8 Alasan Study Abroad Buat Kamu Yang Mau Kuliah S1 Nantinya

Share:

kobi education-alasan study abroad-gambar dua mahasiswa dari luar negeri sedang berbicara mengenai salah satu mata kuliah tertentu

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa, ya, banyak orang-orang berminat kuliah di luar negeri? Ternyata, ada beberapa alasan study abroad yang berguna buat masa depanmu, lho!

 

Mulai dari menambah pengalaman baru hingga menempa diri menjadi lebih mandiri, semua alasan itu ibarat investasi bagus buat masa depan.

 

Penasaran apa saja alasannya? Intip informasinya di artikel ini, yuk!

Berbagai Alasan Study Abroad untuk Kuliah S1

1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Dengan kuliah ke luar negeri, kamu bisa mempelajari bahasa baru atau bahkan memperbagus Bahasa Inggris-mu.

 

Gimana enggak? Mau enggak mau kamu harus berinteraksi langsung sama orang lokal atau teman-teman kampus dari berbagai negara. Mulai dari yang simpel, seperti belanja di pasar atau pesan makanan, sampai berdiskusi panjang lebar.

 

Lama-lama, tanpa sadar, kemampuan bahasamu makin meningkat. Plus, kamu jadi lebih percaya diri karena bisa banyak bahasa. Asyik, kan?

2. Membangun Koneksi Internasional

Yap! Selama study abroad, kamu bisa berkenalan dengan banyak orang baru dari berbagai negara. 

 

Setiap obrolan serius maupun santai, akan membuka wawasan baru tentang berbagai budaya. Plus, siapa tahu, mereka bisa jadi teman bisnis atau memberikan rekomendasi pekerjaan untukmu.

 

Koneksi itu investasi terbaik buat masa depan, karena enggak cuma berguna selama kuliah, tapi juga setelah lulus nanti.

3. Mendapatkan Pengalaman Internasional

Enggak cuma kuliah, kamu bisa belajar dari kehidupan sehari-hari di negara tempat studimu dan mendapatkan pengalaman tak terlupakan. 

 

Mulai dari mencoba makanan baru, ikut kebiasaan unik masyarakat di sana, hingga menjelajahi tempat-tempat keren. Seru banget, kan?

 

Intinya, kalau kuliah di luar negeri itu kamu enggak cuma mendapatkan pengalaman akademik, tetapi juga petualangan unik dan budaya baru.

4. Mengenal Sistem Pendidikan Yang Berbeda

Alasan study abroad selanjutnya adalah kamu bisa merasakan perbedaan sistem pendidikan yang berbeda dibanding Indonesia.

 

Mungkin kamu akan lebih banyak diskusi, presentasi, atau kerja kelompok. Cara penilaian akademik dan gaya mengajar Dosen juga bisa berbeda.

 

Memang menantang, tapi ini memberikanmu kesempatan belajar aktif dan kritis.

5. Meningkatkan Kemandirian

Kamu harus tinggal sendiri di negara yang berbeda dan mengurus segala keperluan, seperti makan, tempat tinggal, sampai urusan kuliah.

 

Memang bakal jadi tantangan berat, Sob, tapi ini bikin kamu lebih kuat dan mandiri. 

 

Bonusnya, kamu jadi paham diri sendiri, tahu apa yang dirimu suka dan butuhkan, serta mengerti cara kamu menghadapi masalah.

6. Mengembangkan Keterampilan Adaptasi dan Problem Solving

Setiap hari di luar negeri bakal jadi kesempatanmu belajar beradaptasi. Kamu akan bertemu situasi yang belum pernah kamu hadapi, seperti mengurus akomodasi atau administrasi tinggal.

 

Selain kemampuan adaptasi, kemampuan problem solving kamu juga semakin bagus karena harus cepat memikirkan solusi setiap ada masalah sehari-hari yang harus diatasi sendiri.

7. Memperluas Prospek Karier

Kuliah ke luar negeri itu kayak buka pintu ke banyak kesempatan kerja, lho, SoBi! Ijazah internasional yang kamu peroleh bisa membuatmu menonjol di antara pelamar lain.

 

Pengalaman hidup di negara lain itu udah jadi nilai tambah. Rata-rata perusahaan menyukai karyawan yang bisa adaptasi di lingkungan baru, lho!

8. Mengenal Budaya Baru

Bukan cuma budaya di negara tempat studimu aja, tapi juga budaya dari berbagai negara lain asal teman-temanmu.

 

Berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya juga meningkatkan rasa empati dan toleransimu terhadap perbedaan.

 

Nah, itu dia alasan study abroad agar kamu semakin yakin lanjut kuliah jauh dari Indonesia. Jangan lupa, daftar beasiswa agar beban kuliahmu ringan dan bisa lebih fokus belajar.

 

Semoga berhasil, SoBi!

Daftar Isi

Artikel Lainnya

Ingin up to date dengan artikel terbaru Kobi? Yuk subscribe sekarang 👉

Cek privacy policy disini