8 Alasan Kamu Membutuhkan Bimbingan Kuliah ke Luar Negeri

Ingin study abroad tapi bingung harus mulai dari mana? Tandanya kamu perlu nih bimbingan kuliah ke luar negeri! Masih ragu? Ini alasannya!

Share:

kobi education-bimbingan kuliah ke luar negeri-gambar tiga orang yang sedang berdiskusi bersama di salah satu bangunan di prancis

Pengen kuliah ke luar negeri, tapi bingung harus mulai dari mana? Atau sudah mulai persiapan, tapi kesulitan menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan? Tenang.. semua itu bisa diatasi dengan ikut bimbingan kuliah ke luar negeri, lho!

Kebetulan banget, nih, Sob! MinBi punya para expert Mentor yang siap menemani persiapan beasiswa kamu, lho! Jadi lebih sat set daftar kampus dan beasiswa, deh!

Merasa belum butuh buat bimbingan? Simak alasan penting ini biar kamu semakin yakin!

Mengapa Kamu Butuh Bimbingan Kuliah ke Luar Negeri?

1. Menentukan Kampus dan Jurusan Yang Sesuai

Kamu enggak boleh asal memilih kampus dan jurusan tujuan, lho! Kalau asal pilih, kamu bisa-bisa salah jurusan dan enggak nyaman dalam belajar.

 

Misalnya, saat S1 kamu kuliah di Jurusan Teknik Elektro. Setelah lulus, kamu ingin melanjutkan Studi S2 di Jurusan Pendidikan. 

 

Nah, buat mewujudkan impian itu, kamu perlu usaha meyakinkan penyeleksi mengapa kamu layak pindah jurusan. Caranya, bisa dengan ikut organisasi atau kegiatan berkaitan dengan jurusan tujuanmu. 

 

Intinya, enggak cukup menentukan kampus dan jurusan, tapi juga alasanmu memilih kampus dan jurusan tersebut, Sob!

 

Jangan sampai salah pilih, ya, Sob! Soalnya, pilihan kampus dan jurusan ini akan mempengaruhi masa depan kamu nantinya.

 

Makanya, kehadiran Mentor sangat dibutuhkan. Mereka bisa membantu menilai universitas-universitas mana saja yang cocok dengan minat dan passion kamu. 

 

Selain itu, mereka juga bisa mempertimbangkan kebutuhan kariermu di masa depan. Jadi, kita bisa pilih jurusan sesuai dengan cita-cita kita nanti.

2. Merekomendasikan Beasiswa

Setelah menemukan jurusan dan universitas yang sesuai, kamu juga harus mencari sumber pendanaan. Kamu membutuhkan beasiswa untuk study abroad.

 

Mencari beasiswa yang tepat juga harus dipikirkan dengan serius, lho! Banyak beasiswa menawarkan pembiayaan penuh atau sebagian. 

 

Persyaratan dan kriterianya berbeda-beda. Kamu harus memilih beasiswa yang paling cocok dengan tujuan, profil, dan keadaan dirimu saat ini.

 

Nah, di sinilah peran bimbingan kuliah ke luar negeri sangat penting, Sob. Mereka bisa memberikan daftar lengkap beasiswa-beasiswa yang relevan untuk kamu, beserta persyaratan dan tahapan pendaftarannya. 

 

Dengan begitu, kamu jadi lebih terarah dalam mencari beasiswa yang cocok. Enggak perlu lagi pusing sendiri cari info kesana-kemari. Jadi lebih mudah, kan?

3. Merancang Strategi Persiapan Beasiswa dan Masuk Kampus

Setelah mendapatkan rekomendasi beasiswa dan universitas yang sesuai, kamu harus merancang strategi persiapannya. 

 

Kenapa persiapan kampus dan beasiswa butuh strategi?

 

Perlu kamu ketahui, melamar beasiswa dan universitas itu enggak gampang, SoB. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari berkas pendaftaran, esai, hingga tes bahasa. Kamu bisa kewalahan kalau enggak direncanakan dengan matang.

 

Tapi tenang.. kalau kamu ikut bimbingan, Mentor bisa membantumu menyusun waktu persiapan dan membuat ceklis persiapan apa saja yang harus dilakukan. 

 

Mereka juga bisa mendampingimu dalam mengerjakan esai, mereview dokumen, bahkan mengadakan sesi latihan wawancara beasiswa. 

 

Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri dengan strategi yang terencana dan terarah sesuai tenggat waktu pendaftaran beasiswa.

4. Persiapan Tes Bahasa

Beberapa beasiswa memerlukan skor minimal TOEFL atau IELTS, lho, terutama kalau kamu bertujuan kuliah di negara berbahasa Inggris.

Meskipun nilai akademikmu bagus, kalau skor bahasa Inggrismu kurang memenuhi standar, peluangmu untuk diterima bisa berkurang, lho!

Kalau kamu masih kesulitan dengan tes bahasa Inggris, bimbingan study abroad bisa jadi solusi terbaik, nih!
 

Mentor akan membantumu menyusun strategi belajar efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi Tes TOEFL atau IELTS

Mereka juga bisa memberikan materi latihan soal agar kamu terbiasa dengan tipe soal dan teknik menjawab yang benar.

Dengan persiapan matang, kamu pasti bakal jauh lebih percaya diri dan siap menghadapi tes bahasa untuk mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri! 

5. Bimbingan Dalam Menyusun Dokumen Pendaftaran

Ada banyak dokumen yang harus kamu persiapkan, mulai dari CV, esai, hingga surat rekomendasi. 

 

Kalau pusing atau bingung menyiapkannya, maka saatnya kamu membutuhkan bimbingan dari Mentor berpengalaman.

 

Mentor bisa membantumu menyusun setiap dokumen pendaftaran dengan tepat dan menarik. Misalnya, mereka bisa membimbingmu menulis esai yang kuat dan memikat dengan menyoroti pencapaianmu. 

6. Proofreading Dokumen

Setelah semua berkas untuk beasiswa sudah kamu siapkan, ada baiknya kamu minta bantuan expert Mentor untuk memeriksa semuanya sekali lagi

 

Berkas pendaftaran beasiswa harus detail dan akurat. Kalau ada kesalahan sedikit saja, bisa-bisa peluangmu untuk dapat beasiswa jadi berkurang.

 

Nah, mentor bisa membantumu untuk memeriksa ulang atau proofreading semua dokumen beasiswamu. Mulai dari esai, CV, hingga jawaban formulir pendaftaran.

 

Kemungkinan ada kesalahan ketik atau informasi kurang lengkap bisa diantisipasi dari awal. Lebih baik antisipasi daripada menyesal, kan?

7. Persiapan Kehidupan di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri itu bukan hanya soal akademik, lho, tapi juga penyesuaian diri dengan lingkungan dan budaya berbeda. 

 

Hal ini memang terkadang bikin grogi dan was-was sebelum berangkat. Kamu harus mempersiapkan diri secara mental agar bisa beradaptasi dengan baik di negara tujuan nanti.  

 

Untungnya, mentor bisa membantumu untuk persiapan ini. Mereka akan memberikan informasi lengkap seputar kehidupan sehari-hari di negara yang akan kamu tuju nanti. 

 

Mulai dari tips mencari akomodasi atau tempat tinggal, memahami sistem transportasi setempat, hingga adaptasi budaya dan kebiasaan masyarakat di sana. 

 

Kalau beruntung, Mentor juga bisa menghubungkanmu dengan alumni atau mahasiswa yang sudah tinggal di negara tersebut untuk sharing pengalaman langsung, lho!

8. Membangun Relasi dan Dukungan

Selain membantu kamu dalam hal teknis persiapan kuliah, mengikuti bimbingan bersama mentor juga memberimu dukungan moral dan relasi berharga, lho!

 

Proses melamar kampus dan beasiswa luar negeri itu enggak gampang. Pasti ada kalanya kamu merasa stress atau frustasi. Nah, di saat-saat seperti itu, mentor bisa memberikan semangat dan mendengarkan keluh kesahmu dengan sabar.

 

Mereka juga bisa menghubungkanmu dengan alumni atau mahasiswa yang sudah lebih dulu study abroad. Dengan begitu, kamu bisa sharing pengalaman dan tips-tips berharga tentang kehidupan sebagai mahasiswa internasional. 

 

Siapa tahu dari sana kamu bisa memeroleh relasi dan pertemanan baru yang akan membantumu nanti ketika sudah memulai petualangan di negeri orang.

 

Punya seseorang yang selalu mendukung usahamu itu sangat berarti, lho!

 

Nah, itu dia alasan mengapa kamu butuh bimbingan kuliah ke luar negeri. Prosesnya memang enggak gampang, tapi bukan berarti kamu enggak bisa, ya, Sob!

 

Tetap semangat dan jangan pantang menyerah, SoBi. Semoga berhasil!

Daftar Isi

Rekomendasi Artikel

Bingung Persiapan Study Abroad Mulai Dari Mana?

Sini Kobi temenin kamu #KejarBareng kampus dan beasiswa impianmu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👇

Cek privacy policy disini