yang mendukung, seperti Yale University Art Gallery dan Yale Center for British Art.

Alumni Yale yang terkenal, seperti George H.W. Bush (Presiden AS ke-41), Bill Clinton (Presiden AS ke-42), serta Ben Silbermann (Pendiri Pinterest).

5. Princeton University

Berdiri pada 1746, Princeton awalnya bernama College of New Jersey sebelum berganti nama menjadi Princeton University pada 1896.

Princeton University menduduki peringkat #17 di dunia serta #10 terbaik di AS, lho! Jurusan unggulan dari universitas ini, antara lain Humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, dan Teknik.

Letaknya berada di Princeton, New Jersey. Kampus Princeton terkenal dengan desain arsitektural indah, termasuk Nassau Hall, yang pernah menjadi gedung Pemerintah AS sementara pada akhir abad ke-18.

Beberapa alumni Princeton terkemuka, antara lain Woodrow Wilson (Presiden AS ke-28) dan Michelle Obama (Ibu Negara AS 2009–2017).

6. Columbia University

Ada kampus langganannya orang Indonesia, nih! Yap, Columbia University menjadi kampus banyak tokoh terkenal Indonesia, seperti Tasya Kamila (Penyanyi), Cinta Laura (Aktris dan Penyanyi), dan Iman Usman (Pendiri Ruangguru).

Bahkan, ketua presiden mahasiswa School of International and Public Affairs di Columbia University juga berasal dari Indonesia, lho, yaitu Deris Nagara. Keren banget, kan?

Peringkat kampus ini juga enggak kalah keren, dong! Menempati ranking #23 dunia dan #11 di AS.

Kampus utamanya, yang dikenal sebagai Morningside Heights, terletak di Upper Manhattan, New York City. Bangunan kampus ini terkenal dengan arsitektur neoklasik, termasuk Low Memorial Library yang ikonik.

7. Brown University

Brown University terletak di Providence, Rhode Island, AS. Berdiri pada 1764 oleh seorang Wirausahawan bernama Nicholas Brown Jr. 

Universitas ini berada di peringkat #73 terbaik dunia dan #23 di Amerika Serikat. Jurusan unggulannya, antara lain Politik, Media, Seni, dan Sains.

Uniknya, kampus ini menawarkan kurikulum terbuka, lho, jadi kamu bisa memilih mata kuliah inti sendiri sesuai minat.

Alumni Brown yang terkenal, yaitu Emma Watson (Aktris), John Krasinski (Aktor), dan Ted Turner (Pendiri CNN).

8. Dartmouth College

Dartmouth College berlokasi di Hanover, New Hampshire, AS. Dartmouth didirikan pada 1769 oleh sekelompok pemimpin suku Indian di bawah pimpinan Eleazar Wheelock.

Meski termasuk Universitas Ivy League urutan terakhir, peringkatnya di dunia juga enggak kalah bagus, kok. Menempati urutan #237 dunia dan #45 terbaik di Amerika.

Dartmouth terkenal karena pendidikan liberal arts yang berkualitas. Jurusan unggulannya, antara lain Ekonomi, Pemerintahan, dan Sejarah.

Lulusan Dartmouth juga mampu bersaing di kancah dunia, lho, seperti Shonda Rhimes (Produser film) dan David Harbour (Aktor).

Itulah dia daftar Universitas Ivy League yang paling bergengsi di dunia. Kira-kira kamu mau masuk universitas yang mana, nih? Persiapkan dengan baik dari sekarang, ya!

Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini